TintaTeras

Cara Menginstall Microsoft Visual C++ Di Windows 7,8,10,11

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram

Microsoft Visual C++ – Ini ialah salah satu acara penting yang wajib diinstal di komputer atau laptop berbasis sistem operasi Windows.

Fungsi dari program ini sendiri yaitu untuk mengaktifkan bahasa acara C dan C++.

Karena ada berbagai aplikasi dan game yang menggunakan bahasa acara tersebut, maka Microsoft Visual C++ ini menjadi penting sekali untuk diinstal.

Lalu apa yang terjadi kalau kita tidak menginstal Microsoft Visual C++? Anda mungkin akan menemui suatu pesan missing, mirip “MSVCR100.DLL is missing” contohnya.

Nah, untuk ingin menginstall Microsoft Visual C++ di Windows, berikut akan saya jelaskan pembahasannya.

Baca juga: Cara Menginstal Microsoft .NET Framework di Windows.

Download Microsoft Visual C++

Untuk file-nya, di internet telah ada banyak sekali. Bahkan di situs resmi Microsoft juga bahu-membahu sudah ada, walau sayangnya di sana tidak tersedia model 2005.

Setelah saya searching ke sana ke mari, ada satu situs terpercaya yang membagikan program ini. Lengkap mulai dari versi 2005 hingga model 2017 (modern).

Selain itu, link download-nya pun resmi dari Microsoft, lho. Makara programnya mampu ditentukan 100% aman.

  1. Silakan datangi www.itechtics.com.
  2. Geser ke bawah, di sana akan ada daftar programnya.
  3. Simpan semuanya ke komputer Anda, mulai dari 2005 hingga 2017, versi 32 bit dan 64 bit.

Untuk total size-nya, bila dijumlah (semuanya) kurang lebih sekitar 80MB. Satu file berkisar antara beberapa MB hingga 20MB.

Sebenarnya, di situs tersebut juga sudah ada pembahasan cara pasangnya. Tapi memakai bahasa Inggris. Nah, di sini akan saya buat versi bahasa Indonesianya, agar lebih mudah diketahui.

Baca juga: Cara Menginstal WinRAR di Komputer.

Cara Menginstal Microsoft Visual C++ di Windows 7,8,10,11

Terus terperinci, masih lumayan banyak di antara kita yang masih resah soal bagaimana cara memasangnya.

Apalagi mengingat Visual C++ ini ada banyak ragam versinya. Terhitung mulai dari versi 2005, sampai yang modern versi 2017. Itu pun masih dibagi lagi menjadi 32 bit dan 64 bit.

Nah, buat yang belum tahu, Anda tidak perlu cemas. Karena di sini aku ingin menerangkan panduan cara instalasinya (lengkap dengan gambar).

Berikut langkah-langkahnya:

Langkah 1: Setelah file-nya sukses diunduh, kumpulkan semuanya dahulu di dalam satu folder, semoga lebih gampang dalam memilahnya.

Kumpulkan File

Langkah 2: Kemudian, buka Microsoft Visual C++ 2017 X86.

Cara Memasang Visual Studio C++

Langkah 3: Centang kolom Accept License Agreement, lalu klik Install.

License Agreement Program

Langkah 4: Tunggu prosesnya beberapa saat sampai tamat (cuma memakan waktu beberapa detik saja).

Proses Menginstall

Langkah 5: Jika sudah, maka akan ada pesan Setup Successfull, yang menerangkan bahwa Visual C++ berhasil diinstal tanpa problem.

Installer Selesai

Selanjutnya, silakan Anda buka lagi model-model yang lain, kemudian install. Untuk langkahnya memang agak sedikit berbeda. Tapi secara lazim mudah, kok. Tinggal ikuti saja arahannya.

Oh ya, untuk Windows model 64 bit, aku sarankan untuk menginstal X86 dan X64. Sedangkan untuk Windows 32 bit, mampu coba keduanya. Namun bila malah error, cukup install yang X86 saja.

Programnya sendiri mampu diinstal di versi Windows mana saja. Utamanya untuk versi Windows 7, Windows 8, Windows 10 serta Windows 11.

Solusi Ketika Terjadi Error Saat Proses Install

Saya pernah mendapati beberapa error di saat menginstal acara ini. Di antaranya, proses mengalami stuck atau gagal disertai pesan tertentu.

Untuk penyelesaian duduk perkara ini, mudah saja. Ketika ingin melakukan instalasi, coba buka file-nya dengan cara klik kanan, kemudian klik Run As Administrator.

Run Admin Installer

Biasanya, duduk perkara yang ada akan langsung hilang.

Kemudian, jika ada pesan “Visual C++ has been detected” atau “installed on this computer“, itu maksudnya versi Visual C++ yang Anda install telah terpasang sebelumnya di sistem komputer Anda.

Jadi, tidak perlu repot-repot melakukan install ulang lagi.

Kenapa bisa terpasang? Padahal tidak ingat kapan memasangnya? Biasanya ini sudah terpasang otomatis pada dikala Anda sedang menginstal aplikasi tertentu, mirip game atau driver tertentu.

Fungsi Microsoft Visual C++

Ada beberapa fungsi dari Microsoft Visual C++ yang mampu Anda ketahui. Contoh di antaranya selaku berikut ini:

1. Sebagai unsur metode

Visual C++ banyak dibutuhkan oleh aplikasi maupun game. Baik yang keluaran gres maupun yang telah lama. Makara tak aneh lagi kenapa aku katakan Visual C++ ini wajib diinstal.

2. Membantu melakukan acara multimedia

Program multimedia mirip aplikasi player, biasanya membutuhkan Visual C++ untuk dikerjakan dengan tanpa gangguan.

3. Mengatasi error missing DLL

Error missing DLL memang bisa terselesaikan dengan menciptakan ulang file DLL yang tidak ditemukan. Namun, kadang cara tersebut tidak work. Sedangkan dengan memasang Visual C++ ini, dijamin persoalan tersebut akan hilang.

4. Mengurangi Masalah Tertentu Pada Aplikasi

Dengan Visual C++, selain missing DLL, Anda bisa mengurangi pesan error tertentu lain yang bisa muncul pada sebuah aplikasi.

Wajibkah Anda Menginstall Visual C++?

Ya, memang tadi aku bilang bahwa acara ini wajib diinstal.

Namun, hal tersebut tepatnya dengan catatan, bila memang Anda sering melakukan aplikasi-aplikasi dengan penggunaan medium hingga berat saja. Misalnya, aplikasi editing, game, dan sejenisnya.

Namun jikalau komputer atau laptop Anda hanya dipakai untuk penggunaan patokan yang relatif ringan, mirip mengetik atau browsing, maka kalau Anda menentukan untuk tidak menginstalnya pun seharusnya tidak dilema.

Baca juga: Cara Install Aplikasi di Komputer.

Akhir Kata

Tutorial cara menginstal Microsoft Visual C++ ini, aku tujukan terutama untuk Anda yang memang masih belum mengerti cara pemasangannya yang benar.

Dari pembahasan di atas, mampu disimpulkan bahwa cara pasangnya cukup mudah. Hanya saja, memang sedikit menyibukkan, alasannya mesti memasangnya satu per satu.

Sebenarnya, ada juga model paketnya, yang dengan satu klik semua model terinstal. Namun saya lebih mengusulkan cara ini, sebab programnya resmi dari Microsoft.

Semoga berfaedah.

Artikel Menarik Lainnya: