TintaTeras

7 Masker Muka Alami Untuk Kulit Berminyak Dan Berjerawat

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram

Masalah yang dialami oleh kulit setiap orang berbeda-beda dan banyak jenisnya. Maka dari itu, sebelum merawat muka, kau perlu mengetahui tipe kulit mu seperti apa untuk mampu memberikan treatment terbaik. Berikut ini 7 masker tampang alami untuk kulit berminyak dan berjerawat yang bisa kamu gunakan secara berkala.

Masker Wajah Alami untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat

Wajah berminyak memang condong memiliki kesempatantimbulnya nanah lebih besar daripada wajah wajar . Hal ini dikarenakan pori-pori wajahmu menciptakan minyak berlebih yang kadang kala tersumbat dan menumpuk di bawah pori-pori yang nantinya membuat bisul. Nah, pakai gabungan masker ini untuk meminimalisir hal itu!

1. Tomat

Masker Tomat
Eva Mulia Clinic

Masker wajah alami untuk kulit berminyak dan berjerawat pertama yakni dari tomat. Buah tomat ini memang dari dahulu populer akan antioksidannya yang tinggi, sehingga cantik untuk kulit. Baik itu dari dalam dengan cara dikonsumsi atau dari luar dengan cara memanfaatkannya sebagai masker.

Selain antioksidan, tomat juga memiliki kandungan asam salisilat yang mampu menolong menyerap minyak berlebih dari bawah pori-pori, sehingga menolong menghemat penyumbatan yang tidak kamu inginkan.

Cara membuat maskernya yaitu selaku berikut:

  • Siapkan tomat sebanyak yang kau perlukan untuk wajahmu (mampu 1 buah atau 2 buah) dan siapkan gula pasir.
  • Blender tomat dan campurkan gula pasir dengan perbandingan 2 : 1.
  • Aduk sampai merata hingga berbentuk seperti pasta, ialah mengental dan tidak terlalu cair.
  • Oleskan masker ke seluruh paras dan pijat secara perlahan memakai tangan atau roll paras . Jika kamu punya, kau mampu memakai gua sha dan pakai untuk memijat tomat ke seluruh wajahmu.
  • Diamkan selama kurang lebih 5 menit.
  • Kemudian, bilas masker dengan menggunakan air hangat untuk membuka pori-pori dan menghilangkan otot wajahmu. Jika kau mau, kamu mampu menyertakan air masbodoh untuk mengecilkan pori-pori.

2. Oatmeal dan Madu

Masker Oatmeal dan Madu
Idn Times

Selanjutnya, ada masker alami dengan campuran yang sangat terkenal, ialah Oatmeal dan Madu. Oatmeal populer karena kemampuannya untuk mencerahkan muka, melembapkan, dan meregenerasi kulit mati. Sedangkan madu juga memiliki kemampuan yang sama, sebab sifatnya yang antioksidan ke kulit.

Sebenarnya, untuk kulit berjerawat dan berminyak, kedua materi ini mampu digunakan terpisah. Namun, banyak orang yang lebih merasakan khasiatnya kalau kedua materi ini digunakan secara serempak.

Cara membuat masker oatmeal bercampur madu yakni sebagai berikut:

  • Siapkan ½ mangkuk oatmeal. Kamu mampu menentukan dari brand mana saja, tetapi pastikan oatmeal yang kau pakai ialah oatmeal original tanpa campuran apapun.
  • Tambahkan satu sendok madu ke mangkuk dan tuangkan air panas sedikit saja, lalu aduk merata.
  • Pastikan oatmeal tersebut teraduk bareng dengan air dan madu, sehingga menjadi seperti bentuk pasta. Tandanya, jika kau mengangkatnya menggunakan sendok, pasta tersebut tidak akan terjatuh. Jika terjatuh, maka pasta tersebut terlalu cair dan meminimalisir khasiat oatmeal tersebut.
  • Setelah mendapat tekstur pasta oatmeal madu yang sempurna, balurkan ke seluruh muka, pijat perlahan, dan tunggu sekitar 10 hingga 15 menit. Lalu, bilas setelahnya.
  • Kamu dapat menggunakan masker ini 3x sepekan, tergantung keperluan kulitmu.

3. Putih Telur

Masker Putih Telur
Tokopedia

Masker paras alami untuk kulit berminyak dan berjerawat berikutnya adalah masker putih telur. Putih telur memberi khasiat mengencangkan dan menghemat kadar minyak pada paras , alasannya sifatnya yang mengecilkan pori-pori. Meskipun begitu, banyak orang yang sedikit sensitif dengan bau dan putih telur itu sendiri. 

Kamu mampu menjajal mengoleskan putih telur ini ke leher, bila masih ragu. Jika putih telur tidak menyebabkan rasa gatal dan sakit apapun, maka kau dapat menggunakannya secara kondusif.

Cara membuatnya cukup gampang, yaitu:

  • Siapkan satu buah telur dan pisahkan kuning dengan putih telurnya.
  • Kocok telur hingga mengeluarkan busa (opsional). Jika kamu tidak menyukai tekstur putih telur yang terlalu kental, maka langkah kedua ini mampu kau skip.
  • Berikutnya, oleskan masker putih telur ke tampang secara merata dan tunggu hingga 15 menit, kemudian bilas menggunakan air hangat.
  • Kamu mampu mencampurkan masker ini dengan madu, jikalau kau mau.

4. Kunyit

Masker Kunyit
Liputan6

Kunyit ialah adonan alami produk keelokan yang sering digunakan oleh wanita Indonesia dari zaman dulu. Walaupun kunyit acap kali meninggalkan bekas kuning dikala menjamah kulit, namun tidak akan terjadi jika kau meraciknya dengan pas. 

Selain berfungsi untuk menghemat minyak, kunyit juga dapat menciptakan wajahmu lebih glowing.

Cara menciptakan masker kunyit, antara lain:

  • Campur ¼ sendok teh abu kunyit ke dalam dua sendok tepung.
  • Campurkan air ke dalamnya dan aduk sampai sedikit kental.
  • Jika kamu mau, kau mampu menyertakan madu dan yoghurt.

5. Pepaya

Masker Pepaya
Alodokter

Masker wajah alami untuk kulit berminyak dan berjerawat berikutnya yaitu papaya. Buah pepaya memiliki kandungan vitamin C dan memiliki ansigerent alami yang berfungsi untuk meminimalisir buatan minyak berlebih.

Berikut ini cara menciptakan masker pepaya untuk kulit wajahmu:

  • Blender papaya seperlunya dan tambahkan air sesendok-sesendok, sehingga menciptakan tekstur pasta yang kental dari pepaya.
  • Oleskan masker pada muka dan tunggu sekitar 15 menit.
  • Kemudian, basuh wajah dengan air cuek.

6. Pisang

Masker Pisang
Alodokter

Selanjutnya ada pisang yang populer alasannya adalah kandungan potassium, vitamin C, dan Vitamin E selaku pelembab alami. Pelembab alami ini akan mengurangi kekeringan pada tampang, sehingga muka tidak akan mengeluarkan minyak alaminya sendiri.

Seringkali, wajah kering akan menghasilkan imbas lain ialah paras yang berminyak, dan muka berminyak akan menimbulkan bisul. Nah, buah pisang pun mempunyai sifat anti inflamasi yang menolong menghemat kemerahan pada bisul yang meradang.

Cara buatnya nyaris sama dengan pembuatan masker alami lainnya, adalah: 

  • Hancurkan dengan sendok atau blender pisang tanpa memakai gabungan air yang banyak.
  • Setelah kental, kau dapat menyertakan madu dan sebagainya.
  • Oleskan masker pisang ke muka dan tunggu 10 hingga 15 menit.
  • Lalu, basuh tampang pakai air acuh taacuh atau air hangat.

7. Lidah Buaya

Masker Lidah Buaya
Alodokter

Bahan masker muka alami untuk kulit berminyak dan berjerawat terakhir yakni dari lidah buaya. Karena kandungan pada lidah buaya mampu digunakan sebagai anti peradangan dan anti kuman, sehingga menjadikan banyak manfaat untuk kulit.

Contohnya, menangani bekas bengkak, mengurangi kemerahan, mengatasi kulit berminyak, sampai mengobati luka bakar.

Cara membuat masker pengecap buaya, antara lain:

  • Oleskan lidah buaya segar tanpa adonan apapun ke wajah kamu pada pagi hari atau sebelum tidur.
  • Diamkan masker pengecap buaya selama 15 menit, lalu cuci tampang memakai air bersih.

Hati-Hati dalam Menggunakan Masker Alami!

Walaupun terbuat dari materi alami, kamu tetap perlu hati-hati untuk menggunakannya. Untuk kau yang mempunyai riwayat kulit sensitif, kau bisa mencobanya pada spot muka tertentu. Jika merasa gatal atau panas, maka hentikan penggunaan materi masker wajah alami untuk kulit berminyak dan berjerawat ke wajahmu.

Artikel Menarik Lainnya: