TintaTeras

Tugas Chef Dan Mitos Keliru Soal Chef

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram

Tugas Chef dan Mitos Keliru Soal Chef – Menjadi seorang chef sudah tentu menjadi cita-cita paling besar bagi beberapa orang.

Apalagi dikala ini belakangan salah satu ajang pencarian khusus di bidang chef banyak di gemari penonton di Indonesia.

Menggunakan apron dan mampu masak banyak sekali menu makanan sepertinya akan menjadi sesuatu yang mempesona. Tapi apakah memang menjadi chef seindah acara-program di TV?

Menjadi chef yang tangguh memang tidak segampang dan seindah program-program reality show di TV. Profesi pekerjaan ini membutuhkan pengabdian tinggi untuk mengimplementasikan prakteknya di dunia kerja.

Menjadi seorang chef harus benar-benar mempelajari teknik dasar dalam mengolah masakan, paham dengan budaya kerja di dapur dan yang tidak kalah penting harus kreatif membuat ide-pandangan baru gres pada setiap sajian yang dia sajikan.

Tugas Chef

Tidak terkecuali di hotel, chef ialah ikon restaurant dari suatu hotel. Representasi dari sajian-sajian yang di suguhkan dalam menu list yang di baca tamu. Dibalik itu semua secara lazim peran chef di hotel yaitu sebagai berikut :

1. Menu Planning dan Food Cost

  • Membeli produk local yang segar dan patut dan seminim mungkin tetapi dapat diganti secara regular periodic untuk memutuskan kebutuhan tamu  dalam mendapatkan berbacam variasi item masakan
  • Mengamati penyusunan rencana sajian dan berpikir untuk mengolah produk yang tidak terkonsumsi secara seksama dengan dilandasi kebersihan dan kelayakan makanan tersebut.
  • Memeriksa kembali hidangan, mengecek resep dan dapat memperkirakan kuliner, ongkos-biaya sumberdaya insan dan memberikan harga jual yang tepat.
  • Menentukan pngaturan porsi masakan supaya biaya dapat terkontrol.
  • Dapat melihat dan mencoba produk yang pantas dikarenakan keperluan pasar dalam memilih harga dan produk.
  • Menjaga tingkat bikinan keuntungan menurut perkiraan.

2. Food Preparation dan Production

  1. Bertanggung jawab kepada penyusunan rencana tahunan bisnis F&B, tujuan pelaksanaan divisi kitchen yang mempunyai efek tehadap tujuan bisnis serta keperluan sumberdaya manusianya. 
  2. Memastikan keperluan resep secara akurat, melaksanakan perubahan sesuai dengan keperluan, dan spesifikasi materi-materi.
  1. Secara seksama dapat memilih hanya kuliner  layak dan segar yang dapat disiapkan.
  2. Mengontrol setiap cook dan menugaskan mereka dalam berhemat dan melaksanakan pembuatan masakan dengan waktu yang tepat.
  3. Membantu memeriksa dan memperhatikan aktifitas dan persaingan restoran, bar, banquet di hotel lain.
  4. Mengamati pengolahan penyiapan kuliner dam pembuatan masak, ukuran takaran yang sudah ditentukan dan hiasan penunjangnya serta memutuskan kuliner disiapkan dengan mekanisme yang sudah ditentukan.
  5. Sangat sensitive kepada mutu rasa masakan dan minuman diseluruh outlet dan mengikuti permintaan pasar juga secara kualitas kritikal. 
  6. Dapat memperkirakan keperluan konsumsi makanan, materi-bahan pokok dan usul barang
  7. Merencanakan hidangan kusus dan menyebarkan resep yang baru.
  8. Menjaga tingkat kebersihan, senantiasa mencapai nutrisi serta sanitasi yang ditentukan.
  9. Bertanggung jawab penuh kepada seluruh pembuatan masakan di kitchen.
  10. Membantu tim menejemen disetiap outlet ( Manager  retoran & kafetaria serta manager banquet) dalam merencanakan dan mengerjakan penyusunan rencana seni manajemen penjualan.
  11. Memeriksa barang-barang / bahan-materi pokok yang masuk, serta menentukan jumlah yang masuk sesuai yang dipesan, dan memindahkan materi tersebut ke setiap dapur yang membutuhkan. Kehilangan dan penyusutun harus terkontrol.
  12. Memastikan secara konsisten seluruh mutu tolok ukur masakan yang diolah dan item mengacu kepada persyaratan resep.
  13. Memelihara dan menjaga relasi yang bagus kepada tamu dan dapat menangani unek-unek, undangan dan keinginan tamu terhadap masakan, minuman dan pelayanan.
  14. Meluangkan waktu di outlet F&B (pada dikala sibuk) untuk memastikan operasional dalam keadaan baik dan staff mengerjakan pelayanan dengan baik. Berinteraksi terhadap tamu untuk menentukan setiap kepuasannya.
  15. Menyiapkan dan secara terorganisir mampu mencatat biaya-ongkos yang keluar di departement F&B dan berhubungan dengan F&B manager untuk memastikan perubahan target yang lebih serta menurunkan biaya – ongkos.
  16. Mengamati dan mengendalikan penghitungan barang-banrang F&B yang hilang dan rusak  lewat Chief Steward.Dan mengambil langkah-langkah secepatnya untuk menekan angka kehilangan barang-barang F&B.

Cukup banyak bukan peran chef? Selain itu banyak juga mitos-mitos soal chef yang beredar di masyarakat yang bisa di katakan mungkin tidak 100 % benar. Apa saja?

Mitos Keliru Soal Chef

tugas chef

Tugas Chef ialah Memasak

Chef berasal dari bahasa Perancis yang memiliki arti kepala.

Nah dari kata ini bantu-membantu tugas chef sejatinya bukan mengolah masakan. Tetapi selaku seorang kepala di dapur.

Memimpin dan mengarahkan semua tim kitchen.

Seperti yang kita bahas di atas, chef tugasnya bukan sepenuhnya memasak tetapi lebih ke strategi dan controlling di departemen kitchen.

Chef Bisa Masak Semua Makanan

Siapa yang berpikiran mirip ini? Padahal sama dengan dokter, chef juga ada spesialisasinya. Kita tahu seorang chef lihai dalam masakan western mirip steak, pasta dan lain-lain.

Tapi mampu saja chef yang andal masak masakan Perancis tidak ahli dalam kuliner Jepang. Ingat, ada spesialisasinya lhoo.

Semua Yang Memasak Adalah Chef

Nah ini juga sering salah kaprah. Sekali lagi peran chef adalah sebagai leader di kitchen, chef hanya masak pas momen tertentu saja.

Jadi bila di kitchen kamu menyaksikan ada orang wara wiri berseragam putih, itu ga semuanya executive chef ya. Bisa saja sous chef, chef de partie, cook, dll. Ini akan kita bahas di bahan berikutnya.

Gaji Chef

Dikutip dari cekaja.com, Henry Bloem selaku Presiden Indonesian Chef Association( ICA) menyampaikan  untuk executive chef honor chef di bedakan atas 2 hal adalah :

  1. Untuk Expatriat  di kisaran USD 50.000 – 60.000 atau 650 juta-780 juta rupiah/tahun
  2. Untuk Lokal sekitar USD 30.000 – 35.000 atau sekitar 390 juta-455 juta rupiah/tahun

Cukup menakjubkan bukan? Makin berminat jadi Chef?

Baca Juga: Apa Tugas Storekeeper di Hotel? Simak Yuk!

Artikel Menarik Lainnya:

Cara Penularan Hepatitis

Cara Penularan Hepatitis

July 24, 2024
2 min 45 sec read
Biografi John Logie Baird – Penemu Televisi

Biografi John Logie Baird – Penemu Televisi

September 17, 2011
1 min 44 sec read
Biografi Linkin Park

Biografi Linkin Park

October 15, 2010
7 min 22 sec read