TintaTeras

Biografi James Watt, Kisah Penemu Mesin Uap Mengganti Sejarah Industri Dunia

Biografi Tokoh Dunia,  Feed,  Penemu,  Sejarah

James Watt diketahui sebagai penemu mesin uap. Ia yaitu salah satu sosok penting dalam sejarah industri maupun teknologi di dunia. Ia tergolong sosok penemu paling berpengaruh di dunia. Mesin Uap hasil Penemuannya tersebut berhasil mengganti paras industri di Inggris yang lalu menyebar ke seluruh dunia. Bagaimana kisahnya?

Biografi James Watt

Biodata James Watt

Nama Lengkap James Watt
Lahir Greenock, Skotlandia, Januari 1736
Wafat Handsworth, Inggris, 25 Agustus 1819
Orang Tua James Watt (Ayah), Agnes Muirhead (Ibu)
Istri Ann MacGregor (1777), Margaret Miller (1764)
Anak James Watt Junior, Gregory Watt, Janet Watt, Margaret Watt
Dikenal Ilmuwan, Penemu Mesin Uap

Biografi James Watt

Dan dianggap sebagai salah satu penemu paling penting yang pernah ada seperti halnya Thomas Alva Edison atau penemu terbesar yang lain di dunia. Dalam biografi James Watt dikenali bahwa James Watt lahir di Greenock, Skotlandia, 19 Januari 1736.

James Watt terkenal seorang insinyur besar dari Skotlandia, Britania Raya. Ayahnya berjulukan James Watt dan Ibunya berjulukan Agnes Muirhead. James Watt ialah orang yang sukses menciptakan mesin uap pertama yang efisien.

Ternyata mesin uap ini ialah salah satu kekuatan yang mendorong terjadinya Revolusi Industri, khususnya di Britania dan Eropa pada umumnya.

Untuk menghargai jasanya, nama belakangnya yaitu Watt dipakai sebagai nama satuan daya, misalnya daya mesin dan daya listrik.

Sejarah Mesin Uap

James Watt, orang Skotlandia yang sering dihubungkan dengan penemu mesin uap, yakni tokoh kunci Revolusi Industri. Sebenarnya, Watt bukanlah orang pertama yang membikin mesin uap. Rancangan serupa disusun pula oleh Hero dari Iskandariah pada awal tahun Masehi.

Desain Mesin Uap James Watt

Di tahun 1686 Thomas Savery menciptakan paten suatu mesin uap yang digunakan untuk memompa air, dan di tahun 1712, seorang Inggris Thomas Newcomen, membikin pula paten barang serupa dengan model yang lebih tepat, namun mesin ciptaan Newcomen masih berkualitas rendah dan kurang efisien, hanya mampu dipakai untuk pompa air dari tambang batubara.

Menemukan Mesin Uap

Watt menjadi terpesona dengan tentang mesin uap di tahun 1764 tatkala dia sedang membetulkan mesin ciptaan Newcomen. Meskipun Watt cuma dapatkan pendidikan setahun sebagai tukang pembuat perkakas, namun ia punya talenta pencipta yang besar.

Penyempurnaan-penyempurnaan yang dilakukannya kepada mesin buatan Newcomen begitu penting, sehingga layaklah menilai bahwasanya Wattlah pencipta pertama mesin uap yang simpel.

Keberhasilan Watt pertama yang dipatenkannya di tahun 1769 yaitu penambahan ruang terpisah yang diperkokoh. Dia juga membikin isolasi pemisah untuk menangkal menghilangnya panas pada silinder uap, dan di tahun 1782 dia menemukan mesin ganda.

Dengan beberapa perbaikan kecil, pembaruan ini menghasilan kenaikan efisiensi mesin uap dengan empat kali lipat atau lebih. Dalam praktek, kenaikan efisiensi ini memang merupakan hasil dari sebuah kecerdasan namun tidaklah begitu merupakan peralatan yang berguna dan bukan pula punya kegunaan luar biasa ditilik dari sudut industri.

Watt juga mendapatkan (di tahun 1781) seperangkat gerigi untuk mengubah gerak balik mesin sehingga menjadi gerak berputar. Alat ini memajukan secara besar-besaran penggunaan mesin uap.

Watt juga sukses membuat pengontrol gaya gerak melingkar otomatis (tahun 1788), yang mengakibatkan kecepatan mesin mampu secara otomatis diawasi.

Biografi James Watt

Juga membuat alat pengukur bertekanan (tahun 1790), alat penghitung kecepatan, alat isyarat dan alat pengontrol uap selaku suplemen perbaikan lain-lain peralatan.

Watt sendiri tidak memiliki talenta bisnis. Tetapi, di tahun 1775 dia melaksanakan persekutuan dengan Matthew Boulton, seorang insinyur, dan seorang usahawan yang terampil.

Selama dua puluh lima tahun sesudah itu, perusahaan Watt dan Boulton memproduksi sejumlah besar mesin uap dan keduanya menjadi kaya raya.

Revolusi Industri  Di Inggris

Mesin uap melakukan pekerjaan ganda inovasi Watt tahun 1769 Memang susah melebih-lebihkan arti penting mesin uap. Sebab, memang banyak penemuan-penemuan lain yang memegang peranan penting mendorong berkembangnya Revolusi Industri. Misalnya, pertumbuhan dunia tambang, metalurgi, dan macam-macam perlengkapan mesin.

Sekoci yang meluncur bolak-balik dalam mesin tenun (penemuan John Kay tahun 1733), atau alat pintal (inovasi James Hargreaves tahun 1764) seluruhnya terjadi mendahului kreasi Watt.

Sebagian paling besar dari penemuan-inovasi itu hanyalah merupakan penyempurnaan yang kurang bermakna dan tak satu pun punya arti vital dalam kaitan dengan bermulanya Revolusi Industri.

Lain halnya dengan penemuan mesin uap yang memainkan peranan penting dalam Revolusi Industri, yang sepertinya kondisi akan mengalami bentuk lain.

Sebelumnya, walaupun tenaga uap digunakan untuk kincir angin dan putaran air, sumber pokok tenaga mesin terletak pada tenaga insan. Faktor ini amat menghalangi kapasitas bikinan industri.

Berkat penemuan mesin uap, kekurangan ini tersingkirkan. Sejumlah besar energi kini mampu disalurkan untuk hal-hal yang produktif yang menanjak dengan teramat derasnya.

Pesatnya Revolusi Industri

Di samping manfaat tenaga untuk pabrik, mesin uap juga punya guna besar di bidang-bidang lain. Di tahun 1783, Marquis de Jouffroy di Abbans sukses memakai mesin uap untuk pencetus kapal. Di tahun 1804, Richard Trevithick menciptakan lokomotif uap pertama.

Tak satu pun dari versi-versi pemula itu sukses secara komersial. Dalam tempo beberapa puluh tahun, barulah baik kapal maupun kereta api menghasilkan revolusi baik di bidang pengangkutan darat maupun maritim.

Revolusi Industri berjalan hampir bersama-sama dengan Revolusi Amerika maupun Perancis. Meskipun waktu itu tampaknya sepele, sekarang tampak terperinci betapa Revolusi Industri itu seakan digariskan memiliki makna jauh lebih penting dibandingkan dengan arti penting revolusi politik. James Watt, oleh sebab itu tergolong salah seorang yang punya efek penting dalam sejarah.

James Watt, Penemu Paling Berpengaruh Di Dunia

Permintaan mesin uap milik James Watt tiba dengan segera dari pabrik kertas, pabrik tepung, pabrik kapas, pabrik besi, penyulingan, terusan, dan pengairan.

Menurut Biografi James Watt yang dikutip dari Britannica dikenali bahwa pada 1790, James Watt menjadi orang kaya berkat temuannya. Ia lalu menerima royalti £ 76.000 atas hak patennya. Namun, mesin uap tidak menyerap semua perhatiannya.

James Watt menjadi Ilmuwan anggota Lunar Society di Birmingham, Inggris. Watt bereksperimen pada kekuatan material, dan dia sering terlibat dalam proses hukum untuk melindungi hak patennya.

Penghargaan James Watt

Pada 1785 beliau dan Boulton terpilih selaku anggota Royal Society of London. Setelah sukses, James Watt lalu mulai berlibur, membeli perkebunan di Doldowlod, Radnorshire, dan semenjak tahun 1795 dan seterusnya secara bertahap menawan diri dari bisnis mesin uapnya.

Tahun 1794, James Watt lalu mendirikan firma gres yang berjulukan Boulton & Watt. Ia juga membangun Soho Foundry untuk memproduksi mesin uap dengan lebih kompetitif.

Setelah dilanda kesedihan karena akhir hayat putranya, James Watt bareng istrinya kemudian bepergian ke Skotlandia dan ke Prancis serta Jerman.

Di sana beliau mendapatkan mesin pahat yang digunakan untuk memproduksi patung. Di Skotlandia, Watt bertindak selaku konsultan untuk Perusahaan Air Glasgow.

Prestasi James Watt sangat diakui selama periode hidupnya. Dia diangkat menjadi doktor aturan di Universitas Glasgow, Skotlandia pada tahun 1806. Ia menjadi ilmuwan gila di Akademi Ilmu Pengetahuan Prancis pada tahun 1814. Sempatditawari gelar baronet, tetapi ditolaknya.

Kematian James Watt

James Watt, Penemu mesin uap sekaligus tokoh penting yang berhasil merevolusi industri di Inggris serta dunia ini kesannya wafat pada usia 83 tahun.

Ia meninggal sebab penyakit TBC yang ia derita. James Watt wafat pada tanggal 25 August 1819 di Birmingham, Inggris. Dalam biografi James Watt diketahui bahwa jasadnya dimakamkan di halaman Gereja St. Mary, Handsworth, di Birmingham.

Biografi Napoleon Bonaparte, Dongeng Pemimpin Dan Kaisar Perancis Paling Terkenal Di Dunia

Biografi Tokoh Dunia,  Feed,  Tokoh Pemimpin

Napoleon Bonaparte diketahui sebagai kaisar Perancis dan pemimpin paling terkenal di Dunia. Ia ialah pemimpin yang dalam sejarah Perancis berhasil menggulingkan kekuasaaan Raja Louis, Penguasa Perancis abad itu. Napoleon Bonaparte merupakan tokoh yang masuk dalam 100 orang paling besar lengan berkuasa di dunia menurut Michael Hart.

Biografi Napoleon Bonaparte

Napoleon Bonaparte merupakan Jenderal sekaligus kaisar Perancis yang paling berhasil memperluas kekuasaan Perancis hingga keluar wilayah Perancis. Ia mengobarkan perang dengan Inggris yang kurun itu mempunyai armada perang yang kuat sampai melawan kekaisaran Rusia. Berikut biografi Napolen Bonaparte serta sepak terjangnya selama hidupnya.

Biodata Napoleon Bonaparte

Nama Napoleon Bonaparte
Lahir Ajaccio, Perancis, 15 Agustus 1769.
Wafat Longwood House, 5 Mei 1821
Orang Tua Carlo Buonaparte (Ayah), Letizia Ramolino (Ibu)
Istri Marie Louise (1810), Joséphine de Beauharnais (1796)
Anak Napoleon II, Eugène de Beauharnais, Charles Léon, Émilie Pellapra, Hélène Napoleone Bonaparte, Françoise-Marie LeRoy
Dikenal Jenderal Perancis, Kaisar Perancis

Biografi Napoleon Bonaparte

Jenderal dan Kaisar Perancis yang terkenal , Napoleon I, lahir dari rahim Letizia Ramolino di Ajaccio, Corsica, tahun 1769. Nama aslinya Napoleon Bonaparte. Ayahnya bernama Carlo Bonaparte. Wilayah Corsica masuk kawasan kekuasaan Perancis hanya lima belas bulan sebelum Napoleon lahir

Masa Remaja

Pada ketika-dikala remajanya Napoleon Bonaparte seorang nasionalis Corsica yang menganggap Perancis itu penindas. Tetapi, Napoleon dikirim masuk perguruan tinggi militer di Perancis dan tatkala dia akhir tahun 1785 pada umur lima belas tahun beliau jadi tentara Perancis berpangkat letnan.

Kesempatan pertama Napoleon menampakkan kebolehannya ialah di tahun 1793, dalam peperangan di Toulon (Perancis merebut kembali kota itu dari tangan Inggris), tempat Napoleon bertugas di kesatuan artileri. Pada ketika itu dia telah tidak lagi berpegang pada paham nasionalis Corsicanya, melainkan sudah menilai diri orang Perancis.

Sukses-sukses yang diperoleh Napoleon Bonaparte di Toulon mengangkat dirinya jadi brigjen dan pada tahun 1796 dia diberi beban tanggung jawab jadi komando tentara Perancis di Itali.

Di negeri itu, antara tahun 1796-1797, Napoleon berhasil pula merebut serentetan kemenangan yang membuatnya seorang satria tatkala kembali ke Perancis.

Di tahun 1798 dia memimpin penyerbuan Perancis ke Mesir. Langkah ini ternyata ialah bencana. Di darat, biasanya pasukan Napoleon berhasil, tetapi Angkatan Laut Inggris di bawah pimpinan Lord Nelson dengan mantap mengobrak-abrik armada Perancis, dan di tahun 1799 Napoleon meninggalkan pasukannya di Mesir dan pulang ke Perancis.

Begitu sampai di Perancis, Napoleon Bonaparte yang jeli itu dapat berkesimpulan bahwa rakyat Perancis lebih terkenang dengan kemenangan-kemenangannya di Itali daripada kegagalan ekspedisi Perancis ke Mesir.

Berpegang pada fakta ini, hanya sebulan sesudah Napoleon Bonaparte menginjak bumi Perancis, Napoleon ambil bab dalam perebutan kekuasaan bersama Albe Sieyes dan lain-lainnya.

Kup ini melahirkan sebuah pemerintah gres yang disebut “Consulate” dan Napoleon menjadi Konsul pertama. Kendati konstitusi sudah disusun dengan cermat dan diterima lewat persetujuan plebisit rakyat, ini hanya kedok belaka untuk menutupi kediktatoran militer Napoleon yang dengan secepatnya mampu menyikut dan melumpuhkan lawan-lawannya.

Napoleon Menjadi Kaisar Perancis

Naiknya Napoleon ke tahta kekuasaan sebagai kaisar perancis betul-betul mengagumkan. Tepatnya di bulan Agustus 1793, sebelum peperangan Toulon, Napoleon sama sekali tidak dikenal orang.

Biografi Napoleon Bonaparte
Biografi Napoleon Bonaparte

Napoleon Bonaparte tak lebih dari seorang perwira rendah berumur dua puluh empat tahun dan bukan sepenuhnya orang Perancis. Tetapi, kurang dari enam tahun kemudian masih dalam usia tiga puluh tahun– sudah bermetamorfosis jadi penguasa Perancis yang tak mampu disangkal lagi, posisi yang digenggamnya selama lebih dari empat belas tahun.

Perancis Dibawah Kekuasaan Napoleon

Dalam Biografi Napoleon Bonaparte dimengerti bahwa di masa tahun-tahun kekuasaannya, Napoleon melakukan perombakan besar-besaran dalam sistem administrasi pemerintahan serta hukum Perancis.

Misalnya, dia merombak struktur keuangan dan kehakiman, ia mendirikan Bank Perancis dan Universitas Perancis, serta menyentralisir administrasi.

Meskipun tiap perubahan ini punya makna penting, dan dalam beberapa hal punya daya efek jangka usang utamanya untuk Perancis, tidaklah punya dampak yang berarti buat negeri lain.

Tetapi salah satu perombakan yang dikerjakan oleh Napoleon Bonaparte punya daya dampak yang melebihi batas negeri Perancis sendiri. Yaitu, penyusunan apa yang termasyhur dengan sebutan Code Napoleon. Dalam banyak hal, code ini mencerminkan ide-inspirasi Revolusi Perancis.

Misalnya, di bawah code ini tidak ada hak-hak istimewa berdasar kelahiran dan asal-permintaan, siapa saja sama derajat di mata hukum.

Berbarengan dengan itu code tersebut cukup mendekati aturan-aturan lama dan etika kebiasaan Perancis sehingga diterima oleh rakyat Perancis dan sistem pengadilannya.

Secara lazim, code itu moderat, teratur rapi dan ditulis dengan ringkas, terperinci, serta mampu diterima, komplemen pula mudah difahami.

Akibatnya, code ini tidak hanya berlaku di Perancis (aturan perdata Perancis yang berlaku kini nyaris seperti dengan Code Napoleon itu) namun juga diterima pula di negeri-negeri lain dengan perubahan-pergeseran yang diubahsuaikan dengan keperluan lokal.

Langkah Politik Napoleon Bonaparte selalu menumbuhkan keyakinan bahwa dialah seorang yang membela Revolusi Perancis. Tetapi, di tahun 1804 beliau sendiri pula yang memperoklamirkan diri sebagaiKaisar Perancis. Tambahan lagi, dia mengangkat tiga saudaranya keatas tahta kerajaan di beberapa negara Eropa.

Langkah ini tidak bisa tidak menumbuhkan rasa tidak bahagia pada sebagian orang-orang Republik Perancis yang menganggap tingkah itu sepenuhnya merupakan pengkhianatan terhadap pandangan baru-wangsit dan tujuan Revolusi Perancis. Tetapi, kesusahan utama yang dihadapi Napoleon yakni pertempuran dengan negara-negara gila.

Di tahun 1802, di Amiens, Napoleon menandatangani perjanjian damai dengan Inggris. Ini memberi angin lega kepada Perancis yang dalam tempo sepuluh tahun terus-menerus berada dalam situasi perang.

Berperang Dengan Inggris

Tetapi, di tahun berikutnya perjanjian tenang itu putus dan pertempuran usang dengan Inggris dan sekutunya pun mulai lagi. Walaupun pasukan Napoleon beberapa kali memenangkan peperangan di daratan, Inggris tidak bisa dikalahkan jika saja armada lautnya tak terlumpuhkan.

Malangnya untuk Napoleon, dalam peperangan yang musykil di Trafalgar tahun 1805, armada bahari Inggris merebut kemenangan besar. Karena itu, pengawasan dan kesaktian Inggris di lautan tidaklah perlu diragukan lagi.

Meskipun kemenangan besar Napoleon (di Austerlitz melawan Austria dan Rusia) terjadi enam ahad setelah Trafalgar, hal ini sama sekali tidak mampu meniadakan kepahitan kekalahan di sektor armada maritim.

Dalam Biografi Napoleon Bonaparte dikenali bahwa di tahun 1808 Napoleon menciptakan kesalahan besar melibatkan Perancis ke dalam peperangan yang panjang dan tak menentu. Ujung pangkalnya di Semenanjung Iberia, tempat serdadu Perancis tertancap tak bergerak selama beberapa tahun.

Tetapi, kekeliruan terbesar Napoleon adalah serangannya terhadap Rusia. Di tahun 1807 Napoleon bertemu paras dengan Czar, dan dalam kontrakTilsit mereka bersepakat menggalang persahabatan baka. Tetapi, persepakatan dan persekutuan itu lambat laun rusak, dan di tahun 1812 bulan Juni Napoleon memimpin prajurit raksasa menginjak-injak bumi Rusia.

Hasil dari perbuatan ini sudah sama diketahui. Tentara Rusia biasanya mengelak dari peperangan pribadi berhadapan dengan prajurit Napoleon, alasannya itu Napoleon dapat maju dengan cepatnya. Di bulan September Napoleon menduduki Moskow. Tetapi, orang Rusia membumihanguskan kota itu dan sebagian besar rata dengan tanah.

Sesudah menunggu lima ahad di Moskow (dengan impian tidak berguna Rusia akan memberikan perdamaian), Napoleon alhasil memutuskan mundur, tetapi keputusan ini telah telat.

Gabungan antara pukulan prajurit Rusia dan animo dingin yang kejam, tak memadainya suplai pasukan Perancis menyebabkan gerakan mundur itu menjadi gerakan mundur yang morat-marit. Kurang dari sepuluh persen tentara raksasa Perancis mampu keluar dari bumi Rusia hidup-hidup.

Runtuhnya Kekuasaan Napoleon Bonaparte

Negara-negara Eropa lain, seperti Austria dan Prusia, sadar benar mereka punya peluang baik menghajar Perancis. Mereka menggabungkan semua kekuatan menghadapi Napoleon.

Dan pada dikala pertempuran di Leipzig bulan Oktober 1813, Napoleon kembali mendapat pukulan pahit sampai sempoyongan. Tahun selanjutnya ia berhenti dan dibuang ke Pulau Elba, suatu pulau kecil di lepas pantai Itali.

Di tahun 1815 ia melarikan diri dari Pulau Elba, kembali ke Perancis, disambut baik dan kembali berkuasa. Kekuatan-kekuatan Eropa secepatnya memaklumkan perang dan seratus hari sesudah duduknya lagi dia di tahta kekuasaan,

Kekalahan Napoleon Bonaparte

Napoleon mengalami kekalahan yang mematikan di Waterloo. Sesudah Waterloo, Napoleon dipenjara oleh orang Inggris di St. Helena, sebuah pulau kecil di selatan Samudera Atlantik. Di sinilah ia menghembuskan nafasnya yang terakhir tahun 1821 akhir serangan kanker.

Pertempuran Waterloo (wikipedia.org)

Sosok Napoleon Bonaparte

Karier militer Napoleon menghidangkan paradoks yang menawan. Kegeniusan gerakan taktiknya amat memukau, dan jikalau diukur dari segi itu semata, bisa jadi ia mampu dianggap seorang jendral paling besar sepanjang jaman.

Tetapi di bidang strategi dasar beliau merosot akibat membuatkekeliruan-kekeliruan besar, seperti contohnya penyerbuan ke Mesir dan Rusia. Kesalahan strateginya begitu bego sehingga Napoleon tak patut dijuluki pemimpin militer kelas wahid.

Apakah pikiran kedua ini tidak adil? Saya kira tidak. Sesungguhnya, ukuran kebesaran seorang jendral terletak pada kemampuannya menghindardari berbuat kesalahan-kesalahan yang menuntun kearah kehancuran.

Hal semacam itu tak terjadi pada diri Alexander Agung, Jengis Khan dan Tamerlane yang tentaranya tak pernah terkalahkan. Berhubung Napoleon pada alhasil mampu dikalahkan di tahun 1815, Perancis mempunyai daerah lebih kecil dibandingkan dengan yang pernah dipunyainya di tahun 1879, dikala pecahnya Revolusi.

Napoleon pastinya seorang “egomaniac” dan sering dianggap semodel dengan Hitler. Tetapi, ada perbedaan yang ruwet diantara keduanya. Jika Hitler bertindak sebagian terbesarnya atas dorongan ideologi yang tersembunyi.

Napoleon semata-mata terdorong oleh ambisi yang oportunistis dan beliau tidak memiliki selera melakukan penjagalan besar dan gila-gilaan. Dalam masa pemerintahan Napoleon, tidak terdapat semacam kamp fokus mirip yang dipunyai Hitler.

Teramat masyhurnya nama Napoleon amat gampang menjebak orang menilai dia itu berpengaruh besar secara berlebih-lebihan.

Masa efek jangka pendeknya memang besar, mungkin lebih besar dari Alexander Yang Agung meskipun tidak sebesar Hitler. Dengan ukuran apa pun, perbuatan pengrusakan Napoleon lebih minim ketimbang apa yang diperbuat Hitler.

Dalam kaitan imbas jangka panjang, tampaknya Napoleon lebih penting daripada Hitler, meski lebih kurang penting dibanding Alexander Yang Agung. Napoleon melakukan perubahan luas dalam tata administrasi Perancis, tetapi penduduk Perancis cuma satu per tujuh puluh masyarakatdunia.

Dalam tiap peristiwa, pergeseran administratif macam itu mesti ditinjau dari sudut perspektif yang sewajarnya. Pengaruhnya kepada orang Perancis jauh lebih sedikit dibandingkan dengan pergantian-pergeseran sejumlah perkembangan teknologi dalam abad dua kala akhir-akhir ini.

Banyak orang bilang, abad Napoleon menyediakan peluang bagi perubahan-pergantian bagi terkonsolidasinya dan kian mapannya kaum borjuais Perancis.

Di tahun 1815, tatkala monarki Perancis balasannya tersusun kembali, pergantian-pergantian ini ditopang dan dilindungi begitu baiknya sehingga kemungkinan mampu kembalinya acuan-pola sosial orde usang suatu hal yang sepenuhnya mustahil. Tetapi, pergantian terpenting bahwasanya terjadi dan tersusun sebelum Napoleon.

Pada tahun 1799 dikala Napoleon memegang kontrol pemerintahan mungkin setiap jalan ke arah kembalinya ke abad status quo sudah terlambat. Tetapi, lepas dari ambisi Napoleon sendiri yang keraja-rajaan, dia memang pegang peranan penting menyebarnya ide revolusi ke seluruh Eropa.

Napoleon juga membawa akibat timbulnya imbas-dampak luas dan besar dalam revolusi Amerika Latin. Penyerbuannya ke Spanyol melemahkan pemerintahan Spanyol sehingga cengkraman kolonialnya di daerah-daerah jajahannya juga dengan sendirinya melonggar dan tidak efektif.

Dalam suasana de facto otonomi inilah gerakan-gerakan kemerdekaan Amerika Latin mulai meletus. Napoleon di peperangan Waterloo.

Dari semua langkah tindakan Napoleon, yang terpenting dan paling punya imbas berjangka panjang justru yang berada di luar rencananya dan tidak ada sangkut pautnya dengan rencana Napoleon sendiri.

Di tahun 1803, Napoleon menjual tempat luas terhadap Amerika Serikat. Dia tahu, milik Perancis di Amerika Utara sulit dilindungi menghadapi serangan-serangan Inggris.

Selain itu, dia juga perlu duit, pemasaran tanah Louisiana itu mungkin merupakan jual-beli tanah secara damai yang terbesar dalam sejarah sekaligus mengganti Amerika Serikat menjadi sebuah negara yang berukuran benua.

Sukar dibayangkan apa bentuknya Amerika Serikat tanpa Louisiana ini. Pasti akan ialah negeri yang samasekali berlawanan dengan apa yang kita kenal sekarang. Dan pula patut disangsikan Amerika Serikat bisa menjadi negeri berpengaruh tanpa jual-beli Louisiana ini.

Napoleon, tentu saja, bukanlah satu-satunya orang yang berperanan dan bertanggung jawab atas pemasaran ini. Pemerintah Amerika jelas pegang peranan pula. Tetapi, penawaran Perancis memasarkan Louisiana diputuskan dalam perundingan oleh satu orang. Dan orang itu Napoleon Bonaparte.

Biografi Soekarno, Kisah Sang Proklamator Menenteng Indonesia Merdeka

Biografi Tokoh Indonesia,  Feed,  Tokoh Pemimpin

Ir Soekarno diketahui selaku salah satu proklamator dan jagoan paling terkenal di Indonesia. Bersama dengan Moh. Hatta, mereka berdua diketahui sebagai pendiri atau founding father Republik Indonesia. Ia sungguh berperan penting dalam sejarah bangsa Indonesia terutama mengantarkan Indonesia menjangkau kemerdekaan.

Biografi Soekarno

Soekarno diketahui selaku Presiden Pertama Indonesia. Ia yang juga diketahui selaku orator ulung serta penggerak dari Pancasila yang lalu menjadi ideologi Bangsa Indonesia sampai ketika ini. Lantas bagaimana perjalanan dan cerita hidup dari Soekarno? Berikut kisahnya.

Biodata Soekarno

Nama Lengkap Dr. Ir. H. Soekarno
Nama Kecil Koesno Sosrodihardjo
Nama Panggilan Bung Karno, Soekarno, Pak Karno
Lahir Surabaya, 6 Juni 1901
Wafat Jakarta, 21 Juni 1970
Agama Islam
Orang Tua Soekemi Sosrodihardjo (Ayah), Ida Ayu Nyoman Rai (Ibu)
Istri Oetari, Inggit Garnasih, Fatmawati, Hartini, Kartini Manopo, Ratna Sari Dewi, Haryati, Yurike Sanger, Heldy Djafar
Anak Guntur Soekarnoputra, Megawati Soekarnoputri, Rachmawati Soekarnoputri, Sukmawati Soekarnoputri, Guruh Soekarnoputra, Taufan Soekarnoputra, Bayu Soekarnoputra, Totok Suryawan Soekarnoputra, Karina Kartika Sari Dewi Soekarno, Ayu Gembirowati

Biografi Soekarno

Ir Soekarno dilahirkan di Surabaya tepatnya pada tanggal 6 Juni 1901. Saat lahir ayahnya memberi nama Koesno Sosrodihardjo. Namun berjalan beberapa bulan, Koesno sering sakit-sakitan. Ayahnya lalu mengganti nama anaknya menjadi Soekarno.

Nama Karno terisnpirasi dari tokoh jagoan dalam perang Bharatayudha yang bernama ‘Karna’. Menurut masyarakat, kalau anak sering sakit-sakitan maka nama yang beliau emban sangat berat hingga perlu diganti.

Mengenai latar belakang keluarganya, Ayah Soekarno dikenal bernama Raden Soekemi Sosrodihardjo. Ia ialah darah biru dan seorang guru sekolah pribumi di Bali. Sementara Ibunya bernama Ida Ayu Nyoman Rai, beliau dikenali merupakan anak darah biru Bali yang beragama Hindu.

Kedua orang bau tanah Soekarno bertemu di Bali dikala ayahnya menjadi guru disana. Dari akad nikah ini, Raden Soekemi dan Ida Ayu Nyoman Rai mempunyai anak wanita berjulukan Soekemi yang ialah abang wanita Soekarno.

Masa Kecil

Biografi Soekarno
Soekarno Remaja

Sejak lahir, keluarganya menetap di Blitar. Namun saat Soekarno masih kecil, orang tuanya mengirim anaknya untuuk tinggal bareng kakeknya yang berjulukan Raden Hardjokromo di Tulungagung, Jawa Timur.

Ia sempat mengenyam pendidikan di Tulungagung, tetapi tak sampai tamat. Hal ini alasannya adalah dia mengikuti orang tuanya pindah ke Mojokerto. Di Mojokerto, ia lalu di sekolahkan di Eerste Inlandse School dimana ayahnya juga bekerja disitu selaku guru.

Masa Remaja Soekarno

Namun dia dipindahkan tahun 1911 ke ELS (Europeesche Lagere School) yang setingkat sekolah dasar untuk disediakan masuk di HBS (Hogere Burger School) di Surabaya. Setelah simpulan dan bersekolah di HBS tahun 1915, Soekarno lalu tinggal di rumah HOS Cokroaminoto yang ialah mitra dari ayahnya.

H.O.S Cokroaminoto diketahui sebagai pendiri dari Serikat Islam (SI). Di rumah Cokroaminoto lah dia berkenalan dengan para pemimpin Sarekat Islam (SI) seperti Haji Agus Salim dan Abdul Muis.

Soekarno, Kartosuwiryo dan Muso

Dalam Biografi Soekarno yang banyak ditulis, Di rumah HOS Cokroaminoto, Soekarno erat dengan Muso, Alimin, Darsono dan Semaun. Mereka bertiga kelak dikenal selaku tokoh berhaluan komunis yang memimpin pemberontakan PKI di Madiun.

Selain itu Soekarno juga berteman akrab dengan Kartosuwiryo yang kelak mendirikan Darul Islam dan memimpin pemberontakan melawannya dikala menjadi Presiden.

Meskipun pada balasannya ia sendiri yang menandatangani kesepakatan eksekusi mati kepada Kartosuwiryo yang menjadi sahabatnya saat masih muda.

Mereka bantu-membantu tinggal di rumah H.O.S Cokroaminoto untuk belajar dan mencar ilmu berorganisasi melalui Sarekat Islam (SI). Disini jiwa nasionalismenya akan bangsa Indonesia menjadi sangat besar.

Ia juga sempat ikut dalam organisasi pemuda tahun 1918 yang bernama Tri Koro Darmo yang kemudian berganti nama menjadi Jong Java. Ia bahkan aktif selaku penulis di koran harian bernama Oetoesan Hindia yang diatur oleh Cokroaminoto.

Di rumah Cokroaminoto, Soekarno muda mulai berguru berpolitik dan juga belajar berpidato walaupun cenderung dia lakukan sendiri di depan cermin di kamarnya. Di sekolahnya adalah Hoogere Burger School atau HBS, Ia menerima banyak ilmu pengetahuan

Pada tahun 1921 setelah lulus dari Hoogere Burger School atau HBS, Ia lalu pindah ke Bandung dan tinggal dirumah Haji Sanusi, disini Ia kemudian dekat dengan Douwes Dekker, Tjiptomangunkusumo, dan Ki Hajar Dewantara.

Ia lalu masuk ke Technische Hoogeschool (THS) jurusan teknik sipil. Technische Hoogeschool (THS) kelak menjelma ITB (Institut Teknologi Bandung) mirip sekarang.

Di tahun yang serupa ialah 1921, Soekarno menikah dengan Siti Oetari anak sulung dari H.O.S Cokroaminoto. Ia sempat berhenti kuliah sesudah dua bulan masuk di THS.

Namun di tahun 1922 beliau mendaftar lagi dan mulai kuliah lagi di THS. Beliau lulus pada tanggal 25 Mei 1926 dengan gelar Ir (Insinyur) yang kemudian bersahabat diundang dengan nama Ir Soekarno.

Tamat dari THS, Ia mendirikan Biro Insinyur tahun 1926 bareng Ir. Anwari yang melaksanakan desain dan rancang bangunan. Ia juga melakukan pekerjaan sama dengan Ir. Rooseno mendesain dan membangun rumah.

Selama di Bandung, Ia mendirikan Algemeene Studie Club (ASC) yang kemudian menjadi cikal bakal dari Partai Nasional Indonesia yang berdiri pada tanggal 4 Juli 1927.

Disini dia kemudian mulai mengamalkan ajaran Marhaenisme. Tujuan dari pembentukan partai Nasional Indonesia adalah supaya bangsa Indonesia mampu merdeka dan terlepas dari Jajahan Belanda.

Dipenjara Oleh Pemerintah Kolonial

Dari keberanian Soekarno ini lalu pemerintah kolonial Belanda menangkapnya di Yogyakarta dan memasukkannya ke penjara Banceuy di Bandung. Kemudian tahun 1930, dia dipindahkan ke penjara Suka Miskin.

Dalam penjara ini kebutuhan hidupnya semua berasal dari istrinya yang setia menemaninya adalah Inggit Ganarsih yang menikah dengan Soekarno pada tahun 1923. Dimana sebelumnya ia telah menceraikan Siti Oetari secara baik-baik pada ketika masih di Bandung.

Biografi Soekarno
Soekarno dan Inggit Ganarsih

Inggit yang juga dibantu oleh kakak Soekarno berjulukan Sukarmini sering membawakan makanan kepadanya di penjara Suka Miskin, hal itulah yang lalu membuat pengawasan di penjara Suka Miskin kian diperketat.

Dari beberapa sumber yang menulis biografi Presiden Soekarno, diketahui bahwa beliau memang diketahui belanda selaku seorang tahanan yang bisa menghasut orang lain semoga berpikir untuk merdeka sehingga ia lalu dianggap cukup berbahaya.

Beliau lalu diisolasi dengan tahanan elit maksudnya agar tidak mampu menerima berita yang berasal dari luar penjara. Tahanan elit ini sebagian besar merupakan warga Belanda yang mempunyai perkara mirip penggelapan, korupsi dan juga penyelewengan.

Inilah yang menjadi tujuan Belanda agar topik pembicaraan perihal bagaimana caranya untuk memerdekakan Indonesia tidak sesuai karena rata-rata tahanan elit yang bersamanya adalah orang Belanda.

Topik yang biasa dia dengar sama sekali tidak penting mirip soal masakan dalam penjara dan juga cuaca. Selama berbulan-bulan di Suka Miskin menjadikan Soekarno putus komunikasi dengan sobat-teman seperjuangannya, tetapi itu bukanlah hal yang sulit baginya untuk mendapatkan isu dari luar.

Akhirnya Soekarno memperoleh ilham gres, dimana beliau menggunakan telur sebagai media untuk berkomunikasi dengan istrinya. Jika temannya mengalami bencana alam atau mendapat kabar buruk maka telur yang dibawa oleh istrinya adalah telur asin, itupun ia cuma dapat mengira-duga sebab ia tidak tahu secara pasti apa yang terjadi diluar sana.

Untuk berbicara dengan Inggit, Ia diawasi secara ketat dan juga barang bawaan yang dibawa oleh inggit dari luar penjara senantiasa diperiksa secara teliti.

Biografi Soekarno

Kemudian Soekarno dan inggit akibatnya mendapatkan cara yang dianggapnya paling mudah dalam berkomunikasi biar tidak dimengerti oleh Belanda yaitu dengan media yang sama sebelumnya adalah Telur dimana cara yang digunakan sedikit berlainan ialah dengan menusuk jarum ke telur.

Jika satu bacokan pada telur mempunyai arti kabar baik, jika tusukan sebanyak dua kali pada telur artinya seorang temannya tertangkap tetapi jikalau terdapat tiga bacokan berarti pencetus kemerdekaan yang ditangkap cukup besar.

Selama berada dipenjara, orang tuanya tidak pernah sekalipun mengunjunginya sebab orang tuanya tidak mampu melihat anaknya dipenjara.

Dalam penjara, dia tampakkurus dan hitam. Karena itulah yang menurut ibu Wardoyo sehingga orang tuanya tak maumenjenguknya

Soekarno dan Pembelaan “Indonesia Menggugat”

Dalam sejarah presiden Soekarno, diketahui bahwa kasusnya disidangkan oleh Belanda lewat pengadilan Landraad di Bandung, ketika sudah delapan bulan berlalu ialah pada tanggal 18 Desember 1930.

Biografi Soekarno

Soekarno dalam pembelaanya membuat judul bernama “Indonesia Menggugat” yang terkenal. Dimana ia mengungkapkan bahwa bangsa Belanda sebagai bangsa yang serakah yang sudah menindas dan merampas kemerdekaan Bangsa Indonesia.

Biografi Soekarno

Dari pembelaannya itu lalu sehingga menciptakan Belanda kian marah sehingga PNI bentukannya dibubarkan pada bulan Juli 1930.

Setelah keluar dari penjara bulan desember 1931, Ia kemudian bergabung dengan Partindo tahun 1932 karena beliau sudah tidak mempunyai partai lagi dan dia lalu didaulat sebagai pemimpin Partindo tetapi ia kembali ditangkap oleh Belanda dan lalu diasingkan ke Flores.

Pada tahun 1938, dia lalu dibuang ke Bengkulu, disini Soekarno berjumpa dengan Mohammad Hatta yang hendak menjadi teman seperjuangannya yang lalu keduanya akan memproklamasikan Kemerdekaan bangsa Indonesia.

Di Bengkulu juga dia kemudian berkenalan dengan Fatmawati yang kelak menjadi istrinya dan ibu negara pertama. Fatmawati ialah putri dari Hassan Din yang mengajaknya untuk mengajar di Sekolah Muhammadiyah di Bengkulu.

Tahun 1942, kekuasaan Belanda di Indonesia selsai sesudah Jepang masuk menyerbu Indonesia. Soekarno yang sempat akan dipindahkan oleh Belanda ke Australia tetapi gagal sehabis dicegat oleh Jepang.

Ia lalu kembali ke Jakarta. Jepang kemudian memanfaatkannya berserta pemimpin Indonesia lainnya untuk menarik hati penduduk Indonesia.

Soekarno dan Jepang

Dalam Biografi Soekarno dimengerti bahwa Jepang berjanji memperlihatkan kemerdekaan bagi Indonesia. Jepang bahkan menunjuknya untuk memimpin tim antisipasi kemerdekaan bangsa Indonesia adalah BPUPKI dan PPKI.

Karena itu juga beliau bahkan sempat terbang ke Jepang untuk berjumpa dengan Kaisar Hirohito. beliau terus menerus melakukan pendekatan dan kerjasama dengan Jepang dengan tujuan agar Indonesia segera diberi kemerdekaan.

Segala persiapan untuk kemerdekaan Indonesia dijalankan oleh Soekarno seperti merumuskan Pancasila dan UUD 45 sebagai ideologi dan dasar negara Indonesia. Ia juga ikut dalam perumusan teks proklamasi kemerdekaan Indonesia bareng Mohammad Hatta dan Achmad Soebardjo.

Sebelum mengumumkan kemerdekaan Indonesia pada bulan agustus 1945, Soekarno bareng Mohammad Hatta bareng pemimpin Indonesia yang lainnya terbang ke Dalat, Vietnam.

Disana mereka menemui pimpinan tertinggi kekaisaran Jepang di Asia Tenggara ialah Marsekal Terauchi. Menjelang proklamasi kemerdekaan, terdapat perbedaan pandangan antara golongan tua dan golongan tua.

Peristiwa Rengasdengklok

Penyebab terjadinya peristiwan Rengasdengklok karena pada awalnya, Golongan Tua menghendaki agar kemerdekaan Indonesia disediakan secara masak-masak dan kalangan muda menghendaki biar kemerdekaan Indonesia diproklamasikan segera.

Hal inilah yang lalu membuat golongan muda melakukan penculikan terhadap Soekarno dan Mohammad Hatta pada tanggal 16 agustus 1945.

Keduanya kemudian dibawa ke tempat Rengasdengklok dengan tujuan semoga secepatnya memproklamirkan kemerdekaan Indonesia dan menjauhkannya dari efek Jepang. Peristiwa penculikan ini kemudian diketahui dengan nama Peristiwa Rengasdengklok.

Mengetahui keduanya dibawa ke Rengasdengklok membuat Ahmad Soebardjo lalu menjemputnya disana. Sutan Syahrir yang dikenal sering berseberangan pertimbangan murka mendengar para golongan muda menculik kedua tokoh proklamator ini menyuruh mereka membwanya kembali ke Jakarta.

Tiba di Jakarta, Soekarno dan Muhammad Hatta beserta pemimpin lainnya bertemu dengan Laksamana Maeda di rumahnya di Jl. Imam Bonjol.

Biografi Soekarno
Proklamasi Kemerdekaan

Laksamana Maeda lalu menjamin keselamatannya dan para pemimpin lain dan mempersilahkan Soerkarno dan Muhammad untuk merumuskan teks proklamasi kemerdekaan.

Bersama dengan Ahmad Soebardjo mereka bertiga merumuskan teks proklamasi kemerdekaan yang kemudian diketik ulang oleh Sayuti Melik.

Presiden Pertama Indonesia

Pada tanggal 17 Agustus 1945, Soekarno dan Juga Moh Hatta memproklamasikan kemerdekaan Indonesia dari penjajahan Jepang dimana pada tanggal tersebut juga diperingati selaku Hari kemerdekaan bangsa Indonesia dimana pancasila kemudian dibentuk oleh selaku dasar dari negara Indonesia.

Proklamasi kemerdekaan inilah yang lalu menenteng Soekarno bareng dengan Mohammad Hatta diangkat selaku Presiden dan Wapres Pertama Republik Indonesia dalam sejarah bangsa Indonesia.

Diluar sosoknya sebagai Bapak bangsa Indonesia, tidak banyak yang tahu jikalau prolamator ini pernah menikah sebanyak sembilan kali, kharisma yang hebat dimiliki oleh Putera sang Fajar ini lewat penuturan orang-orang yang erat dengannya.

Soekarno dan Fatmawati

Indonesia Dalam Pemerintahan Presiden Soekarno

Selama pemerintahan Presiden Soekarno, Indonesia sebagai negara gres ketika itu bertahan dari berbagai permasalahan yang kerap menggoyahkan stabilitas negara Indonesia. Pertama kali dengan aksi militer yang dilakukan oleh Belanda yang kembali menjajah Indonesia setelah Jepang mengalah.

Biografi Soekarno

Kemudian muncul pemberontakan PKI yang dipimpin oleh Muso (mitra lama Soekarno) dan Amir Syarifudin, Pemberontakan Permesta, Pemberontakan Republik Maluku, Pemberontakan APRA oleh Westeling, dan pemberontakan Darul Islam atau DI/TII oleh Kartosuwiryo yang ialah kawannya sendiri saat Soekarno masih muda. Meskipun banyak dilanda persoalan pada permulaan-awal lahirnya negara, dibawah pemerintahannya, Indonesia mulai populer di mata Internasinal.

Banyak pemimpin dunia seperti John F. Kennedy yang merupakan presiden Amerika saat itu dan Fidel Castro adalah presiden Kuba dan pemimpin negara lain meletakkan hormat pada Presiden Soekarno.

Indonesia saat itu diketahui sebagai negara non blok, dan sempat berhubungan dekat dengan Rusia dan ditandai dengan pembelian senjata untuk pertahanan secara besar-besaran dari Rusia dan juga untuk melawan Belanda dikala sedang melaksanakan upaya pembebasan Irian Barat.

Selain itu Indonesia melalui presiden Soekarno membentuk poros Jakarta-Beijing-Moskow yang menciptakan konfrontasi dengan blok barat kian tinggi.

Hal ini juga menciptakan Indonesia kian berhaluan kiri ditandai dengan semakin berkembangnya komunis saat itu dimana timbul istilah ‘NASAKOM’ yang dicetuskan oleh Presiden Soekarno.

Indonesia bahkan sempat berubah metode pemerintahan dari sistem parlementer menjadi presidensil dari tahun 1945 sampai 1960an.

Dan pada tahun 1960an pergolakan politik yang amat ahli terjadi di Indonesia, penyebab utamanya ialah adanya pemberontakan besar oleh PKI (Partai Komunis Indonesia) yang dikenal dengan sebutan G30-S/PKI dimana dari kejadian ini lalu membuat simpulan kisah dari pemerintahan Presiden Soekarno dan juga orde usang berakhir.

Hal ini ditandai dengan adanya “Supersemar” atau Surat Perintah Sebelas Maret di tahun 1966 yang populer dan masih menjadi kontroversi sejarah karena naskah aslinya tidak diketahui keberadaannya sampai sekarang.

Supersemar dikeluarkan oleh Presiden Soekarno dan berisi himbauan dari Presiden ke Soeharto biar bisa mengontrol Keamanan dan juga ketertiban negara yang dikala itu sedang berantakan dan juga berisi mandat pemindahan kekuasaan dari Soekarno ke Soeharto yang kelak menyebabkan Soeharto sebagai Presiden yang baru bagi bangsa Indonesia.

Akhir Jabatan Soekarno Sebagai Presiden

Diketahui dalam biografi Soekarno, Setelah jabatannya selaku Presiden selsai ditandai dengan diangkatnya Soeharto sebagai Presiden, ayah dari Megawati Soekarnoputri ini banyak menghabiskan waktunya di istana Bogor.

Lama-kelamaan kesehatannya terus menerus menurun sehingga dia menerima perawatan oleh tim dokter kepresidenan hingga tepatnya pada tanggal 21 Juni 1970, Pria yang dikenal selaku proklamator dan presiden pertama Indonesia ini menghembuskan nafas terakhirnya di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta.

Kepergian sang Proklamator sekaligus Bapak Bangsa Indonesia ke pangkuan Yang Maha Kuasa menyisakan luka yang dalam bagi rakyat Indonesia pada waktu itu. Jenazah dari bung Karno lalu dibawa di Wisma Yaso, Jakarta setelah itu jenazahnya lalu dibawa ke Blitar, Jawa Timur untuk dikebumikan dekat dengan makam ibunya Ida Ayu Nyoman Rai.

Gelar “Pahlawan Proklamasi” diberikan oleh pemerintah alasannya adalah jasa-jasanya terhadap bangsa Indonesia. Kisah perjuangan Bung Karno kemudian diangkat ke dalam layar lebar yang berjudul “Soekarno : Indonesia Merdeka” yang digarap oleh sutradara terkenal Hanung Bramantio dimana Ario Bayu berperan sebagai Tokoh Soekarno, Inggit yang diperankan oleh Maudy Koesnaedi dan Fatmawati yang diperankan oleh Tika Bravani.

Akhir Tragis Kematian Soekarno

Di Wisma Yaso di Jln gatot Subroto beliau ditahan sehingga saat sakit dia tidak bisa kemana-mana sehingga penahanan inilah yang kemudian menciptakan ia menderita lahir dan batin, keluarganya pun tidak diperbolehkan secara bebas untuk menjenguk Putera Sang Fajar .

Ketika sakit, banyak resep obat yang tidak mampu ditukar dengan obat dimana resep itu diberikan oleh dr. Mahar Mardjono yang memimpin tim dokter dikala itu. Sehingga banyak tumpukan resep ketika itu di meja penahanan Ir. Soekarno. resep tersebut dibiarkan saja dan tidak pernah ditukarkan dengan obat.

Banyak yang mengatakan penguasa yang gres memang sengaja membiarkan soekarno sakit dan makin parah sehingga mempercepat kematiannya. Alat-alat kesehatan yang berasal dari Cina untuk menyembuhkannya ditolak oleh Presiden Soeharto dikala itu. Rachmawati Soekarnoputri menuturkan bahkan sekedar menebus obat sakit gigi pun  harus seizin presiden Soeharto.

Sosok Soekarno di Bangkok?

Anda hobi traveling dan sedang berada di Bangkok, Thailand, cobalah untuk berkunjung ke Museum Madame Tussauds disana terdapat Patung lilin Soekarno. Patung yang yang dibuat dari lilin tersebut dibentuk menyerupai sosok Presiden pertama Indonesia ini.

Patung ini dibentuk selaku salah satu bentuk penghormatan oleh mus Madame Tussauds terhadap Presiden Soekarno sebagai salah satu Proklamator dan sebagai Bapak Bangsa Indonesia dan juga peranan Soekarno bagi dunia internasional selama menjabat sebagai Presiden Indonesia.

Biografi Soekarno
Patung Lilin Soekarno

Kutipan Kata Kata Bijak Ir Soekarno

…Kita bangsa besar, kita bukan bangsa tempe. Kita tidak akan mengemis, kita tidak akan minta-minta apalagi jika pertolongan-santunan itu diembel-embeli dengan syarat ini syarat itu ! Lebih baik makan gaplek tetapi merdeka, dari pada makan bestik namun budak. [Pidato HUT Proklamasi, 1963]

…Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa pahlawannya. (Pidato Hari Pahlawan 10 Nop.1961)

…Perjuanganku lebih mudah alasannya adalah menghalau penjajah, tapi perjuanganmu akan lebih susah karena melawan bangsamu sendiri.

…Jadikan deritaku ini selaku kesaksian, bahwa kekuasaan seorang presiden sekalipun ada batasnya. Karena kekuasaan yang langgeng hanyalah kekuasaan rakyat. Dan diatas semuanya ialah kekuasaan Tuhan Yang Maha Esa.

…Apabila di dalam diri seseorang masih ada rasa aib dan takut untuk berbuat suatu kebaikan, maka jaminan bagi orang tersebut adalah tidak akan bertemunya dia dengan perkembangan selangkah pun.

…Bangsa yang tidak percaya kepada kekuatan dirinya selaku sebuah bangsa, tidak dapat bangkit sebagai sebuah bangsa yang merdeka.

…Bangunlah sebuah dunia di mana semua bangsa hidup dalam tenang dan persaudaraan.

…Janganlah mengira kita semua telah cukup berjasa dengan sisi tiga warna. Selama masih ada ratap tangis di gubuk-gubuk pekerjaan kita simpulan ! Berjuanglah terus dengan mengucurkan sebanyak-banyak keringat.

…Berikan aku 1000 orang bau tanah, niscaya akan kucabut semeru dari akarnya, berikan saya 1 pemuda, niscaya akan kuguncangkan dunia

…Tidak seorang pun yang menghitung-hitung: berapa untung yang kudapat nanti dari Republik ini, jika saya berjuang dan berkorban untuk mempertahankannya

…Janganlah menyaksikan ke periode depan dengan mata buta! Masa yang lampau adalah berkhasiat sekali untuk menjadi kaca bengala dari pada abad yang mau datang.