TintaTeras

50 Kawasan Rekreasi Di Surabaya Modern & Lagi Hits Dikunjungi!

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram

Jika kau hendak mendatangi kota Surabaya, deretan daerah rekreasi di Surabaya ini wajib banget kamu coba. Mulai dari rekreasi alam, atraksi, hingga wisata hiburan sangat cocok untuk menjadi destinasi liburanmu baik itu bareng keluarga maupun pasangan. 

Bahkan, harga tiket masuk setiap wisata pun sangat murah dan terjangkau. Selain itu, kau juga bisa menikmati suasana khas budaya Jawa Timur dengan segala kearifan lokalnya yang sangat ramah dan hangat.

Tak cukup sampai situ saja, di Surabaya, kau juga mampu berwisata sambil menikmati masakan-kuliner lezat khas Jawa Timur yang memiliki cita rasa unik, nan memanjakan pengecap. Lantas, apa saja rekomendasi destinasi liburan di kota Surabaya? Mari simak selengkapnya dalam artikel ini!

50 Tempat Wisata di Surabaya Paling Hits!

Langsung saja, ini ia formasi destinasi rekreasi paling hits di Surabaya yang wajib banget untuk kamu kunjungi:

1. Tugu Pahlawan

tempat wisata di surabaya
Travel Kompas

Kurang afdol rasanya jika kau plesiran ke Surabaya tanpa mengunjungi Tugu Pahlawan. Tugu hero ialah salah satu ikon kota Surabaya yang juga terkenal selaku Kota Pahlawan ini. Di daerah ini, kamu bisa menikmati wisata sejarah, sambil menikmati ramainya suasana kota Surabaya.

Selain itu, harga tiket masuknya juga sangat murah, ialah Rp5.000,00 saja per orang. Tugu ini ialah suatu monumen bersejarah di kota Surabaya. Karena menjadi penghormatan untuk memperingati perjuangan rakyat Surabaya melawan penjajah atau yang lebih diketahui dengan insiden 10 November.

2. Klenteng Sanggar Agung

tempat wisata di surabaya
Phinemo

Bagi kamu yang ingin menikmati destinasi wisata dengan suasana khas budaya Tionghoa, Klenteng Sanggar Agung yakni destinasi yang tepat. Banyak orang yang percaya bahwa Klenteng ini yakni lokasi di mana Dewi Kwan Im yang juga Dewi suci umat Budha pernah menampakkan dirinya.

Selain itu, tidak mirip klenteng pada umumnya, klenteng ini berlokasi di bersahabat area pantai. Sehingga, kamu mampu berwisata alam, sekaligus menikmati sejarah budaya khas Tionghoa Surabaya. Harga tiket masuk klenteng ini adalah sekitar Rp15.000,00 dan jam operasionalnya saban hari mulai pukul 08.00 – 19.00.

3. Taman Bungkul

tempat wisata di surabaya
Itrip

Tempat rekreasi di Surabaya yang wajib kau datangi berikutnya yaitu Taman Bungkul. Dulu, taman ini hanyalah taman kota biasa yang sangat sepi hadirin. Namun, sehabis pemkot Surabaya merenovasi daerah ini, Taman Bungkul kini berubah jadi lokasi spot nongkrong dan wisata yang sangat seru.

Di tempat ini, kamu bisa berziarah ke makam Sunan Bungkul yang juga Wali penyebar agama Islam di Surabaya. Selain itu, kau juga mampu menikmati aneka macam permainan seru atau sekedar nongkrong sambil ngobrol-ngobrol bersama sahabat. Harga tiket masuknya juga sangat murah, cuma sekitar Rp15.000,00 per orang.

Baca Juga: 10 Tempat Nongkrong di Surabaya yang Lagi Hits Pilihan Kawula Muda

4. Ciputra Waterpark

tempat wisata di surabaya
Surabaya Role Cake

Surabaya yang juga ialah kota metropolitan kedua setelah kota Jakarta, ketika ini mulai menyebarkan kesempatanrekreasi utamanya destinasi hiburan keluarga. Nah, bagi kau yang ingin liburan bareng keluarga, destinasi satu ini sangat cocok untuk kamu kunjungi, ketika sedang berlibur di kota Surabaya. 

Di daerah ini, kau bisa memainkan berbagai wahana menawan yang tentu saja bakal menambah keseruan ketika piknik bersama keluarga. Salah satu yang terbaik dari wahana di Ciputra Waterpark yakni wahana air Niagara. Selain itu, dengan tiket masuk Rp75.000,00 kau telah mampu menjajal semua wahana di sini.

5. Gunung Bromo

tempat wisata di surabaya
Liputan6

Gunung Bromo? Mungkin kamu berpikir tempat wisata satu ini berlokasi di kota Malang. Eits, jangan salah sangka. Faktanya, beberapa bagian daerah Gunung Bromo masih masuk dalam bagian kawasan kota Surabaya, lho. Makara, bagi kamu yang hobi berwisata alam, wajib banget buat mendatangi Gunung Bromo.

Di sini, kau bisa menikmati suasana alam yang sungguh indah, khas pegunungan di pulau Jawa. Selain itu, kamu juga mampu menunggangi kuda atau menaiki kendaraan offroad untuk memperbesar keseruan ketika berlibur di Gunung Bromo. Agar mampu menikmati rekreasi ini, kamu perlu membayar tiket masuk sebesar Rp35.000,00 saja.

6. Gereja Kepanjen

tempat wisata di surabaya
Sintia Astarina

Bagi kau yang ingin menikmati wisata sejarah, tempat wisata di Surabaya satu ini wajib banget untuk dikunjungi. Gereja Kepanjen ialah sebuah Gereja Kristen tertua di kota Surabaya. Tempat ini sangat syarat akan sejarah, sebab telah berusia sekitar 210 tahun.

Selain itu, arsitektur bangunan Gereja Kepanjen yang mempunyai nuansa bergaya Eropa, membuat tempat ini sangat sesuai untuk kamu jadikan spot foto. Agar mampu masuk ke tempat ini juga sangat mudah dan kamu juga tidak perlu berbelanja tiket masuk, karena semua fasilitas di Gereja ini gratis.

7. Bonbin Surabaya

tempat wisata di surabaya
Jatim Network

Kebun hewan Surabaya ini sudah beroperasi sejak abad pemerintahan Belanda, lho. Bahkan, Bonbin Surabaya juga pernah beberapa kali ganti lokasi. Tempat wisata yang juga kebun binatang tertua di kota Surabaya ini, mempunyai tema wisata ihwal pendidikan, penelitian, dan juga konservasi alam.

Sehingga, destinasi wisata ini sangat cocok untuk menjadi rekreasi edukasi bagi kau yang ingin piknik sambil menenteng sang buah hati. Selain itu, kau juga mampu menyaksikan 315 spesies lebih binatang di sini. Harga tiket masuknya juga sangat murah, adalah sebesar Rp20.000,00 saja per orang. Terjangkau, bukan?

8. G Walk

tempat wisata di surabaya
Sewa Bus Surabaya

G Walk ialah destinasi rekreasi yang sangat cocok bagi kau para pecinta masakan. Di kawasan ini, kamu bisa memperoleh banyak sekali macam menu masakan khas Jawa Timur dengan harga ekonomis dan rasa yang sungguh memanjakan lidah. Selain itu, G Walk juga kini menjadi daerah nongkrong favorit bagi arek-arek Suroboyo, lho.

Harga masakan di sini pun beragam, mulai dari Rp15.000,00 sampai Rp70.000,00 tergantung jenis sajian yang kamu pesan. Beberapa menu yang mampu kau nikmati di G Walk adalah rujak cingur, pecak kangkung, hingga soto khas Surabaya. Tempat ini buka mulai pukul 10 pagi dan tutup pada pukul 11 malam.

Baca Juga: 13 Restoran Fine Dining Surabaya Terbaik yang Wajib Dicoba

9. Suroboyo Carnival Park

tempat wisata di surabaya
Sewa Bus Surabaya

Tempat rekreasi di Surabaya yang hits berikutnya yaitu Suroboyo Carnival Park. Lokasi wisata ini sangat sesuai bagi kamu yang ingin berlibur santai bersama keluarga. Di tempat ini, kamu mampu menikmati aneka macam jenis wahana permainan yang sungguh unik.

Mulai dari Kora-kora, Halilintar, Roller Coaster, hingga permainan ringan seperti komedi putar mampu kamu mainkan di Suroboyo Carnival Park. Selain itu, harga tiket masuknya juga sangat murah, lho. Hanya dengan mengeluarkan uang tiket masuk sebesar Rp75.000,00, kau sudah bisa menikmati semua permainan di sini sepuasnya.

10. Jalan Kembang Jepun

tempat wisata di surabaya
Berita Jatim

Jalan Kembang Jepun yakni sebuah lokasi rekreasi yang sejak zaman dahulu sudah menjadi lokasi hilir pulang kampung dan pusat bisnis penduduk Surabaya. Munculnya nama Kembang Jepun ini sendiri diambil pada masa masa penjajahan Jepang. Hingga dikala ini Jalan Kembang Jepun masih menjadi pusat jual beli dan Surabaya. 

Bahkan, tak tanggung-tanggung, kamu akan memperoleh sekitar 200 lebih jenis penjualyang berjualan di sepanjang jalan ini. Selain itu, kawasan ini juga sangat cocok bagi kamu yang kegemaran berwisata kuliner di malam hari. Kamu juga bisa masuk ke lokasi ini dengan gratis.

11. Taman Harmoni Keputih

tempat wisata di surabaya
Jatim Net

Para turis setempat lebih mengenal Taman Harmoni Keputih dengan nama Taman Sakura. Sesuai dengan namanya, di daerah wisata ini kamu mampu mendapatkan berbagai bunga sakura yang berguguran. Selain itu, aneka macam jenis bunga lain juga ditanam di Taman Harmoni Keputih. 

Makara, kamu mampu menyaksikan panorama bunga sakura sambil bersua foto di sini. Lokasi Taman Harmoni Keputih sendiri berada di Jalan Keputih Tegal Timur Nomor 241, Surabaya. Di kawasan ini, kamu juga bisa hangout beberapa jam cuma dengan membayar tiket masuk sebesar Rp15.000,00 saja.

12. Surabaya North Quay

tempat wisata di surabaya
Tribunnews

Selanjutnya, hadir kawasan wisata di Surabaya yang sedang hits di kelompok anak muda. Surabaya North Quay memiliki bentuk gedung yang sungguh modern dan terdiri dari bangunan beberapa lantai. Di kawasan ini, kau mampu berwisata, nongkrong, sambil membeli banyak sekali jenis produk dengan harga yang murah, lho.

Lokasinya yang berada di sekitar area pelabuhan Tanjung Perak, menciptakan para pelancong dapat menikmati panorama pesiar pelabuhan. Selain itu, dengan mengeluarkan uang tiket masuk sebesar Rp15.000,00 kau mampu menikmati sensasi keindahan sunset yang sangat menawan, bila dilihat dari bab atas rooftop.

13. Museum Mpu Tantular

tempat wisata di surabaya
My Trip132

Wisata edukasi tentu saja bukanlah pilihan yang salah. Bagi kamu yang ingin menikmati wisata edukasi dan sejarah, kamu mampu mendatangi museum populer di Surabaya yakni Museum Mpu Tantular. Di dalamnya, kau mampu melihat sekitar lebih dari 1000 koleksi benda unik bersejarah dengan usia ribuan tahun.

Lokasi Museum Mpu Tantular sendiri berada di Jalan Raya Buduran. Di tempat ini, kamu mampu menikmati wisata edukasi, sambil berswa foto dengan benda-benda peninggalan kuno. Kamu dapat mengunjungi museum ini mulai pukul 08.00 hingga dengan 15.00 dengan harga tiket masuk sebesar Rp10.000,00 saja. 

14. Monumen Kapal Selam

tempat wisata di surabaya
Momokiro

Monumen Kapal Selam atau Monkasel merupakan salah satu bukti perjuangan para hero Indonesia dalam melawan penjajah. Selain itu, monumen ini berupa sebuah kapal selam asli dengan nama KRI Pasopati 410. Di dalamnya, kamu akan menikmati sensasi kapal perang klasik yang sungguh syarat akan sejarah bangsa.

Dahulu, kapal selam ini pernah beroperasi di kawasan maritim semenanjung pulau Jawa, hingga laut Natuna dalam operasi Trikora. Tempat ini sangat sesuai bagi kamu yang ingin berwisata sejarah, sambil mengingat usaha para jagoan di periode penjajahan. Tiket masuknya pun sungguh murah, hanya sebesar Rp15.000,00 saja.

15. Masjid Muhammad Cheng Hoo

tempat wisata di surabaya
IDN News

Masjid Muhammad Cheng Hoo ialah salah satu tempat rekreasi di Surabaya, yang memiliki nilai sejarah islami yang kental. Tempat ini juga mampu kau datangi secara gratis, lho. Selain itu, tempat ini juga sering menjadi pusat majelis bagi umat islam keturunan Tionghoa yang bertempat tinggal di kawasan kota Surabaya.

Di dalam masjid ini, berbagai  terdapat ornamen khas Tionghoa yang melekat di dalamnya. Salah satunya yaitu relief naga dan juga patung singa dengan tulisan lafadz Allah.

Masjid ini diresmikan sebagai bentuk penghormatan kepada perjuangan Laksamana Cheng Ho yang ialah pendakwah penyebar agama islam di Surabaya. Laksamana Cheng Ho sendiri, merupakan seorang Laksamana perang asal negeri China yang memeluk agama islam dan menyebarkannya di aneka macam penjuru dunia.

16. Museum Kesehatan Dr. Adhytama

tempat wisata di surabaya
Holidify

Bagi kamu yang ingin menikmati sensasi rekreasi sejarah, kamu wajib mengunjungi Museum Kesehatan Dr. Adhytama di Surabaya. Di Museum ini, kamu mampu menikmati wisata sambil mengetahui perihal siapa saja orang-orang yang besar lengan berkuasa dalam sejarah kedokteran di Indonesia. 

Selain itu, di kawasan ini kau juga bisa bersua foto alasannya lokasinya yang sangat instagramable. Bahkan, pengunjung juga akan dipandu dengan pemandu museum yang sangat ramah dan murah senyum. Agar mampu masuk ke museum ini, kamu perlu berbelanja tiket masuk sebesar Rp10.000,00.

Namun, berkunjung ke daerah ini akan membuat kamu menikmati sensasi wisata horor juga. Ini alasannya ornamen serta frame foto yang terdapat di museum ini rata-rata yaitu benda-benda bekas praktik kedokteran di masa kemudian. Sehingga, banyak sekali benda-benda yang memiliki performa gila dan angker.

Baca Juga: 10 Coworking Space Surabaya Terbaik Nyaman & Aesthetic

17. House of Sampoerna

tempat wisata di surabaya
Wisata Surabaya

Khusus buat kamu para perokok, sepertinya kau harus mendatangi destinasi rekreasi satu ini. House of Sampoerna merupakan destinasi wisata yang menghidangkan wisata sejarah dan asal usul industri rokok di Indonesia. Tempat ini juga merupakan bab dari pabrik rokok terkemuka Sampoerna TBK.

Selain itu, House of Sampoerna juga memiliki arsitektur bangunan dengan gaya Eropa klasik. Sehingga, sangat sesuai buat kamu yang ingin bersua foto. Terdapat juga toko souvenir yang menjual aneka macam macam produk rokok kretek, khas pulau Jawa. Harga tiket masuknya juga sangat murah, cuma sekitar Rp20.000,00 saja. 

Di kawasan ini kamu juga bisa menyaksikan secara langsung proses pembuatan rokok keluaran Sampoerna. Tak cuma itu, kau juga bisa menikmati kemegahan salah satu pabrik rokok terlama di Indonesia ini dengan pemandangan asri khas perkebunan tembakau di pulau Jawa.

18. Kampung Bulak

tempat wisata di surabaya
Liputan6

Destinasi tempat wisata di Surabaya berikutnya yakni Kampung Bulak. Kampung yang berlokasi di sekitar pesisir pantai ini mempunyai berbagai jenis rumah dengan atap dan juga tembok berwarna-warni sehingga sangat unik dikala kau lihat. Bahkan, kau juga akan serasa berada di Brazil dikala berkunjung ke kawasan ini.

Kampung yang berada di utara Pantai Kenjeran ini sungguh disenangi oleh para turis alasannya adalah pemandangannya yang instagramable. Tiket masuknya juga sungguh murah. Kamu cuma perlu membayar tiket sebesar Rp2.000,00 saja untuk mampu menikmati nuansa Brazil di kota Surabaya. 

Tempat ini juga menyediakan layanan penginapan murah, bagi para wisatawan luar kota yang ingin menghabiskan malam di kampung Bulak. Tak cuma itu, kau juga mampu menikmati situasi malam yang sungguh hangat dan tentu saja bakal bikin kamu tambah betah untuk tinggal berlama-lama di kawasan rekreasi ini.

19. Balai Kota Surabaya

tempat wisata di surabaya
Flickr

Lokasi wisata ini bekerjsama ialah sentra pemerintahan kota Surabaya. Namun, karena memiliki sejarah yang panjang, Balai Kota Surabaya resmi dibuka sebagai lokasi rekreasi pada tahun 2006. Bangunan yang bangun sejak tahun 1915 ini ialah salah satu bangunan renta peninggalan zaman penjajahan Belanda.

Di kawasan ini, kau bisa menikmati situasi kota Surabaya di kurun lampau. Selain itu, terdapat juga sebuah bunker tua yang dahulu pernah menjadi lokasi penjara bagi para tahanan politik di kurun pemerintahan Belanda. Agar bisa masuk ke kawasan ini, kamu perlu membayar tiket masuk sebesar Rp10.000,00 per orangnya.

20. Kebun Bibit Surabaya

tempat wisata di surabaya
Kelloggsnyc

Kebun Bibit Surabaya ialah salah satu pilihan bagi kau yang ingin berwisata murah meriah di Kota Surabaya. Di daerah ini, tersedia aneka macam jenis permainan anak, daerah outbound, jogging track, perkebunan, danau bikinan, daerah masakan, dan masih banyak lagi.

Namun, bila kau ingin mengunjungi Kebun Bibit Surabaya, ada baiknya untuk datang ke tempat ini di pagi ataupun sore hari. Hal ini sebab cuacanya yang sungguh terik kalau kamu mengunjunginya di siang hari. Agar bisa menikmati suasana hangat di Kebun Bibit Surabaya, kamu perlu membeli tiket masuk sebesar Rp10.000,00.

21. Museum Loka Jala Crana

tempat wisata di surabaya
Ke Museum

Museum Loka Jala Crana adalah tempat rekreasi di Surabaya yang sudah bangkit sejak tahun 1969. Saat masuk ke dalam, kau akan melihat aneka macam jenis koleksi peninggalan peralatan peperangan perang di zaman penjajahan. Selain itu, di kawasan ini juga terdapat planetarium serta astronavigasi sejarah bangsa Indonesia.

Kamu akan mendapati suatu kapal perang angkatan maritim ialah KRI Dewaruci. Harga tiket masuknya yakni sebesar Rp10.000,00. Museum ini mempunyai dua bagian inti. Bagian pertama ialah planetarium yang terletak di depan area asusila. Lalu, bab kedua taman festival yang terletak di area belakang museum. 

22. Food Junction Pakuwon

tempat wisata di surabaya
Pakuwon Jati

Destinasi wisata satu ini sangat cocok bagi kau para pecinta kuliner. Food Junction Pakuwon menjadi salah satu lokasi yang wajib kau kunjungi untuk berburu aneka macam aneka masakan. Pertama beroperasi pada 11 Januari 2016, hingga saat ini Food Junction Pakuwon tidak pernah sepi hadirin.

Di kawasan ini, kamu dapat menikmati nuansa yang menarik, baik itu dari segi desain bangunan, serta situasi alamnya. Tempat makan terbuka ini berlokasi di tepi danau buatan yang akan memperbesar kenikmatan kamu dikala mengkonsumsi kuliner. Agar mampu masuk ke kawasan ini, kau perlu berbelanja tiket seharga Rp10.000,00.

23. Museum De Javasche Bank

tempat wisata di surabaya
Sikidang

Selanjutnya, kawasan yang wajib banget kamu kunjungi saat berada di kota Surabaya yaitu Museum De Javasche Bank. Museum ini dulu ialah Bank sentral Hindia Belanda pada zaman VOC penjajahan. 

Bangunannya terdiri dari tiga lantai, yang mana di lantai pertama adalah ruangan koleksi mata duit jaman dahulu. Kemudian, di lantai dua kamu akan mendapati suatu ruang koleksi konservasi. Lalu, pada lantai tiga terdapat ruangan koleksi harta budaya khas zaman VOC. 

Hal yang unik dari museum ini yakni arsitektur bangunannya yang bergaya neo renaissance dan terdapat goresan Jepara. Harga tiket masuknya adalah sebesar Rp15.000,00.

24. Air Mancur Menari

tempat wisata di surabaya
Surabaya Network

Air Mancur Menari ialah salah satu kawasan rekreasi di Surabaya yang sudah niscaya ramai hadirin, pada saat malam tahun gres. Karena Air Mancur Menari mempunyai nuansa panorama unik dengan area yang luas. Sehingga, cocok untuk area berkumpul banyak orang.

Selain itu, di kawasan ini juga terdapat sebuah jembatan panjang dengan luas sekitar 800 meter dan berisikan 3 lajur utama. Harga tiket masuknya cuma sebesar Rp10.000,00. Di kawasan ini, lampu-lampu jembatan akan menyala dan menghasilkan gemerlap kota dengan pemandangan fantastis ketika malam hari.

25. Keraton Surabaya

tempat wisata di surabaya
Gotravelly

Jika kamu melihatnya secara sekilas, Keraton Surabaya mungkin terlihat mirip suatu pemukiman warga biasa. Namun, faktanya Keraton Surabaya ternyata menyimpan berbagai cerita kala kemudian yang sungguh mengagumkan. Tempat ini juga menyimpan berbagai keunikan budaya khas arek-arek Suroboyo.

Kamu mampu melihat aneka macam bangunan kuno yang masih berdiri kokoh di sepanjang area perkampungan Keraton Surabaya. Memasuki bab dalam, kamu akan disambut dengan sebuah gapura megah bernuansa arsitektur khas kerajaan Jawa tempo dulu. Lalu, untuk harga tiket masuk daerah ini hanya sebesar Rp10.000,00.

26. Stadion Gelora 10 November

tempat wisata di surabaya
Sipintar

Selanjutnya, hadir destinasi wisata yang sangat sesuai bagi kau yang hobi berolahraga. Stadion Gelora 10 November ialah sebuah stadion sepak bola dan galanggang olahraga yang juga menjadi ikon kota Surabaya. Di daerah ini, kamu bisa melaksanakan aneka macam acara olahraga mulai dari ringan sampai berat.

Selain itu, harga tiket masuk ke Stadion Gelora 10 November juga sangat murah. Kamu hanya perlu membayar tiket masuk seharga Rp15.000,00. Kemudian, kamu juga bisa menikmati olahraga sambil bersua foto karena lokasi spot foto di sekeliling area Stadion Gelora 10 November sungguh keren dan instagramable.

27. Jembatan Suramadu

tempat wisata di surabaya
Grindoto

Tempat wisata di Surabaya satu ini merupakan ikon dan jembatan penghubung antara dua kota besar, ialah Surabaya dan Madura. Jembatan ini memiliki panjang sekitar 55 km dan ialah jembatan terpanjang pertama di Indonesia yang sukses menghubungkan dua buah pulau.

Di kawasan ini, kamu mampu menikmati panorama bahari yang membelah pulau Jawa dan pulau Madura. Selain itu, kamu juga bisa menikmati indahnya gemerlap suasana malam yang penuh dengan cahaya lampu indah di jembatan ini. Agar mampu masuk ke sini, kamu perlu mengeluarkan uang tiket masuk jembatan sebesar Rp25.000,00.

28. Taman Prestasi

tempat wisata di surabaya
IDN News

Jika kamu hendak berlibur bareng keluarga, dan mau mengajak sang buah hati, Taman Prestasi wajib banget kau kunjungi dikala berada di kota Surabaya. Memiliki luas lahan sekitar 6000 m2, Taman Prestasi merupakan Taman kota dengan aneka macam fasilitas lazim yang tersedia secara gratis. 

Mulai dari aneka macam permainan anak mirip ayunan, komedi putar, jungkat-jungkit, dan lain sebagainya. Selain itu, kamu juga bisa bertamasya sambil menikmati rindangnya pohon yang sungguh sejuk di sini. Jam operasionalnya pun buka saban hari, mulai pukul 08.00 pagi hingga dengan jam 09.00 malam.

29. Taman Apsari

tempat wisata di surabaya
Pingpoint

Taman Apsari berlokasi sempurna di depan Gedung Grahadi, kota Surabaya. Ciri khas dari taman ini, yakni patung Gubernur Suryo yang sedang bangun tegak sambil memegang suatu naskah pidato. Selain itu, Patung Joko Dolog juga terdapat di Taman Apsari yang ikut menjadi bab dari ikonik taman kota satu ini. 

Luas lahannya mencapai 5300 m2 dengan pemandangan pepohonan rimbun nan hijau. Sehingga, sangat sejuk saat kau berada di taman ini. Selain itu, kau juga bisa berjalan santai di taman atau bermain skateboard. Tempat ini sangat sesuai untuk lokasi nongkrong dengan harga tiket masuk sebesar Rp15.000,00 per orang.

30. Pelabuhan Tanjung Perak

tempat wisata di surabaya
Sikidang

Siapa yang tidak kenal dengan kawasan wisata di Surabaya satu ini? Tanjung perak ialah sebuah pelabuhan besar di kota Surabaya yang juga menjadi ikon dari kota ini. Pelabuhan yang sudah beroperasi semenjak tahun 50an ini, memiliki pemandangan pesisir pantai yang indah dan sungguh instagramable.

Selain itu, Pelabuhan Tanjung Perak juga memiliki panorama matahari terbenam dan matahari terbit yang begitu memukau. Di kawasan ini, kamu mampu menikmati berbagai kuliner seafood khas Surabaya. Harga tiket masuk ke Pelabuhan Tanjung Perak juga sungguh murah, yakni sebesar Rp20.000,00 saja.

31. Surabaya Carnival Night Market

tempat wisata di surabaya
tfamanasek

Tidak hanya berkunjung ke mall saja. Namun, malam hari di kota Surabaya mampu kau habiskan dengan berkunjung ke Surabaya Carnival Night Market. Tempat ini ialah destinasi rekreasi malam yang menyajikan banyak sekali macam wahana permainan mempesona dan menantang adrenalin. 

Mengunjungi objek rekreasi malam ini, kamu hanya perlu mengeluarkan ongkos tiket masuk sebesar Rp10.000,00 saja. Namun, harga ini belum termasuk harga tiket untuk setiap wahana yang ingin kau mainkan. Selain itu, kamu juga bisa menikmati berbagai jajanan masakan khas kota Surabaya yang pastinya murah dan yummy.

32. Monumen Bambu Runcing

tempat wisata di surabaya
Sewa Bus Surabaya

Kota Surabaya memang sangat identik dengan ciri khas dan ikon kota Pahlawan. Salah satunya, yaitu destinasi rekreasi Monumen Bambu Runcing. Monumen ini merupakan bentuk penghormatan kepada usaha rakyat Surabaya yang bertempur dengan jiwa serta raga melawan para penjajah.

Di kawasan ini, kau bisa menikmati wisata sejarah, sambil hangout untuk menghabiskan waktu liburanmu bersama sahabat dan sanak keluarga. Selain itu, terdapat berbagai kue tradisional yang dijual dengan harga rendah, lho. Agar mampu masuk ke daerah ini, kau perlu berbelanja tiket seharga Rp10.000,00 per orang.

33. Taman Buah Surabaya

tempat wisata di surabaya
Detik News

Tempat rekreasi di Surabaya yang wajib kau datangi selanjutnya ialah Taman Buah. Di taman ini, kamu mampu menyaksikan aneka macam jenis replika buah dengan ukuran yang sungguh besar. 

Pemilihan tema serta desain unik dalam taman ini terbukti sukses menarik hati para turis untuk berkunjung ke sana. Lokasi taman Buah sendiri berada di kecamatan Undaan. Di tempat ini kamu bisa berkunjung setiap dikala dan di jam berapapun, alasannya adalah taman ini beroperasi selama 24 jam. 

Hanya dengan tiket masuk Rp15.000,00 saja kamu mampu berfoto dengan replika buah yang besar. Tentu saja, sambil berpangku tangan sembari menikmati udara segar di Kota Pahlawan.

34. Masjid Al-Akbar

tempat wisata di surabaya
Sindo News

Selanjutnya, hadir destinasi rekreasi religi di Surabaya. Masjid Al-Akbar ialah masjid kedua paling besar di Indonesia, sehabis masjid Istiqlal di Jakarta. Tempat ini wajib kau kunjungi, alasannya adalah merupakan salah satu destinasi rekreasi pusat kota yang sungguh ramai hadirin dan jamaah dari banyak sekali daerah di Jawa Timur.

Selain itu, masjid raya ini memiliki arsitektur bangunan yang megah dan pastinya bakal membuat kamu berdecak kagum. Tak cuma itu, akomodasi di masjid ini juga sungguh lengkap. Mulai dari aula multi guna, sampai perpustakaan dapat kau nikmati di masjid ini. Bahkan, seluruh akomodasi ini tersedia secara gratis, lho.

35. Taman Pelangi

tempat wisata di surabaya
Sewa Bus Surabaya

Buat kamu yang ingin berwisata malam, sambil nongkrong kalem bareng sobat, Taman Pelangi merupakan nasehat destinasi wisata yang sesuai untuk kau kunjungi. Di kawasan ini, kau mampu menikmati nuansa taman yang hening dan sangat cocok untuk deep talk membicarakan perihal kehidupan.

Selain itu, Taman Pelangi juga mempunyai berbagai spot keren untuk kebutuhan swafoto alasannya lokasinya sungguh instagramable. Taman ini berlokasi persis di depan area Burlok di kota Surabaya. Harga tiket masuk ke destinasi rekreasi ini juga sangat lah murah, ialah sekitar Rp10.000,00 saja per orang.

36. Wisata Hutan Mangrove

tempat wisata di surabaya
Travel Kompas

Tempat rekreasi di Surabaya satu ini sangat sesuai bagi kamu yang ingin berwisata alam dengan nuansa hutan kota yang sangat indah dan sejuk. Di daerah ini, kau bisa menikmati panorama hutan mangrove yang hijau dan memanjakan mata. Kemudian, kau juga bisa berswafoto dengan background yang sangat ciamik.

Selain itu, kau juga bisa melihat proses pembibitan dan penanaman flora mangrove di daerah ini. Harga tiket masuknya juga sangat terjangkau, yakni sebesar Rp15.000,00 per orang. Tak hanya itu, destinasi rekreasi ini juga buka mulai pukul 08.00 pagi sampai dengan pukul 06.00 sore.

37. Jalan Tunjangan 

tempat wisata di surabaya
Liputan6

Jejak sejarah akan sungguh terasa, dikala kamu berkunjung ke kawasan Jalan Tunjungan, Surabaya. Tempat ini terkenal sebagai daerah bisnis elite pada kurun penjajahan Belanda. 

Bahkan, suasana khas Surabaya tempo dulu sangat terasa jikalau kau berlangsung kaki santai di sekeliling area jalan Tunjungan ini. Salah satu bangunan tua yang sampai kini masih bertahan yakni Gedung Siola yang pada saat ini lebih dikenal dengan Tunjungan Center. 

Selain itu, kamu juga bisa mendatangi Hotel Majapahit yang merupakan saksi bisu insiden 10 November 1945. Harga tiket masuk untuk berwisata di tempat ini semoga masuk ke museum hotel Majapahit, ialah sebesar Rp10.000,00 saja.

38. Hutan Bambu

tempat wisata di surabaya
Pegipegi

Selanjutnya, kembali hadir rekreasi alam yang pastinya akan menunjukkan kamu nuansa sejuk nan asri. Wisata hutan Bambu Surabaya ialah salah satu destinasi terkenal yang ketika ini sedang hits di golongan anak muda. Hal tersebut alasannya lokasinya memiliki berbagai spot foto yang instagramable.

Selain itu, berwisata di Hutan Bambu Surabaya juga mampu menjadi alternatif daerah nongkrong dan kencan bersama kekasih hati. Harga tiketnya pun sangat terjangkau, sebesar Rp10.000,00 saja. Kamu mampu menikmati jalan kalem sambil menghirup udara segar di kawasan Hutan Bambu Surabaya ini.

39. Jembatan Merah

tempat wisata di surabaya
Suara Surabaya

Apakah kau pernah mendengar tembang lagu keroncong dengan judul Jembatan Merah? Jembatan Merah itu sendiri diambil dari sebuah tempat wisata di Surabaya yang sudah sungguh populer semenjak zaman dahulu. 

Di daerah ini, kamu mampu berwisata sekaligus nongkrong sambil menikmati nuansa kota bau tanah khas Surabaya tempo dahulu. Memiliki arsitektur bergaya bangunan Belanda zaman dulu, Jembatan Merah memiliki berbagai spot nongkrong dan spot foto yang keren serta instagramable. 

Selain itu, kau juga bisa berkunjung secara gratis. Namun, kamu mungkin perlu menyewa becak dengan harga Rp15.000,00 untuk berkeliling Jembatan Merah.

40. Taman Kenjeran

tempat wisata di surabaya
Surabaya Role Cake

Sepertinya, kota Surabaya memiliki aneka macam rekreasi taman kota yang pas untuk destinasi wisata keluarga dan hangout bersama sahabat. Salah satu yang terbaik yaitu Taman Kenjeran. Di tempat ini, kau bisa menghabiskan waktu sepanjang hari bertamasya hanya dengan membayar tiket sebesar Rp10.000,00 saja.

Selain itu, di kawasan ini juga tersedia berbagai jenis wahana anak yang tentu saja sungguh kondusif untuk dimainkan sang buah hati. Mulai dari ayunan, perosotan, dan juga jungkat-jungkit. Kemudian, jam operasional destinasi wisata ini, adalah mulai pukul 08.00 pagi sampai dengan pukul 09.00 malam. 

41. Taman Suroboyo

tempat wisata di surabaya
Jawa Pos

Selanjutnya, hadir destinasi wisata Taman yang memiliki nuansa sungguh berlainan. Taman Suroboyo merupakan taman kota yang menjadi ikon Istimewa dari kota Surabaya. Karena berlokasi di pinggir laut, Taman Suroboyo memiliki view yang sangat unik dan memanjakan mata.

Di kawasan ini, kamu mampu menikmati suasana tepi bahari sambil bermalas-malasan sembari menikmati aneka macam wahana permainan anak. Sehingga, lokasi rekreasi satu ini sangat sesuai untuk rekreasi keluarga. Selain itu, harga tiket masuknya juga murah semarak. Kamu hanya perlu membayar tiket masuk seharga Rp15.000,00 saja.

42. Pantai Ria Kenjeran

tempat wisata di surabaya
KMS Tour

Pantai Ria Kenjeran yaitu kawasan wisata di Surabaya yang wajib kau kunjungi. Destinasi wisata ini berlokasi di kecamatan Kenjeran, kota Surabaya. Kamu bisa menikmati situasi pantai dengan panorama bahari Jawa yang memanjakan mata di sini.

Selain itu, kau juga bisa menjajal rekreasi kuliner yang tersedia. Mulai dari kuliner seafood, sampai menu masakan tradisional khas Kenjeran mampu kau nikmati di pantai satu ini. Agar dapat berkunjung ke Pantai Ria Kenjeran, kau perlu membeli tiket masuk sebesar Rp25.000,00 per orang.

43. Alun-Alun Surabaya

tempat wisata di surabaya
Wisata Surabaya

Kurang lengkap rasanya bila berkunjung ke kota Surabaya tanpa mengunjungi destinasi rekreasi Alun-Alun Surabaya. Tempat ini menyajikan situasi khas Jawa yang sungguh hangat. Selain itu, destinasi wisata ini sangat cocok sekali bagi kamu yang ingin menghabiskan waktu malam ahad untuk hangout bareng sobat.

Bangunan di sekeliling wilayah Alun-Alun Surabaya memiliki arsitektur khas bangunan Belanda klasik. Sehingga, sangat sesuai sekali untuk keperluan konten fotografi, alasannya adalah spot yang instagramable. Agar mampu berkunjung ke kawasan ini, kau tidak dipungut biaya sama sekali. Namun, kamu perlu mengeluarkan uang biaya parkir Rp5.000,00.

44. Pantai Lama Kenjeran

tempat wisata di surabaya
Tukang Pantai

Tidak cuma pantai Ria saja, Kenjeran mempunyai destinasi rekreasi alam lain yang tak kalah mempesona, yakni Pantai Lama Kenjeran. Di sini, kamu bisa menikmati panorama matahari terbit dan juga matahari terbenam dengan nuansa yang sungguh keren serta memanjakan mata.

Selain itu, tersedia juga berbagai opsi masakan unik di Pantai Lama Kenjeran. Mulai dari kuliner seafood dengan cita rasa yang menggoda hingga kuliner tradisional khas kota Surabaya. Tempat ini buka mulai pukul 09.00 pagi dan tutup pada pukul 10.00 malam. Harga tiketnya pun murah, cuma sebesar Rp15.000,00 per orang.

Pantai ini juga menyediakan kemudahan penginapan murah dan tersedia bagi para turis luar kota yang ingin berlibur di Surabaya. Bahkan, tersedia juga pilihan paket rekreasi keluarga yang mampu kamu coba untuk meminimalisir anggaran piknik ke pantai ini.

45. Desa Lawas Merpati

tempat wisata di surabaya
Kabar Surabaya

Selanjutnya, hadir sebuah daerah rekreasi di Surabaya yang akan memberikanmu pengalaman rekreasi yang sungguh berlawanan. Berkunjung ke Desa Lawas Merpati, kau akan mendapatkan sambutan hangat dari penduduk orisinil Surabaya yang sudah menempati daerah kampung ini semenjak zaman penjajahan.

Di tempat ini, kau akan sering melihat panorama rumah-rumah warga dan juga gang-gang di sepanjang kampung dengan coretan di dinding bergambar unik (mural). Hal tersebut menjadi pesona wisata tersendiri bagi para wisatawan. Selain itu, berwisata di sini juga gratis, alias tidak ada tiket masuk.

46. Taman Mundu

tempat wisata di surabaya
Jatim Net

Lagi-lagi destinasi rekreasi taman kota, menjadi primadona di kota Surabaya. Mungkin ini tidak terlepas dari daerah Surabaya yang mempunyai berbagai hutan dalam kota yang kemudian beralih fungsi sebagai wisata taman kota. 

Taman Mundu merupakan salah satu landmark kota Surabaya yang sudah sungguh populer. Ketika tiba di daerah ini, kamu dapat menikmati situasi hutan kota yang hijau nan asri. 

Selain itu, terdapat juga sebuah danau buatan yang sering menjadi lokasi spot foto alasannya memiliki nuansa sungguh instagramable. Harga tiket masuk ke destinasi ini juga murah. Kamu hanya perlu membeli tiket masuk sebesar Rp15.000,00.

47. De Mata Trick Museum

tempat wisata di surabaya
Panji Rakyat

Buat kau yang kegemaran berswafoto dengan background yang unik, mungkin De Mata Trick Eye Museum ini bisa menjadi anjuran wisata paling sangat sesuai untuk  kamu. Museum yang mempunyai penampilan 3 dimensi ini punya aneka macam koleksi background dinding yang bisa menyulap setiap foto yang kau ambil.

Destinasi rekreasi satu ini bisa kamu datangi mulai dari pukul 10 pagi sampai dengan pukul 10 malam. Selain itu, untuk mampu menikmati aneka macam koleksi foto dengan trik menarik, kamu perlu membayar duit tiket masuk sebesar Rp50.000,00 per orang. Setelah itu, kau mampu dengan bebas menikmati semua ilusi foto di kawasan ini. 

48. Danau Unesa Lidah Wetan

tempat wisata di surabaya
Unimportant to Important

Tempat wisata di Surabaya ini, sangat cocok bagi kamu yang ingin berleha-leha sambil ngobrol plus nongkrong bareng sobat. Bahkan, tempat ini juga sangat cocok untuk kamu jadikan tempat date bersama sang pujaan hati. Berlokasi di sekeliling kampus UNESA, danau bikinan ini menjadi destinasi wisata hits dikala ini.

Selain itu, di sini kamu juga menikmati sensasi matahari terbenam dengan sangat tepat sembari menatap hingar bingar kehidupan pusat kota Surabaya. Menarik, bukan? Kamu hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp10.000,00 per orang untuk tiket masuk ke Danau Unesa Lidah Wetan ini.

49. Trans Studio Rungkut Surabaya

tempat wisata di surabaya
Klook

Trans Studio Rungkut merupakan destinasi wisata dan hiburan keluarga yang dikala ini sedang hits di kalangan warga Surabaya. Mulai beroperasi sejak tahun 2018, Trans Studio Rungkut tidak pernah sepi pengunjung sampai saat ini. Bahkan, harga tiket masuk ke lokasi rekreasi ini juga sangat terjangkau, yaitu sebesar Rp50.000,00.

Di Trans Studio Rungkut, kamu bisa memainkan aneka macam jenis wahana keluarga dan juga anak. Mulai dari Ice Skating, Roller Coaster Mini, sampai Rumah Hantu.

Selain itu, Trans Studio Rungkut juga menyediakan pusat perbelanjaan dan oleh-oleh khas Surabaya. Sehingga, kawasan ini sangat sesuai untuk kau yang ingin berwisata bareng sanak keluarga. Bagaimana, terpesona mencobanya?

50. Monumen Jalesveva Jayamahe

tempat wisata di surabaya
Sewa Bus Surabaya

Ingin mencoba wisata lain selain rekreasi kuliner, taman, atau wisata alam di kota Surabaya? Mungkin kau mampu mendatangi rekreasi unik di Monumen Jalesveva Jayamahe. Tempat ini menghidangkan banyak sekali panorama maritim yang menjadi sejarah panjang dunia perkapalan di kota Surabaya, bahkan di Indonesia.

Monumen Jalesveva Jayamahe pertama kali dibuka untuk umum pada tahun 1995. Tentunya, selaku bentuk penghargaan dan penghormatan bahwa semenjak zaman dahulu Indonesia telah mempunyai kemajuan teknologi, khususnya di bidang kemaritiman.

Berwisata di sini, kamu tidak hanya akan melihat banyak sekali patung perwira TNI Angkatan bahari yang sedang memandang ke arah lautan lepas saja. Akan namun, kau juga dapat berbelanja aneka macam souvenir serta atribut Tentara Nasional Indonesia AL. 

Selain itu, kau juga bisa menyaksikan-lihat berbagai kapal perang Tentara Nasional Indonesia AL mulai dari kapal usang, hingga sampel kapal modern. Agar mampu masuk ke Monumen Jalesveva Jayamahe, kamu perlu membayar uang tiket masuk sebesar Rp10.000,00 per orang.

Tempat Wisata Mana yang Ingin Kamu Kunjungi?

Nah, itulah 50 kawasan wisata di Surabaya paling hits dan sangat wajib untuk kamu kunjungi. Mulai dari wisata alam, rekreasi kuliner, rekreasi taman kota, hingga rekreasi hiburan tersedia di Kota Pahlawan ini. Selain itu, harga tiket masuknya juga sangatlah akrab. Kamu sudah siap untuk tiba ke kota Pahlawan?

Artikel Menarik Lainnya:

Biografi Ronaldo – Sang Fenomena

Biografi Ronaldo – Sang Fenomena

September 18, 2011
4 min 40 sec read
Cara Menciptakan Keripik Bayam

Cara Menciptakan Keripik Bayam

August 27, 2024
2 min 20 sec read
Harga Treatment Di Dermaster Clinic Modern

Harga Treatment Di Dermaster Clinic Modern

March 17, 2024
6 min 38 sec read
Cara Ngompres Video

Cara Ngompres Video

September 2, 2024
1 min 58 sec read