TintaTeras

16 Daerah Camping Di Bogor Untuk Kamu Dan Keluarga

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram

Ada banyak cara untuk mengisi waktu liburan. Jika kamu bosan mengunjungi kawasan rekreasi yang itu-itu saja, maka camping mungkin mampu menjadi pilihan. Salah satu destinasi yang bisa kau tuju misalnya adalah tempat camping di Bogor.

Dengan situasi khas dataran tinggi, Bogor memang mampu menjadi pilihan camping yang menarik. Selain mampu lepas dari kegiatan rutin perkotaan, kamu juga mampu mencicipi sensasi menghirup udara yang lebih segar.

Rekomendasi Tempat Camping di Bogor

Mengisi piknik dengan camping memang menjadi salah satu alternatif yang cukup menawan. Untuk orang cukup umur, ini ialah cara untuk sejenak refreshing dan menikmati alam. Sementara untuk bawah umur, ini ialah salah satu cara berlibur sambil berguru yang cukup mengasyikkan.

Tempat camping sendiri ketika ini mulai banyak, salah satunya ada di Bogor. Untuk kau yang tinggal di Jakarta, tentu saja ini ialah alternatif liburan yang cukup mempesona alasannya jaraknya juga tidak terlampau jauh.

Berikut adalah beberapa saran daerah camping di Bogor yang mampu menjadi pilihan kamu dan keluarga.

1. D’Jungle Private Camp

highlandcamp.co.id

Rekomendasi pertama untuk tempat camping di Bogor yakni D’Jungle Private Camp. Terletak di tempat Megamendung, ini merupakan daerah yang sempurna jika kau mencari udara yang sejuk dan segar.

Tempat camping ini sendiri terletak di ketinggian 1000 meter di atas permukaan bahari. Selain mampu menikmati udara yang segar, kamu juga akan disajikan oleh pemandangan yang sungguh memanjakan mata.

Fasilitas di tempat ini juga terbilang lengkap, salah satunya yakni kamar mandi yang sudah dilengkapi dengan air hangat. Selain untuk berkemah, kamu juga mampu melaksanakan hiking di Curug Kembar. Jika tiba bersama keluarga ataupun teman, maka kau juga mampu berkumpul dan menghangatkan diri dengan api unggun.

2. Kampoeng Awan

highlandcamp.co.id

Masih berada di daerah Megamendung, anjuran lainnya untuk tempat camping yang mempesona yakni Kampoeng Awan. Tempat ini mempunyai lapangan terbuka yang mampu kamu pakai untuk berkemah.

Selain sebagai daerah kemah, Kampoeng Awan juga ialah cagar alam untuk hutan yang ada di sekitarnya. Di daerah ini, kau juga bisa menyaksikan panorama yang sungguh memanjakan mata.

Hal mempesona lainnya, di malam hari kau juga akan dimanjakan dengan panorama malam dari Kab Bogor. Di pagi hari, kamu juga mampu melihat matahari terbit yang mulai timbul dari Gunung Salak.

Fasilitas yang ada di kawasan ini juga terbilang cukup lengkap, Di kawasan ini telah tersedia kamar mandi, aula yang bisa kau gunakan untuk konferensi, pasokan listrik, dan juga beberapa akomodasi pendukung yang lain.

3. Bukit Alesano

sikidang.com

Tempat camping di Bogor yang lain ialah Bukit Alesano. Di daerah ini kamu bisa mendapatkan nuansa yang masih segar dan juga alami. Tempat ini juga populer dengan pemandangan di malam hari yang sangat indah.

Lokasinya sendiri berada di tempat Cipelang, Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor. Lokasinya masing sungguh gampang untuk dijangkau. Ini merupakan anjuran tempat yang sempurna untuk kau bisa menetralisir penat.

Awalnya tempat ini hanya tanah lapang lazimyang bisa kamu pakai untuk kemah. Namun seiring dengan banyaknya pengunjung yang tiba, saat ini fasilitas di kawasan tersebut juga sudah mulai lengkap.

Di daerah ini telah tersedia toilet dan juga tempat ibadah. Selain itu, di tempat sekitar juga telah terdapat warung. Bahkan, jika kamu tidak menenteng peralatan kemah, kau juga bisa menyewa di sekitar daerah ini dengan harga yang beragam.

4. Griya Sawah Lega

griyasawahlegaofficial.com

Jika Anda ingin mencari situasi camping yang cukup beda, maka Griya Sawah Lega ialah pilihan yang tepat. Sesuai namanya maka daerah ini memberikan suasana persawahan yang cukup menawan.

Lokasinya sungguh asri dan pastinya menjadi salah satu daerah yang tepat untuk mampu menetralisir penat. Jika ingin mendatangi kawasan ini, maka kamu juga tidak perlu menjinjing banyak perlengkapan untuk camping.

Tempat ini telah menawarkan tenda, lengkap dengan matras ataupun sleeping bag di dalamnya. Selain untuk camping, di tempat ini juga tersedia arena untuk outbound yang bisa kamu gunakan.

5. Gunung Mas

sikidang.com

Terletak di Jalan Raya Puncak Gadog, salah satu rekomendasi kawasan camping di Bogor lainnya ialah Gunung Mas. Tempat ini sendiri merupakan lokasi agrowisata yang terletak pada ketinggian 800 sampai dengan 1200 mdpl.

Di daerah ini, kamu akan mendapatkan udara yang sangat sejuk. Tempat camping ini juga cocok untuk lokasi family gathering sampai family camping. Selain untuk camping, di tempat ini juga tersedia kebun teh yang cukup luas dan mampu kamu nikmati keindahannya.

Selain bisa menyaksikan pemandangan kebun teh yang sangat luas, kau juga mampu melihat pembuatan teh di pabrik yang ada di sana. 

6. Eagle Hill

adventure-galaxy.com

Pilihan yang lain untuk daerah camping di Bogor yang mempesona yaitu Eagle Hill. Lokasi Eagle Hill berada di kawasan Al Barokah, Megamendung, Bogor. Tempat camping ini sendiri berada pada ketinggian 1000 mdpl dan mempunyai luas sekitar 12 hektar.

Salah satu keunggulan dari daerah ini yakni aksesnya yang sangat gampang. Lokasinya cukup strategis, cuma sekitar 40 menit perjalanan dari Tol Ciawi. Di kawasan ini juga tersedia 7 pilihan camping ground yang mampu kamu pilih.

Fasilitas penunjang di kawasan ini juga terbilang lengkap, mulai dari toilet sampai dengan aula yang memiliki kapasitas 200 atau 300 orang. Selain camping, di tempat ini juga ada banyak aktivitas lain yang mampu kau kerjakan mulai dari river journey, jungle adventure, hingga dengan menyaksikan panorama di sekitar air terjun.

7. Gunung Bunder

travelspromo.com

Lokasi di kawasan Bogor yang lain yang juga bisa menjadi opsi kamu untuk camping yakni Gunung Bunder. Lokasi camping ini terletak di tempat Taman Nasional Gunung Halimun – Salak. Di kawasan ini juga bahu-membahu ada banyak lokasi yang bisa dijadikan selaku titik kemah.

Lokasi daerah camping Gunung Bunder ini sendiri berada di sekitar Curug Cihurang. Salah satu pesona dari daerah camping ini yaitu situasi jeram yang sungguh asri.

Selain untuk camping, di tempat ini juga kau mampu melaksanakan beberapa aktivitas lain seperti hiking. Selain itu, di daerah ini juga ialah salah satu lokasi yang tepat untuk berburu sunrise.

8. Gunung Pancar

nativeindonesia.com

Berada di tempat Sentul, opsi yang lain untuk kawasan camping di Bogor ialah Gunung Pancar. Salah satu keunggulan di kawasan ini ialah susukan yang sungguh gampang.

Tempat ini juga ialah opsi yang sempurna untuk kamu yang belum pernah camping sama sekali. Lokasi ini sungguh mampu kamu pakai untuk mengadakan program gathering atau outing. Selain itu, fasilitas di daerah ini juga terbilang lengkap.

Tempat camping ini sendiri berlokasi di tengah hutan pinus serta menunjukkan suasana yang cukup asri dan nyaman untuk kemah. Beberapa acara yang lain yang juga mampu kau lakukan di daerah ini antara lain bersepeda berkuda, tracking, hingga hiking. 

Perlu kamu pahami, Gunung Pancar ini juga bisa menjadi salah satu kawasan glamping di Bogor yang cukup nyaman.

9. Camping Ground Sukamantri

/highlandcamp.co.id

Terletak di Kawasan Taman Nasional Gunung Halimun – Salak, saran lainnya untuk tempat camping di Bogor yakni Camping Ground Sukamantri. Keunggulan dari tempat ini yaitu situasi yang asri dan juga panorama yang fantastis.

Tempat camping ini berada di tengah hutan pinus, sehingga pemandangan di sana juga akan lebih indah saat malam hari. 

Selain untuk camping, ada beberapa aktivitas yang lain yang juga bisa kau kerjakan di kawasan ini. Kamu mampu melaksanakan susur hutan, mandi dengan air pegunungan, dan lainnya. Di malam hari, kamu juga mampu berkumpul mengelilingi api unggun. Di pagi hari, kamu juga bisa mencicipi sinar matahari pagi yang cukup menyegarkan.

10. Pesona Highland Camp

highlandcamp.co.id

Tempat camping di Bogor yang cukup menarik lainnya yaitu Pesona Highland Camp. Tempat ini sendiri mulai beroperasi sejak tahun 2009 dan menjadi salah satu daerah favorit untuk kemah hingga ketika ini.

Salah satu hal yang menawan dari kawasan ini ialah panorama yang indah hasil dari lanskap alam yang memiliki contoh cukup indah. Daerah ini sendiri terletak antara hutan dan juga pegunungan.

Tempat ini juga merupakan pilihan yang tepat untuk gathering, outing, ataupun rekreasi kemah yang lain. Letaknya berada di kawasan Megamendung dengan ketinggian antara 900 sampai 1100 mdpl.

11. Panorama Pangrango Camp

getlost.id

Terletak di kawasan Cipendawa, Megamendung, anjuran lainnya untuk kawasan kemah di Bogor yakni Panorama Pangrango Camp. Tempat ini merupakan lokasi kemah yang memiliki banyak kemudahan penunjang dan cukup mempesona.

Di tempat ini kau mampu mendapatkan beberapa fasilitas seperti daerah selfie, taman bermain, instalasi permainan di ketinggian, dan lain sebagainya. Keindahan lainnya dari tempat ini ialah panorama hutan dan perbukitan yang cukup asri,,

Fasilitas terpenting yang juga ada di tempat ini yaitu toilet yang cukup banyak dan juga tersebar dengan rata. Selanjutnya, di sana juga ada aula yang luas, bungalow dengan kapasitas 3 ruangan, dan beberapa arena permainan yang lain.

12. Gayatri Camp Puncak

rumah.com

Tempat camping di Bogor yang lain yakni Gayatri Camp Puncak. Letaknya berada pada ketinggian 900 sampai 1200 mdpl, dan berada di Kecamatan Cisarua memiliki batas eksklusif dengan hutan Gunung Gede Pangrango.

Akses menuju kawasan ini hanya mampu dilalui oleh mobil Jeep ataupun mobil four wheel drive. Jika kau tidak mempunyai kendaraan tersebut, maka kau perlu berkumpul di checkpoint Jalan Raya Puncak untuk selanjutnya dijemput menggunakan unit kendaraan beroda empat offroad.

Dari checkpoint menuju daerah kemah akan menyantap waktu sekitar 45 menit. Kamu akan melewati jalanan aspal, kemudian jalanan berbatu, dan terakhir melintasi jalanan tanah.

13. Taman Alam Matahari Camp Puncak

tamanmatahari.com

Mulai beroperasi sejak 2016, rekomendasi yang lain untuk daerah camping yang menarik adalah Taman Alam Matahari Camp Puncak. Tempat ini sendiri mempunyai luas sekitar 2 hektar. Kawasan ini sendiri merupakan enclave, dan berada dalam Kawasan Perum Perhutani, bersebelahan dengan Highland Camp Curug Panjang. 

Di daerah ini juga, kau mampu melaksanakan banyak aktivitas seperti outbound, jungle tracking, river tracking, dan yang lain. Kamu juga mampu menikmati segarnya air dari beberapa curug yang ada di sini.

14. Camp D’THaNaSha Puncak

dthanasha21.blogspot.com

Bagi yang ingin mencari lokasi camping dengan suasana villa, maka Camp D’ThaNaSha Puncak ialah pilihan yang tepat. Berada di tempat Megamendung, tempat ini bisa menawarkan fasilitas untuk acara dengan skala besar.

Di daerah tersebut terdapat 2 villa. Selain itu, di sini juga terdapat 25 unit tenda dengan akomodasi penunjang yang sungguh lengkap mulai dari toilet, aula terbuka maupun tertutup, lapangan, dan lainnya.

15. Bumi Perkemahan Ciputri

highlandcamp.co.id

Taman Nasional Gunung Halimun – Salak memang memiliki berbagai campsite. Salah satu yang terbaik dan juga mampu menjadi opsi kau yakni Bumi Perkemahan Ciputri.

Terletak di tengah hutan pinus, daerah camping ini memiliki bentuk yang berundak. Salah satu yang menarik dari daerah ini adalah adanya riam di sekeliling kawasan camping.

Tempat ini mampu memuat sampai 400 orang, dan ada banyak kegiatan seru yang bisa kamu kerjakan di campsite ini selain camping, mirip berleha-leha di hutan pinus, bermain air di Curug Ciputri, dan sebagainya.

16. Gunung Geulis Campsite

wisnuwidiarta.com

PIlihan yang lain yang juga mampu kamu pakai untuk camping yakni Gunung Geulis Campsite. Salah satu keunggulan dari tempat ini yaitu fasilitasnya yang sungguh lengkap.

Salah satu fasilitas tersebut yaitu kamar mandi dalam tenda. Hal ini membuat kau bisa camping dengan lebih tenteram, sebab tidak butuhkeluar tenda jika ingin ke kamar mandi di malam hari.

Campsite satu ini berlokasi di Jln Raya Pasir Angin, Pandansari, Kecamatan Ciawi, Bogor. Selain untuk kemah, di kawasan ini juga masih banyak kegiatan lain yang mampu kau lakukan, mulai dari hiking, naik sepeda, rafting, paragliding, sampai memanah.

Mana Tempat Camping Pilihanmu?

Camping dengan keluarga mampu menjadi salah satu cara untuk menguatkan bonding antar anggota keluarga. Selain itu, cara ini juga mampu menjadi cara alternatif untuk mengisi piknik.Ada banyak pilihan menawan daerah camping di Bogor yang bisa kamu jadikan pilihan. Beberapa campsite tersebut juga mempunyai fasilitas yang sungguh lengkap. Bahkan, jikalau kamu tidak memiliki peralatan camping, beberapa campsite tersebut juga menawarkan kemudahan penyewaan alat camping yang cukup lengkap.

Artikel Menarik Lainnya: