TintaTeras

√ 5 Aplikasi Cek Pajak Kendaraan Online Seluruh Indonesia

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram

TintaTeras – Membayar pajak kendaraan yaitu sesuatu yang wajib dilakukan bagi seluruh pemilik kendaraan. Agar kau lebih gampang mengetahui biaya pajak, kau mampu menggunakan aplikasi cek pajak kendaraan online.

Membayar pajak kendaraan memakai aplikasi tentunya ialah pilihat tepat semoga pembayaran lebih efektif dan efisien.

Kamu tidak perlu antri di kantor Samsat untuk membayar pajak. Dengan aplikasi kamu dapat meminimalkan waktu dan tenaga serta dapat dilakukan cuma lewat ponsel.

Jenis Pajak Kendaraan Yang Harus Dibayar Lewat Aplikasi

Sebelum mengeluarkan uang pajak, penting untuk kau pahami bahwa pajak kendaraan terbagi sesuai dengan waktu pembayaran. Apa saja jenis pajak kendaraan bermotor?

Pajak Tahunan

Jenis pajak pertama adalah pajak tahunan yang berguna untuk mengesahkan STNK tahunan. Kamu mampu mengelola pajak tahunan kendaraan lewat kantor Samsat ataupun melalui aplikasi secara online.

Agar kamu dapat mengorganisir pajak tahunan ini, kau membutuhkan beberapa dokumen. Dokumen yang mesti kamu siapkan antara lain fotokopi KTP, STNK orisinil, serta dokumen yang terdiri dari isu langsung seperti nama KTP dan STNK yang sesuai.

Karena kau tidak mampu mengurus pajak tahunan kalau nama pemilik kendaraan berbeda dengan data dirimu.

Pajak Lima Tahunan

Pajak kendaraan lainnya yang harus kau bayar adalah pajak lima tahunan. Selain membayar, kau juga akan mengganti plat nomor kendaraan saat melaksanakan pembayaran pajak lima tahunan.

Kendaraan yang kamu miliki akan diperiksa oleh petugas yang ada di kantor Samsat untuk memastikan kesesuaian dari isu kendaraan yang telah tercantum di STNK.

Saat melaksanakan pembayaran jenis ini, kamu juga membutuhkan beberapa dokumen yang sesuai seperti KTP, STNK, BPKB, dan formulir cek fisik kendaraan yang sudah kamu isi.

Karena dibutuhkannya cek fisik, maka pajak lima tahunan ini tidak mampu dilakukan melalui aplikasi. Untuk mengeluarkan uang pajak jenis ini, kamu harus datang secara pribadi ke kantor Samsat terdekat.

Aplikasi Cek Pajak Kendaraan Online

Agar tidak telat membayar, kamu mampu mengandalkan aplikasi untuk memeriksa pajak kendaraan. Hadirnya aplikasi ini kian memudahkanmu untuk tidak telat mengeluarkan uang pajak. 

Berikut 5 aplikasi cek pajak kendaraan online serta cara menggunakannya :

1. Cek Pajak Lewat Samsat Online

Aplikasi Cek Pajak Kendaraan Online
Samsat Online

Aplikasi Samsat Online ini dapat membuat lebih mudah kamu untuk melakukan berbagai pembayaran terkait kendaraan.

Seperti melakukan pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), akreditasi STNK tahunan, dan Pembayaran Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ).

Berbagai pembayaran tersebut mampu dilakukan alasannya adalah adanya data dari database kendaraan bermotor. Data tersebut disatukan secara nasional ke dalam aplikasi ini, sehingga kau mampu lebih mudah untuk mengecek dan mengeluarkan uang pajak kendaraan.

2. Cek Pajak Kendaraan

Bagi kau yang ingin mengecek pajak kendaraan di daerah DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Sumatera Barat, Riau, Kalimantan Barat, dan Sulawesi Selatan, kau mampu menggunakan aplikasi ini.

Selain untuk memeriksa pajak kendaraan, aplikasi ini juga mampu menganalisa nomor polisi kendaraan bermotor.

Kamu dapat mengunduh aplikasi ini, kemudian memilih kendaraan mana yang sudah terdaftar sesuai beberapa provinsi opsi.

Setelah itu, kau akan menerima info detil seperti tanggal simpulan pajak, tanggal tamat STNK, sampai jumlah pajak yang harus kau bayarkan.

3. Cek Pajak Motor Mobil

Aplikasi ini terbilang gres, yang berguna untuk membantu kau mengenali status pajak kendaraan. Setelah menggunakan aplikasi ini, kamu mampu mengenali data kendaraan, baik alamat, maupun nomor polisi.

Aplikasi ini dapat dipakai untuk kendaraan mirip mobil, dan motor. Tentunya dengan aplikasi ini pula kamu bisa mengetahui tagihan pajak dari kendaraanmu.

4. Aplikasi SAMBARA

Aplikasi Cek Pajak Kendaraan
Aplikasi SAMBARA

SAMBARA yakni salah satu aplikasi untuk cek pajak kendaraan, namun hanya mampu digunakan untuk kau yang tinggal di wilayah Jawa Barat. Karena aplikasi ini dikontrol oleh Pemerintah Jawa Barat.

Jika kau memakai aplikasi ini, kau mampu melihat status pajak kendaraan, mengenali lokasi Samsat di wilayah Jawa Barat, hingga melaksanakan pembayaran pajak secara online.

Caranya, kamu hanya perlu menuliskan nomor plat kendaraan, lalu akan timbul segala isu pajak kendaraan.

5. Aplikasi SAKPOLE e-SAMSAT JATENG

Aplikasi Cek Pajak Kendaraan
SAKLPOLE e-Samsat Jateng

Jika aplikasi SAMBARA khusus untuk warga Jawa Barat, aplikasi ini mampu dipakai untuk kamu yang tinggal di daerah Jawa Tengah. Karena aplikasi Sakpole e-Samsat Jateng dikontrol secara langsung oleh PSI – BPPD Provinsi Jawa Tengah.

Hadirnya aplikasi ini memudahkan kau untuk melaksanakan pembayaran pajak secara online. Makara, kau tidak perlu datang pribadi ke kantor Samsat untuk mengeluarkan uang pajak kendaraan.

Selain mendapatkan isu pajak, kau juga mampu mengakses beberapa info terkait kendaraan yang lain. Seperti info status blokir kendaraan bermotor, serta pencarian lokasi layanan masyarakat di Jawa Tengah, seperti Samsat, ATM, kantor polisi, hingga kantor Jasa Raharja.

Manfaat Aplikasi Online Cek Pajak Kendaraan

Apakah kau tahu, jika mengevaluasi pajak kendaraan bermotor secara berkala itu penting? Karena, bukan mustahil bila kau lupa kapan batas terakhir untuk perpanjangan pajak kendaraan milikmu.

Setelah kamu mengenali kelima aplikasi cek pajak, kamu akan mengenali faedah dari adanya aplikasi ini, lho. Yuk simak berikut ini faedah dari adanya aplikasi untuk mengevaluasi pajak kendaraan.

1. Tidak Perlu Merasa Khawatir Saat Berkendara

Adanya aplikasi cek pajak kendaraan online, menciptakan kamu merasa nyaman dikala berkendara. Selain kekurangan atribut berkendara, atau tidak membawa SIM, maupun STNK, kau mampu terkena tilang karena tunggakan pajak kendaraan.

Tentunya jikalau kamu sudah lengkap menjinjing atribut dan surat-surat penting saat berkendara, kau tidak ingin kena tilang hanya alasannya lupa mengeluarkan uang pajak, kan? Dengan adanya aplikasi di ponsel pintar, kau dapat berkala mengusut kapan waktunya untuk mengeluarkan uang pajak.

2. Menyiapkan Anggaran Terlebih Dahulu

Untuk membayar pajak kendaraan, biayanya tergantung dari jenis kendaraanmu. Jika kamu memakai aplikasi cek pajak, kamu mampu merencanakan anggarannya apalagi dahulu.

Jadi kau tidak akan merasa kesusahan dikala deadline pembayaran pajak, kamu tidak mempunyai dana. Itulah pentingnya memakai aplikasi ini.

3. Bebas dari Denda

Karena kau telah menyiapkan dana untuk mengeluarkan uang pajak, pastinya kau tidak akan terkena denda. Karena denda tilang diberlakukan jika kau telat membayar.

Jika terkena denda, tentu dana tersebut akan kau keluarkan di luar dari budget yang telah kau siapkan. Tentunya kau tak ingin membayar untuk denda, bukan?

Kamu juga bisa menggunakan aplikasi bayar denda tilang online hanya lewat HP untuk meminimalkan waktu jikalau pajak kamu terlambat dibayar.

4. Mempermudah Akses Informasi Terkait Kendaraan

Manfaat ini yaitu yang paling umum kamu rasakan saat mempunyai aplikasi cek pajak. Karena di dalam aplikasi ini, kau dapat mencari segala jenis isu terkait kendaraan bermotor.

Kamu dapat mengetahui kapan waktu membayar pajak, detail isu kendaraan bermotor, sampai layanan kantor Samsat terdekat di wilayahmu. Tidak hanya sekedar gosip, pastinya kau juga dapat mengeluarkan uang pajak tahunan melalui aplikasi.

Baca Juga : 10 Aplikasi Bayar Zakat Fitrah Online Resmi Dan Terpercaya

Kemajuan teknologi saat ini lebih memudahkan kau untuk melakukan segala macam pembayaran atau mengakses berita. Salah satunya dengan adanya aplikasi cek pajak kendaraan, membuat kamu tidak perlu datang ke kantor Samsat.

Baca Juga : 8 Aplikasi Cek Nama Pemilik Kendaraan Online Lewat Ponsel

Selain menghemat waktu dan tenaga, kamu juga dapat menghemat ongkos jikalau menggunakan aplikasi cek pajak kendaraan. Dengan adanya postingan ini, biar mampu membantu kau untuk sempurna waktu dalam mengeluarkan uang pajak kendaraan bermotor ya.

Semoga berfaedah !

data-payload='”align”:”left”,”id”:”3848″,”slug”:”default”,”valign”:”bottom”,”ignore”:””,”reference”:”auto”,”class”:””,”count”:”17″,”legendonly”:””,”readonly”:””,”score”:”4.9″,”starsonly”:””,”best”:”5″,”gap”:”4″,”greet”:”Nilai Artikel”,”legend”:”4.9\/5 – (17 votes)”,”size”:”20″,”title”:”\u221a 5 Aplikasi Cek Pajak Kendaraan Online Seluruh Indonesia”,”width”:”115.6″,”_legend”:”score\/best – (count votes)”,”font_factor”:”1.25″‘>

4.9/5 – (17 votes)

Artikel Menarik Lainnya: