TintaTeras

15 Kawasan Wisata Kuliner Halal Di Bali Yang Terkenal

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram

Bali menjadi salah satu kawasan wisata yang telah terkenal hingga ke mancanegara. Pulau dewata ini mempunyai bermacam-macam adat, budaya, dan agama di dalamnya.

Tempat ini juga menjadi salah satu tempat yang ramah bagi semua agama, ras, dan budaya. Bagi muslim, ternyata ada banyak pula wisata kuliner halal di Bali yang bisa kau kunjungi.

Rekomendasi Kuliner Halal di Bali

Kebanyakan masyarakat Bali memang memiliki agama Hindu, sehingga kau akan menemui lumayan banyak kawasan makan non halal. Namun tidak usah cemas alasannya Bali juga menyediakan beberapa tempat wisata masakan halal.

1. Warung Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku

Warung Nasi Ayam Kedawetan Ibu mangku telah lebih dari 50 tahun berdiri dan masih terkenal sampai dikala ini, dengan terus menjaga mutu dan rasa makanan. Tempat ini memperlihatkan berbagai macam hidangan kuliner halal yang sudah legendaris dan wajib kamu coba kalau berkunjung ke Bali.

Tempat ini memberikan sajian nasi campur dengan banyak sekali jenis lauk pauk yang mampu para hadirin pesan. Didirikan oleh ibu Made, hingga saat ini ada tiga cabang yang telah dibuka. Pada setiap cabangnya mempunyai konsep tempat yang berbeda dan masih mempertahankan situasi warung rumahan.

Kebanyakan rancangan kawasan makan yang diusung lebih menonjolkan ke konsep natural dengan taman, kolam ikan, dan juga gazebo yang mampu dipakai pengunjung untuk bersantai. Dengan penggunaan resep eksklusif membuat setiap menu yang ada di kawasan ini memiliki rasa yang kaya akan rempah dan yummy.

Ada berbagai jenis nasi yang bisa kamu pesan di tempat ini mulai dari nasi putih ataupun jika lontong. Semua hidangan makanan yang dihidangkan diolah tanpa adonan daging atau lemak babi. Kebanyakan orang lazimnya akan merasa was-was untuk menjajal nasi campur Bali, namun di daerah ini dijamin 100% halal.

  • Berlokasi di Jl. Raya Kedewatan No.18, Kedewatan, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali.
  • Buka saban hari mulai pukul 07.00 WITA sampai 21.00 WITA.

2. Bebek Bengil

Bebek bengil menjadi salah satu kedai makanan populer dan favorit para wisatawan yang berkunjung ke daerah Ubud Bali. Dengan menyuguhkan menu populer berupa angsa yang sudah dibumbui hingga meresap ke dalam daging. Bebek Bengil akan disajikan lengkap dengan sambal matah dan lawar.

Tempat ini bahkan telah didirikan semenjak tahun 1950, di mana pemilik daerah makan ini menggunakan resep keluarga secara bebuyutan. Ada banyak gazebo yang mampu pengunjung gunakan di kawasan ini, selain itu juga mempunyai situasi yang asli ditambah dengan udara Bali yang sejuk.

Salah satu sajian khas Pulau Dewata ini memiliki tekstur yang terasa renyah hingga ke tulang sehingga para pengunjung juga bisa mengonsumsi tulang bebek. Bebek ini telah digoreng hingga warnanya coklat kekuning-kuningan sebelumnya telah direbus selama 3 hingga 4 jam dan direndam dengan bumbu khusus khas Bali selama 12 jam.

Tidak heran rasa yang ditawarkan hidangan ini bisa menciptakan setiap orang akan ketagihan untuk memakannya. Selain menyuguhkan menu angsa bengil, daerah ini juga memiliki beberapa sajian favorit lain mirip nasi campur Bali, nasi campur bebek goreng, dan belibis bakar sambal hijau.

Kebanyakan para hadirin berasal dari aneka macam negara, sehingga tidak heran jikalau kau akan menemui banyak pengunjung yang menggunakan bahasa Inggris. Untuk harga setiap takaran bebek bengil juga cukup terjangkau, sebab dibanderol dengan harga mulai dari Rp132.000 per porsinya, hadirin sudah mampu menikmati satu ekor angsa penggil goreng.

  • Berlokasi di  Jl. Hanoman, Ubud, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali.
  • Buka saban hari mulai pukul 10.00 WITA hingga 22.00 WITA.

Baca Juga: 10 Wisata Kuliner di Bali yang Wajib Dicoba, Terbaru

3. Nasi Pedas Bu Andika

Bagi  turis muslim, tidak perlu khawatir untuk mencari sajian kuliner halal yang ada di Pulau Dewata. Salah satu masakan halal yang bisa kau coba yaitu Nasi pedas Bu Andika, daerah ini menunjukkan aneka macam sajian kuliner yang yummy.

Warung Ibu Andika mempunyai tempat yang sederhana, hanya dengan memakai meja makan dan dingklik yang terbuat dari kayu dengan tatanan yang rapi. Sistem pelayanan di daerah ini juga sungguh ramah dan gesit dalam membantu para hadirin.

Ada banyak lauk pauk yang disediakan tempat ini yang tertata dalam kaca bening, tersedia aneka olahan mie, ayam sisir, perkedel jagung,  semur daging sapi, ayam goreng, sate ayam, teri goreng, dan masih banyak lagi. Salah satu ciri khas yang paling banyak diminati dari kawasan ini adalah olahan sambal pedas bikinan Warung Nasi Bu Andika.

Sambal ini yang dibuat dari tomat, cabai merah besar, cabai merah kecil, garam yang digoreng dengan api sedang. Untuk harga tiap kuliner yang ditawarkan kawasan ini juga cukup terjangkau. Sepiring nasi dengan lauk pauk ayam goreng dan embel-embel sayur serta sambal hanya dibanderol dengan harga mulai dari Rp25.000.

  • Berlokasi di Jalan Patih Jelantik Ruko No.9, Legian, Kuta, Legian, Kec. Kuta, Kabupaten Badung, Bali.
  • Buka setiap hari selama 24 jam sarat .

4. Ayam Betutu Men Tempeh

Ayam Betutu main tempeh menjadi salah satu kuliner khas yang hits di kalangan para pelancong baik domestik ataupun mancanegara. Salah satu alasan yang menciptakan ayam betutu men tempeh cukup terkenal dan banyak diminati yaitu karena cita rasanya yang yummy.

Tempat ini bahkan telah bangun sejak tahun 1970-an, Ayam Betutu biasanya akan disajikan pada pesta ataupun upacara akhlak serta keagamaan. Salah satu hal yang membuat sajian ayam betutu di kawasan ini cukup berlawanan daripada sajian ayam betutu yang disajikan kedai makanan lain ialah sebab penggunaan ayam kampung dan bumbu yang sangat khas.

Menu ini juga mempunyai sambal ekstrapedas yang dijamin membuat para pengunjung semakin ketagihan. Dengan rasa bumbu yang gurih dan pedas serta kaya rempah, membuat makanan ini cocok untuk kamu yang sedang merasa  lapar.

Tersedia pula berbagai jenis paket masakan ayam betutu yang mampu kau bawa pulang. Harga yang di banderol kawasan ini juga tidak terlampau mahal alasannya adalah cuma berkisar mulai dari Rp38.000 untuk seperempat ekor ayam betutu original.

  • Berlokasi di Jl. Rajawali, Gilimanuk, Kec. Melaya, Kabupaten Jembrana, Bali.
  • Buka saban hari mulai pukul 07.00 WITA sampai 21.30 WITA.

5. Warung Pecel Bu Tinuk

Pecel menjadi salah satu sajian makanan yang cukup terkenal di seluruh daerah Indonesia, sehingga tidak akan sukar untuk kamu dapatkan menu pecel di Pulau Dewata ini. Namun, masih kecil menjadi salah satu hidangan recommended yang bisa kau coba, salah satunya yakni Warung Pecel Bu Tinuk.

Dengan menawarkan desain rumah makan yang sederhana namun memiliki ambience yang nyaman. Tempat ini memang tidak terlalu banyak memiliki tempat duduk, namun sungguh cukup untuk kau ingin mengajak keluarga atau pun teman, kau juga mampu melaksanakan reservasi apalagi dahulu untuk memastikan keberadaan daerah duduk.

Adanya nasi pecel ini memang telah cukup terkenal di wilayah Bali, bisa menjadi penyelesaian para wisatawan muslim yang ingin mencari masakan halal di pulau dewata ini. Pecel menjadi salah satu menu masakan yang sudah familiar dan nyaris diminati oleh semua lidah penduduk Indonesia.

Pemilik warung juga sudah memberi jaminan bahwa semua sajian masakan dan minuman yang tersedia di daerah ini 100% halal.  Beberapa orang bahkan menyebutkan bahwa nasi pecel yang dijadikan daerah ini ialah nasi pecel terenak yang ada di kawasan Pulau Bali. Untuk harga 1 porsi nasi pecel cuma dibanderol dengan harga mulai dari Rp30.000

  • Berlokasi di Jalan Raya, Kuta, Kec. Kuta, Kabupaten Badung, Bali .
  • Buka saban hari mulai pukul 08.00 WITA sampai 22.00 WITA.

6. Warung Nasi Ayam Ibu Oki

Warung Ibu Oki memberikan menu nasi campur dengan banyak sekali macam lauk yang mampu kamu tambahkan untuk nasi campur. Orang ini bahkan telah memiliki banyak cabang yang tersebar di seluruh wilayah pulau dewata, dengan popularitasnya tak aneh bila warung ini menjadi salah satu daerah yang menawarkan sajian nasi campur andalan banyak orang.

Salah satu hidangan andalan yang disediakan tempat ini ialah ayam betutunya yang terkenal pedas dan lezat. Aroma bumbu khas Bali yang pedas akan menciptakan nasi ayam campur ini menjadi lebih enak. Menyediakan dua jenis ayam betutu yaitu ayam betutu kering dan ayam betutu berair.

Untuk satu takaran nasi ayam ditawarkan dibanderol dengan harga mulai dari Rp25.000. Dengan harga yang terjangkau ini kamu telah mampu menerima nasi ayam dengan beberapa bahari yang cukup mewah dan mengenyangkan perut kamu yang sedang lapar.

  • Berlokasi di Jl. Celagi Basur No.3Y, Jimbaran, Kec. Kuta Sel., Kabupaten Badung, Bali.
  • Buka setiap hari mulai pukul 07.00 WITA sampai 18.00 WITA.

7. Batur Sari Restaurant

Batu Sari Restaurant ialah salah satu kawasan makan yang menawarkan konsep prasmanan bagi para hadirin yang datang. Tempat ini menyediakan daya tarik keindahan alam eksklusif dari gunung dan danau yang ada di Kintamani.

Berada  di Kabupaten Bangli, sehingga mempunyai udara yang sangat sejuk bahkan mencapai 21 derajat Celcius pada siang hari. Dengan view hamparan secara letusan gunung api yang dikelilingi oleh danau,  menjadi salah satu alternatif untuk kau yang ingin healing depresi.

Memiliki beberapa spot foto andalan dengan latar belakang pemandangan Gunung Batur dan Danau Batur. Waktu terbaik untuk mendatangi daerah ini yaitu di pagi hari, alasannya adalah pada saat itu Gunung Batur belum tertutupi oleh kabut sehingga panorama menjadi lebih terang.

Batu Sari Restaurant  menjadi salah satu kedai makanan yang menyediakan konsep masakan prasmanan sehingga hadirin bisa makan sepuasnya. Dengan rancangan ruang makan yang sederhana, tetapi daerah ini tetap nyaman untuk menjadi kawasan berkumpul  bareng keluarga ataupun teman.

Tersedia pula tempat indoor dan semioutdoor bagi para pengunjung, bagi kau yang ingin melihat panorama gunung mampu menentukan area semi outdoor. Tempat ini tidak menyediakan pendingin ruangan atau AC sebab  telah memiliki udara  yang cuek.

Untuk sajian makanannya merupakan perpaduan antara makanan Indonesia, masakan China, dan juga makanan Western. Beberapa hidangan kuliner yang tersedia seperti nasi goreng, mie goreng, sop jagung, sate lilit,  sate ayam, bubur ketan hitam, dan masih banyak lagi.  Para hadirin hanya perlu mengeluarkan uang Rp100.000 per orang untuk bisa menikmati semua hidangan sepuasnya tergolong  minuman.

  • Berlokasi di Jl. Raya Penelokan, Batur Tengah, Kec. Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali.
  • Buka setiap hari mulai pukul 07.30 WITA sampai 18.00 WITA.

8. Teba Cafe Jimbaran Official

Teba Cafe Jimbaran menjadi salah satu restoran dengan menu seafood terbaik, di kawasan ini kamu mampu menikmati banyak sekali sajian seafood yang enak dan lezat. Beragam menu seafood akan kau jumpai di tempat ini,  tidak aneh jikalau kafe ini senantiasa ramai dengan para hadirin.

Dengan lokasi cafe yang berada di pantai, semakin memperbesar situasi asyik untuk memakan aneka menu seafood yang ada. Menyediakan daerah duduk area indoor dan outdoor, bagi kamu yang ingin mencicipi panorama langsung dari maritim bisa menentukan area outdoor.

Namun bagi kau yang tak ingin terkena paparan sinar matahari terlalu lama mampu memilih area indoor yang dilengkapi AC. Para staf karyawan memiliki pramusaji yang sangat ramah menimbulkan kawasan ini makin nyaman.

Waktu terbaik untuk mengunjungi tempat ini yaitu ketika matahari mulai terbenam atau sore menjelang malam hari. Sambil menikmati hidangan seafood yang yummy dan hamparan view bahari yang indah. Kamu mampu menikmati aneka udang, lobster, kerang, satu cumi, sampai ikan bakar yang dilengkapi dengan sajian sambal yang pedas.

Setiap sajian menu juga akan dilengkapi dengan nasi, sayur, dan juga lalapan. Kamu juga mampu memesan aneka wine produk lokal ataupun impor, kelapa muda, dan beberapa aneka minuman yang menyegarkan yang lain.

  • Berlokasi di Jl. Pantai Muaya four season hotel, Jimbaran, Badung Regency, Bali.
  • Buka saban hari mulai pukul 09.00 WITA sampai 23.00 WITA.

9. Bale Udang Mang Engking Ubud

Bale Udang Mang Engking Ubud yang menjadi pilihan yang sempurna bagi kau para pecinta masakan. Tempat ini menyuguhkan restoran dengan performa tradisional ala pedesaan Denpasar – Kuta yang sungguh sibuk dan padat akan kegiatan. Di daerah ini kamu akan menemui beberapa oase yang menyegarkan mata.

Balai Udang Mang Engking memperlihatkan alternatif berkuliner dengan menonjolkan situasi ala pedesaan serta aneka macam sajian yang tepat di pengecap setempat penduduk . Tempat ini memiliki banyak tempat gubuk yang bisa memuat hingga 100 lebih hadirin, total gubuk kecil yang mengitari ada sekitar 12 buah.

Interiornya juga memadukan budaya Sunda dan juga Bali, setiap sudut dihiasi oleh pepohonan yang menambah rindang dari daerah ini. Dengan rincian yang sungguh estetik menciptakan nuansa pedesaan di tengah kota Bali yang cukup padat acara.

Beberapa akomodasi yang terdapat di tempat ini mulai dari area parkir, mushola, function room, hingga toko buah tangan. Tempat ini juga menawarkan ruang VIP atau meeting room dan juga kids playground yang cukup  besar untuk anak.

Salah satu sajian paling terkenal di daerah ini adalah seafood dengan bumbu yang khas, terdapat pula paket sajian yang mampu kamu pesan dengan harga irit. Harga sajian makanan dan minuman di daerah ini dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau.

  • Berlokasi di Jl. Raya Goa Gajah, Peliatan, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali.
  • Buka setiap hari mulai pukul 11.00 WITA hingga 22.00 WITA.

10. Warung Nasi Tekor Bali

Warung Nasi Tekor Bali menyediakan desain tempat jadul, di mana semua nasi dan lauk dihidangkan di atas pincuk atau daun pisang. Dengan daerah yang sungguh sederhana alasannya adalah hanya terdiri dari bambu dan kayu selaku materi bangunannya, membuat kawasan ini mempunyai vibe seperti rumah sendiri.

Tempat ini juga menghidangkan cara makan tradisional dengan daun pincuk bukan tanpa menggunakan piring. Selain itu, gelasnya pun menggunakan versi gelas tradisional yang ada di rumah kakek dan nenek, ambience nya membuat kamu bernostalgia.

Semua sajian kuliner dibentuk sendiri oleh pemilik dengan resep eksklusif, saat pertama kali tiba ke kawasan ini kau akan disambut oleh anyir hidangan dan hidangan. Semua makanan yang disuguhkan mampu ditentukan tidak memakai MSG ataupun pengawet sehingga lebih sehat.

Beberapa sajian yang dijual pun cukup sederhana mulai dari nasi ayam khas bali dengan banyak sekali lauk pauk yang enak. Dengan lokasi yang strategis  karena  berada tidak jauh di patung Titi Banda. Tempat ini juga menghidangkan bagian Gelato yang yummy dan bisa menjadi teman makan di tengah cuaca  Bali yang panas. Untuk harga tiap sajian yang ditawarkan juga sangat terjangkau mulai dari Rp15.000-an saja.

  • Berlokasi di Kawasan Desa Budaya Kertalangu, Jl. By Pass Ngurah Rai Tohpati No.28, Kesiman Kertalangu, Kec. Denpasar Tim., Kota Denpasar, Bali.
  • Buka saban hari mulai pukul 08.00 WITA hingga 18.00 WITA.

11. Warung Makan Nikmat Halal

Menemukan kuliner yang halal di Bali saat ini bukanlah hal yang merepotkan,  ada banyak kedai makanan yang menyajikan masakan halal. Salah satu warung makan yang menyediakan sajian halal ialah warung makan nikmat halal yang memiliki rancangan ala warteg dengan harga yang tidak memberatkan kantong.

Dengan situasi yang sungguh sederhana, tempat ini akan menawarkan situasi hangat layaknya di rumah. Meskipun mempunyai kawasan yang cukup kecil, namun kawasan ini menjadi istimewa alasannya hidangan menu yang halal dan lezat.

Tidak heran bila daerah ini akan ramai dikunjungi oleh para pelancong ataupun warga sekitar. Beberapa hidangan masakan yang bisa kamu dapatkan di tempat ini mulai dari soto, rawon, sate, kangkung, sayur sop, buncis, dan masih banyak lagi.

Tiap hidangan makanan mempunyai cita rasa yang sesuai di lidah nusantara, dengan pelayanan yang ramah menciptakan pada umumnya pelanggan menimbulkan daerah ini sebagai langganan. Untuk harga tiap sajian makanannya juga sangat terjangkau setara harga warteg dibanderol mulai dari Rp7000-an saja.

  • Berlokasi di Gg. Biduri No.6A, Kuta, Kec. Kuta, Kabupaten Badung, Bali.
  • Buka saban hari mulai pukul 08.00 WITA hingga 21.00 WITA.

12. Warung Pink Tempong

Nasi tempong menjadi salah satu masakan yang wajib untuk kamu cicipi kalau berada di Pulau Dewata. Meskipun aslinya nasi tempong yakni makanan khas dari Banyuwangi, namun kuliner ini bahkan lebih populer di Pulau Dewata.

Salah satu daerah makan yang menjual nasi tempong andalan adalah Warung Pink Tempong. Tempat ini memasarkan nasi tempong terenak di Bali yang mesti kau coba, identik dengan penyuguhan sambal khas dan beberapa sayuran rebus yang mengiringi lauk.

Dalam satu porsinya, nasi tempong pink akan menawarkan lauk ayam goreng, tahu goreng, tempe goreng, ikan asin kecil, sayur rebus, dan sajian sambal yang pedas. Untuk satu porsinya tidak terlampau mahal dibanderol dengan harga mulai dari Rp28.000-an saja.

  • Berlokasi di Jl. Teuku Umar No.172, Dauh Puri Kauh, Kec. Denpasar Bar., Kota Denpasar, Bali.
  • Buka saban hari mulai pukul 10.30 WITA hingga 21.00 WITA.

13. Warung Jinggo Tutu

Warung Jinggo tutup yaitu daerah makan yang menyuguhkan nasi jinggo yang enak dan recommended untuk kamu coba. Dalam satu porsinya cuma berisi nasi dengan lauk ayam suwir, tempe goreng, mie goreng, dan juga sambal yang pedas. Nasi jinggo ini dikemas dengan daun pisang. Nasi Jinggo tutu biasanya akan memiliki penampilan mirip nasi campur.

Tempat ini juga menyediakan opsi nasi yang mampu pengunjung pesan mirip nasi putih ataupun nasi kuning. Tiap sajian kuliner yang ada di Warung Jinggo Tutu ini dibentuk secara handmade dan tanpa materi pengawet.

Tempat ini juga cocok bagi kau yang ingin pesan paket nasi untuk acara seperti program arisan, ultah, ataupun program yang lain. Untuk harga setiap hidangan paket nasi jinggo ini juga cukup terjangkau mulai dari Rp25.000-an saja.

  • Berlokasi di Jl. Tantular Bar. No.16, Dangin Puri Klod, Kec. Denpasar Tim., Kota Denpasar, Bali.
  • Buka Senin – Sabtu mulai pukul 09.00 WITA hingga 21.00 WITA.

14. Ayam Taliwang Bali

 Ayam taliwang merupakan salah satu kuliner khas lombok yang bisa kau temui di pulau dewata ini, menu ini juga menjadi opsi alternatif bagi kamu yang ingin mencari makanan halal di Bali. Ayam taliwang menunjukkan hidangan ayam dengan bumbu khas yang meresap hingga ke dalamnya.

Setiap orang pasti akan menggemari rasa dari menu ayam taliwang ini, biasanya para hadirin akan mampir sesudah belanja di Erlangga ataupun Krisna oleh-oleh. Dengan hidangan porsi yang cukup besar membuat setiap hadirin akan merasa kenyang dan puas menikmati menu ini.

Beberapa menu lain yang mampu kamu pesan yaitu ayam plecing ataupun ayam sasak yang tidak kalah lezat dan pedas. Ayam taliwang Bali memakai bahan ayam kampung orisinil sehingga memiliki tekstur daging yang lebih yummy. Untuk satu porsinya cuma dibanderol dengan harga mulai dari Rp25.000-an saja.

  • Berlokasi di Jl. Raya Kuta No.89, Kuta, Kec. Kuta, Kabupaten Badung, Bali.
  • Buka setiap hari mulai pukul 10.00 WITA sampai 22.00 WITA.

15. Warung Mak Beng

Warung Mak Beng menjadi salah satu masakan favorit legendaris yang halal di Bali, daerah ini bahkan telah dibuka semenjak tahun 1941dan hingga saat ini tidak pernah sepi oleh hadirin. Salah satu sajian andalan yang ada di daerah ini yaitu hidangan sop ikannya,  terdapat pula beberapa paket sederhana mirip nasi putih, ikan goreng, sop ikan, dan juga beberapa varian sambal yang super pedas.

Karena berada di pinggir pantai Sanur, para hadirin yang datang pun bisa menikmati situasi pantai yang adem dengan udara yang semilir. Para hadirin juga mampu menikmati suasana matahari terbit sampai matahari terbenam ketika mengunjungi Warung Mak Beng ini.

Dengan pelayanan yang ramah dan sempurna yang tenteram, membuat kawasan ini menjadi warung andalan bagi beberapa orang untuk menghabiskan waktu. Harga yang dibanderol setiap porsinya juga cukup terjangkau mulai dari Rp25.000.

  • Berlokasi di Jalan Hang Tuah No.45, Sanur Kaja, Denpasar Selatan, Jl. Hang Tuah No.51, Sanur Kaja, Denpasar Selatan, Kota Denpasar, Bali.
  • Buka saban hari mulai pukul 08.00 WITA sampai 22.00 WITA.

Itulah 15 usulan tempat rekreasi masakan halal di Bali yang recommended, Bali memang terkenal dengan sajian olahan babi yang terkenal enak. Namun, saat ini tidak perlu khawatir ternyata ada banyak juga lho daerah wisata masakan halal di Bali yang bisa kau datangi bareng keluarga atau sobat.

Artikel Menarik Lainnya: