TintaTeras

10 Urutan Pemakaian Skincare Harian Yang Wajib Dilakukan

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram

Punya wajah yang sehat niscaya menjadi impian banyak orang. Hal ini mampu dicapai jika kamu bersungguh-sungguh melaksanakan perawatan wajah, salah satunya dengan rutin memakai skincare. Nah, supaya kesudahannya optimal,  kamu bisa terapkan urutan pemakaian skincare berikut ini!

Namun sebelum itu, tentukan dulu jikalau produk skincare yang kamu miliki sudah lengkap dan memang cocok dengan jenis kulit wajahmu. Hal ini penting, mengenang ketika ini ada banyak sekali produk skincare yang kadang kala justru berbahaya bagi kulit.

Selanjutnya, jikalau semua telah siap, segera kerjakan tahapan-tahapan berikut ini untuk menerima kulit tampang yang sehat, terawat, bahkan tampak makin cerah dan bercahaya.

1. Cleanser

urutan pemakaian skincare

Urutan pemakaian skincare yang pertama yaitu mengaplikasikan cleanser. Hal ini memiliki kegunaan untuk tahap awal pencucian muka dari banyak sekali kotoran, minyak, juga makeup yang dipakai. Pengaplikasian cleanser mampu dilakukan pada proses penggunaan skincare pagi maupun malam hari.

Jika sudah melakukan tahapan ini, wajah kau akan terbebas dari berbagai kotoran. Artinya, proses pemakaian produk skincare yang lain mampu secepatnya dilakukan. Pengaplikasian produk skincare pada kulit paras yang higienis akan membuatnya kian gampang diserap, sehingga manfaatnya pun akan semakin gampang dicicipi.

Nah, cleanser dalam urutan pemakaian skincare juga terdiri dari berbagai macam. Di antaranya adalah sebagai berikut!

  • Cleansing foam, cocok untuk segala jenis kulit—baik normal maupun berminyak. Contohnya Sariayu Facial Foam.
  • Cream cleansing, cocok untuk pengguna dengan kulit kering dan sensitif. Contohnya Viva Cosmetics Cleansing Cream.
  • Cleansing gel, cocok dengan kulit normal dan berminyak, karena produk ini tidak mempunyai banyak busa. Contohnya Clinelle PureSwiss Cleansing Gel.
  • Micellar water, produk cleanser berbahan dasar air yang umum dipakai pada tahap pertama double cleansing. Contohnya Garnier Micellar Cleansing Water Blue.
  • Cleanser balm, cocok untuk kulit kering dan bisa mengangkat sisa makeup yang berat mirip concealer dan tabir surya. Contohnya Pond’s Cleansing Balm.
  • Cleanser oil, cocok untuk segala jenis kulit dan mampu mengangkat kotoran wajah dengan risiko paling minimal. Contohnya Biore Cleansing Oil.

2. Face Wash

Urutan pemakaian skincare berikutnya ialah face wash. Tahapan ini bisa dikerjakan sebanyak dua kali sehari, ialah pada pagi dan malam hari. Tujuannya yaitu untuk memutuskan kulit paras benar-benar bersih sehabis menggunakan cleanser.

Di samping itu, mencuci muka dengan produk face wash juga akan menciptakan wajah kamu menjadi lebih segar. Oleh alasannya itu, tentukan kamu menentukan produk untuk basuh tampang yang tepat dan cocok dengan abjad kulitmu.

Face wash dan cleanser sendiri sering dianggap sama oleh sebagian orang. Padahal keduanya berlainan. Penggunaan produk face wash perlu dibilas, sementara cleanser tidak. Dalam tahapan skincare, kau bisa memakai cleanser saja, face wash saja, ataupun memakai keduanya secara serempak, bergantung pada jenis kulit.

Berikut adalah beberapa produk face wash yang direkomendasikan sesuai jenis kulit.

  • Himalaya Moisturizing Aloe Vera Face Wash cocok untuk kulit kering.
  • Biore Facial Foam Bright & Oil Clear cocok untuk kulit berminyak.
  • Pond’s Acne Solution cocok untuk kulit berjerawat.
  • Emina Bright Stuff Whip Face Wash cocok untuk kulit kombinasi.
  • Evershine Moringa Facial Wash cocok untuk kulit sensitif.

3. Toner

urutan pemakaian skincare

Toner menjadi urutan pemakaian skincare berikutnya. Tahapan ini mampu dijalankan pada pagi dan malam hari sebagai upaya untuk menyegarkan kulit. Produk toner memiliki banyak sekali kandungan yang baik untuk menghidrasi dan memanjakan kulit kering maupun sensitif.

Untuk mengaplikasikannya dalam urutan pemakaian skincare, kamu mampu menyapukan toner seperlunya ke seluruh bagian wajah sembari dipijat-pijat lembut. Hal ini dilakukan biar manfaat produk tersebut dapat terserap kulit dengan sempurna.

Berikut yaitu beberapa kiat memilih toner.

  • Kulit berminyak dan berjerawat, pilih toner yang mengandung AHA dan BHA yang bisa membuka pori-pori tersumbat dan menghilangkan bisul.
  • Kulit kering dan sensitif, pilih jenis hydrating toner, yang bisa mengisi kembali cairan yang hilang pada kulit tampang.

4. Essence

Urutan pemakaian skincare selanjutnya ialah mengaplikasikan essence. Produk ini kerap dianggap sama dengan toner, tetapi sebenarnya sungguh berlainan. Keduanya bahkan tak bisa saling mengambil alih, tetapi bisa saling melengkapi. Artinya, essence mampu digunakan bersama dengan toner.

Untuk urutannya, kau mesti menggunakan toner dahulu sebelum essence. Toner berkhasiat untuk kembali menyeimbangkan pH tampang yang mungkin terusik dikala mencuci muka. Sementara essence menunjukkan vitamin untuk tampang supaya selalu sehat. Penggunaan essence akan membuat kulit kering jadi berair, dan kulit berminyak tak akan jadi lengket.

Berikut yaitu beberapa produk essence yang cocok untuk segala macam kondisi kulit.

  • Safi Age Defy Gold Water Essence.
  • Wardah White Secret Pure Treatment Essence.
  • Avoskin Perfect Hydrating Treatment Essence.

5. Serum

urutan pemakaian skincare

Serum mesti masuk urutan pemakaian skincare selanjutnya jikalau kau memang ingin menggunakannya. Menurut Cosmopolitan, pemakaian serum yaitu opsional atau tidak wajib. Jika kamu memutuskan menggunakan produk ini, pastikan untuk mengaplikasikannya setelah pemakaian toner maupun essence.

Serum sendiri mempunyai beragam manfaat, mulai dari mencerahkan kulit hingga menetralisir noda-noda bekas infeksi, dan sebagainya. Berikut adalah berbagai macam serum sesuai manfaatnya.

  • Anti-aging serum, misalnya Wardah Renew You Anti Aging Intensive Serum.
  • Skin brightening serum, contohnya Scarlett Whitening Brightly Ever After Serum.
  • Agne fighting serum, contohnya Scarlett Whitening Acne Serum Original.
  • Hydrating face serum, contohnya Somethinc HYALuronic9 + Advanced.
  • Exfolliating face serum, misalnya Whitelab Peeling Serum.
  • Repairing serum, contohnya Snail Truecica Miracle Serum.

6. Sheet Mask

Berikutnya, kamu bisa memasukkan sheet mask dalam urutan pemakaian skincare. Produk ini berbentukmasker wajah dalam bentuk lembaran yang umumnya terbuat dari serat alami. Sheet mask memiliki aneka macam kegunaan untuk perawatan wajah, di antaranya mampu melembapkan dan menutrisi kulit.

Pemakaian sheet mask bisa dilakukan saban hari untuk mendukung tahapan skincare rutin harian. Namun, pastikan bahwa kandungan sheet mask tersebut tidak terdapat asam glikolat. Zat ini disebut terlalu berpengaruh jika digunakan setiap hari, sehingga mampu mengakibatkan kulit iritasi.

Untuk hasil terbaik, pemakaian sheet mask seharusnya cukup dilakukan tiga kali dalam seminggu. Pastikan pula untuk memilih sheet mask dengan kandungan yang cocok dengan keadaan kulit biar tidak mengakibatkan aneka macam problem.

Berikut ini yakni beberapa saran produk sheet mask yang bisa kau pilih.

  • Garnier Serum Mask Hydra Bomb Sakura Glow untuk menangani masalah kulit kering.
  • Acnemed Pore Tightening Charcoal Facial Sheet Mask untuk kulit yang berminyak.
  • Avoskin Miraculous Divine Aura Liquid Sheet Mask untuk kulit berjerawat dan beruntusan.
  • Ariul 7 Days Mask Aloe and Bamboo Water untuk kulit sensitif.

7. Eye Cream

urutan pemakaian skincare

Eye cream atau krim mata juga termasuk dalam urutan pemakaian skincare harian. Eye cream bermanfaat untuk merawat kulit di sekitar mata. Pemakaian krim ini secara terstruktur akan menangkal hadirnya bintik-bintik di sekeliling mata, juga gejala penuaan dini lainnya. Di samping itu, eye cream juga akan membuat matamu tampak lebih segar.

Walau demikian, zat-zat yang terkandung pada produk eye cream sebagian besar sudah ada pada produk pelembap dan tabir surya. Oleh alasannya adalah itu, produk ini sebetulnya tidak wajib dipakai jika kau sudah menggunakan pelembap dan tabir surya. Namun, menentukan tetap menggunakan eye cream dalam urutan pemakaian skincare juga bukan hal yang salah.

Berikut ialah beberapa produk eye cream yang bisa kau pilih untuk memberi perawatan pada area sekitar mata.

  • AVOSKIN Intensive Nourishing Eye Cream.
  • SAFI Age Defy Eye Contour Treatment Cream.
  • Whitelab Eye Cream.

8. Spot Treatment

Spot treatment adalah upaya dalam urutan pemakaian skincare yang dilaksanakan untuk merawat atau mengobati infeksi. Produk yang dipakai bisa berbentukkrim antijerawat, gel, maupun yang yang lain. Langkah ini semestinya dijalankan eksklusif pada bagian nanah yang muncul di wajah secara terencana.

Perawatan ini lebih baik dilakukan pada malam hari, alasannya adalah pada saat tersebut tubuh akan melakukan pekerjaan paling keras untuk memperbaiki diri sendiri, termasuk pada kulit bagian wajah. 

Namun demikian, kau harus amati pula proses spot treatment ini dengan pemakaian produk skincare yang lainnya. Alasannya, spot treatment yang dipadukan bersama produk skincare lain yang mengandung retinol bisa menciptakan kulit iritasi.

Jika tetap ingin menggunakannya, kamu bisa melaksanakan urutan pemakaian skincare ini secara terpisah. Spot treatment dipakai pada pagi hari, dan produk skincare dengan kandungan retinol dipakai pada malam hari.

Berikut ini yakni berbagai jenis abses beserta nasehat produk spot treatment yang tepat.

  • Jerawat papule, benjolan kemerahan dengan whitehad di dalamnya, cocok dengan spot treatment yang mempunyai kandungan benzoyl peroxide, salicylic acid, dan welirang.
  • Jerawat pustula, bengkak meradang yang di dalamnya mengandung nanah, cocok dengan spot treatment yang mengandung salicylid acid dan benzoyl peroxide.
  • Cystic agne atau jerawat watu, jerawat berskala besar dan terasa sakit, cocok dengan spot treatment yang mengandung benzoyl peroxide lebih tinggi dari biasanya. Selain itu, semestinya kau juga berkonsultasi ke dokter spesialis kulit.
  • Fungal agne atau infeksi jamur, cocok dengan spot treatment yang mengandung anti-fungal mirip propolis, green tea, azelaic acid, dan welirang.
  • Whitehad, bisul kecil berbentukbintik putih, cocok dengan spot treatment yang mengandung AHA.
  • Blackhad, jerawat kecil berbentukbintik hitam, cocok dengan spot treatment yang mengandung AHA dan BHA.

9. Moisturizer

urutan pemakaian skincare

Moisturizer atau pelembap merupakan urutan pemakaian skincare yang bisa kau gunakan pada pagi dan malam hari. Tahapan ini berguna untuk membuat kulit paras selalu terhidrasi, sehingga terhindar dari aneka macam problem.

Di samping itu, moisturizer juga berperan sebagai pengunci produk skincare lain yang sudah dipraktekkan sebelumnya pada tampang, sehingga bisa bekerja secara maksimal. Berikut ialah tips pemilihan moisturizer sesuai dengan jenis kulit.

  • Untuk kulit berminyak, pilih moisturizer berbahan ringan, bisa dalam bentuk gel ataupun krim.
  • Untuk kulit kering, moisturizer dengan kandungan mirip asam hialuronat, protein, dan latid lebih direkomendasikan.
  • Untuk kulit berjerawat, sesuaikan dengan keadaan kulit, apakah berminyak atau tidak. Lalu pilih rekomendasi seperti di atas.

10. Sunscreen

Terakhir, gunakan sunscreen atau tabir surya dalam urutan pemakaian skincare yang kamu kerjakan. Tahapan ini sangat penting, alasannya adalah sunscreen akan memiliki kegunaan untuk melindungi kulitmu dari paparan banyak sekali zat berbahaya dari luar yang dapat merusak kulit. 

Pemakaian sunscreen seharusnya dilakukan pada pagi hari atau sebelum melaksanakan berbagai aktivitas, khususnya acara di luar ruangan atau di bawah sinar matahari langsung. Berikut bimbingan memilih sunscreen sesuai jenis kulit.

  • Sunscreen dengan kandungan titanium dioksida dan zinc oksida lebih cocok untuk kulit berminyak dan berjerawat.
  • Sunscreen dengan kandungan mirip di atas juga baik untuk kulit kering dan sensitif, atau dengan kata lain titanium dioksida dan zinc oksida dalam sunscreen cocok untuk segala jenis kulit.
  • Untuk kulit normal, kamu bisa memilih aneka macam produk sunscreen, mampu mineral maupun kimiawi. Jika memungkinkan, memilih sunscreen dengan kandungan hyaluronic acid akan memberikan hasil yang lebih optimal.

Itulah 10 urutan pemakaian skincare yang bisa kamu kerjakan saban hari. Upaya ini mampu dipraktekkan oleh wanita maupun pria, demi menerima paras yang sehat dan bersinar.  Tentunya, hasil penggunaan skincare akan lebih maksimal kalau kamu mengombinasikannya dengan menjaga contoh makan, olahraga, dan istirahat terorganisir.

Artikel Menarik Lainnya:

Apa Itu Nomor Briva? Simak Penjelasannya

Apa Itu Nomor Briva? Simak Penjelasannya

March 13, 2024
4 min 2 sec read
Perkiraan Bunga Kartu Kredit Bca Per Bulan

Perkiraan Bunga Kartu Kredit Bca Per Bulan

March 14, 2024
5 min 57 sec read
Cara Buka Situs Bokep

Cara Buka Situs Bokep

July 15, 2024
2 min 32 sec read
Biografi Niels Bohr – Penemu Teori Struktur Atom

Biografi Niels Bohr – Penemu Teori Struktur Atom

March 6, 2009
3 min 58 sec read
10+ Dokter Psikolog Terdekat Dari Lokasi Aku Kini

10+ Dokter Psikolog Terdekat Dari Lokasi Aku Kini

March 25, 2024
5 min 1 sec read
4+ Cara Cek Mutasi Di Atm Bca Melalui Hp Modern 2023

4+ Cara Cek Mutasi Di Atm Bca Melalui Hp Modern 2023

March 15, 2024
3 min 54 sec read