TintaTeras

10 Cara Menanggulangi Layar Hp Bergerak Sendiri (Wajar Lagi)

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram

Ghost touch atau layar HP bergerak sendiri, merupakan problem yang terjadi pada layar LCD HP Android, di mana touchscreen mengalami error seperti bergerak dan menekan sendiri ke arah tertentu.

Masalah ini memang cukup membuatrepot. Contoh dikala sedang dipakai untuk chatting-an. Pasti sering terjadi misstyped (typo) yang bikin kalimat jadi awut-awutan.

Atau kita juga khawatir, layar tersebut bergerak dan menekan ke bab tertentu.

Ada juga error yang lain, seperti memindah sendiri. Entah itu ke samping, ke atas, maupun ke bawah. Selain itu, kondisi yang lain layar jadi menjamah sendiri maupun tidak bisa disentuh.

Penyebab Layar (Touchscreen) Android Bergerak Sendiri

Layar HP bergerak sendiri atau ghost touch lazimnya disebabkan alasannya adalah adanya kesalahan sistem hingga kerusakan pada layar. Faktor lain seperti temperatur juga cukup kuat.

Berikut penyebab layar HP Android bergerak sendiri:

  • Baterai HP yang berurusan, misal tegangan tidak stabil
  • Charger yang dipakai tegangannya tidak stabil
  • HP sedang dalam kondisi panas
  • HP pernah diganti layarnya dan pemasangan tidak tepat
  • HP pernah terjatuh
  • Layar HP terkena kotoran
  • Penggunaan tempered glass yang kurang sesuai
  • Touchscreen yang memang sudah memiliki masalah

Masalah ini juga mampu terjadi di semua brand HP Android. Misal, Xiaomi, Oppo, Vivo, Samsung, ASUS (Zenfone) dan lain-lain.

Cara Mengatasi Layar HP Android Bergerak Sendiri

Layar yang bergerak sendiri ini dapat terjadi di semua jenis HP. Baik itu HP mahal keluaran terbaru maupun HP murah keluaran lama.

Karena penyebab di atas memang sifatnya universal. Silakan eksklusif saja baca cara menangani layar HP Android yang bergerak sendiri berikut ini.

1. Kunci Layar HP Lalu Nyalakan Lagi

Matikan HP Sementara lalu Nyalakan

Cara paling sederhana untuk menangani layar HP bergerak sendiri yakni mematikan layar sementara. Tekan tombol power kemudian biarkan HP mati selama beberapa detik. Kalau sudah nyalakan kembali HP.

Dengan cara ini nantinya layar HP secara otomatis akan menjadi wajar lagi. Cara ini sendiri juga yang paling kerap saya gunakan, khusus untuk HP yang layarnya bergerak sesekali saja.

2. Restart HP yang Digunakan

Selanjutnya Anda bisa merestart HP yang digunakan. Restart ini pastinya bertujuan untuk me-refresh sistem yang bermasalah.

Restart dapat dilakukan seperti biasa. Anda juga mampu mematikan HP sementara, seringkali bisa cukup membantu menanggulangi layar yang bergerak sendiri.

Silakan tekan tombol Power lalu pilih Restart. Tunggu hingga HP hidup kembali, lalu cek. Pastikan layar sudah tidak bergerak sendiri lagi.

3. Cek Charger dan Kabelnya

Ganti Charger HP dan Kabelnya

Seperti yang saya katakan bahwa tegangan baterai HP yang tidak stabil bisa jadi penyebab touchscreen yang error. Selain baterai, persoalan tegangan ini juga mampu terjadi pada charger HP.

Menggunakan charger yang buruk, selain bisa mengakibatkan baterai HP jadi berurusan, juga mampu mempunyai efek negatif pada IC HP.

Oleh alasannya itu, saya senantiasa merekomendasikan semoga Anda tidak menggunakan sembarang charger HP. Ini tidak cuma berlaku pada charger-nya saja. Melainkan meliputi kabel datanya juga tentunya.

Solusinya:

  • Selalu gunakan charger orisinil (ori), biar HP tetap infinit. Tapi jika contohnya charger bawaan rusak, mampu gunakan charger HP lain, asalkan cocok dan ori. Kalau mau beli, tentukan beli yang ori lagi.
  • Selalu gunakan juga kabel data yang ori, atau setidaknya menggunakan kabel data yang sudah sering digunakan di HP lain dan tidak ada problem.

4. Dinginkan HP Anda

Dinginkan Temperatur Komponen HP

Temperatur HP yang terlalu panas memang mampu menghadirkan banyak sekali dilema pada HP.

Paling biasa , keadaan ini biasanya akan menjadikan tampilan hardware menurun, atau mampu juga menimbulkan HP melakukan restart/mati sendiri. Selain itu, faktor suhu juga bisa menimbulkan layar HP bergerak sendiri.

Solusinya mampu dinginkan dulu HP sebelum dipakai. Caranya matikan HP selama kurang lebih 10 menit. Pastikan dalam waktu tersebut HP telah dalam kondisi acuh taacuh.

Jika telah dingin, Anda mampu memakai HPnya kembali. Nantinya HP layar HP akan jadi normal kembali.

5. Cek Pemasangan Layar

Perbaiki Bug Android

Jika HP Anda pernah rusak layarnya dan layar tersebut diganti, Anda bisa coba cek pemasangan layarnya.

Alasannya karena penggantian layar ini bila tidak dilaksanakan dengan benar, mampu menciptakan layar sering kali jadi suka bergerak sendiri.

Pengecekan pemasangan ini jikalau tidak dijalankan sendiri, bisa di daerah servis. Karena untuk memeriksa layar (utamanya kabel fleksibelnya) agak sulit dilakukan sendiri.

Anda juga mampu tekan-tekan layar secara perlahan. Kadang bisa membantu.

Baca juga: Cara Memperbaiki Layar HP yang Blank Makara Normal Lagi.

6. Cek Apakah HP Anda Terdapat Bug Multitouch

Mengecek Bug Multitouch HP

Ada tipe HP dari brand tertentu yang tidak bisa aku sebutkan namanya, memiliki persoalan bug seperti ini.

Buat Anda yang belum tahu, bug multitouch ialah error bawaan pada layar HP Android, di mana layar sering melompat, atau sering bergerak sendiri, ketika layar disentuh.

Terutama saat HP disentuh dengan menggunakan lebih dari 2 jari secara serentak.

Di sini Anda mesti mengeceknya apalagi dulu. Dengan cara cek di sosmed, misal di grup Facebook yang membicarakan khusus tipe HP Anda.

Jika memang ada bug Anda bisa meminimalisirnya. Caranya adalah dengan memperbesar ukuran layar.

7. Cek Pelindung Layar / Tempered Glass

Hampir setiap orang, saat berbelanja HP akan eksklusif memakai pelindung layar, semacam anti gores, tempered grass, dan sejenisnya.

Walau jarang terjadi, penggunaan pelindung layar seperti ini juga mampu menjadikan touchscreen HP jadi bergerak sendiri.

Biasanya disebabkan alasannya adanya kotoran, atau pelindung layarnya kurang pas saat menempel. Mungkin sebelumnya tidak dibersihkan dahulu layarnya misalnya.

Solusinya lepas pelindung layar lama, atau menggunakan pelindung layar yang baru.

8. Bersihkan Layar HP Anda

Buat yang tidak pakai pelindung layar pun, tetap saja touchscreen harus dibersihkan sesekali.

Kenapa? Karena kotoran yang melekat sampai minyak, mampu menciptakan layar menjadi tidak bisa melakukan pekerjaan dengan wajar . Tidak heran jikalau LCD layar suka bergerak sendiri akibat ini.

Bersihkannya bisa menggunakan tisu yang dibasahi dengan sedikit air (jangan terlalu basah). Kemudian biarkan HP selama sementara waktu.

Kalau sudah, Anda mampu menggunakan HP kembali.

9. Lakukan Factory Reset

Reset HP

Salah satu penyebab layar HP bergerak sendiri ialah problem pada metode. Masalah sistem ini pastinya bermacam-macam.

Dan penyelesaian paling efektif untuk mengatasinya adalah dengan mereset ulang HP ke pengaturan pabrik. Dengan reset lazimnya error-error tersebut akan hilang.

Cara resetnya Anda mampu buka menu Setelan HP lalu masuk ke hidangan Cadangkan dan Setel Ulang. Ketuk pilihan Kembalikan ke Pabrik kemudian ikuti tutorial reset.

Jangan lupa untuk melakukan backup data. Karena otomatis data yang tersimpan di HP akan hilang. Terutama yang di memori internal.

10. Coba Servis HP Anda

Perbaiki Layar HP yang Bergerak Sendiri

Nah, terakhir, bila masih error juga, mungkin touchscreen-nya yang rusak.

Beda dengan bug multitouch tadi, touchscreen yang rusak ini mampu disebabkan sebab HP panas, atau penggunaan charger HP yang jelek dalam jangka waktu yang panjang.

Selain itu, hal ini juga bisa disebabkan alasannya adalah hardware HP tersebut telah defect dari awal atau HP Anda sebelumnya pernah terjatuh.

Solusinya Anda harus ganti touchscreen. Garansikan HP Anda ke Service Center resmi terdekat di kota Anda.

Biaya Touchscreen Biaya Pasang
200 ribu sampai 700 ribu 300 ribu hingga 800 ribu

Akhir Kata

Sekian, beberapa tips wacana cara menangani layar HP (touchscreen) yang bergerak sendiri.

Kesimpulannya, berdasarkan aku pribadi, untuk memperbaiki masalah ini sejatinya tidak terlalu sukar, asal bukan alasannya adalah problem komponennya.

Nah, buat Anda yang mengalami hal serupa, namun mungkin punya kondisi yang agak berbeda, mungkin bisa jelaskan detailnya di kolom komentar di bawah. Barangkali saya mampu bantu.

Semoga berfaedah.

Artikel Menarik Lainnya: