TintaTeras

Cara Menghapus Mutasi Rekening Bca Secara Online

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram

Cara menghapus mutasi rekening BCA sekarang makin gampang. Anda juga tidak perlu mengunjungi kantor bank terdekat untuk menghapusnya. Bahkan, mampu online dengan mempergunakan internet banking atau mobile banking.

Namun, pertanyaannya, apakah tindakan ini berisiko? Lantas apa ketentuan untuk hapus mutasi? Bagaimana caranya? Benarkah hal ini sungguh-sungguh menghapus data mutasi rekening?

Apa Itu Mutasi Rekening BCA?

Apa Itu Mutasi Rekening BCA

Mutasi rekening yakni catatan transaksi dari permulaan pemakaian rekening. Catatan ini bisa berisi semua transaksi yang terjadi dalam satu rekening. Seperti transfer (antarbank, sesama bank, atau luar negeri), dana masuk (transfer dari rekening lain atau setor tunai), pembayaran, dan pembelian.

Dengan mengecek mutasi secara terpola, Anda bisa tahu bagaimana kondisi keuangan Anda. Selain itu, Anda juga bisa mengantisipasi adanya transaksi mencurigakan.

Di sisi lain, dari laporan ini, Anda bisa mempersiapkan pengaturan keuangan semoga lebih baik ke depannya.

Cara Cek Mutasi Rekening BCA

Cara Cek Mutasi Rekening BCA

Dalam layanan perbankan, metode akan mencatat secara otomatis semua transaksi yang terjadi, baik transaksi masuk atau keluar. Dan data transaksi ini bisa Anda cek di menu mutasi rekening BCA mobile, internet banking, sampai SMS banking.

Namun, riwayat transaksi ini mampu Anda jalan masuk selama kala tertentu. Artinya histori akan terhapus otomatis di metode dan tidak tampil lagi di perangkat setelah batas waktunya habis.

Lalu berapa usang mutasi rekening BCA hilang?

Setiap metode pelacakan mutasi mempunyai batasannya masing-masing. Seperti mobile banking, Anda bisa memeriksa mutasi antara hari ini sampai satu bulan lalu. Lebih dari 31 hari, histori telah terhapus otomatis.

Sedangkan ATM, memungkinkan Anda untuk menilik 5 transaksi terakhir yang Anda lakukan.

Namun, jika ingin menganalisa transaksi lebih lama hingga 3 bulan lalu, Anda mampu memeriksa melalui internet banking. Sementara melalui teller bank memungkinkan Anda mengecek transaksi antara 3-6 bulan lalu bahkan lebih lama dengan cetak koran.

Layanan cetak ini juga tersedia di internet banking. Yakni di hidangan e-Statement. Melalui sajian ini, Anda bisa mengambil data transaksi sampai satu tahun kemudian lalu mencetaknya.

Ketentuan dan Syarat Hapus Mutasi Rekening BCA

Syarat Hapus Mutasi Rekening BCA

Nyatanya, daftar transaksi ini mampu Anda edit dengan cara hapus history mutasi rekening BCA. Bahkan caranya pun gampang dan tidak ribet.

Ketentuan

Meski cara hapus mutasi rekening BCA ini sungguh mudah, tetapi ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum hapus riwayat transaksi tersebut.

  1. Perlu Anda ketahui, bahwa setelah riwayat tersebut terhapus maka data tidak mampu kembali lagi. Di sisi lain, bank tidak bertanggung jawab atas langkah-langkah peniadaan data transaksi. Oleh alasannya adalah itu, pastikan data transaksi yang ingin Anda hapus bukanlah data penting.
  2. Selain itu, dengan menghapus datanya maka semua hal yang berkaitan dengan rekening tersebut akan hilang dari perangkat. Makara, kalau ada kemungkinan melaksanakan transaksi dengan tujuan tersebut, Anda bisa mencatatnya di catatan pribadi.
  3. Jika Anda membutuhkan transaksi yang terhapus, Anda mampu menelepon customer service bank. Namun, cara ini fifty-fifty keberhasilannya. Artinya, data mampu saja masih tercatat di bank atau ikut terhapus. Begitu data terhapus, Anda tidak bisa menyalahkan pihak bank sebab itu di luar tanggung jawab bank. Semua langkah-langkah penghapusan menjadi tanggung jawab nasabah.

Kaprikornus, cermati dan pahami baik-baik ketiga hal di atas. Hal ini supaya terhindar dari fikiran bahwa bank BCA merugikan nasabah.

Syarat

Dalam mutasi rekening, terdapat berita berupa:

  • nama peserta atau pengirim,
  • nomor rekening,
  • waktu terjadinya transaksi,
  • tujuan transaksi,
  • jenis transaksi
  • jumlah transaksi, juga
  • sisa saldo.

Data ini, nantinya mampu membuat lebih mudah Anda untuk melacak transaksi. Mutasi rekening juga berfungsi sebagai bukti transaksi, jurnal keuangan, juga menyanggupi syarat pengurusan visa atau dukungan.

Meski begitu, ada beberapa situasi yang menyebabkan seseorang ingin menghapus riwayat transaksi. Apalagi memakai kedahsyatan digital juga mengembangkan cybercrime. Maka tidak aneh di beberapa kondisi nasabah menentukan meniadakan daftar transaksi.

Ini beberapa argumentasi yang menimbulkan seseorang ingin menghapus riwayat transaksinya:

  • menyingkir dari typosite (pembobolan rekening karena salah akses web)
  • mencegah terjadinya pembobolan rekening oleh malware
  • mengurangi kesalahan transfer alasannya banyaknya daftar tujuan
  • menghalangi terjadinya keylogger.

Sebelum benar-benar menghapusnya, pastikan bahwa Anda sudah menyanggupi syarat berikut.

  • Nomor rekening terdaftar selaku nasabah BCA.
  • Nomor HP nasabah aktif.
  • Terhubung dengan koneksi internet yang stabil.

Cara Menghapus Data Mutasi Rekening BCA

Cara Menghapus Data Mutasi Rekening BCA

Untuk menghapus data mutasi, ada dua cara yang bisa Anda lakukan, yaitu menggunakan mbanking atau aplikasi BCA Mobile dan internet BCA: KlikBCA. Agar tidak salah kaprah, berikut panduannya step by step lengkap.

1. Cara Menghapus Mutasi Rekening BCA lewat M Banking

Yang pertama, mempergunakan aplikasi mobile banking mirip BCA Mobile. Metode ini juga sungguh pas bagi Anda yang mencari cara meniadakan mutasi rekening BCA lewat HP.

Cara meniadakan mutasi rekening BCA Mobile selaku berikut.

  • Jika Anda belum memilikinya, seharusnya unduh dan instal aplikasinya terlebih dahulu. Setelahnya registrasi di ATM dan aktivasi mobile untuk penggunaan ebanking.
  • Kemudian, buka aplikasi BCA Mobile. Pada hidangan terutama, pilih “m-BCA”.
  • Setelahnya, login dengan memasukkan isyarat susukan dengan benar. Jika salah tiga kali berturut-turut, ada kemungkinan m-BCA akan terblokir dan Anda perlu aktivasi ulang.
  • Begitu masuk ke Beranda, pergilah ke “m-Admin”. Setelahnya, pilih salah satu dari opsi “Hapus Daftar”. Di sini, tersedia pilihan hapus transfer antarrekening, transfer antarbank, transfer BCA VA, transfer Sakuku, pembayaran, atau pembelian.
  • Setelah menyeleksi data yang ingin dihapus, lalu klik “Delete/Hapus” yang ada terletak di pojok kanan atas layar.
  • Sebelum mengeklik “OK”, pastikan sekali lagi kalau data yang ingin Anda hapus sudah benar.
  • Terakhir, masukkan PIN. Begitu PIN sesuai maka data transaksi akan terhapus.

2. Cara Menghapus Mutasi Rekening BCA melalui Internet Banking

Berbeda dengan mobile banking, cara meniadakan bukti mutasi rekening BCA melalui internet banking tidak memerlukan PIN dan terkesan lebih simple.

Lebih jelasnya, berikut tata caranya.

  • Kunjungi internet banking BCA lewat ponsel, laptop, atau PC.
  • Selanjutnya, login internet banking dengan memasukkan user ID dan PIN internet banking Anda.
  • Setelahnya, gulir ke bawah hingga memperoleh opsi “Administrasi”.
  • Klik “Administrasi”. Di menu ini, tersedia banyak pilihan yang mampu Anda manfaatkan. Seperti mengganti PIN, bahasa, alamat surat elektronik, hingga hapus data.
  • Anda mampu meniadakan data dari riwayat transfer, pembayaran, sampai pembelian dari daftar transaksi. Kemudian, pilih salah satu dari data yang ingin Anda hapus. Jika ingin menghapus data uang keluar, klik bab “Transfer”. Kemudian, pilih data dari dana keluar (entah transfer ke sesama bank, antarbank, virtual account, Sakuku, atau pengiriman ke mancanegara (outward remittance)) yang ingin Anda hapus.
  • Kemudian, “Submit” untuk mengonfirmasi peniadaan data.

Apakah Bisa Menghapus Mutasi Rekening BCA?

Mutasi dan riwayat transaksi yaitu dua hal yang berlawanan. Dalam mutasi rekening, Anda mampu menyaksikan transaksi apa saja yang telah Anda kerjakan. Mulai dari duit masuk, duit keluar, pembelian, sampai pembayaran.

Sedangkan riwayat transaksi yaitu detail transaksi. Seperti transaksi uang masuk dari siapa, berapa jumlahnya, dan data lain.

Nah, dari dua cara di atas, Anda dapat menghapus riwayat transaksi. Namun, tidak mampu menghapus data mutasi yang tersimpan di metode perbankan. Hal ini juga tidak mampu dilakukan di akomodasi mana pun. Baik ATM, mobile banking, SIM toolkit, atau internet banking.

Mengapa tidak bisa dihapus?

Karena data mutasi akan bank gunakan sebagai bukti transaksi apa saja yang telah nasabah kerjakan. Nantinya, data mutasi juga bisa nasabah minta kalau membutuhkan data tersebut dalam bentuk printout atau digital sebagai laporan atau jurnal keuangan.

Makara, meski Anda sudah menghapus data transaksi dari daftar, begitu Anda mengunduh pembukuan keuangan, data transaksi tersebut tetap tercantum dalam mutasi.

Sebagai contoh, berikut gambar dari teladan mutasi rekening BCA.

Bagaimana, sudah terperinci bagaimana cara meniadakan mutasi rekening BCA? Intinya, tindakan peniadaan ini tidak direkomendasikan. Sebab, data mampu terhapus dan tidak dapat kembali. Makara, jika Anda memerlukan data tersebut, Anda perlu ke bank dan meminta salinan mutasi berbentuk digital (csv, html, pdf) atau cetak rekening koran.

Artikel Menarik Lainnya:

Cara Download Video Youtube Di Hp

Cara Download Video Youtube Di Hp

June 26, 2024
2 min 1 sec read
Biografi Benazir Bhutto

Biografi Benazir Bhutto

March 10, 2010
2 min 34 sec read
Cara Pembagian Bersusun Ratusan

Cara Pembagian Bersusun Ratusan

September 10, 2024
2 min 21 sec read
Cara Membuat Room Free Fire Dan Mengaturnya

Cara Membuat Room Free Fire Dan Mengaturnya

March 28, 2024
2 min 9 sec read
18 Cara Top Up Jenius Melalui Bank Bni Modern 2024

18 Cara Top Up Jenius Melalui Bank Bni Modern 2024

June 14, 2024
1 min 42 sec read