TintaTeras

6 Usulan Tempat Camping Di Dieng Untuk Refreshing

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram

Kamu yang suka pegunungan pasti familier dengan nama dataran tinggi Dieng atau Dieng Plateau. Selain menjelajahi berbagai situs dan acara kebudayaan, kamu perlu mencoba menikmati alam Dieng dengan berkemah. Berikut ini ialah beberapa daftar kawasan camping di Dieng yang layak kamu jajal.  

Rekomendasi Tempat Camping di Dieng

Area perkemahan di Dieng menunjukkan daya tarik pemandangan yang berlawanan, mulai dari hutan, lembah serta danau. 

Di Dieng, kamu bisa menentukan daerah berkemah dengan akomodasi sederhana, ataupun dengan kemudahan glamping, seperti kemudahan glamping yang ada di Yogyakarta. Jadi, lanjutkan membaca untuk mencari tahu saran tempat untuk berkemah di lokasi ini. 

1. Bukit Cinta Lembah Seroja

IG @tarzan_liar

Bukit Cinta Lembah Seroja ialah area berkemah yang cocok untuk kau yang menyukai ketenangan. Area camping mereka menghadap ke Telaga Menjer dengan latar belakang gunung yang menjulang.

Pengelolanya mengorganisir tempat camping di Dieng ini sehingga areanya yang cukup luas tertata rapi. Ada lebih dari lima tenda kemah yang mereka sewakan dengan kapasitas masing-masing empat orang. 

Kamu juga mampu menjinjing tenda sendiri dan menyewa area kemahnya saja, jika kapasitas tampung mereka masih memungkinkan. Tetapi, sekiranya kau ingin kemah ala glamping, kau mampu banget menyewa tenda glamping mereka seharga Rp500.000,00 per malamnya. 

Di dalam tenda glamping, ada dua buah daerah tidur yang cukup untuk empat orang penghuni, serta sebuah toilet eksklusif plus air hangat. Selain camping ground, di Bukit Seroja tersedia beberapa spot foto. 

Kamu juga tidak akan kebingungan soal makan, alasannya Bukit Seroja menyediakan cafe dan warung-warung makan dengan aneka macam cita rasa. Dalam kondisi wajar , Bukit Cinta Seroja buka saban hari selama dua puluh empat jam. Lokasi Bukit Seroja juga bersahabat dengan Perkebunan Teh Tambi. 

2. Telaga Bedakah Camping Ground

IG @rizal_gann

Telaga ini merupakan danau alami yang terletak di perkebunan Bedakah, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Telaga Bedakah memperlihatkan berbagai kemudahan wisata yang family-friendly

Anak-anak dapat melihat ikan-ikan sambil menyusuri danau menggunakan perahu belibis atau bermain di playground. Selain itu, kau juga mampu mengabadikan momen bareng keluarga di spot-spot foto yang tersedia. 

Fasilitas umum di sini cukup lengkap, lho. Mushola, toilet, hingga area warung makan dan minum siap melayani kebutuhan kau. Area kemahnya sendiri berada tidak jauh dari danaunya. Kamu bisa menikmati udara sejuk bareng keluarga, dan menantikan pemandangan matahari yang keren di pagi harinya.

Biaya masuk ke Telaga Bedakah cuma Rp5.000,00. Sedangkan, untuk camping kau perlu menghubungi pihak pengelola untuk tahu biaya sewa dan perizinannya. 

3. Kahyangan Skyline

IDN Times

Kahyangan Skyline yaitu salah satu dari daerah camping di Dieng, letaknya berada di lembah Bukit Seroja, dengan ketinggian 1.200 mdpl sehingga udaranya condong masbodoh di malam hari. 

Untuk berkemah di camping ground mereka, kau perlu membayar sebanyak Rp10.000,00 sebagai biaya masuk. Fasilitas yang pengelola sediakan yakni tenda, tetapi tanpa bantalan tidur maupun selimut. Oleh alasannya itu, jangan lupa menjinjing matras dan selimut sendiri, ya! 

Kahyangan Skyline menunjukkan aneka macam aktivitas yang cukup memicu adrenalin. Sebagai teladan, kau mampu mengambil foto di atas suatu jaring yang menghadap telaga.

Selain itu, ada juga jembatan berlantai beling dengan pemandangan yang tidak kalah manis. Pemandangan Telaga Menjer, Gunung Sindoro, dan Gunung Sumbing akan tampakmakin keren jika kamu berani melaksanakan paralayang, salah satu acara yang ada di Kahyangan Skyline

Untuk menjajal paralayang, kau perlu mengeluarkan uang Rp450.000,00. Jangan lupa icip-icip beraneka sajian masakan dan minuman biar kamu tidak kelaparan. Area wisata ini buka saban hari mulai pukul 07.00 sampai 18.00, dalam suasana wajar .

4. Telaga Cebong, Bukit Sikunir

IG @rezarinaldimardja

Mengunjungi Dieng tanpa melipir ke Bukit Sikunir rasanya kentang nggak, sih? Kamu yang mendaki Bukit Sikunir mampu melihat golden sunrise (yang kabarnya) terbaik di Asia. Selain menginap di homestay di Dieng, Telaga Cebong yakni kawasan yang tepat untuk kau jadikan pilihan. 

Tidak cuma berhemat, pemandangan camping ground ini disebut-sebut mirip dengan Ranukumbolo. Area camping cukup luas dan memuat banyak tenda. Fasilitas mirip mushola, kamar mandi, dan toilet lazim pun telah tersedia, jadi kamu tidak butuhterlalu cemas. 

Untuk makan dan minum, kamu perlu mendaki sedikit ke Bukit Sikunir. Sementara, untuk kebutuhan kemah di kawasan camping di Dieng yang populer ini, kau mampu saja sewa, atau menjinjing sendiri peralatan yang kau miliki. 

Telaga Cebong sendiri bergotong-royong kawah purba. Seiring waktu, luasnya mengalami penyempitan. Tetapi keindahannya tetap jadi idaman para pecinta alam. 

Letaknya yang strategis menciptakan kawasan ini jadi basecamp bagi para pendaki Bukit Sikunir. Area camping terbuka setiap hari, mulai pukul 02.00 hingga 18.00 dengan biaya paket kemah sebesar kurang lebih Rp100.000,00 per orang.

5. Bukit Scooter

Rivkia Antariksa @Wisata Dieng

Penyuka sunset sekaligus sunrise perlu coba caping di Bukit Scooter! Tempat ini terletak di posisi yang pas untuk menikmati keindahan kedua momen tersebut. Letaknya cukup strategis dengan banyak sekali kawasan rekreasi lain, seperti Telaga Warna dan kompleks Candi Arjuna, 

Dari jalan utama, kamu bisa tracking sekitar 30 menit sampai kaki bukit. Lalu, mendaki untuk hingga ke puncak Bukit Scooter. Tempat camping di Dieng ini sekarang sudah mempunyai pengelolaan selaku kawasan camping resmi. 

Kamu mampu menyewa area kemah saja sebesar Rp30.000,00, atau sekalian menyewa fasilitas dan peralatan kemah mirip sleeping bag, meja, dingklik lipat, matras, nesting, lampu, dan bahkan kompor untuk mengolah makanan. 

Biaya sewa tenda cukup bermacam-macam, mulai dari Rp50.000,00 hingga Rp70.000,00 per tahun 2022 kemudian, tergantung kapasitasnya. Sementara, biaya masuk ke Bukit Scooter ialah Rp10.000,00 per orang.

6. Wana Wisata Petak 9 Bukit Sidengkeng

Wisata Dieng

Penasaran ingin menyaksikan milky way di malam hari? Coba habiskan waktu berkemah di  Wana Wisata Petak 9 Bukit Sidengkeng. Area berkemah ini terletak di puncak bukit dengan tanah yang luas dan condong datar. Sebagai pemanis, lokasi ini bisa menampung hingga seratus buah tenda kemah. 

Wana Wisata Petak 9 merupakan area konservasi tumbuhan endemik Dieng. Gak heran, jika kamu banyak melihat bunga dan beraneka tumbuhan lain yang mampu bikin kau lebih rileks.

Jika cuaca baik, kamu mampu menerima peluang menikmati milky way di malam hari yang acuh taacuh di Bukit Sidengkeng ini. Di samping itu, area kemah ini punya pemandangan Telaga Warna dan Telaga Pengilon dari ketinggian. 

Sunset dan sunrise view bisa kau nikmati dari rumah pohon yang berfungsi selaku gardu pandang di sini. Biaya berkemah yang perlu kamu bayarkan ialah sekitar Rp10.000,00 per orang. Kemudian, kau juga mampu menikmati wahana ATX, berkeliling di mini zoo atau berfoto di ayunan Dieng selagi menghabiskan waktu di lokasi ini. 

Makara, Pilih Area Kemah yang Mana di Dieng?

Dari keenam tempat camping di Dieng di atas, mana pilihan yang paling cocok dengan style camping kau? Jangan lupa, selalu cari informasi terbaru terkait jalan masuk, kemudahan dan biaya yang perlu kau keluarkan sebelum pergi berkemah di Dieng, ya!

Artikel Menarik Lainnya: