TintaTeras

Penyebab Iphone Yang Cepat Panas Dan Cara Mengatasinya

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram

Cepat panas yakni salah satu masalah yang sering dialami pengguna iPhone. Dimana masalah ini membuat Anda menjadi kurang nyaman untuk memakainya.

Apalagi cepat panas ini juga bisa membuat rusak komponen di smartphone tersebut. Contoh saja seperti baterai.

Perlu Anda ketahui juga, masalah iPhone yang cepat panas ini memiliki beberapa sebabnya. Nah, penyebabnya ini harus Anda pahami semoga iPhone bisa dipakai dengan rentang waktu yang lebih usang.

Bagian iPhone yang Sering Terasa Panas

Bagian Pada iPhone yang Sering Terasa Panas

Tapi sebelum kita membicarakan beberapa penyebab yang menciptakan iPhone cepat panas. Mari kita diskusikan dulu, bagian mana saja di iPhone yang sering terasa panas.

1. Bagian Atas iPhone

Bagian pertama ada di atas iPhone. Umumnya, bagian ini terkadang terasa panas ketika Anda berada di luar ruangan. Terutama di ketika siang hari atau matahari sedang terik.

Bagian atas yang dimaksud tentunya yakni ujung atas. Ketika disentuh, selain panas kadang juga bab ini terasa hangat.

2. Dekat Kamera

Kemudian bagian akrab kamera di iPhone juga sering terasa panas. Hal ini disebabkan alasannya adalah terdapat chipset yang terletak di di dekat kamera.

Umumnya, panas di erat kamera ini timbul saat Anda menggunakan iPhone terlalu aktif. Contohnya mirip membuka banyak aplikasi dalam satu waktu.

3. Seluruh Belakang Casing

Sedangkan bila bab panasnya ada di seluruh belakang casing, secara garis besar berasal dari baterai iPhone tersebut.

Lalu untuk penyebabnya sendiri cukup banyak. Tapi nanti kita akan bahas secara lengkap di poin berikutnya.

Penyebab iPhone yang Cepat Panas

Penyebab Kenapa iPhone Panas

Masalah yang sering muncul di iPhone, pasti mempunyai penyebabnya. Mulai dari segi pemakaian ataupun pemeliharaan yang salah.

Kalau hal-hal ini tetap Anda lakukan dalam waktu usang, pastinya mampu mempercepat proses kerusakan bagian di iPhone tersebut.

Supaya hal itu tidak terjadi, saya sudah merangkum beberapa penyebab iPhone yang menjadikannya jadi cepat panas. Anda mampu lihat di bawah ini ya:

1. Terlalu Banyak Membuka Aplikasi

Terkadang kita ingin menyelesaikan tugas dengan cepat. Sehingga menciptakan Anda harus mampu multi-tasking, mirip membuka banyak aplikasi di iPhone tersebut.

Tapi kian Anda membuka banyak aplikasi, chip di iPhone tersebut akan bekerja lebih besar. Oleh alasannya adalah itulah, iPhone Anda jadi lebih gampang panas.

Oleh alasannya adalah itu, sebaiknya hindari terlampau banyak membuka aplikasi di dalam satu waktu. Anda juga mampu menutup aplikasi-aplikasi yang sedang terbuka, yang telah tidak dipakai.

2. Tingkat Kecerahan Layar Terlalu Tinggi

Semakin tinggi tingkat kecerahan layar, secara garis besar membuat konsumsi dayanya juga meningkat. Sehingga iPhone Anda menjadi lebih mudah panas.

Solusinya tentu Anda mampu menurunkan brightness layar. Tidak harus sampai gelap, seperlunya saja juga tidak persoalan.

Lalu direkomendasikan juga untuk memakai fitur Dark Mode yang fungsinya mengubah performa layar iPhone ke mode gelap. Selain itu, fitur ini diklaim juga lebih ramah konsumsi daya baterai.

3. Mengaktifkan Banyak Fitur yang Aktif Di Latar Belakang

Ada banyak fitur yang tetap aktif di latar belakang. Maksudnya di sini, fitur tersebut akan tetap aktif meskipun Anda tidak memakainya.

Contoh fitur yang aku maksud, mirip Bluetooth, Hotspot, GPS, SIRI dan sebagainya. Maka dari itu, sebaiknya aktifkan fitur di atas ketika Anda memerlukannya saja.

4. Tidak Menutup Aplikasi yang Sudah Tidak Terpakai

Tidak jarang aku masih melihat orang yang jarang menutup aplikasinya setelah digunakan. Padahal, aplikasi tersebut akan tetap aktif di latar belakang walaupun Anda sudah tidak memakainya.

Semakin banyak aplikasi yang tidak tertutup, membuat iPhone Anda menjadi lebih mudah panas. Oleh karena itu, semestinya segera tutup aplikasi bila Anda telah tidak memakainya lagi.

5. Berada Di Luar Ruangan

Panas yang timbul di iPhone tidak hanya terjadi alasannya pemakaian yang tidak benar saja. Tapi juga bisa disebabkan faktor lainnya, seperti berada di luar ruangan. Terutama dikala matahari sedang terik-teriknya.

Umumnya, hal ini menciptakan iPhone Anda otomatis memajukan kecerahan layarnya. Ditambah terik matahari juga bisa memperbesar efek panas di iPhone tersebut.

Akhir Kata

Kurang lebih, itu beberapa penyebab yang membuat iPhone jadi cepat panas. Selain beberapa hal yang saya sebutkan di atas, pastikan juga Anda menggunakan charger original.

Karena kalau pakai charger yang tidak sesuai, bisa menciptakan iPhone panas saat sedang isi daya. Kalau Anda masih memiliki pertanyaan terkait dilema di atas, boleh kirim pesan ke kolom komentar.

Semoga berguna.

Artikel Menarik Lainnya: