TintaTeras

Atm Bca Terblokir: Penyebab Dan Cara Mengatasinya

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram

ATM atau Anjungan Tunai Mandiri yaitu salah satu produk yang bank keluarkan untuk nasabah. Sebenarnya ATM sangat gampang untuk digunakan. Namun tak jarang nasabah melaksanakan kesalahan sampai menciptakan kartu ATM BCA terblokir.

Kartu ATM BCA bisa saja terblokir karena beberapa alasan. Namun, masih ada nasabah yang belum mengenali apa saja penyebab dan bagaimana cara menanggulangi kalau ATM terblokir. Karena itu, Anda bisa mencari tahu penyebab dan penyelesaian kartu ATM BCA terblokir di bawah ini.

Penyebab Kartu ATM BCA Terblokir

Penyebab Kartu ATM BCA Terblokir

Sebagian orang mungkin pernah tergesa-gesa dan tidak fokus dalam melaksanakan sesuatu seperti bertransaksi duit. Tindakan yang kurang fokus mampu saja membuat Anda melaksanakan kesalahan dan menciptakan ATM BCA mengalami kesalahan dan kesannya tidak bisa digunakan.

Maka dari itu, Anda mesti mengetahui apa saja yang menciptakan kartu ATM BCA tidak bisa digunakan. Berikut beberapa penyebab ATM BCA terblokir.

1. Salah Memasukkan PIN ATM

Personal Identification Number atau PIN adalah sebuah kode yang berisikan 6 digit angka. PIN mesti Anda masukkan dikala akan melaksanakan suatu transaksi.

ATM BCA terblokir alasannya adalah lupa pin adalah penyebab yang paling sering terjadi. Kesalahan input ini terjadi alasannya pengguna yang salah tekan angka atau memang lupa pin yang nasabah gunakan sebanyak 3 kali.

Bank memang akan memblokir ATM secara otomatis bila pengguna melaksanakan kesalahan dikala memasukkan PIN ATM demi keselamatan. Hal ini bank kerjakan untuk mencegah tindakan yang berbahaya dari orang yang tidak bertanggung jawab.

2. Menggunakan Lokasi yang Berbeda

ATM BCA memang bisa nasabah gunakan di luar negeri. Namun, kartu ATM BCA terblokir bisa terjadi jikalau bank mendeteksi transaksi dari banyak sekali negara yang berlainan dalam waktu yang singkat.

Sistem bank menganggap hal ini selaku langkah-langkah yang mencurigakan dan mendeteksinya sebagai pencurian dan sejenisnya.

3. Terdapat Kesalahan Teknis

Pemblokiran ATM BCA tidak selalu alasannya adalah kesalahan nasabah. Kesalahan yang disebabkan oleh bank ini kadang terjadi kalau bank sedang proses kenaikan software ke sistem transaksi yang lebih baik lagi.

Misalnya Anda akan berbelanja memakai ATM BCA. Namun toko tersebut masih menggunakan perangkat sistem yang usang. Karena metode di toko dan bank tidak match, kartu yang Anda gunakan mampu saja mengalami gagal bayar atau terblokir.

4. Kartu Telah Expired dan Jarang Bertransaksi

ATM bisa saja terblokir jika sudah memasuki kala kadaluarsa. Biasanya, abad berlaku sebuah kartu ATM adalah selama 5 tahun. Setelah 5 tahun, nasabah mesti mengurus kartu untuk pengerjaan kartu gres lagi.

Selain itu, kartu juga bisa terblokir kalau Anda datang-datang melaksanakan banyak transaksi padahal sebelumnya tidak pernah dipakai.

5. Adanya Transaksi yang Mencurigakan

Bank senantiasa menyimpan riwayat transaksi para nasabah dan juga melakukan analisis terhadap contoh transaksi nasabah. Jika terlihat ada acara yang mencurigakan, bank tidak segan-segan untuk melaksanakan pemblokiran terhadap kartu ATM nasabah.

Mengatasi ATM BCA yang Terblokir

cara Mengatasi ATM BCA yang Terblokir

Penyebab kartu yang terblokir bisa Anda atasi dengan mudah. Terdapat beberapa cara untuk menanggulangi ATM BCA terblokir yang bisa Anda ikuti.

Membuka Blokir ATM dengan Menggunakan Nomor PIN

Jika Anda masih mengingat nomor PIN, Ada bisa menjajal cara yang satu ini. Anda bisa menelepon call center BCA untuk mengurus ATM BCA terblokir tanpa ke bank.

  • Anda mesti menyiapkan dokumen seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP), buku simpanan, serta kartu ATM yang ingin Anda buka blokirnya.
  • Menghubungi call center BCA di 1500888 atau (021) 235-88000. Anda juga mampu menyaksikan nomor call center BCA yang ada di belakang buku tabungan Anda.
  • Jika sudah tersambung, jelaskan unek-unek Anda terhadap customer service (CS). Tetapi Anda tidak perlu menyebutkan PIN ATM yang Anda gunakan terhadap CS.
  • Jika proses telah simpulan, kartu ATM sudah bisa Anda gunakan kembali.

Membuka Blokir ATM jika Lupa Nomor PIN

Jika Anda tidak ingat nomor PIN yang Anda gunakan, penyelesaian pin ATM BCA terblokir yaitu dengan datang langsung ke kantor cabang bank tersebut. Berikut caranya:

  • Membawa buku tabungan, kartu ATM, serta KTP.
  • Jangan lupa untuk membawa duit untuk jaga-jaga kalau terdapat biaya untuk membuka blokir.
  • Lebih baik mengunjungi kantor cabang di kawasan Anda menciptakan ATM tersebut.

Membuka Blokir ATM Melalui Halo BCA

Selain melalui call center 1500888, Anda juga bisa menghubungi BCA memakai aplikasi Halo BCA untuk memperbaiki ATM BCA terblokir.

  • Pastikan jaringan internet yang Anda gunakan sudah stabil untuk melaksanakan panggilan.
  • Masuk ke aplikasi Halo BCA dan pilih layanan “Call”.
  • Setelah itu, pilih hidangan “Perbankan”.
  • Tunggu sampai panggilan sudah terhubung dengan customer service.
  • Jelaskan persoalan yang Anda hadapi dan sampaikan data yang diminta seperti nomor KTP dan nomor rekening.
  • Nantinya pihak bank akan melaksanakan proses verifikasi data, membuka blokir kartu ATM Anda, dan reset PIN pada ATM Anda.
  • Anda mampu melakukan pembaruan PIN lewat mesin ATM BCA.
  • kartu sudah bisa Anda gunakan kembali.

Membuka Blokir ATM dengan Mendatangi Kantor Cabang

Cara selanjutnya untuk mengaktifkan ATM BCA terblokir yaitu dengan tiba pribadi ke kantor cabang.

  • Pastikan Anda menenteng syarat mengelola ATM BCA terblokir adalah KTP, Buku Tabungan, dan Kartu Debit yang Anda miliki.
  • Ketika telah sampai di kantor BCA, Anda bisa menjelaskan masalah yang Anda jumpai kepada customer service.
  • Kemudian, Anda mesti mengisi suatu form atau Surat Permohonan Permintaan Pembukaan Blokir Kartu ATM.
  • Nanti CS akan memproses data yang Anda ejekan untuk membuka ATM BCA yang terblokir.
  • Ketika proses selesai, akan lebih baik bagi Anda untuk melakukan pembaruan PIN ATM.

Penutup

ATM BCA adalah salah satu alat transaksi yang sungguh penting bagi para nasabah BCA untuk melaksanakan kegiatan perbankan mereka. Namun, kadang kala ada masalah yang terjadi, ialah terblokirnya kartu ATM BCA. Ada beberapa penyebab mengapa ATM BCA mampu terblokir, seperti salah memasukkan PIN.

Untuk menangani masalah ini, ada beberapa cara yang mampu dilakukan. Pertama, nasabah mampu menghubungi customer service BCA untuk meminta dukungan. Tim customer service akan menolong nasabah untuk membuka blokir ATM BCA mereka. Kedua, nasabah dapat mendatangi kantor cabang BCA terdekat untuk memperoleh pinjaman langsung dari petugas bank. Ketiga, nasabah mampu menggunakan fitur “Lupa PIN” di aplikasi mobile banking atau internet banking BCA untuk menertibkan ulang PIN mereka.

Namun, terlepas dari cara yang dipakai untuk mengatasi problem ini, penting untuk selalu waspada dan mengamati keamanan ATM BCA Anda. Jangan pernah memberikan informasi sensitif Anda mirip PIN atau nomor kartu ATM terhadap orang yang tidak dikenal.

Selalu amati keamanan ATM BCA Anda dan jangan pernah menunjukkan berita sensitif Anda terhadap orang yang tidak diketahui . Dengan begitu, Anda mampu menyingkir dari persoalan ATM BCA terblokir yang tidak diharapkan dan tetap memakai layanan BCA dengan kondusif dan tenteram.

Artikel Menarik Lainnya:

Biografi Robert Boyle – Perintis Kimia Terbaru

Biografi Robert Boyle – Perintis Kimia Terbaru

October 5, 2011
4 min 54 sec read
Chord Takan Lelah Aku Menunggu

Chord Takan Lelah Aku Menunggu

July 10, 2024
2 min 9 sec read
6 Kuliner Khas Bangli Bali Yang Populer Yummy

6 Kuliner Khas Bangli Bali Yang Populer Yummy

March 21, 2024
3 min 58 sec read
Pengertian Cutlery Lengkap Dengan Jenis-Jenisnya

Pengertian Cutlery Lengkap Dengan Jenis-Jenisnya

March 16, 2024
6 min 36 sec read
Cara Download Youtube Go 2024

Cara Download Youtube Go 2024

June 24, 2024
2 min 15 sec read
√ Brimo Terblokir? Ini 7 Penyebab Dan Solusinya !

√ Brimo Terblokir? Ini 7 Penyebab Dan Solusinya !

March 24, 2024
3 min 43 sec read
10 Daerah Sahur Di Jakarta Buat Yang Malas Masak

10 Daerah Sahur Di Jakarta Buat Yang Malas Masak

March 20, 2024
4 min 53 sec read