TintaTeras

Biografi Martha Tilaar – Pebisnis Kosmetik Sukses

Enterpreneur,  Feed,  Pendiri Perusahaan,  Profil dan Biografi Tokoh Nasional Indonesia,  Tokoh Wanita

Biografi Martha Tilaar - Pengusaha Kosmetik SuksesBiografi Martha Tilaar. Beliau lahir di Kebumen, Jawa Tengah, 4 September 1937, dia ialah seorang pebisnis Kosmetik sukses Terkemuka dengan nama merek jualan Sariayu Martha Tilaar. Ia menikah dengan H.A.R Tilaar dan mempunyai empat anak, Bryan Emil Tilaar, Pinkan Tilaar,Wulan Tilaar,Kilala Tilaar. nenek dari beberapa orang cucu, yakni sosok perempuan yang tidak pantang mengalah. Ketika orang lain mengatakan mustahil, Ia tetap mencobanya. Yang penting adalah bukan melihat besarnya hambatan di depan kita, namun bagaimana kita memecahkan persoalan yang ada. Kebetulan, suaminya mendapatkan peluang belajar ke luar negeri. Ia pun mengambil kuliah keelokan dan lulus dari Academy of Beauty Culture, Bloomington, Indiana, AS.

Begitu lulus dari perguruan tinggi keayuan Martha secepatnya membuka praktek salon kecantikan di negeri Paman Sam itu. Ia menciptakan selebaran semacam brosur sederhana, mengiklankan jasa layanan salonnya. Berbagai perjuangan penawaran spesial dilaksanakan mirip masuk ke kampus-kampus, mengunjungi rumah-rumah mantan dosen untuk mendandani para istrinya. Begitu pula kepada mahasiswa-mahasiswa Indonesia, atau ibu-ibu yang mengikuti suaminya peran di mancanegara. Sekembalinya ke tanah air, Ia membuka salon kecil sederhana di garasi rumah milik ayahnya, dengan ukuran 6 x 4 meter pada tahun 1970, Ia terus berusaha berbagi salonnya itu, dengan membagikan selebaran-brosur ke lingkungan sekitar, memanjakan para hadirin salon dan mengajak mereka bercakap-mahir, untuk mendekatkan emosional. Dengan kedekatan itu, para hadirin menjadi betah dan menjadi konsumen tetap salonnya. Tak usang, dua tahun kemudian 1972 dia membuka salon kedua di Jalan Anggur No. 3 Cipete, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, sambil mengawali penggunaan merek dagang gres Sariayu Martha Tilaar.

Biografi Martha Tilaar - Pengusaha Kosmetik SuksesMartha juga tak kenal lelah terus mengeksplorasi kekayaan alam Indonesia untuk produk-produk salonnya. Tujuannya, ialah semoga perempuan Indonesia tetap terpelihara kecantikan dan keayuannya. Marta Tilaar pernah bertemu dengan perempuan yang menggendong anak sambil menjinjing dua anaknya. Wajahnya terlihat tua, lusuh dan keriput. Saya pikir usianya telah memasuki masa 40 tahun. Ternyata, belum hingga dua puluh lima. Karena beban hidup yang berat dan tidak pernah menjaga keayuan, perempuan itu tampakjauh lebih bau tanah dari usia bahwasanya. Menginjak tahun 1977 Martha Tilaar menjajaki koordinasi dengan Theresia Harsini Setiady, dari PT Kalbe Farma. Mereka setuju membuat perusahaan kosmetika dan jamu, namanya PT Martina Berto, dan meluncurkan Sariayu Martha Tilaar sebagai produk pertama. Dilanjutkan kemudian dengan membuka pabrik kosmetik pertama di Jalan Pulo Ayang, kawasan Indsutri Pulogadung , Jakarta timur yang diresmikan oleh Ny Nelly Adam Malik, ketika itu istri Wakil Presiden Adam Malik.

Tahun 1983 Martha Tilaar mendirikan PT Sari Ayu Indonesia, khusus sebagai distributor produk kosmetika Sariayu Martha Tilaar. Tahun 1986 Martha Tilaar membuka pabrik kedua, kali ini di Jalan Pulokambing II/1, masih di areal sama Kawasan Industri Pulogadung yang kali ini diresmikan oleh Ny. Karlinah Umar Wirahadikusumah, istri Wakil Presiden Umar Wirahadikusumah. Bisnis Martha Tilaar terus berkembang, dengan mengakuisisi sejumlah perusahaan hingga lalu ia dan keluarganya menguasai sepenuhnya saham PT Martina Berto. Bersamaan itu dilakukanlah konsolidasi perusahaan digabungkan ke dalam Martha Tilaar Group. Anak perusahaan Martha Tilaar Group terdiri PT Martina Berto dan PT Tiara Permata Sari (selaku pemanufaktur dan pemasar produk Sariayu Martha Tilaar, Biokos Martha Tilaar, Belia Martha Tilaar, Berto Martha Tilaar, Aromatic Oil Of Java Martha Tilaar, Dewi Sri Spa Martha Tilaar, Jamu Garden Martha Tilaar).

Biografi Martha Tilaar - Pengusaha Kosmetik SuksesMartha Tilaar sangat jeli dalam melihat dan menangkap kesempatan pasar. Pada tahun 1987, beliau meluncurkan produk ”Senja di Sriwedari” sebagai trend tata rias baru, sebuah pandangan baru yang diilhami oleh kekayaan alam dan budaya Indonesia. Dan produk itu meledak di pasaran. Para make up banyak merekomendasikan produk ini ke Kliennya. Sejak itulah Martha Tilaar selalu mempersuntingkan nama kawasan dan komponen budaya suatu tempat, yang kemudian dipadukan dengan musim pakaian tempat, ke setiap produk Sariayu Martha Tilaar.

Sebut saja produk yang dia keluarkan pada tahun 1989 dinamakan Sumatera bergaya, Puri Prameswari (1990) mengambil dari etnik Cirebon dan Bali, Senandung Nyiur (1991) dari Pantai Indonesia, Riwayat Asmat (1992) dari Irian Jaya/Papua, Rama-Rama Toraja (1993). Dan, puncaknya yakni musim warna Pusako Minang dari Minangkabau. Sariayu berhasil tampil selaku trendsetter make up paras perempuan Indonesia. Perjalanan bisnis Martha Tilaar tidak selamanya mulus. Ia pernah mengalami jatuh-berdiri atau pasang-surut usaha. Meskipun perusahaannya telah besar dan maju, orang masih saja memandangnya sebelah mata. Maklum, produk jamu kosmetika Sariayu Martha Tilaar sangat identik sekali sebagai produk lokal. Orang tahunya demikian saja tanpa mau mengenal bahwa produk Martha Tilaar sesungguhnya telah terkenal diseluruh dunia, bermutu, dan bergengsi.

Bahkan, Sariayu Martha Tilaar telah menjadi sebuah ikon produk lokal yang terkenal diseluruh dunia. Sebagai misal, Sariayu Martha Tilaar memiliki produk kosmetika elegan Biokos, Belia, Caring Colours, Professional Artist Cosmetics (PAC), Aromatic, Jamu Garden dan lain-lain yang sudah populer hingga ke luar negeri. Sebagai pengusaha, ternyata kepribadiannya yang tak pantang menyerah lah yang mengantarkannya sampai menjadi sukses seperti kini. Martha juga senantiasa berpikir faktual dan tidak henti melaksanakan inovasi. Sejak remaja, Martha sudah sudah biasa memasarkan makanan-kuliner kecil untuk menambah uang jajannya. Ia juga suka mengambil Sogok Telik dan Jali-jali Putih, yang berkembang subur di tanah milik eyangnya, untuk dirangkai menjadi kalung dan gelang. Perhiasan tersebut ia jual kepada sahabat-temannya di sekolah. Martha kecil juga selalu mengamati hal-hal kecil dan rincian di sekelilingnya.

Peraih gelar Doktor Kehormatan (Honoris Causa) dalam bidang ”Fashion and Artistry” dari World University Tuscon, Arizona, AS tahun 1984 ini menjalani hidup dengan sarat keajaiban kuasa Tuhan. Pernah ‘divonis’ mandul oleh jago obstetri dan ginekologi mancanegara, sehabis 11 tahun lebih menikah dan belum dikaruniai anak. Tapi hal itu tidak membuatnya mengalah. Ia terus berupaya memiliki keturunan lewat cara tradisional. Kebetulan Martha mempunyai nenek jago pembuat jamu. Selama empat tahun lebih ia rajin memakan jejamuan itu dengan ketekunan dan ketelatenan. Hingga pada suatu ketika di usia 41 tahun, Martha berhenti menstruasi. Dokter menyatakan Martha sudah memasuki kala menopouse. Ia sempat sangat sedih, alasannya adalah apa yang dicita-citakannya tidak mungkin tercapai.

Tapi, karena kuasa Tuhan Yang Maha Besar, absennya datang bulannya kali ini adalah alasannya adalah beliau mulai mengandung. Martha pun melahirkan anak pertamanya di usia 42 tahun, dan pada tahun-tahun selanjutnya lahir tiga orang lagi keturunannya yang kini sudah menjadi bawah umur yang sukses. Martha Tilaar memiliki kesepakatan tinggi membangun industri kosmetika. Ia investasi besar di bidang riset dan pengembangan (R&D;). Ia mau mengantarstaf ahli farmasinya berguru ke luar negeri, atau mengikuti banyak sekali bazar di luar negeri. Ia memiliki dua orang staf jago farmasi bergelar doktor, sejumlah magister dan sarjana strata satu yang lain. R&D; memberi hasil lain. Martha Tilaar perlahan-lahan sukses meminimalkan ketergantungan kandungan bahan baku impor, berganti dengan bahan baku setempat di setiap produknya. Hasil lain lagi, ini yang lebih mencengangkan, pada bulan Juli 2002 Sekjen PBB Kofi Annan mengundang Martha Tilaar hadir dalam lembaga Global Compact, di New York, AS.

Sebagai bentuk keperduliannya terhadap wanita, Martha mendirikan Yayasan Martha Tilaar. Ia mendidik banyak wanita dan ibu-ibu tentang kecantikan. Tujuannya supaya mereka memahami keelokan sehingga bisa merawat diri. Namun yang utamanya supaya mereka memiliki kemampuan ihwal kecantikan, sesuatu yang pernah banyak membantu wanita di ketika krisis multidimensi melanda bangsa termasuk pemutusan relasi kerja (PHK) terhadap karyawan wanita maupun pria di banyak perusahaan lain. Bagi Martha Tilaar perempuan yakni pemersatu yang sangat besar kiprahnya bagi keutuhan bangsa. Karena itu beliau tak ingin wanita bodoh dalam soal pendidikan.

Mengandalkan kekuatan riset dan 37 peneliti di Martha Tilaar’s Innovation Center (MTIC), Martha berhasil memproduksi merek kosmetika, perawatan tubuh, spa, dan jamu yang dikenal hingga mancanegara. Sebut saja Sariayu, Caring, Belia, Rudy Hadisuwarno Cosmetics, Biokos, Professional Artist Cosmetics (PAC), Aromatic, Jamu Garden, dan Dewi Sri Spa. Sebagai korporasi, Martha Tilaar Group juga berhasil meraih ISO 9001, ISO 14000, dan Sertifikasi GMP di Asia pada 1996.

Biografi Martha Tilaar - Pengusaha Kosmetik SuksesPrinsip mengembangkan yang melandasi bisnis keelokan Martha Tilaar diwujudkan dalam bentuk pemberdayaan, terutama bagi wanita. Grup usaha Martha Tilaar ini memayungi 11 anak perusahaan dan mempekerjakan sekitar 6.000 karyawan, 70% diantaranya adalah perempuan. Tak sedikit di antara kaum hawa ini yang menerima peluang mencar ilmu dan sekolah hanya-hanya untuk mengembangkan dirinya. Mulai pekerja di ranah rumah tangganya hingga mahir mirip peneliti di perusahaannya. Martha tak sungkan mengantarpeneliti belajaretnobotany ke Perancis dan medical antropology di Leiden, Belanda. “Pendekatan sains diperlukan untuk membuatkan produk lokal,” katanya. Satu lagi kunci berhasil bisnis Martha Tilaar, konsentrasi pada satu bidang, adalah kecantikan. “Saya mulai bisnis dari salon, lalu sekolah, pabrik, distribusi yang seluruhnya bergerak di bidang kecantikan. www.biografiku.com

Biografi Bondan Prakoso – Musisi Indonesia

Feed,  Grup Band,  Musisi,  Profil,  Profil dan Biografi Tokoh Nasional Indonesia,  Selebriti

Biografi Bondan Prakoso - MusisiBiografi Bondan Prakoso. Dikenal sebagai salah satu musisi Indonesia yang kerap menciptakan lagu-lagu yang yummy didengar ditelinga. Bondan Prakoso dilahirkan pada tanggal 8 Mei 1984, dia ialah pemusik Indonesia yang mengawali karier bermusik selaku penyanyi cilik pada tahun 80-an. Berkat album Si Lumba-lumba namanya melonjak. Kini Bondan Prakoso diketahui sebagai personil dari grup musik Bondan Prakoso & Fade 2 Black. Bondan Prakoso ialah anak kedua dari tiga bersaudara pasangan dari Lili Yulianingsih dan Sisco Batara ini memulai kariernya selaku penyanyi cilik di periode 80-an sampai permulaan tahun 90-an. Album perdananya yang bertitel Si Lumba-Lumba sukses dipasaran dan mencuatkan namanya. Alumni D3 Sastra Belanda Universitas Indonesia ini memulai karier remaja dan dewasanya saat membentuk band Funky Kopral ditahun 1999 sampai tahun 2002. selaku bassist, hingga merilis 3 buah album. Bahkan album kedua grup band ini diganjar penghargaan AMI Sharp Awards ditahun 2001 untuk klasifikasi Group Alternatif Terbaik.

Biografi Bondan Prakoso – Musisi Indonesia

Pada permulaan tahun 2002, Bondan Prakoso yang juga dikenal oleh publik sebagai pemain bass berbakat besar, yang juga mantan pemain bass di suatu grup musik berjulukan Stream Funk Funky Kopral, dan Tito alias Titz yang dikenal sebagai rapper dan golongan disebut Fade2Black, sering menyebarkan ajaran dan inspirasi untuk satu sama lain ihwal musik. Mereka berdua datang dari latar belakang yang berlainan dari musik, Bondan Prakoso lebih mungkin di Funk dan musik Rock dan Titz dalam Rap / Hiphop. Pasangan ini kampus 2 dari Fakultas Budaya dan Humaniora, deepin ‘dalam literatur Belanda, ialah Perguruan Tinggi sobat di Universitas Indonesia, Depok.

Biografi Bondan Prakoso - MusisiDitahun 2003, Funky Kopral merilis album ketiga mereka dengan kerja sama bareng Setiawan Djodi dengan hits singel Tokek dan lagi-lagi diganjar penghargaan AMI Sharp Awards ditahun 2003 untuk kategori Kolaborasi Rock Terbaik. Sayang, sehabis album ketiga dirilis, beliau mengundurkan diri dari Funky Kopral, Bondan Prakoso menetapkan untuk melangkah lebih jauh ketika dia memutuskan untuk pensiun dari mantan grup musik mereka, Funky Kopral.

Bondan Prakoso dan Fade2Black

Pada tahun 2004 yakni tahun dimana Bondan datang dengan suatu ilham untuk memadukan aneka macam jenis musik dan menggabungkan mereka dalam bentuk paket baru musik, mirip pada pertengahan tahun, dia sudah meminta Titz untuk bergabung dalam proyek musik. Titz berpikir bahwa akan lebih kuat dengan kelompoknya bergabung masuk Situasi ini kian varietas lebih banyak dan lebih berwarna sebagai Bondan disetujui untuk melibatkan grup ini Hiphop dari Bogor, Fade2Black, dalam proyek ini. Alih-alih cuma 1 rapper, proyek musik ini menggabungkan 3 rapper, Titz, Santoz dan Lezzano. Bondan & Fade2Black di tahun 2004, mereka mulai melangkah lebih jauh dengan proyek ini dan banyak sekali jenis musik sedikit pun diciptakan sentuhan Rap, Rock, Funk selaku unsur. Bondan Prakoso bertanggung jawab untuk instrumen musik, looping, dan menertibkan, sedangkan Fade2Black mendapatkan lebih dekat dengan liriknya.

Biografi Bondan Prakoso - Musisi

Proses ini cuma memerlukan waktu 4 bulan untuk menuntaskan dan pada bulan Agustus 2005, album 1 mereka dengan judul “RESPECT” dirilis di bawah SONY BMG Music Indonesia. Sejak itu, album yang berisi tidak hanya 1 jenis musik, namun banyak jenis musik dengan rap sebagai vokal dasar, oleh TITZ, Santoz LEZZANO, sementara di lagu-lagu lain juga bergabung Bondan pada vokal dalam bernyanyi. Dengan sepotong seni, mereka sukses bantuan yang diterima dan penghargaan, mirip:

  • MTV Indonesia artis Eksklusif pada bulan November 2005
  • MTV Advance Peringatan penghargaan pada bulan November 2005
  • Penghargaan Musik Indonesia (AMI) 2006, sebagai buatan album Rap terbaik.

Sebelumnya, ditahun 2006 Bondan bareng 12 orang pemain bass dari berbagai grup musik di Indonesia seperti Thomas “GIGI“, Rindra “Padi“, Bongky “BIP”, Adam Sheila on 7 dan bassis Indonesia lainnya diganjar penghargaan oleh MURI untuk penghargaan Penampilan Bassis terbanyak dalam satu panggung.

Biografi Bondan Prakoso - MusisiDan pada tahun 2008, mereka siap untuk memecahkan Industri Musik Indonesia dengan lebih keras, impulsif, bentuk-bentuk inovatif dari musik. Dengan terbaru album gres mereka, berjulukan UNITY, dan dengan terobosan hit single, keroncong Protol. Dengan debut gres dari album kedua mereka, mereka telah mengungguli Award 2008 Musik Indonesia (AMI) untuk kedua kalinya berturut-turut untuk Produksi Rap album terbaik.

Pada tanggal 17 Desember 2007, Bondan menikahi kekasihnya yang bernama Margareth atau yang erat disapa Margie yang bertempat di Restoran Cibintung, Ciputat, Tangerang, dengan mas kawin berbentukseperangkat alat salat dan 17 gram emas. Dan dikaruniai seorang putri yang bernama Kara Anabelle Prakoso. Tahun 2010, mereka kembali dengan album ke-3 mereka , “FOR ALL”. Menekan kembali industri musik lokal dengan hits single ‘Ya Sudahlah’.