TintaTeras

Cara Mudah Membuat Infografis Unik Dan Mempesona Di Canva

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram

Membuat rancangan infografis di Canva bukanlah suatu hal yang merepotkan. Karena di aplikasi ini telah banyak fitur-fitur yang akan membuat lebih mudah Anda untuk membuat rancangan infografis tersebut.

Mulai dari template infografis, teks, shape bahkan animasi tersedia di Canva. Sehingga nantinya kita bisa dengan mudah untuk membuat rancangan apapun, tergolong infografis.

Tapi bagaimana jika Anda masih baru menggunakan Canva? Tidak perlu khawatir, alasannya adalah di sini kami akan menawarkan bimbingan untuk membuat infografis di Canva secara lengkap.

Apa itu Infografis?

Contoh Infografis Leskompi

Infografis berasal dari bahasa Inggris, yaitu Infographic. Nah, Infographic sendiri merupakan singkatan dari Information Graphic yang berarti gosip disuguhkan dalam bentuk grafis visual.

Grafis visual yang aku maksud, seperti gosip yang ditampilkan di dalam bentuk tabel, diagram ataupun bagian yang lain. Sehingga memudahkan orang lain untuk mencerna gosip tersebut.

Nah, untuk teladan infografis bisa Anda lihat seperti gambar di atas. Di sana, aku menciptakan desain infografis yang informasinya di dalam shape secara berurutan.

Cara Membuat Infografis di Canva

Bagi Anda yang ingin menciptakan desain infografis di Canva, alangkah lebih baiknya dibentuk melalui laptop. Lalu Anda susukan situs resmi Canva melalui perangkat laptop tersebut.

Dikarenakan jikalau Anda membuka Canva di laptop lewat situs resminya pribadi, fitur-fitur di dalamnya akan lebih lengkap. Juga proses editing-nya lebih gampang dari pada menciptakan rancangan lewat aplikasi Canva di HP.

Kalau begitu eksklusif saja ya, ini beliau cara untuk menciptakan infografis di Canva:

1. Buka Aplikasi Canva

Memilih Menu Infografis

Pertama, Anda harus membuka aplikasi Canva terlebih dahulu. Seperti yang sudah saya jelaskan di atas, seharusnya buka Canva lewat PC atau laptop.

Selanjutnya buka browser dan kanal situs resmi Canva. Lalu alasannya adalah kita ingin menciptakan desain infografis, Anda dapat memilih rancangan Infografis.

2. Memilih Template Infografis

Pilih Template Infografis Canva

Nantinya Anda akan pribadi diarahkan ke lembar kerja Canva. Selain itu, Anda juga akan melihat beberapa template infografis yang mampu digunakan.

Di sini, Anda tinggal pilih saja template yang cocok harapan. Oh iya, untuk template Canva sendiri ada yang versi Free dan Pro.

Anda hanya memakai model Free saja ya. Karena jikalau versi Pro, Anda harus berlangganan terlebih dulu.

Ketahui juga cara menciptakan tabel di Canva

3. Memodifikasi Template

Setelah mendapatkan template yang tepat, Anda mampu langsung memodifikasinya saja. Contohnya seperti mengubah teks, font, warna, shape dan elemen-komponen lainnya.

Kalau untuk di panduan kali ini, aku cuma akan mengganti teks dan komponen grafis saja. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Anda bisa klik Teks, lalu ubah kalimatnya sesuai harapan.
  2. Selain itu, Anda juga mampu mengganti Font, Size dan Color pada kolom di bab atas.
Atur Font Size
  1. Kalau sudah memodifikasi teks, Anda juga mampu mengganti komponen grafisnya.
  2. Caranya Anda tinggal buka tab Elemen saja, kemudian cari unsur grafis yang cocok.
Atur Elemen Grafis Canva

4. Mengunduh Desain Infografis

Selesai adaptasi template, terakhir Anda mampu pribadi unduh saja karenanya. Menariknya di Canva, Anda mampu mengunduh hasil desain ke dalam beberapa format, seperti PDF, JPG, PNG, SVG dan GIF.

Karena formatnya gambar, di sini saya akan mengunduhnya ke dalam format JPG. Lalu untuk cara mengunduh hasil desain di Canva, mampu ikuti tutorial di bawah ini:

  1. Klik tombol Bagikan.
  2. Selanjutnya pilih Unduh.
Pilih Menu Bagikan Desain
  1. Ganti Jenis File ke JPG dan klik tombol Unduh.
Unduh Desain Infografis
  1. Tunggu sampai proses download desain final.

Tips Agar Infografis Menarik

Ketika membuat infografis, Anda tidak cuma harus memperhatikan rancangan saja. Melainkan gosip atau data-data yang diberikan juga mesti Anda amati, biar desain infografis yang dibentuk menarik bagi orang lain.

Nah, kira-kira apakah ada kiat untuk membuat infografis yang menawan? Berikut beberapa tips supaya infografis yang Anda buat jadi lebih menawan:

  • Membuat judul yang mampu mempesona perhatian
  • Fokus ke data utama, mirip hasil survei, langkah-langkah dan sebagainya
  • Pastikan deskripsi tidak terlalu panjang
  • Gunakan kombinasi warna yang sempurna
  • Anda mampu menyertakan unsur grafis sesuai dengan tema

Pernah dengar Twibbon? Ini cara membuat Twibbon dengan gampang

Akhir Kata

Infografis mempermudah kita untuk mencerna gosip. Karena berita yang diberikan disuguhkan dalam bentuk visual dan berisi ringkasan-ringkasannya saja.

Melalui aplikasi Canva, Anda pasti bisa membuat infografis yang menarik. Karena di Canva, terdapat fitur-fitur yang memudahkan Anda untuk menciptakan rancangan infografis tersebut.

Mungkin cukup sekian dari aku, jikalau ada yang ingin Anda tanyakan dipersilahkan untuk mengisi kolom komentar. Semoga berguna.

Artikel Menarik Lainnya: