TintaTeras

Cara Mengatasi Tungau (Bed Bugs) Di Kamar Hotel

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram

Cara Mengatasi Tungau (Bed Bugs) – Sebagai seorang housekeeping tentunya salah satu duduk perkara yang sering di hadapi di hotel ialah dikala tamu komplin alasannya badannya merah-merah, gatel nggak tau kenapa.

Tapi setelah dicek ternyata ada tungau atau bed bugs di kasur yang ditempatinya.

Ini yakni sebuah kondisi yang sering banget terjadi di suatu hotel. Padahal sebelum check in sudah di cek berulang kali tidak ada masalah tapi hewan kecil ini tetap muncul juga ketika tamu telah in house.

Apa itu Tungau / bed bugs ini?

Jadi menurut wikipedia, tungau ini yakni serangga berjenis cimcidae yang suka numpang hidup di rumah insan khususnya di kasur.

Disebut juga kutu anyir, lazimtinggal dan bertelur di lipatan daerah tidur atau bantal dan daerah-kawasan tersembunyi yang lain.

Tungau mampu menggigit tanpa disadari korbannya, namun gigitan kutu bau akan terasa di pagi hari dan lazimnya dia akan berangasan pada malam hari. ia akan menyebabkan bekas gigitannya yang berupa bentol dan terasa gatal serta panas pada korbannya.

Tungau juga suka dengan kawasan yang gelap. Serangga benalu ini bisa menjadikan penyakit ruam-ruam, efek psikologis, dan tanda-tanda alergi.

Hewan ini beraroma tidak sedap dan sungguh menyengat di hidung. Satu bed bugs betina lazimnya menghasilkan 300-400 telur dalam hidupnya.

Tungau ialah binatang yang hidup atau beraktivitas pada malam hari, mulai dari kecil sampai besar beliau sudah bisa menyantap darah. Terutama darah insan. Tungau mampu hidup tanpa makan 80 hingga 140 hari dan sehabis dapat makan dia mampu langsung membesar 7 kali.

Kondisi ini sering menimbulkan kita kesulitan untuk mencari nya pada siang hari dan tentunya sehabis ia menerima darah/makanan beliau akan sembunyi.

Artinya, dikala tamu kena gigitan dan komplain ke lobby dikala pagi atau siang hari umumnya bab Housekeeping dan pest control ya acting aja bantu-membantu ke kamar alasannya ga akan ketemu.

Karena mereka hidup nya malam kalaupun ketemu artinya di kamar tersebut telah banyak ada bed bugs nya.

Dimana lazimnya kita dapatkan sarang tungau ( bed bugs ) ini?

Penting nih buat kamu bawah umur housekeeping untuk cek spot-spot ini jikalau ada komplin tamu yang mengarah ke tungau. Ini dia area yang wajib di check :

  • Bed Frames
  • Jahitan kasur
  • Skirting boards
  • Karpet
  • Wallppaper

Penyebab Munculnya Tungau

Bed bugs bukan datang dari negara mana atau orang mana. Siapa saja bisa menjinjing bed bugs ke dalam hotel khususnya : Barang tamu, biasanya back packer sering menginap di hotel yang kurang bersih atau lembab, tas tamu yang naik kereta alasannya kawasan peletakan barangnya sering kurang bersih.

Baju atau barang bawaan tamu: alasannya travelling ke gunung atau menginap di suatu daerah yang kurang higienis dan baju atau pakaiannya belum di laundry jadi ini bisa menyebabkan kawasan yg tenteram buat si bed bugs.

Bahkan vacuum mampu jadi alat penyebaran jika vacuum tersebut telah di gunakan di kamar yg terkena bed bugs.

Akan tetapi tidak dibersihkan dan hanya ditaruh saja sehabis kerja oleh anak Housekeeping di store. Nah malamnya dia bisa keluar ke linen atau kamar bersahabat dengan store kita.

Penanganan kamar yang terkena tungau

Langkah pertama OOO kan kamar yg terkena bed bugs serempak dengan kamar kiri dan kanan serta depannya. Bila di butuhkan semua kamar yg satu koridor, jika di perlukan. Setelah itu panggil segera pest control dan jangan menjamah apapun dikamar hingga mereka datang. Tentunya pindahkan tamu ke kamar yang lain.

Ada 3 treatment atau cara menangani tungau yang umumnya di lakukan :

Cara mengatasi tungau (bed bugs)
source: freepik.com

1. Initial Treatment

  • Pest control akan memeriksa kamar yang terindikasi dan kamar lain yang berdekatan
  • Penyemprotan insektisida sarat di area kamar
  • Pindahkan sementara kasur dan furniture sesudah itu
  • Biasanya kamar akan dikosongkan selama 5 hari

2. Follow Up Setelah 5 hari

  • Pest control akan menganalisa sekali lagi kamar yang terindikasi yang telah di treatment
  • Ketika kamar telah di asumsikan telah higienis, berikutnya bersihkan kembali area kamar dan buang vacuum bag. Serta perbaiki retakan dan wallpaper yang rusak
  • Siapkan kamar untuk bisa dijual kembali

3. Satu Bulan Setelahnya

  • Berikutnya sebulan sehabis kamar tersebut di treatment, pest control akan melakukan pengecekan sekali lagi terhadap kamar tersebut dan kamar disekitarnya.
  • Jika semua telah ok dan tidak ada indikasi tungau lagi bermakna penanganannya sukses

Itulah 3 mekanisme atau cara mengatasi tungau (bed bugs) yang lazimnya di terapkan oleh hotel pada umumnya. Semoga berguna !

Baca Juga: Prosedur Penanganan Kamar DND (Do Not Disturb)

Artikel Menarik Lainnya: