TintaTeras

Apa Itu Deposit Hotel? Ini Pengertian Dan Tujuannya

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram

Saat proses check in, acap kali pihak hotel sejumlah uang selaku deposit di luar tarif bermalam yang dibebankan terhadap tamu. Lalu, apa itu deposit hotel? Berikut penjelasannya.

Deposit hotel memang lumayan banyak diberlakukan selaku biaya antisipasi andai ada kerusakan atau tagihan di luar ongkos bermalam.

Misalnya, ada fasilitas hotel yang tanpa sengaja pecah atau tamu mempunyai tagihan di resto hotel, maka duit deposit akan dipotongkan sebagai ganti rugi dan pembayaran.

Jika ingin mengenali klarifikasi lebih detail, postingan kali ini akan membahas tentang apa itu deposit hotel lengkap dengan pengertian dan tujuannya.

Apa itu Deposit Hotel

Deposit hotel ialah sejumlah duit yang diberikan tamu atau diminta oleh pihak hotel dikala proses check in selaku bentuk jaminan.

Pasalnya, kerap kali ada tamu hotel yang tanpa sengaja menghancurkan fasilitas hotel yang diberikan atau mempunyai tagihan di luar tarif kamar.

Nantinya, duit tersebut akan dikembalikan sepenuhnya kalau tamu hotel tidak membuat kerusakan pada fasilitas atau menikmati fasilitas berbayar hotel diluar tarif menginap.

Umumnya, jumlah duit deposit hotel yang harus diberikan yaitu 50 persen dari biaya menginap dan akan kembali saat check out.

Uang deposit hotel sendiri bisa dibayarkan secara tunai maupun nontunai sesuai akad antara tamu dengan pihak hotel.

Makara, mampu ditarik kesimpulan bahwa deposit hotel adalah duit jaminan yang wajib dibayarkan dikala proses check in, dan nantinya akan dikembalikan terhadap tamu hotel dikala check out kalau tidak menghancurkan kemudahan hotel atau menikmati kemudahan lainnya.

Untuk Apa Saja Penggunaan Deposit Hotel?

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, duit deposit diartikan sebagai duit jaminan untuk hotel dari tamu yang hendak bermalam andai ada kerusakan kemudahan dan biaya embel-embel.

Maksud dari kerusakan akomodasi hotel yakni ketika tamu hotel memecahkan barang pecah belah mirip piring, gelas, atau cangkir sampai menghancurkan alat elektronik yang disediakan.

Sedangkan biaya suplemen biasanya berbentuktagihan yang timbul saat tamu memesan kuliner atau minuman di restoran, memakai fasilitas spa, laundry, dan sejenisnya.

Nantinya, bab resepsionis akan melaksanakan pengecekan tagihan atau ongkos lainnya yang timbul ketika proses check out.

Sebagai acuan, tamu hotel ternyata mempunyai tagihan di kedai makanan sebanyak Rp 100.000, maka pembayaran biaya ini akan diambil dari duit deposit yang dijaminkan sebelumnya.

Kemungkinan lain penggunaan duit deposit hotel juga dimanfaatkan untuk keadaan darurat. Misalnya, bila tamu membutuhkan biaya pengobatan ketika statusnya masih bermalam di hotel.

Namun, aturan seperti ini bisa berlawanan di setiap hotel sampai penting untuk menanyakan informasi rincian terkait deposit hotel terhadap front office apalagi dulu.

Bagaimana Jika Tamu Tidak Mau Membayar Deposit Hotel?

Dalam praktikknya, ada peristiwa khusus ketika tamu hotel tidak berkenan untuk membayar uang deposit hotel saat proses check in berlangsung.

Untuk menangani situasi seperti ini, umumnya petugas hotel akan menandai dan menciptakan catatan terhadap tamu tersebut.

Catatan ini berfungsi selaku tagihan langsung yang nantinya wajib dibayarkan oleh tamu hotel bila menciptakan kerusakan akomodasi atau menikmati akomodasi berbayar dari hotel.

Tujuan Deposit Hotel

Selain menjadi duit jaminan, sebenarnya ada tujuan lain yang dimaksudkan oleh pihak hotel terkait penerapan pembayaran uang deposit tersebut.

Berikut ini beberapa tujuan deposit hotel yang dibebankan dari pihak hotel di awal proses check in terhadap tamu yang hendak bermalam.

1. Menghindari Tamu Skipper

Tujuan penerapan tata cara deposit hotel umumnya dilakukan untuk menghindari tipe tamu skipper. Maksud dari tamu skipper adalah tamu yang meninggalkan hotel tanpa pemberitahuan kepada pihak hotel.

Istilah kasarnya, tamu pergi dari hotel begitu saja tanpa melaksanakan pengecekkan apakah memiliki tagihan selama bermalam. Dalam masalah seperti ini deposit hotel cukup memiliki kegunaan bila tamu meninggalkan sejumlah tagihan yang belum dibayarkan.

Oleh alasannya adalah itu, pihak hotel memilih untuk memberlakukan hukum duit deposit untuk menghemat kerugian andai terlibat dengan tamu skipper yang mempunyai tagihan.

2. Extra Bill Fasilitas Hotel yang Berbayar

Bukan cuma menyingkir dari tamu skipper, tujuan lain deposit hotel juga diterapkan untuk menghemat kemungkinan kerugian akibat ada tamu yang menikmati kemudahan berbayar hotel.

Misalnya, tamu mengambil masakan dan minuman yang ditawarkan di kamar hotel tanpa membayar alasannya adalah sengaja atau tidak tahu jika hal itu menimbulkan tagihan di luar ongkos menginap.

Dengan adanya deposit, tambahanbill yang muncul bisa dibayarkan atau diambil dari uang jaminan dengan penghitungan yang terperinci ketika check out.

3. Kerusakan Fasilitas atau Properti Hotel

Penerapan tata cara deposit hotel juga bertujuan untuk pembayaran balasan kerusakan fasilitas atau properti hotel yang dilaksanakan pelanggan.

Misalnya, tamu hotel tanpa sengaja memecahkan gelas, merusak pintu kamar atau peralatan elektro yang ialah fasilitas hotel.

Kejadian seperti ini memungkinkan pihak hotel untuk memotong uang deposit yang dijaminkan di permulaan guna mengeluarkan uang kerusakan tersebut.

4. Penggunaan dalam Keadaan Darurat

Selain poin-poin sebelumnya, tujuan sistem deposit hotel juga dipraktekkan untuk penggunaan dalam keadaan darurat.

Sebagai teladan, tamu datang-tiba sakit dan segera dilarikan ke rumah sakit untul mendapat pengobatan segera.

Uang deposit bisa digunakan untuk kondisi seperti ini biar pihak hotel mampu mengambil tindakan pembiayaan untuk kepentingan tamu.

Demikianlah penjelasan terkait apa itu deposit hotel lengkap dengan pengertian sampai tujuannya selaku berita penting bagi tamu yang mau menginap di hotel.

Dengan pemahaman tersebut, tamu tidak akan merasa terkejut terlebih canggung jika diminta membayarkan deposit hotel ketika proses check in di bagian front office hotel.

Artikel Menarik Lainnya: