TintaTeras

Sudah Bayar Bpjs Tetapi Belum Aktif? Ini 13 Penyebab Dan Solusinya !

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram

TintaTeras – Salah satu penyebab sudah bayar BPJS tetapi belum aktif juga ialah sebab dalam proses validasi pembayaran tagihan terdapat delay atau duduk perkara lain yang mengakibatkan kartu menjadi Non-aktif.

Status kepesertaan BPJS kesehatan ternyata bisa dinonaktifkan ketika-waktu sebab aneka macam argumentasi. Salah satu penyebab status peserta BPJS tidak aktif, biasanya alasannya adalah penerima telat membayar iuran.

Sebenarnya, status kepesertaan BPJS itu akan terus aktif selama peserta rutin membayar iuran BPJS secara sempurna waktu. Namun kerap kali ada saja kendala yang menyebabkan kartu BPJS menjadi tidak aktif meskipun tetap rutin dibayar.

Penyebab Status Peserta BPJS Tidak Aktif

Perlu kau tahu, sudah dijelaskan dalam buku Panduan Layanan JKN-KIS, jikalau penjaminan peserta akan dinonaktifkan sementara.

Penonaktifan status kepesertaan tersebut mulai tanggal 1 pada bulan berikutnya apabila akseptor menunggak iuran. Nah, semenjak waktu tersebut asuransi kesehatan akan diberhentikan dan kartu BPJS tidak mampu lagi digunakan untuk berobat.

Memiliki kartu BPJS kesehatan memang sangat menolong, khususnya dikala kita menggunakannya untuk berobat. Biaya pengobatan pun mampu gratis karena telah ditanggung oleh BPJS. Akan namun, ada kalanya BPJS kamu dalam status nonaktif. Jika non aktif, bermakna BPJS kau tidak mampu kamu pakai untuk berobat.

Berikut beberapa penyebab status akseptor BPJS tidak aktif :

Peserta Berusia 21 Tahun Atau Lebih

Apabila kau ialah salah satu anggota keluarga yang BPJS masih ditanggung oleh orang renta, baik itu ayah atau ibu anggota BPJS PPU, maka umumnya status kepesertaan akan dinonaktifkan di usia ke 21.

Nah itu artinya, kau harus sudah memiliki kartu penerima berdikari. Meski demikian, tidak semua anak yang usianya 21 langsung atau lebih dari usia tersebut akan di non aktifkan BPJS nya.

Apabila ketika itu kau masih menempuh pendidikan, maka BPJS masih menjadi tanggungan orang tua hingga usia kamu mencapai 25 tahun.

Tidak Membayar Tagihan BPJS

Alasan lain yang menyebabkan status peserta BPJS tidak aktif yang terakhir disebabkan sebab penerima tidak mengeluarkan uang tagihan BPJS sehingga kepesertaan anggota dinonaktifkan.

Jka kau tidak membayar premi BPJS Kesehatan sesuai dengan acara pembayaran yang diputuskan, kartu BPJS mampu menjadi tidak aktif. Dengan kata lain, kamu mungkin kehilangan hak jalan masuk ke manfaat kesehatan yang ditawarkan oleh program ini.

Dinilai Mampu Membayar Iuran

Penyebab BPJS non aktif selanjutnya yaitu sebab penerima telah dinilai bisa membayar iuran. Pada biasanya hal ini terjadi pada anggota BPJS Kesehatan PBI atau Penerima Bantuan Iuran.

Kaprikornus, jika status kepesertaan BPJS kamu datang-tiba nonaktif, maka kau mampu pribadi memeriksa data BPJS Kesehatan Langsung.

Sebab, bisa saja status keanggotaan kamu mampu saja telah tidak aktif alasannya sudah tidak terdaftar di Kementerian Sosial untuk menerima santunan dari pemerintah.

Pihak pemerintah juga menilai bila kau sudah bisa membayar iuran sendiri. Kaprikornus, layanan tersebut dilarang.

Peserta Tidak Ditanggung Perusahaan BPJS

Dalam beberapa kasus, ada sebagian peserta yang dikeluarkan dari perusahaan penanggung BPJS kawasan akseptor bekerja. Penyebabnya beragam, mulai dari berhenti melakukan pekerjaan , undangan akseptor atau dikeluarkan secara sepihak oleh pihak perusahaan.

Karena peserta tidak lagi ditanggung oleh perusahaan penyelenggara BPJS, maka akseptor akan bertanggung jawab untuk membayar seluruh premi BPJS Kesehatan mereka sendiri tanpa donasi atau pinjaman keuangan dari perusahaan.

Peserta Menonaktifkan Kartu BPJS

Setelah BPJS Kesehatan dinonaktifkan oleh akseptor maka penerima akan kehilangan hak akses ke faedah kesehatan yang disediakan oleh acara ini.

Selain itu kartu BPJS juga tidak akan aktif sehingga akseptor mesti mengeluarkan uang secara langsung untuk perawatan medis dan pengobatan bila mereka membutuhkannya.

Penyebab Sudah Bayar BPJS Tapi Belum Aktif

Salah satu alasan yang banyak dijumpai pada ketika status penerima BPJS dinonaktifkan yakni karena adanya tunggakan iuran selama sementara waktu.

Seperti yang kita tahu, pada ketika seseorang terlambat atau tidak membayar iuran, maka status kepesertaan BPJS akan dinonaktifkan.

Sudah Bayar BPJS Tapi Belum Aktif
Status BPJS Nonaktif

Namun ada masalah lainnya. Di antaranya kau merasa sudah menuntaskan iuran setiap bulan dan status kepesertaan kau dinonaktifkan.

Berikut beberapa penyebab sudah bayar BPJS tapi belum aktif :

Proses Administrasi Dan Verifikasi Data

Setelah kau mengeluarkan uang BPJS maka berita dan pembayaran harus diproses oleh BPJS. Proses ini mencakup verifikasi data pribadi seperti nomor identitas dan data yang lain.

Kesalahan dalam data atau dilema verifikasi sehingga menimbulkan keterlambatan dalam mengaktifkan status kepesertaan adalah argumentasi kenapa telah bayar BPJS tetapi belum aktif.

Keterlambatan Verifikasi Pembayaran

Meskipun kau telah membayar premi BPJS tetapi pembayaran tersebut mungkin belum diverifikasi atau diproses dengan segera oleh BPJS.

Keterlambatan ini mampu disebabkan oleh volume pembayaran yang tinggi atau duduk perkara teknis di pihak BPJS sehingga menjadikan BPJS belum aktif walaupun sudah bayar.

Kesalahan Dalam Proses Pembayaran

Kesalahan dalam proses pembayaran, seperti pembayaran yang tidak lengkap atau kesalahan dalam nomor referensi pembayaran dapat menimbulkan keterlambatan dalam aktivasi status kepesertaan.

Biasanya kesalahan ini mampu terjadi pada akseptor dalam melakukan pembayaran atau pihak BPJS yang mengalami hambatan teknis dalam memverifikasi pembayaran.

Kehilangan Bukti Pembayaran

BPJS mungkin membutuhkan bukti pembayaran fisik atau digital selaku bagian dari proses verifikasi.

Jika kau kehilangan bukti pembayaran atau tidak mampu menyediakannya ketika diminta umumnya mampu menghambat proses aktivasi status kepesertaan BPJS meskipun telah bayar.

Masalah Sistem atau Teknis

Masalah teknis atau tata cara di pihak BPJS atau forum keuangan yang dipergunakan untuk pembayaran juga dapat menghalangi proses aktivasi.

Masalah teknis ini juga sangat bermacam-macam tergolong gangguan metode atau kesalahan teknis dalam proses pembayaran.

Cara Mengatasi Sudah Bayar BPJS Tapi Belum Aktif

Ketika terjadi hal tersebut pada kau, maka mampu jadi penyebab sudah bayar BPJS namun status belum aktif karena usia kau telah mencapai 21 tahun. Sebab, di usia tersebut lazimnya BPJS akan dinonaktifkan. Terlebih jikalau sebelumnya BPJS masih menjadi tanggungan orang tua.

Jika kamu mengalami hal mirip itu, maka ada beberapa hal yang perlu kamu lakukan :

  • Apabila kau masih tertanggung di dalam sebuah badan usaha dan iuran kamu ditanggung dari gaji, maka kamu mampu menanyakannya pada staf HARI maupun payroll.
  • Apabila kau membayar iuran secara mandiri, maka kamu bisa menilik riwayat transaksi tersebut untuk menganalisa apabila terdapat pembayaran yang mungkin belum kau bayar atau terlewat.

Dengan adanya tata cara penonaktifan ini, maka semestinya mulai sekarang kau tidak menunggak tagihan iuran BPJS lagi.

Cara Cek BPJS Kesehatan Aktif Atau Tidak

Apabila masih ragu dengan status kepesertaan tersebut, maka kau mampu mengecek kartu BPJS Kesehatan kau apakah masih aktif atau tidak melalui WhatsApp.

Berikut cara cek BPJS aktif atau tidak lewat Whatsapp :

  • Pertama kau mampu hubungi Assistant JKN-KIS.
  • Pilihlah pilihan “Cek Status Peserta” dengan membalas dengan angka “1”.
  • Kirimkan NIK atau nomor kartu peserta BPJS Kesehatan.
  • Setelah itu tuliskan tanggal lahir berdasarkan format yang ditentukan.
  • Setelah mengikuti semua tahapan, info kepesertaan BPJS kamu akan ditampilkan.

Cara Mengaktifkan BPJS Kesehatan Yang Tidak Aktif

Setelah mengetahui penyebab telah bayar BPJS tetapi status masih non aktif, sekarang saatnya kamu mengenali bagaimana cara mengaktifkannya.

Nah, saat BPJS kau non aktif, kamu tidak perlu khawatir. Berikut cara mengaktifkan BPJS kesehatan yang tidak aktif :

Menggunakan Mobile JKN

Mobile JKN merupakan aplikasi BPJS Kesehatan yang bisa menimbulkan penggunanya lebih gampang dalam mengakses info BPJS Kesehatan.

Dengan menggunakan aplikasi ini, maka kamu dapat mengaktifkan BPJS Kesehatan yang tidak aktif tanpa perlu mengunjunginya pribadi ke kantor cabang.

Sudah Bayar BPJS Tapi Belum Aktif
Daftar BPJS Lewat JKN

Berikut yaitu cara mengaktifkan BPJS yang sudah nonaktif secara online lewat aplikasi Mobile JKN yang mampu kau terapkan.

  • Pertama kamu harus unduh aplikasi Mobile JKN.
  • Kemudian jangan lupa untuk melaksanakan pendaftaran dan buat akun.
  • Setelah itu lakukan login dengan cara memasukkan nomor KTP, nomor kartu BPJS kesehatan/email.
  • Sesudah kamu masuk ke halaman utama aplikasi kemudian pilih hidangan “Segmen Peserta”. Nantinya kau akan mendapatkan isyarat berupa tindakan aktivasi.
  • Ikuti saja langkahnya hingga proses aktivasi selesai dan status kepesertaan mampu aktif kembali.

Via Whatsapp

Layanan BPJS Kesehatan via WhatsApp banyak disebut dengan layanan Pandawa.

Layanan ini memang telah terintegrasi dengan Chat Asisten JKN yang sering disebut dengan CHIKA. Nah, kau mampu mengaksesnya di nomor WhatsApp 08118750400.

Cara yang perlu kamu kerjakan untuk mengaktifkan BPJS Kesehatan yang telah dinonaktifkan lagi melalui layanan Whatsapp BPJS Kesehatan ialah sebagai berikut :

  • Pertama kamu wajib simpan nomor WhatsApp Pandawa tersebut.
  • Setelah itu kirimkan chat ke nomor tersebut. Setelah direspon, admin akan memperlihatkan berbagai macam layanan.
  • Kamu pilih layanan “Ubah Segmen Peserta”.
  • Setelah itu, pilih domisili provinsi dan kantor cabang menurut daerah tinggal kamu.
  • Isilah formulir pelaporan yang benar dan lengkap.
  • Kamu mampu kirimkan formulir tersebut ke admin.
  • Tunggulah hingga proses aktivasi kartu BPJS Kesehatan tersebut berhasil.

Aktifkan BPJS Via SMS

Tak hanya melalui aplikasi mobile JKN dan layanan Whatsapp, untuk mengaktifkan kembali status BPJS Kesehatan kamu juga bisa melakukannya melalui SMS.

Sudah Bayar BPJS Tapi Belum Aktif
Aktifkan BPJS Lewat SMS

Kamu bisa kirim SMS ke nomor BPJS Kesehatan yakni 0877-7550-0400.

Manfaat Memiliki BPJS Kesehatan

BPJS Kesehatan ketika ini merupakan asuransi kesehatan yang banyak dipakai oleh aneka macam masyarakat. Masyarakat mampu menjadi terbantu dengan adanya kemudahan BPJS ini.

Baca Juga : 13 Aplikasi Bayar Tagihan Tanpa Biaya Admin Paling Murah Bulan Ini

Asuransi kesehatan akan menolong aneka macam macam ongkos pengobatan seseorang yang terdaftar dalam peserta BPJS.

Mulai ongkos semua keperluan ongkos dokter, biaya pengobatan, ongkos rawat inap, hingga untuk langkah-langkah operasi. Jika tidak terdaftar BPJS, kita akan mengeluarkan biaya yang sangat mahal.

Baca Juga : 13 Aplikasi Bayar BPJS Tanpa Admin Untuk Kesehatan Dan Ketenagakerjaan

Asuransi penting sekali sebagai pemberian diri kita. Sebab, kita tidak pernah tahu kapan penyakit akan datang pada diri kita.

Maka dari itu, ada baiknya kalau mempersiapkan BPJS sebagai benteng jika sewaktu-waktu mengalami sakit. Demikianlah ulasan perihal aneka macam macam penyebab telah bayar BPJS namun status masih belum aktif dan bagaimana cara mengaktifkannya.

Semoga Bermanfaat !

data-payload='”align”:”left”,”id”:”4436″,”slug”:”default”,”valign”:”bottom”,”ignore”:””,”reference”:”auto”,”class”:””,”count”:”14″,”legendonly”:””,”readonly”:””,”score”:”4.9″,”starsonly”:””,”best”:”5″,”gap”:”4″,”greet”:”Nilai Artikel”,”legend”:”4.9\/5 – (14 votes)”,”size”:”20″,”title”:”Sudah Bayar BPJS Tapi Belum Aktif? Ini 13 Penyebab Dan Solusinya !”,”width”:”115.6″,”_legend”:”score\/best – (count votes)”,”font_factor”:”1.25″‘>

4.9/5 – (14 votes)

Artikel Menarik Lainnya: