TintaTeras

13+ Penyebab Dana Tidak Mampu Transfer Hari Ini Dan Solusinya

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram

TintaTeras – Kamu mungkin pernah mengalami Dana gagal transfer karena argumentasi keamanan. Selain itu, apa saja penyebab Dana tidak mampu transfer saldo ke akun lain? Berikut ulasan lengkapnya !

Siapa yang tidak kenal dengan Dana? Salah satu dompet digital (e-wallet) yang yang paling popular di Indonesia dan sudah digunakan oleh 90 juta pengguna aktif.

Banyaknya pengguna Dana ini tentu alasannya adalah terbukti menunjukkan fasilitas dalam transaksi online seperti transfer saldo.

Dengan Dana, kamu bahkan tidak perlu repot lagi menuju bank untuk melakukan transfer uang ke sahabat atau ke Rekening Bank.

Sekilas Tentang Aplikasi Dana

Aplikasi Dana yaitu suatu platform keuangan digital yang menawarkan berbagai layanan keuangan mirip transfer duit, pembayaran tagihan, top up pulsa, beli token listrik, belanja online dan lain sebagainya.

Aplikasi ini dapat diunduh dan dipakai di smartphone Android dan iOS. Dengan memakai aplikasi Dana, pengguna dapat melakukan aneka macam transaksi keuangan dengan mudah, cepat dan aman.

Apa Itu Fitur Transfer Saldo Dana

Fitur transfer saldo Dana memungkinkan kamu untuk mentransfer uang atau saldo yang ada di akun Dana ke pengguna Dana yang lain tanpa perlu memakai rekening bank tradisional.

Dalam fitur transfer saldo Dana, kamu dapat memasukkan jumlah saldo yang ingin ditransfer dan memilih penerima transfer memakai nomor ponsel terdaftar atau arahan QR.

Setelah itu, kamu dapat mengonfirmasi transfer dan saldo akan pribadi diantarke akseptor. Transfer saldo Dana dapat dilaksanakan antara pengguna Dana yang memakai aplikasi ini.

Kenapa Dana Tidak Bisa Transfer Hari Ini?

Saat ini, Dana menyediakan layanan gratis transfer saldo ke sesama pengguna Dana tanpa limit transfer. Namun, transfer saldo Dana ke Rekening Bank saat ini hanya gratis sebanyak 10 kali setiap bulannya.

Selain itu, kau juga akan menerima gratis transfer ke Rekening Bank sebanyak 10 kali kalau telah mengupgrade akun Dana menjadi premium account. Namun, acap kali pengguna mengalami hambatan dikala melaksanakan transfer dan salah satu penyebabnya yaitu argumentasi keamanan.

Berikut beberapa penyebab Dana tidak bisa transfer hari ini :

  • Dana Belum Terverifikasi – Kamu mesti memverifikasi akun Dana terlebih dahulu untuk mampu melaksanakan transfer.
  • Salah Memasukkan PIN – Saat melaksanakan transfer, kamu harus memasukkan PIN atau kata sandi sebagai tanda pengaman.
  • Aktivitas Mencurigakan Pada Akun – Dana memiliki mekanisme keselamatan yang mampu mendeteksi acara mencurigakan pada akun. Jika terdeteksi adanya aktivitas mencurigakan, seperti login dari lokasi yang tidak biasa, maka transfer mampu diblokir.
  • Limit Akun Dana – Jika saldo atau limit transaksi tidak memadai, maka transfer tidak akan berhasil.
  • Akun Dana Diblokir Sementara – Jika terjadi pelanggaran kepada kebijakan keamanan Dana, akun pengguna dapat diblokir sementara untuk sementara waktu dan transfer tidak akan sukses dilakukan.

Masalah teknis mirip limit pada akun Dana, problem server error atau akun Dana dibekukan serta dilema nonteknis seperti kendala pada jaringan internet atau aplikasi Dana yang lemot ialah beberapa penyebab kenapa Dana tidak bisa transfer.

Penyebab Dana Tidak Bisa Transfer Ke Bank

Sebenarnya banyak kemungkinan penyebab kenapa aplikasi Dana tidak bisa transfer saldo ke teman atau Rekening Bank. Saya sendiri mengalami kendala yang sama pada beberapa hari yang lalu.

Saat ingin transfer saldo Dana ke sahabat timbul notifikasi “Maaf tindakan ini tidak mampu dijalankan sekarang”. Hal ini terjadi secara berulang walapun aku telah menghapus chache bahkan hingga merestart ponsel.

Dana Tidak Bisa Transfer
Dana Gangguan. Sumber : Cekgangguan.id

Setelah mengunjungi situs website resmi Dana, ternyata ada beberapa kemungkinan yang menimbulkan Dana tidak bisa kirim uang. Berikut sudah aku rangkum beberapa penyebab Dana tidak mampu transfer Ke Bank :

Akun Dana Limit Transfer

Pihak pengirim dan penerima saldo Dana mesti memahami bahwa ada limit mengirim serta menerima transfer dari akun lain.

Limit transfer Dana basic ialah Rp2.000.000 rupiah sedangkan untuk limit transfer Dana premium adalah Rp10.000.000 rupiah / bulan.

Cara Mengatasi Dana Tidak Bisa Transfer Saldo
Akun Dana Limit

Ketentuan tentang limit akun Dana lengkap dapat kamu lihat Disini.

Limit transfer atau terima saldo di akun Dana yang sudah tercapai akan menimbulkan Dana tidak bisa transfer sehingga transfer saldo akan berstatus pending selama 1 jam.

Setelah 1 jam, saldo Dana yang di transfer akan di kembalikan ke akun Dana (refund) sehingga kamu dapat mengantarsaldo Dana ke akun Dana lain yang belum mencapai limit saldo.

Koneksi Internet Lemot

Koneksi internet yang memiliki masalah mirip koneksi hilang datang – datang, data habis atau sumber internet mati merupakan penyebab kenapa Dana tidak mampu transfer ke ShopeePay.

Dana tidak mampu transfer sebab koneksi memiliki masalah biasanya ditandai dengan notifikasi “jaringan bermasalah, silahkan coba beberapa ketika lagi”.

Aplikasi Dana Error

Salah satu penyebab kenapa Dana tidak bisa transfer ke Bank BRI ialah karena aplikasi Dana sedang error atau mengalami gangguan.

Dana error lazimnya disebabkan alasannya adalah adanya maintenance dan update server oleh developer Dana.

Cara Mengatasi Dana Tidak Bisa Transfer Saldo
Aplikasi Dana Error

Jika kau melaksanakan transfer saldo saat server maintenance, maka otomatis status transfer akan pending atau gagal.

Informasi mengenai acara pembaharuan server serta Dana gangguan hari ini akan diberitahukan oleh pihak Dana lewat sosial media seperti instagram, facebook dan twitter.

Server Dan Sedang Sibuk

Dana memiliki banyak sekali pengguna yang rutin melaksanakan transaksi. Tidak dapat disangkal jika ada banyak transaksi berlangsung secara serentak.

Cara Mengatasi Dana Tidak Bisa Transfer Saldo
Sistem Dana Sibuk

Transfer saldo pada jam – jam sibuk dapat mengakibatkan Dana tidak mampu melakukan transfer saldo ke akun lain dengan notifikasi “metode sedang sibuk”. Perlu dimengerti untuk jam sibuk di aplikasi Dana biasanya terjadi antara pukul 11.00 – 13.00 tepatnya saat makan siang.

Akun Bank Penerima Dibekukan

Mencoba melaksanakan transfer tetapi masih terus tidak bisa, masalah ini bisa disebabkan sebab akun Bank peserta sedang dibekukan.

Cara Mengatasi Dana Tidak Bisa Transfer Saldo
Dana Dibekukan

Akun Bank dibekukan akan menimbulkan seluruh transaksi di akun tersebut tidak mampu dilaksanakan untuk beberapa waktu termasuk menerima transfer saldo.

Oleh karena itu, transfer saldo ke akun Dana bermasalah akan mengakibatkan status transfer saldo Dana ditolak.

Transaksi Transfer Saldo Dana Tidak Valid

Transaksi tidak valid mirip mengirim saldo dengan jumlah banyak, kirim saldo ke banyak akun secara bersama-sama, atau transfer ke rekening yang salah mampu menyebabkan Dana tidak bisa transfer karena alasan keselamatan.

Tidak disarankan untuk melakukan transaksi hingga lebih dari Rp3 Juta rupiah dalam satu transfer. Jika kau ingin transfer Rp5 Juta maka seharusnya bagi transaksi menjadi 2 kali.

Penyebab Dana Tidak Bisa Transfer Ke Nomor Lain

Dana yakni salah satu layanan e-wallet yang memungkinkan penggunanya untuk melakukan transfer uang secara online.

Namun, sering kali pengguna Dana mengalami hambatan saat melakukan transfer ke akun Dana lain. Berikut ini beberapa penyebab kenapa Dana tidak mampu transfer ke nomor lain :

  • Nomor Penerima Salah / Tidak Aktif : Pastikan nomor akseptor yang Anda masukkan ketika melakukan transfer ke nomor lain yakni benar dan aktif. Jika nomor salah atau tidak aktif, maka transfer tidak akan berhasil.
  • Saldo Dana Kurang : Pastikan saldo di akun Dana mencukupi untuk melakukan transfer ke nomor lain.
  • Limit Transfer Akun Dana : Dana mempunyai batas-batas limit transaksi yang harus dipenuhi oleh pengguna. Jika limit transaksi tidak memadai untuk melaksanakan transfer ke nomor lain, maka transfer tidak akan berhasil.
  • Akun Dana Belum Diverifikasi : Kamu harus memverifikasi akun Dana terlebih dulu untuk mampu melaksanakan transfer ke nomor lain.
  • Koneksi Internet Bermasalah : Pastikan jaringan internet yang digunakan saat melaksanakan transfer cukup stabil dan tanpa gangguan semoga tidak terjadi gangguan ketika transaksi.

Cara Mengatasi Akun Dana Tidak Bisa Transfer

Perlu kau ketahui bahwa berlawanan penyebab maka berbeda pula solusinya. Seperti dalam kasus yang aku alami kemarin, aku mengatasinya dengan menutup aplikasi Dana untuk beberapa saat.

Setelah menunggu kurang lebih 1 jam setelah notifikasi Dana error muncul, aku menjajal transfer saldo Dana kembali dan ternyata sukses.

Untuk kasus yang saya alami sendiri biasanya terjadi karena aplikasi Dana sedang diakses oleh banyak orang sekaligus, sehingga server menjadi error / lemot.

Jika penyebab Dana gagal transfer saldo sudah kau dapatkan, berikutnya ikuti langkah – langkah menangani Dana tidak bisa transfer berikut ini :

Upgrade Akun Dana

Jika Dana tidak mampu transfer alasannya adalah telah limit, kau dapat mengatasinya dengan melakukan upgrade akun Dana menjadi Dana premium / Dana bisnis.

Cara Mengatasi Dana Tidak Bisa Transfer Saldo
Upgrade Akun Dana Premium

Dengan meningkatkan status keanggotaan Dana, kian banyak pula benefit yang mau kau peroleh khususnya dalam limit transfer saldo ke akun lain maupun ke Rekening Bank.

Re-Open Aplikasi Dana

Jika kamu tidak bisa melaksanakan transfer saldo ke pengguna yang lain bisa disebabkan karena Dana error, seharusnya re-open aplikasi Dana dengan cara :

  • Jika aplikasi Dana sedang terbuka, segera tutup aplikasi tersebut.
  • Hapus aplikasi dari daftar Recent Apps.
  • Selanjutnya buka kembali aplikasi Dana.
  • Coba transfer saldo untuk memastikan aplikasi Dana telah mampu digunakan kembali.

Selain itu, kamu juga mampu me-refresh akun Dana untuk menangani bug yang dapat menjadikan akun Dana tidak bisa transfer dengan cara :

  • Buka aplikasi Dana.
  • Refresh penampilan dengan menawan layar dari atas ke bawah sampai muncul performa refresh.
  • Lakukan terus menerus hingga Dana pulih kembali.
  • Terakhir, coba kerjakan transfer saldo ke akun lain.

Cek Koneksi Internet

Jika Dana tidak bisa transfer alasannya adalah delay lalu gagal, segera cek kecepatan koneksi internet yang kau gunakan. Kamu mampu cek koneksi internet menggunakan :

Tools Speed Internet

Ada banyak opsi test speed internet yang kamugunakan mirip fast.com atau situs web speedtest connection yang lain.

Cek Sinyal Bar

Lihat kafetaria sinyal di bab atas ponsel. Meskipun 4G namun kafe sinyal sedikit, hal tersebut juga menyebabkan koneksi internet lambat.

Jika ternyata koneksi internet kamu lambat, secepatnya tingkatkan mutu internet kau dengan cara :

  • Ganti Opsi Koneksi – Gunakan Wifi atau Hotspot portable untuk menerima mutu koneksi internet yang lebih baik.

Cara Mengatasi Dana Tidak Bisa Transfer Saldo
Ganti Koneksi Internet

  • Switch Data – Kamu juga mampu merestart data dengan melaksanakan pertukaran (switch) antara Data seluler ke Mode Pesawat atau sebaliknya.
  • On Off Data / Wifi – Matikan kemudian hidupkan data seluler / wifi atau restart pada router wifi.

Pastikan Nomor Tujuan Transfer Dana Valid

Transfer Dana gagal sebab nomor Dana akseptor atau rekening yang di input tidak valid dapat teratasi dengan memastikan kembali nomor Dana / Rekening benar.

Cara Mengatasi Dana Tidak Bisa Transfer Saldo
Transfer Gagal Karena Bank Bermasalah

Caranya dengan melakukan cross check nomor peserta serta Rekening Bank supaya tidak terjadi kesalahan transfer saldo Dana.

Transfer Pada Jam Layanan Umum

Sangat direkomendasikan semoga kamu menggunakan layanan pada jam umum walaupun Dana bekerja 24 jam. Kamu mampu bertransaksi pada jam 04.00 – 10.00 serta 13.00 – 22.00 supaya transfer saldo Dana tanpa hambatan.

Tidak menutup kemungkinan pada jam tersebut juga terjadi maintenance. Namun hingga saat ini jarang terjadi maintenance server pada jam tersebut.

Solusi Dana Tidak Bisa Transfer Sistem Sibuk

Sistem Dana sedang sibuk biasanya disebabkan oleh kenaikan jumlah pengguna yang memakai aplikasi secara serempak, pemeliharaan sistem atau duduk perkara teknis internal yang lain.

Hal ini mampu menghipnotis kinerja metode dan menghambat kesanggupan pengguna untuk melaksanakan transfer saldo Dana ke pengguna lain.

Berikut cara menanggulangi Dana tidak mampu transfer metode sibuk yang bisa kamu coba :

Coba Beberapa Kali

Cobalah untuk melaksanakan transfer beberapa kali dengan jeda waktu tertentu saat kau menerima notifikasi tata cara aplikasi Dana sedang sibuk.

Kadang-kadang, problem sementara mampu terjadi dan metode akan pulih sesudah beberapa ketika. Kaprikornus, beri peluang kepada metode untuk kembali wajar dan coba kembali beberapa waktu kemudian.

Perbarui Aplikasi

Pastikan kau menggunakan versi modern dari aplikasi Dana. Kadang-kadang, pembaruan terbaru mampu menanggulangi duduk perkara tata cara yang sedang sibuk.

Periksa toko aplikasi seperti Google Play Store untuk pengguna Android dan App Store untuk pengguna iOS dan perbarui aplikasi Dana ke model modern jikalau tersedia.

Coba Transfer Waktu Yang Berbeda

Jika metode sedang sibuk pada dikala tertentu, cobalah untuk melaksanakan transfer pada waktu yang berlainan, mirip di pagi hari atau malam hari saat kegiatan pengguna cenderung lebih minim.

Hal ini merupakan cara paling sempurna jika server sedang sibuk alasannya adalah terlalu banyak pengguna yang mengakses aplikasi sehingga timbul notifikasi aplikasi sedang sibuk.

Tips Agar Dana Bisa Transfer Saldo

Pada umumnya, Dana error tidak bisa transfer maupun menerima transfer dapat di atasi dengan memutuskan nomor Dana penerima atau Rekening Bank valid, cek koneksi internet dan Server Dana serta pilih upgrade akun Dana Premium untuk menyingkir dari transfer Dana error sebab Limit.

Baca Juga : 10 Cara Mengatasi Nomor Akun Dana Tidak Ditemukan : Transfer & Top Up

Beberapa cara menanggulangi Dana tidak bisa transfer saldo ke akun lain di atas sudah terbukti sukses. Jika transfer Dana tetap gagal, maka kau bisa menelepon langsung Customer Service Dana lewat :

  • Email : Help@Dana.id
  • Telp : 1500 445
  • Whatsapp : 08191 1500 445
  • Sosial Media : DANA Indonesia

Jika beberapa cara diatas tidak berhasil, kamu dapat menjajal cara yang saya lakukan yakni menunggu setengah jam hingga satu jam kemudian lalu coba transfer saldo Dana kembali.

Selamat menjajal !

data-payload='”align”:”left”,”id”:”3325″,”slug”:”default”,”valign”:”bottom”,”ignore”:””,”reference”:”auto”,”class”:””,”count”:”17″,”legendonly”:””,”readonly”:””,”score”:”4.9″,”starsonly”:””,”best”:”5″,”gap”:”4″,”greet”:”Nilai Artikel”,”legend”:”4.9\/5 – (17 votes)”,”size”:”20″,”title”:”13+ Penyebab Dana Tidak Bisa Transfer Hari Ini Dan Solusinya”,”width”:”115.6″,”_legend”:”score\/best – (count votes)”,”font_factor”:”1.25″‘>

4.9/5 – (17 votes)

Artikel Menarik Lainnya: