TintaTeras

General Manager Hotel: Pengertian Peran, Wewenang, Dan Honor

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram

Jabatan kelas atas yang ada di hotel salah satunya adalah General Manager (GM). General Manager hotel ialah pekerjaan yang memiliki tanggung jawab yang besar karena mesti mengurus segala sesuatunya supaya tata cara dan SDM berlangsung dengan baik.

GM termasuk jabatan tertinggi sehingga pekerjaannya pasti sangat banyak dan padat.

Meski tugasnya berat, honor General Manager cukup besar sehingga sesuai dengan kinerja yang ada. Pekerjaan ini sering menjadi impian banyak orang khususnya bagi jurusan perhotelan.

Pengertian General Manager Hotel

GM Hotel adalah orang yang melakukan pekerjaan di hotel yang memiliki tugas untuk menyiapkan, mengelola, dan mengontrol semua operasional manajemen hotel sehari-hari. Tujuannya yakni semoga mampu memastikan kinerja hotel berjalan dengan tanpa gangguan.

Apabila kinerja hotel berlangsung tanpa hambatan, tentunya ini bermanfaat bagi hotel tersebut sebab bisnis akan lebih meningkat. General Manager juga disebut sebagai pemimpin yang melakukan pekerjaan di seluruh operasional guna menentukan kualitas perusahaan/hotel.

Banyak kualitas yang harus ditentukan, contohnya mulai dari segi pelayanan, keuangan, fasilitas, hingga menciptakan kebijakan yang harus dipatuhi oleh semua staf. Kebijakan ini dibentuk untuk menunjukkan pelayanan optimal terhadap tamu hotel.

Baca juga: Richard Silaban General Manager Azana Hotel & Resort, Dulunya Seorang Daily Worker Banquet

Tugas General Manager Hotel

Tugas dari GM Hotel sangatlah besar dan berafiliasi dengan hal yang krusial. Hal ini karena General Manager perlu memutuskan hotel tempatnya bekerja dapat berkembang dengan baik.

Oleh sebab itu, GM selaku pemangku kebijakan hotel akan menunjukkan aturan terkait dengan kinerja para stafnya. Selain itu ada juga penilaian dan pengaturan anggaran operasional biar berjalan dengan baik.

Berikut ini yakni beberapa tugas General Manager secara lebih rinci.

  • Memastikan aturan K3 di hotel agar tercipta kesejahteraan karyawan dan supaya menyanggupi aturan undang-undang yang berlaku.
  • Melakukan investigasi terkait pembukuan hotel yang dilaksanakan secara berkala .
  • Melakukan pengawasan terhadap staf hotel secara menyeluruh. Kemudian, mampu mengadakan pelatihan staf untuk mengembangkan kompetensi karyawan.
  • Melakukan penetapan aturan anggaran operasional serta pengadaan hotel.
  • Menilai dan mengevaluasi kepuasan pelanggan dan staf.
  • Mengawasi dan melakukan pemeliharaan terkait dengan barang.
  • Melakukan penataan taman dan keamanan hotel agar tercipta kenyamanan bagi para tamu hotel.
  • Mengawasi segala hal yang berkaitan dengan hotel menurut hukum yang berlaku. GM juga harus senantiasa update peraturan undang-undang modern supaya selalu berhubungan dengan aturan gres.
  • Mengawasi kafe, kedai makanan, aula, dan bar yang ada di hotel.
  • Melakukan riset terkait alur perhotelan mula dari pemesanan, pelayanan kamar, hingga pelayanan hotelnya.
  • Memberikan berita terkait dengan kepariwisataan yang ada di sekitar hotel. Dengan begitu, ini akan menarik pengunjung untuk tiba bermalam sambil berwisata.
  • Mengatur manajemen transportasi yang ditujukan untuk tamu hotel.

Baca juga: Yuk Intip Besaran Gaji Kerja di Hotel Terbaru, Lengkap Semua Posisi!

Wewenang General Manager Hotel

Selain peran manager hotel, berikut akan dibagikan wewenang atau tanggung jawab General Manager Hotel, ialah selaku berikut:

1. Memberikan dan Masukan

Seorang General Manager mempunyai wewenang untuk menawarkan anjuran terhadap setiap manager di bidang tertentu untuk saling berkolaborasi.

Dengan adanya masukan tersebut, kinerja dan kualitas pelayanan hotel menjadi lebih ditingkatkan.

2. Menandatangani Dokumen

Wewenang lain yang perlu dilaksanakan yaitu menandatangani semua dokumen yang berhubungan dengan peraturan hotel. Kaprikornus, setiap peraturan di hotel tidak sah jikalau belum ditandatangani oleh seorang General Manager.

3. Membuat Kebijakan

GM Hotel juga memiliki wewenang menciptakan kebijakan dengan menyaksikan risiko dan kondisi menyeluruh dari hotel.

Dengan adanya kebijakan ini dimaksudkan untuk menjangkau tujuan atau goals perusahaan semoga lebih maksimal.

4. Evaluasi Anggaran Belanja

Anggaran dari pendapatan hotel juga perlu dikelola untuk keberlangsungan bisnis. Jangan hingga terjadi penurunan anggara bahkan anjlok. Oleh alasannya adalah itu, dibutuhkan General Manager untuk memeriksa anggaran belanja hotel.

Semua pengeluaran mesti dibukukan secara detail guna membuat lebih mudah analisis. Jika terjadi persoalan, General Manager nantinya akan mencari penyelesaian dan menerapkan cara untuk menyesuaikan budget belanja dengan pemasukan.

5. Mencari Relasi dan Kemitraan

Untuk membuat bisnis hotel menjadi lebih berkembang, Anda perlu mencari kekerabatan atau mitra dengan perusahaan lainnya. Dengan begitu, modal hotel juga mampu bertambah.

Untuk itu, penting agar mendapatkan hubungan dengan pengusaha lainnya. Kesempatan untuk berinvestasi dan menanam modal di hotel Anda juga mampu meningkat.

6. Membuat Peraturan Internal

General Manager juga memiliki wewenang membuat peraturan internal sesuai dengan kebijakan  peraturan umum. Dengan demikian, pekerjaan menjadi lebih terarah.

General Manager juga perlu berkoordinasi dengan aneka macam divisi untuk menerima keputusan bareng yang memiliki kegunaan meraih tujuan dari perusahaan.

Gaji General Manager Hotel

Pembahasan terakhir ini banyak membuat orang ingin tau. Hal tersebut tentu wajar alasannya adalah General Manager tergolong jabatan tinggi sehingga banyak yang menginginkannya. Bayaran General Manager disesuaikan dengan jenis hotel tersebut.

Di Indonesia, ada aneka macam kelas hotel mulai dari yang bawah, menengah, hingga atas. Biasanya, terlihat dari kelas hotel berbintang berapa. Adapun untuk rata-rata honor GM Hotel ialah antara Rp 5 juta sampai Rp 12 juta setiap bulannya.

Harga yang mengagumkan ini sesuai dengan tanggung jawab besar yang harus diembannya. Selain itu, honor tersebut mampu bertambah seiring dengan pengalamannya yang makin lama melakukan pekerjaan di hotel tersebut.

Penutup

Demikian klarifikasi tentang profesi General Manager Hotel yang banyak dilirik orang. General Manager memiliki peran yang besar dan berpengaruh terhadap pertumbuhan hotelnya. Jadi tentu sepadan antara peran dan gajinya. Bagaimana, apakah Anda kesengsem jadi salah satunya?

Artikel Menarik Lainnya: