TintaTeras

6 Cara Mengatasi Kamera Hp Android Terbalik Dengan Gampang

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram

Kamera ialah bagian yang tidak mampu dipisahkan dengan HP dikala ini. Kamera juga hampir dipakai untuk kegiatan sehari-hari. Mengingat kita dikala ini cukup aktif di sosial media seperti Facebook, Instagram, WhatsApp, Twitter dan yang lain.

Setiap HP Android mempunyai aplikasi kamera bawaan yang bisa diakses untuk memotret foto. Nah, seringkali ada suatu masalah tertentu yang membuat kamera menjadi terbalik.

Saat kita ingin memotret kemudian mendapati kamera terbalik tersebut, kita akan kesusahan sendiri untuk memotret fotonya. Terbalik ini mampu berbentukgambar flip ke kiri, kanan, atas, bawah maupun mirror seperti cermin.

Nah, berikut ini kita akan membicarakan penyebab dan cara mengatasi kamera HP yang terbalik. Silakan langsung saja disimak.

Penyebab Kamera HP yang Terbalik

Penyebab terbaliknya kamera HP lazimnya adalah kesalahan dari aplikasi kameranya tersebut. Umumnya dikarenakan ada pengaturan yang tidak sesuai. Misalnya Anda mengaktifkan fitur flip atau mirror.

Selain itu kamera terbalik juga bisa disebabkan oleh kesalahan metode. Yaitu dikarenakan adanya glitch tertentu yang timbul secara datang-datang.

Kamera yang terbalik sendiri secara lazim bisa kita perbaiki sendiri. Tanpa mesti membawanya ke daerah servis. Kecuali jika sebelumnya HP Anda pernah mengalami kerusakan fisik, imbas terjatuh, terkena air dan sebagainya.

Cara Mengatasi Kamera HP yang Terbalik Kaprikornus Normal Lagi

Untuk mengatasi kamera HP yang terbalik kita mampu melaksanakan pengecekan pada aplikasi kamera dan pengaturan-pengaturan pada HP.

Di sini akan saya diskusikan secara lengkap. Bisa untuk semua HP Android seperti OPPO, VIVO, Xiaomi, ASUS, Samsung, dan lain-lain sebagainya. Berikut caranya:

1. Periksa Terlebih Dahulu Pengaturan Kamera

Pengaturan kamera di HP ada cukup banyak. Di sini Anda mesti memeriksa pengaturan kamera tersebut, karena bisa saja ada kesalahan pengaturan yang menciptakan kamera menjadi terbalik.

Untuk pengaturan yang dimaksud ini bisa jadi flip, invert atau mirror. Umumnya bisa ditemui di semua aplikasi kamera HP Android.

Contohnya seperti pada setelan kamera HP saya ini. Terdapat pengaturan cermin yang membuat kamera terbalik kanan dan kiri.

Setelan-Kamera-Cermin

Berikut cara memperbaiki kamera HP Android yang terbalik:

  1. Buka apalagi dulu aplikasi kamera di HP Anda.
  2. Kemudian buka menu pengaturan dari aplikasi kamera tersebut.
  3. Cari pengaturan Flip, Invert, Mirror atau sejenisnya.
  4. Silakan nonaktifkan pengaturan tersebut.
  5. Jangan lupa untuk mengatur settingnya pada kamera depan dan belakang.

Pengaturan Mirror Kamera

Setelah Anda setting, silakan tutup apalagi dulu aplikasi kamera kemudian tunggu selama beberapa ketika. Kemudian buka kembali aplikasi kamera, maka kamera tersebut akan kembali wajar .

Selain cara tersebut, untuk sebagian HP Android pengaturan kameranya ada yang berlainan. Anda mampu mengikuti tindakan ini untuk mengaturnya:

  1. Buka menu Setelan di HP Anda.
  2. Kemudian cari sajian Aplikasi.
  3. Geser ke bawah, silakan cari aplikasi Kamera.
  4. Buka Pengaturan dari aplikasi kamera tersebut.
  5. Nonaktifkan pengaturan Flip, Mirror, Invert di sana.

Pengaturan di atas kurang lebih sama untuk semua tipe HP langkah-langkahnya. Anda bisa cek video berikut ini juga sebagai citra:

Tutorial tersebut untuk seri OPPO A3S. Nah, ada lagi pemanis lainnya untuk pengguna HP Samsung:

2. Kembalikan Setelan Pengaturan Aplikasi

Reset App Preferences

Masih terkait pengaturan, di HP Android terdapat pengaturan setelan aplikasi yang mampu dikontrol. Nah di sini Anda bisa mengembalikan setelan tersebut.

Caranya silakan buka pengaturan di HP Anda, lalu cari menu Aplikasi. Buka sajian pengaturan pada sajian aplikasi tersebut dan cari pilihan Reset pengaturan aplikasi atau Reset app preferences.

Kalau sudah Anda bisa restart HP lalu cek aplikasi kamera. Apakah masih terbalik atau tidak.

3. Hapus Data Aplikasi Kamera

Hapus Data Aplikasi Kamera Android

Saat Anda menggunakan kamera, data-data dari kamera tersebut akan tersimpan dalam bentuk cache. Termasuk konfigurasi pengaturan dan lain-lainnya.

Penghapusan data cache ini bisa Anda coba lakukan. Karena biasanya sehabis dihapus, kamera HP yang berurusan terbalik tersebut bisa normal kembali.

Langkah-langkahnya mirip berikut ini:

  1. Buka menu Setelan di HP Anda.
  2. Kemudian geser ke bawah dan cari sajian Aplikasi.

Pengaturan Aplikasi

  1. Pada daftar aplikasi, silakan cari Kamera.

Aplikasi Kamera di Setelan

  1. Di aplikasi kamera tersebut, tekan tombol Hapus Data.

Hapus Data Kamera

  1. Data cache kamera di sini akan secara otomatis terhapus.

Baca Juga: Cara Mudah Mengatasi Kamera HP Buram, Gelap, Tidak Jernih.

4. Mengganti Aplikasi Kamera HP

Mengubah Aplikasi Kamera di HP

Seperti yang telah disebut sebelumnya, dikala ini di HP Android nyaris selalu ada aplikasi kamera bawaan.

Nah, jika kamera HP Anda memiliki masalah, Anda juga mampu mengubah aplikasi kamera tersebut dengan lainnya, yang didapatkan dari Google Playstore.

Karena menggunakan data yang berbeda dengan kamera bawaan, error mirip terbalik harusnya tidak akan ditemui di aplikasi kamera non-bawaan.

Untuk aplikasi kameranya Anda bebas memilih. Cukup cek saja fitur-fitur dari kameranya tersebut telah sesuai dengan kebutuhan atau belum.

5. Lakukan Reset HP

Kesalahan sistem yakni salah satu penyebab kenapa kamera di HP Anda bisa terbalik. Solusi dari kesalahan metode ini paling gampang yaitu dengan direset.

Saat HP direset, kerusakan tata cara akan hilang. Serta pengaturan-pengaturan tata cara yang salah yang menciptakan kamera tersebut terbalik akan dikembalikan.

Untuk cara resetnya mirip berikut ini:

  1. Buka menu Setelan di HP Anda.
  2. Geser ke bawah, buka sajian Cadangkan dan Setel Ulang.

Pengaturan Cadangkan dan Setel Ulang

  1. Lanjut tekan opsi Kembalikan ke Setelan Pabrik.
  2. Silakan konfirmasi Reset untuk memulai prosesnya.

Reset Android Perbaiki Kamera Kebalik


Catatan:

Proses reset ini mirip yang Anda tahu, akan menetralisir semua data yang ada di dalam HP. Baik itu data di memori internal maupun aplikasi.

Karena itu Anda harus membackup data-data di HP terlebih dulu. Agar tidak hilang. Kalau proses reset telah final, Anda bisa coba tes kembali kameranya.

6. Bawa HP ke Service Center

Terakhir kalau semua cara di atas masih belum sukses, Anda mampu menjinjing HP ke service center.

Terutama kalau HP Anda pernah mengalami kerusakan fisik seperti terjatuh atau terkena air. Karena kerusakan fisik ini juga bisa kuat ke kamera.

Saat ada kerusakan fisik mirip ini, lazimnya selain terbalik juga akan muncul persoalan lain. Misalnya kamera terkadang tidak terhubung, atau tidak ada gambarnya.

Biaya servis kamera HP ini tentunya beragam. Tergantung dari merk dan tipe HP yang Anda pakai. Dimana makin bagus mutu kamera, akan semakin mahal juga ongkosnya.

Anda mampu membawa HP ke service center HP tersebut untuk menanyakan pribadi di sana.

Baca Juga: Cara Mengatasi Kamera Android yang Error Tidak Bisa Dibuka

Akhir Kata

Sekian pembahasan mengenai cara untuk mengatasi problem kamera HP yang terbalik.

Secara umum persoalan ini mampu kita perbaiki sendiri. Karena pada umumnya masalahnya ada pada metode. Kecuali jika memang dari komponen, Anda mesti memperbaiki kamera HPnya ke kawasan servis.

Kalau ada pertanyaan, eksklusif saja tanyakan lewat kolom komentar yang ada di bawah.

Semoga bemanfaat.

Artikel Menarik Lainnya: