TintaTeras

7 Aba-Aba Belakang Layar Iphone Bermanfaat Yang Harus Dimengerti

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram

Tidak hanya Android saja, iPhone juga memiliki aba-aba diam-diam yang bisa menciptakan Anda dapat mengakses fitur tertentu.

Misalnya seperti isyarat diam-diam untuk mengevaluasi kerusakan LCD, fungsi getar. Atau kode belakang layar untuk menganalisa originalitas iPhone, mirip mengecek instruksi IMEI.

Anda ingin tau ingin tahu apa saja arahan rahasia iPhone? Kalau begitu, pribadi saja perhatikan penjelasan lengkapnya di postingan ini.

Cara Memakai Kode Rahasia iPhone

Cara Memakai Kode Rahasia iPhone

Cara memakai aba-aba diam-diam iPhone bergotong-royong mirip seperti di Android. Karena Anda cuma mesti membuka fitur tertentu, kemudian masukkan aba-aba diam-diam yang diharapkan.

Nantinya fitur dari instruksi belakang layar yang Anda masukkan akan terbuka secara otomatis. Nah untuk lebih jelasnya, berikut cara menggunakan kode diam-diam di iPhone:

  1. Pertama, buka sajian Dial.
  2. Lalu masukkan Kode Rahasia iPhone. Contohnya saya ingin cek IMEI, jadi harus memasukkan aba-aba diam-diam *#06#.
  3. Tunggu beberapa ketika hingga Anda dialihkan ke fitur dari Kode Rahasia tersebut.
  4. Selesai.

Baca Juga: Cara Mengecek iPhone Bekas Masih Bagus atau Tidak Tanpa Bongkar

Daftar Kode Rahasia iPhone yang Banyak Digunakan

Setelah Anda tahu bagaimana cara memakainya, selanjutnya aku akan membahas daftar kode rahasia iPhone yang banyak digunakan.

Kalau Anda penasaran, pribadi saja lihat daftar arahan diam-diam iPhone di bawah ini:

1. Mengecek LCD (*#*#0*#*#*)

Pertama, saya akan menerangkan instruksi rahasia untuk mengecek LCD, yaitu (*#*#0*#*#*). Fungsi dari kode belakang layar ini ialah untuk memutuskan jika LCD di iPhone Anda masih normal atau ada kerusakan.

Anda bisa menjamah semua area pada layar. Kalau sukses menjamah semua area, tandanya LCD iPhone Anda tidak ada yang bermasalah. Tapi kalau ada yang tidak mampu tersentuh, tandanya LCD Anda ada kerusakan.

2. Mengecek IMEI (*#06#)

Selanjutnya ada juga instruksi diam-diam untuk memeriksa IMEI, ialah (*#06#). Seperti yang kita tahu, IMEI merupakan suatu isyarat unik pada smartphone yang bisa menunjukkan originalitas produk.

Misalnya jikalau ingin memutuskan IMEI iPhone terdaftar di situs Kemenperin, maka Anda wajib tahu cara ceknya. Salah satu caranya yang sederhana yaitu lewat arahan belakang layar ini.

3. Mengecek Fungsi Getar (*#*#0842#*#*)

Ketika berbelanja iPhone bekas, Anda harus mengecek semua fiturnya. Salah satunya mengevaluasi fungsi getar pada iPhone tersebut.

Cara mengeceknya biar mudah yakni dengan melalui arahan rahasia fungsi getar iPhone yaitu (*#*#0842#*#*).

4. Menonaktifkan Mode Tunggu (*#43#*)

Mode tunggu di iPhone adalah sebuah fitur yang membuat penelepon lain bisa menanti ketika Anda sedang berada di panggilan lain.

Fitur mode tunggu ini biasanya bisa dikonfigurasi lewat Pengaturan. Tapi selain lewat pengaturan, Anda juga mampu menonaktifkannya lewat aba-aba rahasia mode tunggu, adalah (*#43#*).

5. Mengaktifkan Penerusan Panggilan (*21#)

Selain mode tunggu, iPhone juga memiliki fitur penerusan panggilan. Fungsi dari fitur ini ialah untuk meneruskan panggilan ke nomor lain kalau ada yang menelepon nomor Anda namun tidak mampu tersambung.

Umumnya fitur penerusan panggilan ini juga bisa dikonfigurasi melalui hidangan Pengaturan. Tapi dari pada sukar mencarinya, Anda bisa mengaktifkannya melalui aba-aba rahasia penerusan panggilan, yaitu  (*21#).

6. Mengecek Jumlah Panggilan Tidak Terjawab (*61#)

Saat sedang sibuk, kadang-kadang kita mampu melupakan panggilan di iPhone. Kemudian mungkin Anda ingin menghitung jumlah panggilan yang tidak terjawab tersebut.

Nah untuk mengecek jumlah panggilan tidak terjawab di iPhone, Anda mampu memakai aba-aba belakang layar (*61#). Nantinya semua panggilan yang tidak terjawab akan ditampilkan di iPhone Anda.

7. Mengecek Fungsi Peringatan iPhone (##002#)

Terakhir, ada juga fungsi peringatan iPhone. Fungsi ini untuk memutuskan fitur-fitur perayaan iPhone masih berfungsi atau tidak. Misalnya seperti ingin menganalisa LED                di iPhone saat ada pesan masuk.

Nah cara mengecek fungsi peringatan iPhone, salah satunya ialah melalui arahan diam-diam (##002#). Nantinya semua fungsi peringatan iPhone mampu Anda cek satu per satu.

Baca Juga: Daftar Kode Negara iPhone Terlengkap

Kode Rahasia iPhone Lainnya

Selain beberapa arahan belakang layar yang aku sebutkan di atas, bahu-membahu ada lagi yang yang lain. Kalau Anda ingin tahu apa saja isyarat rahasia iPhone lainnya, yuk lihat tabel berikut:

Kode Rahasia Fungsi
*#67# Mengecek pengalihan panggilan saat ponsel sibuk
*#*#4636#*#* Memeriksa jaringan konektivitas
*646# Melihat waktu yang tersedia di kartu Pascabayar
*#*#2664#*#* Memerika sensitivitas touchscreen
*225# Mengecek keadaan fitur Bill Balance
*#*#1472365#*#* Memeriksa kualitas GPS
*777# Mengecek saldo rekening di kartu prabayar
*#*#34971539#*#* Memeriksa info kamera iPhone
*#33# Mengecek bilah panggilan, Fax, SMS dan lainnya
*#*#232331#*#* Memeriksa info Bluetooth
*#76# Melihat data ongkos panggilan
*#*#0673#*#* Memeriksa fitur audio
##0289## Memeriksa fitur speaker
*3282# Memeriksa berita pengguna
*#*#197328640#*#* Mengecek internet dan provider yang dipakai
*3370# Meningkatkan kualitas audio dengan modus EFR
*2767*3855# Mengaktifkan fitur Factory reset
*#5005*7672# Pengecekan SMS Center
*3001#12345# Melihat jaringan yang tersedia
*331* Fitur untuk mengundang panggilan ke luar Negeri
*#31# Menyembunyikan nomor telepon pada iPhone
*43# Mengaktifkan Mode Tunggu
*#43# Mengaktifkan status Call Waiting

Akhir Kata

Nah itulah daftar instruksi rahasia iPhone yang mampu Anda coba satu per satu. Masing-masing kode belakang layar yang saya berikan di atas, mampu mengakses fitur yang berbeda-beda.

Kalau ada hal yang ingin Anda tanyakan seputar arahan belakang layar iPhone, boleh kirim pertanyaan ya.

Semoga bermanfaat.

Artikel Menarik Lainnya: