TintaTeras

5 Cara Gampang Menanggulangi Aksesoris Iphone Tidak Disokong

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram

Ketika baterai iPhone habis, tentu saja kita akan menghubungkan perangkat tersebut dengan charger. Supaya daya baterai iPhone bisa terisi kembali.

Tapi sayangnya dikala mengisi daya baterai iPhone tidak senantiasa tanpa gangguan lho. Karena ada beberapa orang yang mengeluhkan tidak bisa mengisi daya di iPhone dengan pesan “This Accessory may not be supported”.

Bila kita artikan ke bahasa Indonesia adalah aksesoris tidak terhubung atau mendukung ke iPhone Anda. Nah untuk yang sedang mengalami problem ini, berikut akan aku jelaskan ihwal penyebab dan cara menanggulangi aksesoris mirip charger tidak terhubung ke iPhone.

Penyebab Pesan Aksesoris Tidak Terhubung di iPhone

This accessory may not be supported yakni salah satu pesan error di iPhone yang cukup banyak dialami beberapa orang. Masalah ini tidak hanya mampu terjadi pada charger iPhone saja.

Melainkan juga mampu terjadi pada aksesoris iPhone yang lain. Contohnya headset kabel, mikrofon eksternal dan sebagainya.

Munculnya pesan error ini pastinya mempunyai argumentasi. Berikut beberapa penyebab munculnya pesan aksesoris tidak terhubung di iPhone.

  • Aksesoris yang dipakai tidak original
  • Mungkin aksesoris Anda sudah rusak
  • Adanya metode iPhone yang sedang mengalami bug atau error
  • Masalah iOS yang kadaluwarsa
  • Port atau penghubung aksesoris iPhone Anda kotor
  • Ada kerusakan di iPhone Anda

Cara Mengatasi Aksesoris Tidak Terhubung di iPhone

Kemudian untuk mengatasi duduk perkara aksesoris tidak terhubung di iPhone sesungguhnya tidak terlalu sukar. Asalkan penyebabnya bukan dari kerusakan iPhone Anda.

Karena jika ada kerusakan, maka Anda harus mengganti sparepart-nya. Supaya aksesoris-aksesoris iPhone yang Anda miliki bisa terhubung kembali tanpa dilema.

Tapi sebelum itu, seharusnya Anda coba beberapa cara menangani aksesoris tidak terhubung di iPhone di bawah ini terlebih dahulu.

1. Ganti Aksesoris yang Digunakan

Ubah Aksesoris iPhone

Pertama, Anda bisa coba ganti aksesoris yang dipakai. Misalnya bila Anda sebelumnya punya kepala charger dan kabel data iPhone original. Kemudian aksesoris itu rusak, maka Anda harus berbelanja yang originalnya kembali.

Karena lazimnya kalau Anda mengubahnya dengan yang tidak original, lazimnya tidak akan baka. Atau bahkan tidak bisa digunakan sama sekali dan timbul pesan “This accessory may not be supported” mirip di atas.

Oh iya, misal Anda punya keluarga atau teman yang menggunakan iPhone dan punya aksesoris original. Bisa coba punya mereka saja untuk memastikannya terlebih dulu. Kalau pakai punya mereka bisa, baru Anda membeli yang baru.

2. Coba Restart iPhone

Coba Restart iPhone

Misalnya telah ganti aksesoris original namun masih tidak terhubung ke iPhone, coba Anda melaksanakan restart. Kemudian tunggu beberapa ketika hingga iPhone hidup kembali.

Setelah hidup, Anda mampu coba pasangkan aksesoris ke iPhone lagi. Biasanya cara ini cukup ampuh untuk menangani persoalan aksesoris tidak terhubung sih. Kalau penyebabnya dari sistem iPhone yang sedang ada bug atau error.

3. Update iOS ke Versi Terbaru

Coba Update iOS iPhone

Selanjutnya model iOS yang lawas juga bisa menjadi hadirnya beberapa dilema pada iPhone. Salah satunya mirip membuat aksesoris tidak mampu terhubung ke iPhone.

Hal ini dikarenakan aksesoris yang Anda pakai mungkin membutuhkan teknologi software modern. Sehingga sistem operasi iPhone Anda tidak bisa mendukungnya.

Lalu bila untuk solusinya, Anda cuma perlu memperbarui iOS ke model modern saja. Setelah iOS sukses di update, Anda mampu coba hubungkan aksesoris kembali.

Baca Juga: Cara Mengatasi Update iOS yang Gagal

4. Bersihkan Debu di Port iPhone

Bersihkan Debu Pada Port iPhone

Selain problem sistem dan software, Anda juga harus memeriksa port iPhone. Misalnya port iPhone kotor mirip berdebu, Anda mampu secepatnya bersihkan.

Karena jikalau port kotor, bisa menciptakan aksesoris menjadi sulit tersambung ke iPhone Anda. Untuk membersihkan port iPhone, Anda mampu pakai tusuk gigi yang dilapisi kapas atau tisu.

Selain itu, Anda juga bisa memakai kuas make up kecil. Supaya lebih mudah, jangan lupa siapkan senter untuk menyorot port iPhone yang kotor.

5. Servis iPhone

Servis iPhone ke iBox

Semua cara di atas tidak sukses memperbaiki masalah aksesoris tidak terhubung ke iPhone? Kemungkinan besar ada kerusakan di iPhone Anda, terutama dari hardware-nya.

Contohnya mirip adanya kerusakan pada port aksesoris iPhone. Untuk memastikannya, Anda bisa bawa iPhone ke service center.

Kemudian untuk harga perbaikan port iPhone, umumnya mulai dari Rp. 150.000 sampai Rp. 300.000 sesuai jenis yang Anda pakai.

Baca Juga: Daftar Kode Rahasia iPhone yang Banyak Digunakan

Akhir Kata

Demikianlah pembahasan dari saya mengenai persoalan aksesoris yang tidak mampu terhubung ke iPhone dengan pesan “This accessory may not be supported.

Aksesoris yang aku diskusikan di sini, mulai dari charger iPhone, headset kabel dan sebagainya. Kalau ada yang ingin Anda tanyakan, mampu lewati di kolom komentar ya.

Semoga berguna.

Artikel Menarik Lainnya: