TintaTeras

Sekurang-KurangnyaSaldo Mengendap Mampu Berdiri Diatas Kaki Sendiri Sesuai Jenis Simpanan

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram

Besaran saldo mengendap Mandiri perlu untuk Anda pahami, khususnya jika Anda ingin menabung di bank tersebut. Pasalnya, jumlah tersebut tidak masuk dalam saldo aktif di simpanan Anda sehingga tidak mampu Anda ambil atau tarik tunai. 

Mengetahui jumlah saldo ini penting alasannya akan membantu Anda memperkirakan jumlah simpanan yang dapat Anda tarik atau transaksikan. Itulah sebabnya Anda perlu mengetahui saldo mengendap Mandiri berapa, agar mampu tetap menyisihkan jumlah tersebut di tabungan Mandiri Anda. 

Yang mesti Anda tahu, limit saldo ATM Mandiri untuk setiap jenis simpanan bisa berlainan. Nah, yuk, cari tahu di sini!

Apa Itu Saldo Mengendap?

Mengenal Apa Itu Saldo Mengendap

Saldo mengendap adalah sejumlah dana yang besarnya sesuai dengan ketentuan pihak bank dengan tujuan sebagai pengaman supaya rekening nasabah tidak kosong. Makara, saldo ini tidak mampu Anda tarik alasannya adalah harus tetap ada di rekening Anda. 

Bank mengeluarkan kebijakan ini semoga dana yang ada mampu mereka pakai untuk menutup ongkos operasional rutin atau overhead cost saat mengelola simpanan nasabah.

Overhead cost sendiri mampu bermacam-macam, misalnya biaya sewa, biaya umum dan administrasi, biaya peralatan kantor, biaya penyusutan aset, dan lain sebagainya. Intinya, saldo mengendap akan dipakai oleh bank untuk menutup ongkos operasional kalau nasabah menutup rekeningnya.

Baca Juga: Besaran Saldo Minimal Mandiri yang Setiap Jenis Tabungan

Minimal Saldo Mengendap Mandiri Sesuai Jenis Tabungannya

Setiap Tabungan Memiliki Aturan Saldo Mengendap Mandiri Sendiri

Bank Mandiri yaitu salah satu bank ternama dengan berbagai produk simpanan, baik untuk nasabah perorangan maupun perusahaan/ bisnis. Saldo mengendap simpanan Bank Mandiri pada masing-masing tabungan bisa berlainan, sehingga Anda perlu mengenali jumlahnya.

Berikut10 jenis simpanan Bank Mandiri dan saldo minimal yang mesti diendapkan.

1. Tabungan Rupiah

Jenis ini memberi banyak akomodasi bagi nasabahnya sebab mereka mampu bertransaksi dan melakukan pembayaran rutin bulanan dengan tabungan ini. Setoran awal Tabungan Rupiah sebesar Rp500.000 sedangkan saldo mengendapnya sebesar Rp100.000. 

Jika Anda tidak menyanggupi saldo minimum tersebut, maka akan kena ongkos Rp5.000 per bulan untuk penalti saldo pasif.

2. Tabungan Now

Tabungan yang satu ini paling pas untuk zaman now karena memberi fasilitas akses bagi nasabahnya lewat smartphone mereka. Tabungan ini memiliki keunggulan tersendiri alasannya nasabah tidak perlu mendatangi cabang bank terdekat, namun cukup memakai ponsel mereka untuk membuka tabungan. 

Setoran awal sebesar Rp.50.000, sementara saldo mengendap Mandiri Livin untuk jenis simpanan ini ialah sebesar Rp10.000.

3. Tabungan Valas (Valuta Asing)

Jika Anda ingin menabung dalam kurs valuta aneh, maka Anda mampu memilih produk dari Bank Mandiri yang satu ini. Silakan pastikan sendiri jenis mata uang yang ingin Anda tabungkan, contohnya dalam bentuk dolar US dan Singapura, Yen, Euro, Franc Swiss, dan lainnya. Jika saldo Anda di bawah minimum, maka akan ada ongkos penalti dari pihak bank.

Berikut setoran permulaan dan saldo minimum dari simpanan Valas Mandiri:

Jenis Mata Uang Saldo Mengendap
USD (US Dollar) USD 100
AUD (Australian Dollar) AUD 100
EUR (Euro) EUR 100
SGD (Singapore Dollars) SGD 200
HKD (Hongkong Dollar) HKD 500
JPY (Japanese Yen) JPY 10.000
CHF (Swiss Franc) CHF 100
GBP (Great Britain Pound Sterling) GBP 100

 

4. Tabungan Payroll – Individu

Untuk memfasilitasi para nasabah agar mudah melaksanakan pembayaran payroll (honor), maka Bank Mandiri memfasilitasinya dengan Tabungan Payroll. Besaran saldo minimum untuk tabungan ini Rp10.000, namun Anda akan dikenakan penalti sebesar Rp5.000 kalau rekening Anda pasif.

5. TabunganKu

TabunganKu dapat menjadi alternatif pilihan bagi Anda sebab ada banyak sekali akomodasi yang ditawarkan. Anda cuma perlu melaksanakan setoran permulaan sebesar Rp20.000 semoga mendapat kartu dan buku tabungan yang menjadi bukti kepemilikan rekening. 

Penetapan saldo minimumnya hanya sebesar Rp20.000. Namun, saat rekening Anda pasif (tidak ada transaksi dan saldo kurang dari nominal minimum), maka tata cara akan menutup rekening secara otomatis.

6. Tabungan TKI

Jenis simpanan ini spesial alasannya hanya khusus bagi para pekerja migran yang ingin menabung dalam kurs rupiah. Proses pembuatan rekening relatif mudah sebab dapat Anda lakukan di semua cabang bank Mandiri, baik di dalam maupun di mancanegara. 

Setoran permulaan untuk Tabungan TKI sebesar Rp10.000, sama dengan jumlah saldo mengendap Bank Mandiri Tabungan TKI ini. Pihak bank akan mengenakan ongkos administrasi bulanan sebesar Rp2.500 sesudah tahun kedua kepemilikan rekening.

7. Tabungan Simpanan Pelajar (SimPel)

Tabungan yang satu ini khusus untuk seluruh pelajar Indonesia karena ialah edukasi untuk membudayakan menabung sedini mungkin. Tabungan SimPel mempunyai kriteria yang mudah tetapi menunjukkan fitur yang mempesona. 

Setoran permulaan Simpanan Pelajar sebesar Rp5.000, demikian juga dengan saldo mengendap yang harus dimiliki setiap nasabah. 

8. Tabungan SiMakmur – Laku Pandai

Tabungan ini tidak memutuskan jumlah saldo mengendap, namun ada batas maksimum jumlah saldo di rekening nasabah, ialah sebesar Rp20.000.000. Bank juga tidak mengenakan ongkos administrasi bulanan untuk jenis tabungan ini. 

Kelebihan dari Tabungan SiMakmur adalah nasabah tidak perlu datang ke kantor cabang untuk melakukan transaksi sebab mampu mereka lakukan di Mandiri distributor terdekat.

9. TabunganMU (Mitra Usaha)

Jika Anda ingin meraih peluangbisnis yang maksimal, maka Anda mampu memanfaatkan TabunganMU dari Bank Mandiri ini. Setoran permulaan untuk produk ini rendah alasannya cuma sebesar Rp50.000 saja. Saldo minimumnya Rp1.000.000 di setiap selesai bulan, tanpa aksesori ongkos manajemen bulanan.

10. Tabungan BSM

Tabungan perorangan yang satu ini mempunyai tolok ukur mudah sehingga dapat Anda pertimbangkan. Selain itu, simpanan ini menunjukkan setoran permulaan yang relatif rendah yakni sebesar Rp80.000,00 sehingga memudahkan nasabah dari kelompok menengah ke bawah. 

Saldo mengendap di ATM Bank Mandiri untuk simpanan BSM ialah sebesar Rp50.000, sedangkan untuk tabungan tanpa ATM sebesar Rp20.000.

Sebelum menabung, tentukan bahwa Anda mempelajari dulu banyak sekali opsi jenis simpanan agar mampu memilih yang paling tepat sesuai dengan kebutuhan dan tujuan menabung Anda. Selain itu, identifikasi juga besaran saldo mengendap sehingga tidak mengganggu saldo aktif yang Anda miliki.

Semoga info mengenai saldo mengendap Mandiri di atas berfaedah untuk Anda. Selamat menabung!

Artikel Menarik Lainnya:

123 Nomor Apa? Simak Penjelasan Lengkapnya

123 Nomor Apa? Simak Penjelasan Lengkapnya

March 22, 2024
3 min 44 sec read
Cara Screenshots Panjang Xiaomi

Cara Screenshots Panjang Xiaomi

April 14, 2024
3 min 1 sec read
Cara Hack Wifi

Cara Hack Wifi

June 20, 2024
2 min 47 sec read