TintaTeras

118 Nomor Apa? Simak Klarifikasi Lengkapnya

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram

Banyak yang bertanya 118 nomor apa ya, nomor 118 itu nomor apa atau nomor telepon 118 itu apa, apakah ini nomor call center perusahaan atau kah nomor darurat?

Nomor telepon yang mempunyai tiga nomor mirip ini biasanya tidak jauh dari nomor call center. Bisa berbentuknomor call center perusahaan seperti operator telepon atau pun nomor darurat yang berlaku di Indonesia.

Lantas, 118 nomor telepon apa? Jangan khawatir, alasannya adalah kami sudah merencanakan penjelasan lengkap mengenai nomor 118 itu nomor apa sekaligus tutorial cara menggunakannya. Mari simak penjelasannya di bawah ini.

118 Nomor Apa?

Sebelum kita membahas lebih lanjut, mari kita ketahui apalagi dulu nomor 118 nomor telepon apa. Nomor 118 merupakan salah satu nomor darurat yang ada di Indonesia. Nomor darurat ini penting untuk diketahui oleh seluruh masyarakat Indonesia, untuk menghadapi suasana genting. Dan nomor 118 khusus digunakan untuk layanan ambulans.

Menurut berbagai informasi yang ada, nomor panggil ambulans ialah 118 atau 119. Maka dari itu kita perlu mengetahui no 118 nomor apa, alasannya adalah no 118 merupakan layanan penting yang bisa kita gunakan dalam kondisi darurat.

Sebagai nomor yang dipakai untuk keadaan darurat, panggilan ke nomor 118 masih tetap mampu kita kerjakan walaupun handphone kita dalam kondisi terkunci.

Kenapa 118 Nomor Penting?

Kenapa mengetahui 118 nomor apa itu penting, alasannya kita tidak pernah tahu akan ada kondisi darurat apa yang mau kita hadapi kedepannya. Contohnya kejadian yang memerlukan tunjangan medis, seperti serangan jantung, sesak nafas, ibu melahirkan, kecelakaan, dan lain sebagainya.

Maka dari itu, kau perlu mengingat nomor 118 ini dan bahkan menyimpannya di kontak telepon kamu untuk digunakan dalam keadaan darurat nantinya.

Selain sumbangan medis, nomor 118 juga penting untuk dikenang dalam kondisi genting yang lain untuk menghubungi layanan darurat. Seperti kebakaran, kekerasan, musibah dan tindak kriminalitas.

Nomor 118 ini diciptakan dengan memakai 3 digit angka dengan tujuan biar gampang dikenang dan pastinya akan lebih membuat lebih mudah masyarakat dalam aneka macam penanganan persoalan darurat seperti yang telah disebutkan di atas.

Cara Menggunakan Nomor 118

Setelah mengetahui 118 nomor apa, selanjutnya penting untuk mengetahui cara menghubungi nomor 118. Untuk cara memakai nomor 118 ini bantu-membantu sungguh mudah.

Namun, selaku kunci utama dalam penggunaan nomor 118 ini yaitu tetap hening dan jangan cemas. Karena ada hal-hal yang mesti kamu jelaskan kepada operator dikala menelpon layanan ini.

Di bawah ini kami akan jelasakan bagaimana cara menggunakan nomor 118 ini, sebab, sekali lagi, penggunaannya sangat gampang. Berikut langkah-langkahnya.

  1. Buka sajian “call” atau sajian panggilan pada handphone kau.
  2. Jika kau menggunakan telepon rumah, cukup dengan mengangkat gagang telepon.
  3. Ketik 118 kemudian klik panggil untuk melaksanakan panggilan.
  4. Panggilan akan diterima oleh operator telepon di Call Center 118 untuk diteruskan ke layanan gawat darurat terkait.
  5. Ketika operator sudah tersambung, jelaskan info dengan jelas dan runut. Upayakan untuk tetap damai dikala menawarkan isu semoga tidak membingungkan operator.
  6. Jika operator perlu informasi lainnya, jawablah dengan perlahan dan jelas.
  7. Selama petugas terkait belum hingga ke lokasi, operator akan terus memberikan bimbingan tunjangan pertama.
  8. Ikuti isyarat serta tutorial operator, dan jangan menutup telepon sebelum petugas terkait belum sampai ke lokasi kau.

Hal Lain yang Perlu Diperhatikan Saat Menghubungi Nomor 118

Ada beberapa hal lain yang perlu diperhatikan dikala menelepon nomor 118, salah satunya yakni tetap tenang.

Dalam kondisi darurat tidak siapa saja mampu mengontrol rasa panik juga frustasi. Hal ini dapat menimbulkan ketidakmampuan berpikir jernih bahkan pada beberapa masalah, orang tersebut hanya akan berdiam diri tanpa melakukan atau menjawab apa pun.

Maka dari itu, di bawah ini ada beberapa hal yang perlu sekali diamati ketika menghadapi hal darurat dan menghubungi nomor 118.

1. Kontrol Diri dan Tetap Tenang

Penting sekali untuk dapat menguasai kendali diri dikala menghadapi suasana darurat yang tidak disangka-sangka. Selain itu juga perlu menjaga ketenangan diri semoga tidak menimbulkan kepanikan yang tidak perlu yang bahkan akan menjadi boomerang kepada diri sendiri maupun orang sekitar.

Saat menghubungi nomor 118 pun, hal ini perlu sekali diamati dan dikuasai. Karena kita mesti menjawab semua pertanyaan yang diajukan oleh operator dengan jelas. Dengan begitu, operator mampu mengerti keadaan, suasana dan persoalan yang sedang kita hadapi.

2. Perhatikan Kondisi Sekitar

Mungkin kau pernah melihat huruf di film sedang menelpon kontak darurat namun tidak mengenali persis di mana dia berada? Saat ditanya posisi oleh operator dia kebingungan dan tidak tahu mesti berkata apa.

Jika kita asumsikan mirip itu, hal yang perlu kau lakukan yakni perhatikan keadaan sekitar kamu dan gunakan acuan tertentu. Seperti bentuk bangunan, patokan jalan, pepohonan, dan lain sebagainya yang bisa kamu pakai untuk mendeskripsikan kawasan kau berada.

Untuk melakukannya kamu memerlukan konsentrasi yang lebih tinggi dari sebelumnya karena kamu perlu mendeskripsikan keadaan sekitar kamu. Maka dari itu, kamu harus tetap damai dan upayakan untuk tidak ketakutan.

3. Mengajari Anak Kontak Darurat

Kejadian darurat mirip yang digambarkan di atas bisa saja terjadi pada bawah umur. Dengan kepolosannya anak-anak cuma akan menangis ketika hal itu terjadi. Namun kau mampu mencegah hal itu dengan mengajari anak kontak darurat.

Pertama, kamu mesti mengajari anak untuk menghafal nama lengkap mereka, nama ibu, nama ayah, dan juga alamat daerah tinggal. Setelah itu, ajari mereka bagaimana caranya menekan kontak darurat dan juga menghafal kontak darurat yang diharapkan.

Apakah Nomor 118 Gratis?

Nomor 118 tergolong layanan panggil bebas biaya alias gratis. Hal ini dikarenakan nomor 118 yakni nomor layanan darurat yang dibuat oleh pemerintah untuk melayani masyarakat yang sedang memerlukan sumbangan saat menghadapi insiden darurat.

Namun, walaupun ini layanan panggil bebas biaya, pastikan kau hanya menelepon nomor 118 ketika kondisi darurat saja dan hindari telepon coba-coba.

Nomor Darurat Lainnya yang Berlaku di Indonesia

Ada beberapa nomor darurat yang lain yang berlaku di Indonesia selain 118 untuk layanan ambulans ini. Seperti layanan darurat pemadam kebakaran, polisi, posko tragedi, dan lainnya.

Berikut kami himpun nomor darurat lainnya yang berlaku di Indonesia.

Nomor Telepon Keterangan
118 dan 119 Nomor telepon ambulans
113 dan 1131 Nomor telepon pemadam kebakaran
110 Nomor telepon polisi
115 Nomor telepon Basarnas
129 Nomor telepon posko musibah
123 PLN
112 Layanan panggilan darurat

Kesimpulan

Setelah kami jelaskan 118 nomor apa di atas, supaya tidak ada lagi yang masih kebingungan akan nomor 118 tersebut. Karena nomor 118 merupakan layanan panggil darurat untuk ambulans.

Nomor layanan panggil 118 ini termasuk nomor bebas pulsa atau gratis. Panggilan ke layanan darurat 118 masih dapat dilakukan meski handphone sedang dalam keadaan terkunci. Makara tidak perlu repot dengan sidik jari untuk membuka kunci handphone.

Namun, perlu diamati untuk tidak menelepon nomor 118 untuk main-main dan gunakan nomor 118 ini cuma untuk kondisi darurat saja.

Artikel Menarik Lainnya:

Anjuran  Kedai Makanan All You Can Eat Pamulang 2023

Anjuran Kedai Makanan All You Can Eat Pamulang 2023

March 24, 2024
3 min 22 sec read
Cara Mencari Panjang Gelombang

Cara Mencari Panjang Gelombang

July 14, 2024
2 min 19 sec read
Cara Ngisi Gopay Lewat Bca

Cara Ngisi Gopay Lewat Bca

September 3, 2024
2 min 23 sec read
15 Tempat Camping Di Bandung Yang Paling Populer

15 Tempat Camping Di Bandung Yang Paling Populer

March 12, 2024
2 min 4 sec read
10 Kawasan Wisata Di Bandung Timur Modern & Terhits

10 Kawasan Wisata Di Bandung Timur Modern & Terhits

March 29, 2024
8 min 51 sec read