TintaTeras

Ini Daftar Honor Perjaka Pancasila Modern 2023, Minat?

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram

Berapa gaji Pemuda Pancasila? Pemuda Pancasila atau PP adalah salah satu organisasi yang identik dengan seragam khasnya ini sering menjadi perbincangan. PP ialah ormas yang mempunyai seragam bercorak loreng dan sekilas seperti prajurit. Hanya saja warna dasarnya yang berlainan adalah PP menggunakan warna dasar oranye.

Banyak orang penasaran dengan organisasi Pemuda Pancasila. Salah satunya perihal apakah mereka digaji, lalu berapa gaji Pemuda Pancasila? Untuk mengenali gosip tersebut, berikut pembahasannya.

Sejarah Pemuda Pancasila

Sebelum membahas berapa gaji Pemuda Pancasila, penting untuk paham sejarah organisasi tersebut apalagi dulu. Berdasarkan sejarah, dulu ormas PP ini bernama IPKI atau Ikatan Pendukung Kemerdekaan Indonesia.

IPKI adalah sayap politik para petinggi militer yang dulu masih aktif berdinas sekitar tahun 1959. Beberapa tokoh yang berperan dalam mendirikan IPKI yaitu Gatot Subroto, A H Nasution, dan lain-lain.

Para tokoh tersebut tidak berminat untuk ikut serta dalam dunia politik. Ini alasannya terdapat larangan dalam bergabung dengan politik simpel. Maka dari itu, IPKI lahir dan mempunyai tugas melindungi NKRI yang pada waktu itu mulai dirongrong oleh paham komunis yang dipelopori PKI atau Partai Komunis Indonesia.

Di era itulah gerak-gerak PKI senantiasa dibayang-bayangi IPKI. Terutama pada ketika PKI mulai melakukan manuver politik, contohnya dengan mendirikan organisasi Pemuda Rakyat. Lalu IPKI juga mendirikan organisasi bernama PP atau Pemuda Pancasila pada tanggal 28 Oktober 1959.

Lalu pada sekitar tahun 1965, dikala PKI mulai masuk ke sendi kehidupan penduduk , di sinilah PP timbul. Tidak jarang bentrokan terjadi di antara kedua organisasi tersebut adalah antara Pemuda Pancasila dan Pemuda Rakyat.

Pemuda Pancasila Sekarang

Sebelum membahas besaran gaji Pemuda Pancasila, kamu perlu tahu bahwa Pemuda Pancasila ialah ormas yang bebas dari berbagai bentuk politik praktis. Hal tersebut sesuai dengan Musyawarah Besar ke-7 tahun 2001 yang diselenggarakan di Wisma Kinasih, Bogor. Lalu bagaimana dengan acara atau acara organisasi PP?

Untuk arah kegiatannya lebih berkonsentrasi pada aktivitas sosial kemasyarakatan. Jadi para PP akan menggeluti langsung demi melakukan kegiatan yang berkenaan dengan kepentingan masyarakat. Sementara itu, rantai komando yang ada di dalam tubuh PP terdiri dari:

  • Tingkat nasional ada Majelis Pimpinan Nasional.
  • Tingkat provinsi ada Majelis Pimpinan Wilayah.
  • Untuk tingkat kota/kabupaten ada Majelis Pimpinan Cabang.
  • Tingkat kecamatan ada Pimpinan Anak Cabang.
  • Kader di kelurahan yang ialah basis massa paling bawah.

Meskipun begitu, ada beberapa elite politik yang ternyata mendukung ormas tersebut. Misalnya Bambang Soesatyo yang ialah ketua MPR. Beliau dikenali mempunyai jabatan penting di ormas PP selaku Wakil Ketua Umum. Jabatan tersebut ialah jabatan satu tingkat di bawah Ketua Umum.

Selain itu, Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin juga menjadi anggota kehormatan PP. Presiden Joko Widodo mendapatkan pengakuan tersebut saat membuka program Musyawarah Besar PP. Musyawarah tersebut dilakukan pada tanggal 26 Oktober 2019 di Hotel Sultan, Jakarta.

Ormas Pertama yang Memiliki Kantor Pusat di IKN

Menurut Ketua MPR yang sekaligus menjadi Wakil Ketua Umum PP, yaitu Bambang Soesatyo, menyampaikan kalau PP ialah ormas pertama yang akan mempunyai kantor pusat di IKN, Kalimantan Timur. Kantor pusat tersebut bernama MPN atau Majelis Pimpinan Nasional Pemuda Pancasila.

Menurutnya, ini ialah bentuk pertolongan ormas PP kepada rencana pembangunan Ibu Kota Negara yang digagas Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin. Apalagi keduanya merupakan anggota Kehormatan PP.

Beliau juga menerangkan bila prinsip pembangunan MPN PP sesuai dengan prinsip pembangunan IKN. Yaitu, bukan hanya membangun infrastruktur maupun memindahkan bangunan fisik saja dari Jakarta ke Kaltim. Ini mempunyai arti membangun kota baru yang lebih smart serta kompetitif pada tingkat global. 

Hal tersebut akan menjadi lokomotif kepada beragam transformasi perkembangan Indonesia.

Berapa Gaji Pemuda Pancasila?

Banyak orang ingin tau tentang berapa gaji Pemuda Pancasila selama bergabung dengan organisasi tersebut. Perlu Anda ketahui bahwa, para Pemuda Pancasila tidak mendapatkan gaji atau uang sepeser pun dari organisasinya.

Anggapan ini tentu berbanding terbalik dengan apa yang selama ini beredar di masyarakat. Tidak sedikit yang menganggap bahwa orang-orang yang bergabung dengan organisasi PP ini mendapatkan honor. Bahkan mungkin ada yang menganggapnya mendapatkan gaji bulanan.

Akan namun, pada kenyataannya anggota PP tersebut melaksanakan tugasnya secara sukarela. Mereka beranggapan bahwa yang mereka lakukan adalah demi kepentingan bangsa Indonesia. Padahal seperti Banser dan Kokam juga tidak mendapatkan honor dari organisasinya.

Meskipun begitu, belum dimengerti apakah ada bayaran tertentu saat para anggota PP tersebut membantu dalam mengamankan acara-program tertentu. Misalnya Natal maupun tahun gres. 

Selain itu, terkait dengan keuangan, gaji Pemuda Pancasila berasal dari beberapa sumber. Salah satunya iuran para anggotanya. 

Pemasukan organisasi PP juga berasal dari perjuangan-perjuangan yang mereka dirikan. Bahkan Arif Rahman yang ialah Sekjen PP tidak memungkiri kalau ada anggota PP yang menjadi pengelola parkir, pasar, maupun tempat hiburan.

Tugas Pemuda Pancasila

Sebelumnya Anda telah paham seputar berapa gaji Pemuda Pancasila. Lalu bagaimana dengan tugas para anggota PP? Beberapa tugas anggota PP antara lain:

1. Membantu Mengamankan Acara

Tugas atau peran Pemuda Pancasila adalah menolong mengamankan program. Untuk tugas yang pertama ini mungkin Anda juga sering bertemudengan para anggota PP yang ikut membantu mengamankan acara tertentu. Misalnya saat ada acara di desa atau rumah seseorang.

Tidak jarang para PP tersebut ikut hadir dan secara sukarela mengamankan acara tersebut. Misalnya dengan mengontrol lalu lintas agar tidak macet, membantu mengamankan kawasan parkir para tamu, dan lain-lain.

Meskipun para PP melakukannya secara sukarela, lazimnya pemilik rumah atau pihak penyelenggara tetap memberinya imbalan. Misalnya dengan menawarkan konsumsi atau mungkin memberi uang.

2. Membantu Kepentingan Umum

Berikutnya, para Pemuda Pancasila juga bertugas membantu dalam aktivitas yang berhubungan dengan kepentingan lazim. Misalnya ketika desa mengadakan program tertentu, para PP tersebut akan hadir untuk membantu biar aktivitas yang diselenggarakan di desa tersebut tanpa gangguan mulai awal sampai akhir.

3. Membantu Bencana Alam

Selain kedua peran di atas, para Pemuda Pancasila juga kerap membantu para korban petaka meski tidak mendapat gaji bulanan. Biasanya mereka ditugaskan untuk mendatangi kawasan atau lokasi terjadinya petaka.

Setelah itu para PP membantu mengevakuasi para korban. Ada juga yang membantu dalam mencari para korban yang mungkin masih belum didapatkan.

Apakah Organisasi PP Identik dengan Preman?

Selain membicarakan honor Pemuda Pancasila, tak sedikit yang menganggap bahwa ormas tersebut identik dengan preman. Pendapat ini menyebar di penduduk luas. Apalagi penyebarannya lewat media sosial di mana banyak konten baik di Instagram, Facebook, maupun TikTok.

Banyak artikel mengenai hal-hal negatif yang dilakukan anggota dari ormas tersebut. Hal ini memunculkan pikiran masyarakat yang menerka bahwa ormas ini identik dengan preman. Meskipun demikian, pikiran seperti ini pastinya tidak benar.

Akan tetapi, anggota PP memang berasal dari banyak sekali kelompok. Ini sebab anggota-anggota tersebut merupakan orang-orang bebas atau free man. Mereka yang ialah anggota Pemuda Pancasila yaitu juru parkir, calo tiket, bahkan hero pasar.

Maka dari itu, fikiran bahwa anggota PP merupakan preman pasti kurang sempurna. Meskipun ada video atau anggota PP yang terkesan semena-mena, kemungkinan itu hanya oknum saja. Kaprikornus, tidak mampu mengeneralisir semua anggota Pemuda Pancasila memiliki perilaku seperti yang dikerjakan oleh oknum tersebut.

Sudah Paham perihal Gaji Pemuda Pancasila?

Sekian pembahasan seputar gaji Pemuda Pancasila serta seperti apa kiprahnya di masyarakat. Kesimpulannya, mereka ialah para anggota sukarelawan yang tidak menerima honor dari organisasinya. 

Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan para anggota yang bertugas di program-program tertentu akan menemukan konsumsi atau duit makan sebagai bentuk terima kasih. Semoga artikel tentang peran-peran gaji Pemuda Pancasila ini bermanfaat. Baca juga postingan hotelier.id lainnya, supaya wawasanmu kian luas!

Artikel Menarik Lainnya: