TintaTeras

Gamplong Studio Alam, Ulasan Dan Harga Tiket Masuk

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram

Anda cari rekomendasi tempat rekreasi di Yogyakarta yang unik? Ada Gamplong Studio yang tidak kalah mempesona dibandingkan daerah rekreasi populer di Jogja mirip Malioboro. Studio Alam Gamplong yaitu objek wisata gres di Yogyakarta yang sayang untuk dilewatkan.

Saat ini, ikon baru Jogja ini sedang terkenal sebab sutradara populer Indonesia, Hanung Bramantyo melakukan syuting film Bumi Manusia di sini.

Bagi penggemar perfilman wajib datang ke Studio film Gamplong ini yang mempunyai banyak spot menarik dan instagramable.  

Sekilas Tentang Gamplong Studio Yogyakarta

Berikut ini yakni isu ihwal Gamplong Studio yang perlu Anda ketahui sebelum tiba pribadi ke kawasan wisata ini:

1. Daya Tarik

Sekilas Tentang Gamplong Studio Yogyakarta

Kini, kawasan rekreasi gamplong sungguh populer alasannya adalah mempunyai pesona yang berlawanan daripada daerah wisata yang lain di Yogyakarta. Berlokasi 16 km dari sentra kota Yogyakarta tempat wisata ini memiliki spot-spot unik yang khas zaman dahulu di Indonesia.

Saat pertama memasuki area rekreasi Studio Alam Gamplong para hadirin akan dimanjakan dengan beberapa bangunan periode era 16-17 yang sungguh unik. Contohnya set pasar Gamplong yang khas dengan keadaan pasar pada zaman dahulu di Indonesia.

Selain itu ada juga bangunan yang permanen seperti pendopo yang jadi landmark khasnya Gamplong Studio. Dijuluki mini Hollywood nya Indonesia Studio Alam Gamplong tidak kalah mengasyikkan untuk jadi kawasan rekreasi keluarga.

Anda juga memungkinkan melaksanakan Prewedding di Studio Alam Gamplong dan beberapa aktivitas lainnya alasannya lokasi ini membuka sewa untuk pemotretan. Anda pasti akan mendapatkan look yang keren untuk segala bentuk pemotretan.

Baca juga: Bukit Bintang Jogja, Ulasan Lengkap Hingga Harga Tiket Masuk

Untuk melakukan aktivitas tersebut anda mampu konsultasi perihal biaya dengan pengurus tempat rekreasi ini. Ada beberapa hukum yang perlu dipenuhi kalau anda ingin menjadikan lokasi Studi Gamplong selaku tempat berfoto secara eksklusif.

Daya tarik utama dari Studio Alam Gamplong ialah selaku fasilitas edukasi film di Indonesia. Tempat wisata ini memang didedikasikan untuk para pekerja seni terutama di dunia perfilman. Itulah sebabnya daerah rekreasi ini cocok buat anda yang suka dengan dunia film.

Studio film Gamplong memang sengaja dibuat untuk memberi pengalaman berfilm sebagai bentuk investasi jangka panjang dalam dunia entertainment di Indonesia. Jadi tidak aneh jika tempat rekreasi ini memiliki banyak set yang mempesona untuk diabadikan.

2. Lokasi

Lokasi Studio Gamplong yaitu di sumberrahayu, moyudan Kabupaten Sleman tempat istimewa Yogyakarta. Berada di tempat kulon Progo, lokasi Studio Gamplong tidak jauh dari pusat kota Yogyakarta.

Itulah sebabnya tempat rekreasi ini disebut juga dengan Gamplong Alam Sleman. Anda tidak perlu khawatir alasannya lokasi kawasan wisata ini gampang dijangkau dengan Google Maps.

Sehingga anda tidak akan kesusahan untuk sampai di Studio Gamplong.

3. Akses Menuju Gamplong Studio

Kraton Kerto Gamplong Studio
Kraton kerto

Akses menuju Gamplong Studio cukup gampang sebab jalan telah rapi dan tenteram dikendarai baik roda dua maupun roda empat. Jika Anda berangkat dari sentra kota Yogyakarta nol KM maka hanya perlu jalan dari arah barat lurus mengikuti ringroad Selatan Yogyakarta hingga hingga ke jalan Wates.

Kemudian dari jalan Wates km 15 atau tepatnya persis di pertigaan klangon, belok ke kanan lalu lurus hingga menyeberang rel kereta api. Kemudian ambil lajur kiri dan mengikuti jalan hingga terlihat ada suatu lapangan.

Lalu ambil jalan sebelah kiri sekitar 350 meter dari rel tersebut Anda akan menemukan lokasi studio alam Gamplong. Di sana Anda juga bisa memakai pemandu setempat untuk memperoleh derma menuju ke objek rekreasi yang Istimewa di sana.

Rute ini juga tidak jauh berlainan bila Anda Dari Malioboro ke Studio Gamplong. Akses ini karena pasar Malioboro tidak jauh dari titik nol KM Yogyakarta alias tugu Jogja.

4. Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk Studio Alam Gamplong sungguh murah semarak karena tidak dipatok jumlah biayanya. Kaprikornus di depan pintu masuk tempat wisata ini pengunjung akan disediakan kotak yang mampu diisi seikhlasnya.

Pengunjung cuma perlu membayar bila ingin berfoto dengan beberapa set lokasi film yang telah disediakan mirip berikut ini:

  • Tiket set kereta tua 5.000
  • Tiket set museum Ainun 5.000
  • Tiket set museum film bumi insan 10.000
  • Tiket set galeri mripat lawas rp10.000

Di di lokasi set kereta tua hadirin disuguhi berbagai jenis kereta api zaman dulu dengan replika yang cukup baik. Di museum Ainun, pengunjung disuguhi berbagai properti yang pernah dipakai dalam pembuatan film Ainun.

Begitu pula dengan museum bumi insan, di mana pengunjung akan dimanjakan dengan berbagai macam barang yang dipakai untuk syuting film bumi manusia dengan berbagai kostum unik yang terpajang di sana.

Baca juga: Agrowisata Bhumi Merapi: Destinasi Menarik untuk Liburan

5. Waktu Operasional

Sebelum Anda datang ke tempat rekreasi ini, tentukan anda mengenali waktu operasionalnya. Studio film gamplong ini dibuka setiap hari mulai pukul 08.00 WIB hingga dengan pukul 05.00 sore.

Dalam praktiknya waktu operasional kawasan wisata ini mengalami pergantian secara signifikan dikala abad pandemi. Studio gamplong sempat tutup nyaris kurang lebih 3 bulan.

Saat ini kawasan rekreasi Studio Alam Gamplong telah mampu dikunjungi kembali oleh para pengunjung. Anda bisa terus update tentang wisata studio gamplong ini di akun Instagram mereka @gamplong_studio.

6. Fasilitas

Fasilitas di Gamplong Studio

Fasilitas wisata yang mampu diperoleh hadirin kalau datang ke Gamplong Studio yakni bangunan-bangunan yang unik. Seperti bangunan joglo Jawa, Pecinan, nuansa Betawi hingga benteng VOC Belanda.

Pengunjung juga akan dibentuk terkesan dengan aneka macam printilan rincian yang ada di daerah rekreasi ini. Selain itu hadirin juga tidak perlu khawatir kelaparan jika berwisata ke kawasan ini alasannya ada aneka macam warung jajanan yang tersedia.

Fasilitas umum seperti toilet mushola kawasan parkir juga tersedia baik di daerah rekreasi ini. Studio Gamplong Kulon Progo juga memiliki pemandu wisata lokal yang ramah dan mampu membantu para hadirin bila mengalami kesusahan.

7. Sejarah Studio Alam Gamplong

Anda mungkin bertanya Studio Gamplong miliki siapa. Berdasarkan sejarah Studio Alam Gamplong ini diprakarsai oleh mooryati soedibyo yang ialah pendiri dari merk kosmetik ternama mustika ratu dan mulai difungsikan sejak tahun 2017.

Awalnya Mooryati Sudibyo ingin memberi donasi besar pada dunia perfilman di dalam negeri. Kemudian ia bertemu sutradara terkenal Indonesia Hanung Bramantyo sehingga lahirlah film Sultan Agung.

Nah, lokasi syuting film inilah yang kesannya jadi Gamplong Studio dan dihibahkan kepada pemerintah setempat untuk dijadikan kawasan wisata.

Segala ornamen barang yang ada di set film tersebut diatur dan balasannya jadi kawasan rekreasi yang bisa dikunjungi pelancong. Itulah sebabnya dikala ini Gamplong Studio sudah bisa diakses bebas oleh para hadirin.

Tempat rekreasi ini semakin ramai dan terkenal di golongan turis karena mempunyai daya pesona yang unik dengan aneka macam set shooting jaman dulu.

Artikel Menarik Lainnya: