TintaTeras

Mengenal Apa Itu Camping, Tujuan, Dan Keuntungannya

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram

Merasa suntuk dengan rutinitas yang begitu-begitu saja? Sudah saatnya mengemas carrier bag kau demi merasakan sensasi apa itu camping, sob!

Camping atau berkemah ialah salah satu cara asyik untuk healing setelah lewat kegiatan yang melelahkan. Lantas, mirip apa sih keseruan melaksanakan camping? Simak ulasan berikut ini, ya. 

Apa Itu Camping?

Camping adalah sebuah aktivitas luar ruangan (outdoor) yang lebih banyak dikerjakan di alam terbuka seperti di taman, hutan, pantai, dan gunung.

Berdasarkan Oxford Dictionary, perumpamaan camping berarti ‘living in a tent on holiday’ yang kalau diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia ialah tinggal di dalam tenda pada saat liburan.

Dengan tujuan rekreasi, aktivitas ini dikerjakan dengan cara membangun sebuah tenda sebagai pengganti rumah yang bangun di area terbuka dengan permukaan tanah yang rata.

Selain itu, daerah camping secara biasa telah disediakan oleh pemerintah setempat yang dikenal dengan istilah bumi perkemahan (campsite). 

Bumi perkemahan yakni sebuah area yang telah dipersiapkan sebelumnya untuk acara camping. Area ini lazimnya terletak di pegunungan atau ada juga yang di pesisir pantai. 

Dengan demikian, bagi kamu yang bermaksud camping tidak butuhlagi memusingkan lokasi perkemahan sehingga mampu melakukan kegiatan outdoor dengan lebih mudah dan nyaman.

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Glamping di Bogor, Pilihan Terbaik

Tujuan Camping

Bagi sebagian khalayak, camping ialah kegiatan yang melelahkan. Tetapi perlu kamu ketahui, ternyata kegiatan ini memiliki nilai-nilai yang bertujuan untuk membentuk abjad seseorang, seperti:

1. Menyatu dengan Alam

Saat camping, kamu akan lebih menyatu dengan alam, bertemu satwa liar, sampai  berada di antara hamparan pohon yang tinggi menjulang. Dengan suasana semacam itu, kamu pasti lebih menghargai alam dengan tetap menjaga kelestarian lingkungannya.

2. Membangun Kebersamaan

Salah satu aspek paling penting dari kegiatan camping adalah bagaimana membantu kamu membangun dan memperkuat relasi dengan sesama.

Misalnya dikala bareng teman atau keluarga, kamu akan mempunyai potensi untuk bonding dengan melaksanakan hal-hal yang sederhana seperti mendirikan tenda, mengolah makanan, hingga berbincang-bincang di sekitar api unggun sembari bercerita.

3. Meningkatkan Kemampuan Problem Solving

Pemecahan persoalan atau problem solving kau akan terasah dengan mengikuti aktivitas camping. Terutama masalah yang belum pernah kamu jumpai sebelumnya.

Sebab apapun bisa terjadi di alam bebas, entah itu cuaca yang datang-tiba berubah seketika atau saat hiking menyusuri jalur terjal. Semua hal tersebut harus kamu temukan jalan keluarnya supaya bisa bertahan hidup.

4. Melatih Kebugaran

Tanpa kamu sadari, aktivitas mirip mendaki gunung, mendirikan tenda, dan mencari kayu bakar untuk api unggun justru dapat melatih kebugaran badan kamu, lho. Kebugaran yang prima pastinya suatu kewajiban demi mempertahankan kesehatan fisik dan mental.

5. Mengajarkan Keterampilan Baru

Kamu mungkin akan memperoleh keahlian baru setelah menjalani acara camping.

Studi dari University of Texas dan University of Michigan memberikan bahwa pengalaman baru dapat menolong merangsang kesanggupan fisik dan intelektual sehingga anggun untuk kesehatan otak. 

Misalnya, bagaimana cara mendirikan tenda, mengikat tali simpul, menyalakan api unggun, mengolah makanan makanan dengan bahan yang ada, dan masih banyak lagi.

6. Menumbuhkan Rasa Percaya Diri

Bagi belum dewasa, aktivitas camping dapat membentuk huruf menjadi lebih yakin diri dengan kemampuan mereka sendiri.

Hal tersebut memungkinkan mereka untuk berguru kemandirian di lingkungan yang aman dan terkendali. Anak-anak menjadi lebih yakin diri saat mereka mempelajari hal-hal gres dan mendapatkan pengalaman pertama kalinya.

7.Sarana Edukasi

Sebagai sarana edukasi, camping menjadi salah satu alasan mengapa program kepramukaan sungguh berguna.

Program tersebut memfasilitasi pengalaman berkemah yang dirancang untuk belum dewasa demi mempelajari hal-hal yang baru, termasuk memancing, memasak, mendaki gunung, mengikat simpul, menyalakan api, perlindungan pertama, dan lain sebagainya.

Manfaat Camping

Aktivitas camping ternyata memiliki banyak faedah bagi semua golongan, baik renta maupun muda. Terlebih, dampaknya begitu signifikan kepada kesehatan kita.

1. Mengurangi Stres

Aktivitas camping menciptakan kau pasti jauh dari situasi keramaian kota serta cuma terikat dengan keindahan alam.

Tak ayal, aktivitas ini sangat bagus untuk meminimalisir stres lantaran kamu akan meninggalkan beban asumsi sejenak yang ada dalam kehidupan sehari-hari, entah itu persoalan rumah tangga maupun pekerjaan.

2. Lebih Fokus dan Rileks

Camping adalah peluang besar bagi semua orang untuk melepaskan diri dari layar gadget mereka. 

Di alam bebas, kau tidak akan mendapatkan komputer, tablet, televisi, dan serta perangkat elektronik lainnya sehingga hal tersebut dapat membuat kamu lebih rileks alasannya lebih fokus ke lingkungan sekitar.

Menurut Jon Kabat-Zinn, pendiri the Mindfulness-Based Stress Reduction Program, yakin bahwa dengan mematikan gadget dan menyatu dengan alam ialah salah satu cara termudah untuk menerima faedah kesehatan dari meditasi.

3. Lebih Banyak Terpapar Sinar Matahari

Sinar matahari memainkan peran penting untuk kesehatan alasannya adalah menghasilkan jumlah vitamin D harian. Sebab vitamin D dapat membantu absorpsi kalsium dan fosfor demi perkembangan dan kemajuan tulang dan gigi.

Nah, acara camping adalah cara yang cantik untuk menerima takaran alami vitamin D yang sehat, serta meningkatkan kekebalan badan dan peremajaan kulit.

4. Lebih Banyak Menghirup Udara Segar

Bukan belakang layar lagi bahwa menghirup udara segar sangat bagus untuk kesehatan paru-paru. Kamu mungkin tidak menyadari betapa langkanya udara segar dalam kehidupan sehari-hari.

Penelitian menawarkan bahwa menghabiskan waktu di luar ruangan mampu meningkatkan tekanan darah, memperbaiki pencernaan, dan mengembangkan sistem kekebalan badan. 

Dengan melakukan kegiatan camping, kau akan mendapatkan kesegaran aroma alam bebas yang mengagumkan, sekaligus aroma makan malam yang dimasak diatas api unggun. 

5. Meningkatkan Kualitas Tidur

Meski tidak senyaman kasur di rumah, nyatanya kau mampu memajukan mutu tidur dengan hanya pergi camping.

Berdasarkan riset dari University of Colorado Boulder pada 2017 menemukan bahwa camping dapat mengendalikan ulang jam biologis orang sehingga menjadikannya dapat bangkit di pagi hari.

6. Mood Lebih Bahagia

Keterikatan dengan orang-orang yang kau cintai tentunya akan menciptakan mood lebih senang. Apalagi saat menghabiskan waktu bersama dengan kegiatan camping.

Rasa senang tersebut dihasilkan dari serotonin, zat kimia yang berasal dari tubuh. Faktor yang menolong tubuh memproduksi serotonin lebih banyak ialah dari sinar matahari, oksigen, dan kenaikan aktivitas fisik yang mana mampu kamu dapatkan semua dengan pergi camping.

7. Asupan Lebih Sehat

Biasanya asupan makanan selama camping cenderung lebih sehat karena pribadi dari alam. Jika kau gemar memancing, kemungkinan besar kau akan mengonsumsi makanan tanpa bahan pengawet, seperti ikan segar hasil tangkapan di danau.

BACA JUGA: 4 Rekomendasi Tempat Camping di Jogja yang Keren Abis!

Tertarik Pergi Camping?

Mau healing tapi budget kamu terbatas? Tenang, camping menjadi salah satu alternatif opsi guna mengisi waktu piknik kamu. Apalagi secara perkiraan kemudahan, kegiatan ini justru relatif lebih hemat biaya daripada kamu mesti bermalam di hotel atau penginapan yang lain. Setelah mengetahui apa itu camping, apakah kau terpesona menjajal ?

Artikel Menarik Lainnya:

Cara Membuat Gulali

Cara Membuat Gulali

September 8, 2024
2 min 6 sec read
Biografi Grup Band Slank

Biografi Grup Band Slank

November 6, 2009
3 min 30 sec read
Honor Pt Excelitas Batam Untuk Semua Posisi Terbaru

Honor Pt Excelitas Batam Untuk Semua Posisi Terbaru

March 24, 2024
2 min 40 sec read
Generic Structure Of Narrative Text

Generic Structure Of Narrative Text

August 24, 2024
2 min 17 sec read
Biografi Indra Bekti

Biografi Indra Bekti

February 24, 2012
3 min 10 sec read