TintaTeras

Chef De Cuisine: Pengertian, Tugas, Dan Kisaran Gajinya

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram

Apakah kau pernah mendengar ungkapan Chef de Cuisine? Jika belum, postingan berikut ini akan membantumu mengetahui perihal profesi juru masak senior tersebut.

Jabatan yang berada tepat di bawah Executive Chef ini tidak hanya bertanggung jawab untuk memasak di dapur tetapi juga membuat rencana menu dan mengelola operasional dapur.

Namun, kewenangan yang dimiliki Chef ini masih terbatas di lingkup satu dapur kedai makanan dan bukan mengepalai seluruh cabang kedai makanan.

Jika kau ingin mengetahui lebih lanjut, simak pembahasan lengkap ihwal Chef de Cuisine yang meliputi pengertian, peran, dan kisaran gajinya berikut ini.

Pengertian Chef de Cuisine

Chef de Cuisine adalah juru masak senior profesional yang menjalankan dapur komersial dengan cakupan peran untuk berbagi hidangan hingga koordinasi staf dapur.

Dalam praktiknya, seorang Chef de Cuisine juga harus memutuskan inventaris materi dan peralatan tersedia lengkap serta mempertahankan kualitas masakan dan kriteria kebersihan dapur.

Meski mempunyai otoritas manajerial, namun ia masih berada di bawah kepemimpinan Executive Chef.

Tugas Chef de Cuisine

Secara umum, Chef de Cuisine selaku penguasa dapur di suatu restoran memiliki tugas untuk menjaga dapur tetap teratur, aman, dan produktif.

Berikut ini beberapa tugas Chef de Cuisine yang mesti dilaksanakan lengkap dengan tanggung jawabnya dalam meminpin sebuah restoran.

  • Membuat penyusunan rencana hidangan dan memantau persiapan serta pelayanan kuliner.
  • Mengelola operasional dapur saban hari dan menentukan mutu masakan serta patokan kebersihan tetap terjaga.
  • Menetapkan kebijakan dapur dan mekanisme operasi patokan.
  • Mengawasi pengembangan dan revisi menu.
  • Mengelola inventaris, pembelian materi makanan, pengantaran, dan penyimpanan.
  • Mempersiapkan dapur untuk pembukaan, pengujian menu dan resep, pengaturan perlengkapan, serta perekrutan staf.
  • Mendidik dan melatih staf dapur supaya bisa melakukan peran sesuai job desc masing-masing.
  • Memastikan semua staf dapur mengikuti aturan dan menerapkan standar operasional dengan baik.
  • Bekerja sama dengan Sous Chef untuk membuatkan dan melaksanakan menu sesuai anggaran yang ditetapkan Executive Chef.
  • Membangun dan memelihara relasi kolaboratif dengan tim kitchen demi kelangsungan pekerjaan.
  • Membangun hubungan yang nyata dengan penyedia dan melakukan pemesanan kebutuhan dapur.
  • Mengawasi biaya pengelolaan dapur dan melaporkannya kepada Executive Chef.
  • Bertanggung jawab atas analisis bahaya dan titik kontrol kritis (HACCP) serta persyaratan peraturan dan keamanan yang lain di dapur.
  • Mempelajari tren dan kemajuan kuliner perhotelan atau kedai makanan.

Persyaratan dan Keterampilan Chef de Cuisine

Untuk menjadi Chef de Cuisine, mesti ada patokan dan keterampilan tertentu yang dimiliki, diantaranya selaku berikut.

  • Gelar sarjana dalam bidang masakan atau bidang terkait lainnya.
  • Pengalaman kerja selama kurang lebih 2 tahun dalam memimpin dapur.
  • Keterampilan kepemimpinan dan motivasi yang baik.
  • Kemampuan manajemen dan training untuk staf di bawahnya.
  • Keterampilan komunikasi yang sangat bagus.
  • Pengetahuan yang kuat wacana operasional dapur

Cara Menjadi Chef de Cuisine

Jika kau tertarik untuk menjalani profesi ini, setidaknya ada langkah-langkah penting yang mesti dilaksanakan seperti berikut ini.

1. Menyelesaikan Pendidikan Formal

Umumnya, untuk bisa sampai ke jenjang karier selaku Chef de Cuisine, kau mesti menuntaskan pendidikan formal terlebih dahulu.

Persyaratan minimun yang mesti dipenuhi yaitu pendidikan menengah di bidang kuliner atau sudah menuntaskan pendidikan tinggi dengan program magang.

Selain itu, kau juga wajib menjalani pelatihan dan kursus selaku upaya menerima akreditasi sebagai koki profesional semoga bisa menjadi Chef deCuisine.

2. Program Magang

Demi mengejar jenjang karier sebagai Chef deCuisine, pengalaman magang mesti dimiliki karena akan memberikan banyak manfaat dikala terjun ke dunia kerja.

Teori yang didapat melalui pendidikan formal dan non formal akan makin mantap dengan pembinaan langsung ketika magang di dapur restoran.

Bahkan ada magang tingkat lanjut yang bisa berjalan dalam hitungan tahun demi melatih kecakapan sampai ke jenjang Chef de Partie.

3. Pengalaman Kerja

Pengalaman kerja di berbabagi dapur dengan posisi berlawanan-beda akan membantu memajukan kepiawaian selaku chef, terlebih kalau ingin menjadi Chef de Cuisine.

Mendapatkan pekerjaan di dapur mulai dari posisi pemula akan membangun pengalaman semenjak tingkat dasar dan menolong pengertian peran kerja seluruh staf dapur.

Namun, selaku pendapatpenting, usahakan untuk menuntaskan setidaknya pengalaman kerja selama lima tahun sebagai koki anabawang terlebih dahulu.

Pengalaman ini akan kian membuatkan skill sebagai staf dapur di tim kitchen sampai naik tingkat menjadi Chef de Partie, Sous Chef, dan kesudahannya berada di posisi Chef de Cuisine.

Perkembangan tahapan karier ini juga memungkinkan kesempatan untuk naik ke jenjang paling tinggi selaku Executive Chef.

Keterampilan Chef de Cuisine

Selain mengupayakan cara-cara tadi, penting juga bagi seorang chef untuk membuatkan kemampuan penunjang demi jenjang karier yang semakin tinggi.

Pasalnya, seorang Chef memerlukan keterampilan yang bermacam-macam untuk mengurus dapur sambil terus berbagi diri.

Berikut ini beberapa kemampuan Chef de Cuisine yang penting untuk dikuasai selain kemampuan mengolah masakan.

1. Kepemimpinan

Salah satu kemampuan utama Chef de cuisine berkaitan dengan kemampuan untuk memimpin tim kitchen dalam menghidangkan hidangan tepat waktu dan sesuai tolok ukur.

Pasalnya, dia memiliki tanggung jawab serupa Executive Chef hingga penting untuk mengidentifikasi dan membina staf serta pendelegasian peran kerja.

2. Kemampuan Pengorganisasian

Tidak ada pemimpin yang bisa melakukan kiprahnya tanpa memiliki kesanggupan pengorganisasian yang bagus, tergolong untuk Chef de Cuisine.

Skill ini sangat penting mengenang seorang chef bekerja dalam lingkungan yang sibuk dan berbahaya demi tetap produktif dan kondusif.

Chef de cuisine juga mesti mampu membangun kolaborasi dengan melakukan pekerjaan Sous Chef dan station chef untuk memutuskan dapur beroperasi tanpa gangguan yang memiliki arti.

Selain itu, beliau juga dituntut untuk mampu merancang sistem dan acuan kerja yang sempurna demi memaksimalkan efisiensi dapur.

3. Ketangkasan Manual

Bukan hanya Chef de Cuisine, ketangkasan manual memang menjadi keahlian wajib yang harus dimiliki.

Ketangkasan ini yang nantinya menjadi skill teknis dalam membuat menu terbaik, seperti knife skill hingga kekuataan tangan dan kerjasama jari.

4. Kreativitas

Seorang Chef de Cuisine juga dituntut untuk mempunyai kemampuan terkait kreativitas dalam membuat dan membuatkan sajian semoga senantiasa menawan serta lezat.

Kemampuan ini memang identik dengan koki senior yang melibatkan riset beragam jenis kuliner, teknik memasak, dan tren terbaru di bidang kuliner.

Kisaran Gaji Chef de Cuisine

Setelah mengenali pemahaman, tugas dan tanggung jawab, keterampilan utama sampai cara menjadi Chef de Cuisine, sekarang giliran penghasilan yang mungkin didapatkan.

Kisaran gaji Chef de Cuisine berada di nominal Rp 5 juta sampai Rp 9 juta per bulan dengan pendapatlokasi dan masa kerja tertentu.

Penjelasan terkait Chef de Cuisine tadi akan membantu kau dalam mengetahui serba serbi jabatan senior chef tersebut kalau ingin berkarier selaku seorang chef di kedai makanan.

Artikel Menarik Lainnya: