TintaTeras

Pantai Krakal: Pesona Serta Gosip Wisatanya

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram

Letaknya yang berada di segi selatan Jawa, Jogja populer dengan pantainya yang bermacam-macam. Kamu bisa mendapatkan banyak jenis pantai yang mempesona dari tempat Gunungkidul, Bantul, hingga Kulon Progo. Salah satu yang akan artikel ini bahas yaitu Pantai Krakal yang berada di Gunungkidul.

Objek rekreasi yang satu ini sangat terkenal di kelompok turis karena banyak kegiatan yang bisa dilakukan. Selain itu, panorama pantai ini bisa membuat kamu betah berlama-usang di sana. Seperti apa sih keseruan berlibur di sana? Simak postingan berikut supaya kau mantap berkunjung ke pantai tersebut!

Terbentuknya Pantai Krakal

Kamu tidak akan menyangka bahwa dulunya, pantai ini ada di dasar bahari. Ya, pantai ini muncul sebab adanya sebuah kejadian epirogenesa negatif yaitu pergerakan kerak bumi yang berakibat naiknya lapisan bumi. Sangat menawan, bukan?

Tentunya, insiden tersebut terjadi dengan rentang waktu yang panjang. Dari insiden tersebut kau mampu mendapatkan dua watu karang besar. Karena ukurannya tersebut, watu karang ini akhirnya digunakan selaku pembatas antara pantai satu dengan lainnya. 

Menariknya, watu karang tersebut bisa kau naiki dan sudah dibuatkan jalannya sehingga kamu mampu menikmati panorama dari atas. Perlu kamu tahu juga, asal ajakan dari nama Pantai Krakal diambil dari bebatuan karangnya, alasannya dalam bahasa Jawa karang disebut dengan krakal. 

Bisa Ngapain Aja sih di Pantai Krakal?

Kamu pasti sudah bisa membayangkan apa saja kegiatan yang mau kamu kerjakan jikalau di pantai. Tidak hanya berjemur saja, kamu juga mampu melakukan kegiatan berikut selagi di Pantai Krakal:

1. Berjemur dan Berenang

Piknikwisata.com

Berjemur dan berenang ialah acara yang tidak boleh ketinggalan dikala berwisata ke pantai mana pun. Alasan lainnya, luas garis pantai ini meraih 4 km, sehingga kamu bisa berjemur kalem sampai melaksanakan olahraga voli dan juga sepak bola.

Masih kurang rasanya saat berjemur jikalau tidak mencoba bermain-main dengan pasir putih pantainya yang bisa dibuat istana pasir. Berenang dan berkejaran dengan ombak pun tidak bisa kau lewatkan ketika berkunjung kemari.

2. Naik ke Bukit Karang

Piknikwisata.com

Bukit Karang yang menjadi ikon Pantai Krakal tidak mampu kamu lewatkan begitu saja. Naiklah ke bukitnya, kau akan menerima pemandangan hebat dari atas bukit tersebut. 

Kamu tidak perlu cemas kesusahan menaikinya, sebab sudah ada tangga yang bisa kamu lalui. Di atas bukit, banyak spot foto yang bisa dijadikan latar untuk mengabadikan momen. 

3. Snorkeling

Piknikwisata.com

Pada dasarnya, tidak semua pantai bisa dijadikan kawasan snorkeling. Namun, di pantai ini kamu bisa menyaksikan biota bahari secara pribadi dengan ber-snorkeling. 

Di sana, kamu dapat menyewa perlengkapannya di pantai mulai dari vest, kacamata snorkeling, sampai sepatu katak mampu kau sewa dengan harga sekitar Rp50.000,00. 

Jangan lupa untuk membawa kamera yang telah dilindungi plastik waterproof agar kau bisa mengabadikan momen menyelam bareng ikan-ikan di dalam bahari.

4. Menikmati Sunrise dan Sunset

Jika kamu bermalam di erat pantai, jangan lewatkan untuk menikmati sunrise-nya. Tidak kedapatan sunrise? Tidak duduk perkara, dikala siang kamu bisa bermain-main di pantai dan tunggu sampai sore.

Saat sore, kamu mampu menanti detik-detik matahari terbenam. Sunset di pantai ini punya spot terbaik di Jogja.

5. Surfing

Piknikwisata.com

Tidak hanya snorkeling, kau juga mampu menjajal surfing di beberapa lokasi pantai yang mempunyai ombak besar. Untuk kamu yang menyukai tantangan, wahana surfing yaitu hal yang bisa kau coba. 

Tenang saja, di sini ada yang menawarkan papan surfing sampai menerima jasa pelatihan surfing sampai hebat. Harga sewa papannya pun tidak terlampau mahal, ialah hanya sekitar Rp50.000,00, begitu juga dengan jasa pelatihan surfing-nya. 

Perlu kau waspadai, kau mesti berhati-hati dengan karang yang ada di pantai supaya tidak menjadikan luka. Selain itu, keberadaan hewan maritim seperti ubur-ubur dan landak bahari juga perlu waspadai, jangan sampai terkena sengatan dan durinya.

6. Mencari Ikan Hias

Piknikwisata.com

Saat air surut, kamu akan menjumpai karang-karang yang sarat dengan rumput laut dan biasanya juga banyak ikan yang terjebak di bebatuan karang. Kamu bisa menggunakan potensi ini untuk mencari ikan-ikan hias.

Jenis ikan yang bisa kamu jumpai ialah ikan damselfish yang memiliki warna kuning dengan aksen biru dan ikan berwarna biru terang. Perhatikan juga langkahmu, jangan hingga terkena duri bulu babi.

Tiket Masuk dan Jam Operasional

Tempat Pemungutan Retribusi (TPR) di pantai Gunungkidul mempunyai metode pembayaran tiket masuk sekali untuk beberapa tempat pantai yang masih satu tempat. 

Jika kau berwisata ke Pantai Krakal, ongkos yang dikenakan cuma sebesar Rp10.000,00 per orang untuk tiket masuk dari Pantai Baron sampai Sundak. Sangat murah, bukan?

Jadi, bila kamu mampir ke daerah Pantai Baron hingga Sundak tidak akan dikenakan ongkos pemanis. Hanya saja, kamu perlu biaya parkir kendaraan sebesar Rp2.000,00 untuk motor dan Rp5.000,00 untuk mobil.

Jam operasional TPR pantai lazimnya dimulai dari pukul 08.00 WIB. Namun, kamu mampu berada di pantai sehari penuh dengan mencari penginapan atau juga bisa berkemah di sekeliling pantai. Dengan begitu, kamu juga tidak akan ketinggalan menikmati sunrise atau sunset di pantai.

Fasilitas yang Kamu Dapatkan 

Saat berkunjung ke pantai, selain melaksanakan aneka macam acara pantai, kamu juga akan memerlukan akomodasi wisata mirip kawasan parkir kendaraan, kamar mandi, dan ruang ibadah. Oleh sebab itu, kamu tidak perlu galau bila berkunjung ke sini karena semua fasilitas telah lengkap. Selain itu, beberapa kemudahan lainnya mirip: 

1. Olahan Makanan

Jika telah lelah berenang dan bermain, jangan lupa untuk menikmati masakan yang ada di Pantai Krakal. Terdapat aneka macam macam olahan seafood yang mampu kamu nikmati di sini. Mulai dari yang digoreng, dibakar, dibumbui asam elok, dimasak rica, dan lainnya.

Kamu tidak butuhragu akan kenikmatan dari olahan seafood-nya karena bahan yang digunakan masih fresh. Jangan lewatkan juga untuk mencicipi makanan ringan rempeyeknya. Camilan rempeyek tersebut terbuat dari umbal-umbal, adalah hewan laut yang menempel di karang. 

2. Penginapan

Untuk penginapannya sendiri, ada beberapa homestay yang bisa kau sewa. Harga sewanya beraneka ragam mulai dari Rp150.000,00-an. Selain itu, ada juga hotel yang harga sewa kamarnya bisa meraih Rp500.000,00 per malam.

Dengan bermalam di tempat Pantai Krakal, kamu tidak akan ketinggalan momen sunrise di pantai. Demikian pula saat kau bermain di pantai hingga malam, kamu tidak perlu cemas akan perjalanan malam dan mampu bermalam terlebih dahulu.

Akses dan Tips ke Pantai Krakal

Lokasi dari Pantai Krakal berada di Desa Ngestiharjo, Kecamatan Tanjungsari, Gunungkidul. Lokasinya berjarak 65 km dari kota Jogja dan memakan waktu kurang lebih sekitar 2 jam perjalanan. Kamu bisa menuju pantai lewat rute Piyungan, kemudian Bundaran Tugu BPD, Wonosari, Tanjungsari dan akan datang di pantai.

Berbeda lagi kalau kau memulainya dari Solo, kau bisa memotong jalan dengan berbelok ke arah selatan pada pertigaan yang sempurna berada di depan candi Prambanan. Lalu, perjalanan kamu mampu berlanjut ke arah kota Wonosari.

Sepanjang jalan menuju pantai, kamu akan disajikan indahnya pemandangan perbukitan kapur berwarna putih. Tidak cuma itu, makin sering kamu memperoleh batu karang di perjalanan mempunyai arti pantai yang kau tuju telah erat. 

Agar wisata kau berkesan dan selamat kembali ke tempat tinggal, ada baiknya kamu ikuti beberapa tips berikut: 

  • Gunakan kendaraan langsung alasannya adalah transportasi biasa jarang dijumpai untuk menuju ke sana. Oleh karena itu, supaya perjalanan kamu aman dan tidak ada hambatan, semestinya gunakan kendaraan pribadi atau menyewa.
  • Jika ingin bermain di bebatuan karang, sebaiknya kau mempersiapkan dan menenteng sepatu atau  sandal. Alas kaki yang lebih direkomendasikan yakni sepatu jenis bot. Hal tersebut karena kondisi watu karangnya terjal dan tajam.
  • Tetap berhati-hati kepada eksistensi batu karang ketika menjajal kegiatan surfing. Perhatikan juga binatang bahari yang berbahaya seperti ubur-ubur dan bulu babi. 

Yuk Rencanakan Liburan ke Pantai Krakal!

Meskipun perjalanan ke Pantai Krakal mengkonsumsi waktu dari pusat Kota Jogja, hal tersebut akan terbayarkan dengan keindahan pantainya.

Agar perjalananmu terencana dengan baik, seharusnya kamu siapkan daftar perjalanannya mulai dari kini. Ajak sahabat-temanmu berlibur juga supaya makin seru dan menyenangkan. Siapkan kamera terbaik untuk mengabadikan momen kau dikala di pantai. Kunjungi juga Bukit Pengilon, hidden gem yang sedang populer di Gunungkidul Jogja.

Artikel Menarik Lainnya: