TintaTeras

Lost And Found Dan Bagaimana Prosedur Penanganannya

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram

Lost and found yakni sebuah keadaan dimana ditemukannya barang-barang bawaan tamu dikamar ataupun di area hotel yang lain. Lost and Found berada di bawah tanggung jawab Housekeeping Departement dan diatur sepenuhnya oleh mereka.

Lost and Found adalah salah satu bagian dari service hotel yang mempunyai peranan yang cukup besar dalam mendukung operasional hotel.

Dari sekian banyak tamu yang tiba sering kali ada saja satu atau dua barang yang tertinggal di hotel.

Room attendant atau staff hotel lain  yang menemukan barang tersebut mesti secepatnya melaporkan dan menyerahkannya ke kantor Housekeeping.

Nantinya, Barang ini akan disimpan di lemari Lost and Found dan diarsipkan secara baik dan rapi. Tujuannya, semoga membuat lebih mudah pengambilan jika pemilik datang untuk klaim barang tersebut. 

Bagaimana Prosedur Penanganan Lost and Found?

Sekali lagi, Lost and Found ialah tanggung jawab dari bab Housekeeping Departement di sebuah hotel, dan idealnya dalam pencatatan dan penyimpanan barang-barang mesti dikerjakan secara rapi dan baik.

Biasanya  dengan cara barang-barang tersebut  yang ditemukan dibungkus dengan plastik transparan semoga kelihatan jenis barang dan mereknya. 

Berikut mekanisme penanganan dari  lost and found:

  • Jika ada penemuan barang, itu mesti di laporkan ke houskeeping supervisor
  • Barang tersebut lalu dibungkus dengan plastik yang transparan supaya membuat lebih mudah dalam mengetahui barang.
  • Mengisi informasi barang di formulir Lost and Found. Ini poin-poin yang mesti diisi :
  1. Nama dan jenis barang yang ditemukan
  2. Nomor seri barang
  3. Nama staff yang mendapatkan barang 
  4. Nomor kamar atau tempat barang ditemukan
  5. Jumlah barang
  • Kemudian, data-data tersebut dimasukkan ke dalam buku Lost and Found
  • Simpanlah barang pada rak atau lemari daerah menyimpan barang sesuai dengan bulan dan tanggal didapatkan
  • Jika memperoleh barang berharga, misalnya uang, pemanis, atau surat berharga yang lain, secepatnya dilaporkan terhadap Executive Housekeeper.
  • Barang-barang disimpan untuk rentang waktu 3 bulan hingga 1 tahun.
  • Jika dalam rentang waktu yang diputuskan barang tersebut belum juga diambil oleh sang pemilik  tidak ada yang maka barang tersebut diberikan terhadap penemunya.
  • Pengecualian untuk masakan, lazimnya tidak masuk dalam mekanisme ini.

Klasifikasi Barang-Barang Lost and Found

Biasanya barang-barang lost and found ini akan diklasifikasikan untuk  mempermudah team housekeeping dalam melaksanakan sistem manajemen. Berikut ialah penjabaran barang-barang lost and found :

1. Barang Biasa

Pengelompokan  barang jenis ini ditentukan oleh aspek harga dan umumnya relatif murah, contohnya sandal, sepatu, baju, celana, kaos kaki dan lain sebagainya. Lama periode penyimpanan kelompok barang ini hingga dengan tiga bulan.

2. Barang Makanan dan Minuman

Sesuai nama pengelompokannya, barang-barang ini ialah jenis kuliner atau minuman. Jika didapatkan kuliner atau minuman dalam kamar tamu, barang ini tidak boleh pribadi dibuang, disantap atau bahkan dibawa pulang. 

Misalnya, minuman kaleng, anggur, roti dalam plastic, atau buah segar. Lama penyimpanan kalangan ini lazimnya 1-2 x 24 jam tergantung jenisnya.

Kenapa dihentikan dimakan atau dibawa pulang? Dikhwatirkan tamu akan menanyakannya, tetapi setelah 1-2 x 24 jam barang tersebut tidak ada yang mencari maka barang tersebut akan diberikan terhadap penemunya.

3. Barang Berharga

Dari namanya telah bisa ditebak ya, kira-kira barang apa saja yang masuk dalam klasifikasi ini. Barang-barang yg masuk disini ialah barang yang mempunyai value tinggi dan relatif mahal, pola handphone, kamera, pulpen mahal, dokumen, paspor, tambahan, kalkulator, cek, uang dalam jumlah besar, dan sebagainya.

4. Barang yang Dibuang Oleh Tamu

Barang jenis ini umumnya sudah dibuang oleh tamu dan diletakkan di dalam daerah sampah di kamar tamu alasannya mungkin saja mereka telah tidak membutuhkannya lagi.

Tapi yang harus digaris bawahi yaitu untuk menentukan barang ini juga diharapkan kehati-hatian apakah memang benar dibuang atau tamu tersebut lupa.

Itulah kenapa kalau tamu tersebut masih tinggal dan berada di dalam hotel maka perlu dikonfirmasi ke tamu yang bersangkutan, apakah barang tersebut dibuang atau tidak.

Kemudian sehabis barang-barang Lost and Found tersebut diidentifikasi selanjutnya

barang-barang tersebut dibungkus dengan rapi serta di atasnya ditaruh format yang berisi isyarat, nomor, tanggal didapatkan dan siapa nama petugas penemu dari barang-barang Lost and Found tersebut.

Barang-barang tersebut kemudian dicatat ke dalam Lost and Found book untuk memudahkan di dalam melakukan pengadministrasiannya sesuai dengan prosedur yang sudah kita diskusikan di atas.

Contoh Form Lost and Found

form lost and found
image source : pinterest

Baca Juga :

Room Attendant dan Job Descriptionnya

Prosedur Penanganan Kamar DND (Do Not Disturb)

Artikel Menarik Lainnya: