TintaTeras

Produk Layanan Unggulan Dan Kemudahan Transaksi Bank Jateng

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram

Bank Jateng dulunya diketahui dengan nama Bank Pembangunan Daerah Jawa Tengah atau BPD Jateng. Bank Jateng berkantor pusat di Kota Semarang, Jawa Tengah. Berdiri pada tahun 1963, bank ini berkonsentrasi pada program pemerintah dalam memajukan perekonomian lokal. 

Pada mulanya, Bank Jateng bangkit atas pencetus dari Pemerintah Daerah, usahawan swasta, serta beberapa tokoh penduduk lainnya. Dengan jaringan kantor yang tersebar di Jawa Tengah, Bank Jateng pun kini hadir untuk melayani transaksi perbankan nasabahnya.

Sekilas tentang Bank Jateng

Bank Jateng merupakan bank daerah yang berada di Jawa Tengah

Dulunya, tujuan dari berdirinya bank ini yaitu untuk menolong pemerintah dalam mengorganisir keuangan tempat. Selain berperan sebagai pemegang kas daerah, bank ini juga bertujuan untuk memperkuat keuangan penduduk setempat. Kegiatannya mampu berupa penyimpanan ataupun tunjangan dana. 

Sesuai ketentuan, saham dari bank ini dipegang oleh Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten atau Kota di Jawa Tengah. Setelah menjadi perseroan terbatas pada tahun 1999, bank ini pun menuntaskan program rekapitalisasinya.

Salah satu cara perusahaan untuk mengubah representasinya yaitu dengan mengubah nama dan logo. Itulah sebabnya Bank BPD Jateng sekarang berubah nama menjadi Bank Jateng. Begitu pula dengan penampilan logonya. Bank Jateng logo kini berupa sinar matahari, dengan dominasi warna kuning, biru, dan merah.  

Produk dan Layanan Unggulan 

Ada banyak produk dan layanan yang ada di Bank Jateng

Bank Jateng mempunyai beberapa opsi simpanan, mirip Tabungan Bima, Simpeda, Simpanan Pelajar, serta Deposito Berjangka. Ada pula DPLK Setia, yang menawarkan program pensiun bagi kelompok atau perorangan.

Selain tabungan, terdapat juga beberapa produk pemberian Bank Jateng. Selain berupa perlindungan langsung, ada pula kredit untuk pembelian KPR dan kendaraan bermotor. Tersedia juga KPR Sejahtera juga untuk penduduk yang ingin berbelanja rumah meski penghasilannya tergolong rendah. 

Untuk membangun perekonomian kawasan, bank ini juga melakukan pekerjaan sama dengan pemerintah lewat program KUR. Kredit Usaha Rakyat atau KUR ini memfasilitasi nasabahnya untuk menerima sumbangan modal perjuangan. Proses pengajuannya gampang dan bunganya juga terbilang rendah. 

Jaringan Bank dan Ketersediaan ATM

Layanan Bank Jateng terbagi dalam kantor cabang, kantor cabang pembantu, kantor kas, serta payment point. Selain itu, tersedia pula layanan Bank Jateng Syariah untuk nasabah yang memerlukan metode perbankan dengan tata cara syariat. 

Tak hanya di Jawa Tengah, Bank Jateng kini juga membuka beberapa kantor cabang di DKI Jakarta dan Yogyakarta. Jadi, nasabah yang sedang berada di luar Jawa Tengah pun tak perlu khawatir jika ingin mengunjungi kantor bank terdekat

Untuk transaksi secara berdikari, ada pula layanan ATM yang tersedia. Jadi, nasabah tidak perlu mengunjungi kantor dikala ingin tarik tunai atau mentransfer uang. Pembayaran tagihan dan transaksi online lainnya pun mampu diakses dengan gampang melalui layanan ATM. 

Transfer Dana dengan Mudah   

Dengan menggunakan Bank Jateng, transfer dana kini lebih mudah

Saat ini, pengantaran atau transfer dana kian banyak peminatnya. Tak hanya antar rekening, pengantaran dana antar bank di Indonesia kini juga kian mudah. Untuk melakukan transfer antar rekening bank, nasabah juga hanya membutuhkan data nomor rekening penerima saja.

Lain halnya kalau Anda ingin mentransfer dana ke bank yang berbeda. Selain nomor rekening peserta, Anda juga memerlukan kode transfer bank. Kode ini berfungsi sebagai identitas dan biasanya terdiri dari tiga digit angka. Dengan instruksi tersebut, nasabah pun akan terbantu dalam menyingkir dari salah transfer.

Kode Bank Jateng adalah 113, sedangkan arahan Bank Jateng Syariah ialah 725. Tak cuma lewat ATM, proses transfer juga bisa Anda kerjakan lewat aplikasi resminya, yaitu Bima Mobile. Fasilitas ini pastinya akan mempermudah Anda untuk mentransfer dana kapan saja secara mobile.   

Tips Aman dalam Bertransaksi

Bank Jateng memiliki keamanan yang baik untuk bertransaksi

Proses transfer atau pembayaran via ATM atau aplikasi tentunya sungguh gampang dan simpel. Meski demikian, pastikan Anda selalu berhati-hati dalam melaksanakan transaksi online. Simak beberapa tips untuk bertransaksi secara kondusif berikut ini.

Agar lebih kondusif, sebaiknya Anda menyelidiki dulu kondisi mesin ATM. Jika mencurigakan, contohnya kartu susah masuk, semestinya pilih mesin ATM lainnya. Selain itu, hindari membagikan instruksi atau password pada siapa pun. Mengganti password atau PIN secara terencana juga mampu mempertahankan keselamatan simpanan Anda.

Demikianlah pembahasan singkat wacana Bank Jateng dan produk-produk layanannya. Semoga informasi ini berfaedah dan selamat mencoba.

Artikel Menarik Lainnya: