TintaTeras

Cara Melihat User Id Bca Sendiri Dengan Gampang

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram

ID pengguna sangatlah penting bagi pengguna layanan finansial digital seperti BCA Mobile atau KlikBCA. Tanpa ID, nasabah tidak dapat mengakses produk keuangan perbankan. Lalu, bagaimana bila lupa ID? Bagaimana cara menyaksikan user ID BCA milik sendiri?

Yuk, baca klarifikasi detailnya di sini!

Cara Mengecek User ID BCA

Cara Mengecek User ID BCA

User ID BCA yaitu nama pengguna yang nasabah pakai untuk mengakses layanan perbankan elektro mirip mobile banking atau internet banking melalui HP.

Untuk menerima ID pengguna ini, nasabah perlu mendaftar dan mengaktifkannya di kantor BCA terdekat atau lewat mesin ATM. ID ini nantinya bisa Anda gunakan untuk mengakses echannel BCA.

Umumnya, ID berupa kombinasi angka dan huruf yang terdiri antara 6 hingga 21 huruf. Kombinasi user ID ini diambil dari data kelahiran nasabah.

Contoh user ID BCA ialah Muhagus2387, Fn2356, Ani2020, dan lain-lain.

Namun bagaimana jika lupa ID-nya?

Nah, dengan adanya KlikBCA atau BCA Mobile, ini akan sungguh membuat lebih mudah aktivitas keuangan Anda. Seperti pembayaran belanja dan tagihan hingga transfer uang, termasuk dikala lupa user ID yang menyebabkan terhambatnya transaksi.

Jika Anda mengalaminya, jangan ketakutan dan usahakan tetap damai. Setelahnya, kerjakan beberapa cara cek user ID BCA berikut.

1. Cek Email

Sewaktu registrasi untuk pertama kalinya, pihak bank akan meminta alamat surat elektronik Anda yang aktif. Surel ini, sangat berfaedah ketika proses aktivasi karena metode akan mengantarkan status aktivasi lewat email. Selain itu, metode juga akan mengantarkan jurnal transaksi melalui email.

Apabila status proses pendaftaran dan aktivasinya sukses, tata cara akan mengirimkan email berupa status aktivasi berhasil beserta informasi ID pengguna.

Nah, bagi Anda yang melewatkan ID, bisa cek history inbox.

Jika tidak sabar, ketikkan user ID BCA di kolom pencarian dan tunggu jadinya.

Cara mengetahui user ID KlikBCA ini mampu Anda lakukan kalau histori pesan masuk masih tersimpan alias belum terhapus.

Namun, jika sudah terhapus, kerjakan langkah kedua ini.

2. Call Center

Cara mengenali user ID BCA yang kedua, yaitu menghubungi call center BCA di 1500888.

Sebelum menghubungi, seharusnya siapkan pulsa yang cukup, nomor rekening, nomor ponsel yang digunakan untuk mendaftar, dan beberapa jawaban untuk pertanyaan lain dari pihak bank.

Apabila jawabannya sesuai dengan data maka pihak bank akan menginformasikan user ID milik Anda.

3. Halo BCA

Merasa berat dengan pulsa yang hendak terpakai untuk menelepon call center?

Jika, ya, Anda bisa menggunakan aplikasi Halo BCA. Meski tidak menggunakan pulsa, Anda harus memiliki kuota. Sebab Anda membutuhkan data internet untuk mengaksesnya. Jadi, tentukan bila koneksi internet stabil sebelum menelepon.

Sama seperti cara kedua, Anda juga perlu menyiapkan nomor rekening dan beberapa balasan untuk pertanyaan terkait data yang lain. Jika benar maka tata cara akan memperlihatkan user ID Anda.

4. Inquiry User ID di ATM

Selain itu, Anda juga bisa memeriksa user ID BCA memakai mesin ATM BCA terdekat.

  • Pertama-tama, masukkan kartu ATM Anda pada slot kartu di mesin ATM.
  • Lalu masukkan 6 digit PIN ATM. Pastikan untuk memasukkan password dengan benar. Sebab tiga kali memasukkan salah, kartu akan terblokir.
  • Selanjutnya cermati opsi menu yang layar tampilkan.
  • Pilihlah “e-banking” atau autodebet, kemudian internet banking.
  • Apabila Anda pernah melakukan pendaftaran KlikBCA maka metode akan memperlihatkan info akun berisi user ID di layar.
  • Setelahnya, Anda mampu mencatat nama pengguna tersebut.

Di sisi lain, pendaftaran ebanking juga mampu Anda lakukan menggunakan mesin ATM. Nantinya, Anda bisa menemukan print out berisi user ID sesudah proses pengerjaan akhir.

5. Mengunjungi Kantor BCA Terdekat

Terakhir dengan mengunjungi kantor bank BCA terdekat untuk mendapatkan user ID.

Namun, Anda memerlukan buku tabungan, kartu identitas, dan kartu ATM.

Cara terakhir ini juga mampu Anda pakai dikala akun terblokir. Akun mampu terblokir karena tiga kali berturut-turut salah memasukkan user ID dan pin.

Di segi lain, akun yang terblokir mengharuskan Anda untuk me-reset-nya. Anda mampu mengunjungi kantor cabang terdekat, menghubungi call center, atau registrasi ulang melalui mesin ATM.

Agar tidak terulang kejadian lupa ID ini, Anda mampu log out sehabis melakukan transaksi dan login secara terjadwal.

Atau mencatatnya di kertas atau buku yang hanya Anda yang bisa mengetahuinya. Pastikan untuk tidak menginformasikan user ID kepada orang lain dan terusan senantiasa menggunakan perangkat langsung Anda.

Kesimpulannya, cara melihat user ID BCA bisa Anda kerjakan dengan 5 cara, yaitu mempergunakan pesan masuk email, call center, aplikasi Halo BCA, inquiry user ID di mesin ATM, dan mengunjungi kantor cabang terdekat.

Anda bisa memilih salah satu cara paling gampang dari 5 cara di atas. Apabila Anda mengalami masalah ebanking lain, mampu datangi akun Twitter @HaloBCA, call center, atau kantor terdekat.

Artikel Menarik Lainnya: