TintaTeras

11 Penyebab Sudah Bayar Listrik Tapi Belum Menyala

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram

TintaTeras Sudah bayar listrik namun belum menyala memang kadang-kadang membuat jengkel. Umumnya ada beberapa hal yang menjadikan kenapa listrik belum menyala padahal sudah dibayar.

Listrik yakni anutan elektron dari atom ke atom lainnya ke suatu penghantar atau pada suatu energi yang mampu berpengaruh dalam kehidupan insan sehari-hari.

Kehidupan sehari-hari insan memang tidak mampu jauh dari listrik. Listrik sangat penting untuk insan karena segala acara insan mampu bergantung oleh listrik.

Listrik ialah sumber energi yang dibutuhkan manusia pada abad terbaru ketika ini. Pada kurun kini banyak alat-alat yang mesti terhubung dengan listrik biar dapat menyala.

Alat tersebut mirip kulkas, mesin cuci, televisi, radio, ponsel, dan juga komputer. Alat ini juga sungguh kuat untuk mendukung acara kehidupan insan.

Jenis Tagihan Listrik

Ada dua pilihan jenis listrik yang mampu digunakan dalam menyanggupi keperluan ialah listrik prabayar dan listrik pascabayar.

Sebelumnya masyarakat banyak memakai listrik pascabayar namun, kini sudah ada yang beralih memakai listrik prabayar.

Banyak penduduk yang tetap bertahan memakai listrik pascabayar dengan berbagai alasan mirip bingung dengan metode prabayar dan tak maumengeluarkan ongkos penggantian alat.

1. Listrik Prabayar

Listrik prabayar ialah listrik yang bayarnya pada permulaan sebelum memakainya yakni dengan pulsa.

Alat meteran listrik tidak berupa analog lagi namun berbentuk digital yang berkhasiat untuk memasukan token listrik. Sistem yang dipakainya sama mirip saat berbelanja pulsa telepon genggam, hal ini pasti sungguh membuat lebih mudah kamu.

Listrik prabayar mempunyai keunggulan contohnya tidak terkena ongkos komplemen bila telat, dapat menertibkan pemakaian listrik saban hari, dan kawasan pembelian pulsa listrik pun banyak tersebar dimana-mana.

Tidak cuma memiliki kelebihan listrik prabayar juga memiliki kekurangan seperti meteran lebih gampang rusak alasannya adalah sensitif, listrik akan habis secara tidak terduga sehingga mampu menyibukkan kamu, dan sering terjadi dilema ketika mengisi pulsa listrik.

2. Listrik Pascabayar

Sedangkan listrik pascabayar ialah listrik yang pembayarannya berada pada akhir bulan adalah sesudah kau memakainya.

Meterannya pun masih memakai analog untuk membuktikan besaran daya yang sudah digunakan. Pembayarannya dapat lewat loket pembayaran atau bank.

Kelebihan jika memakai listrik pascabayar ini adalah listrik tetap tersedia hingga waktu simpulan bulan dan kau tidak perlu repot melaksanakan pembayaran tagihan listrik ketika ketika-waktu habis.

Dibalik kelebihan niscaya ada kekurangan begitu pula pada listrik pascabayar ini. Kekurangannya yaitu pemakaian mampu saja melebihi batas dan kau akan mendapat denda bila telat mengeluarkan uang listrik.

Sudah Bayar Listrik Tapi Belum Menyala

Listrik yang mati niscaya menciptakan gundah bagi kau yang sangat membutuhkannya. Jika listrik belum menyala walaupun sudah dibayar mampu disebabkan oleh beberapa aspek.

Berikut beberapa penyebab kenapa sudah bayar listrik namun belum menyala :

1. Nomor Token Listrik Salah

Penyebab listrik belum menyala padahal telah mengeluarkan uang berikutnya ialah memasukan token yang salah.

Sudah Bayar Listrik Tapi Masih Belum Menyala
Stroom / Token Listrik

Untuk yang menggunakan listrik pulsa, hal ini mampu saja terjadi bila kamu tidak teliti ketika memasukan token pulsa listrik. Jika ingin hal itu tidak terjadi tentukan kamu teliti dikala memasukan nomor token.

2. Pemasangan Instalasi Kurang Baik

Penyebab sudah bayar listrik namun belum menyala yang pertama yaitu jaringan instalasi listrik yang jelek atau kurang baik. Seharusnya jaringan instalasi listrik pada rumah dikerjakan oleh ahlinya atau PLN.

Kebanyakan mereka menentukan orang asal-asalan untuk memasang instalasi listrik di rumah.

Jaringan instalasi listrik yang tidak cocok akan menimbulkan aneka macam masalah seperti kerusakan pada meteran atau korsleting. Pastikan jangan menentukan orang sembarang pilih untuk memasang instalasi listrik bila tidak mau hal itu terjadi.

3. Jalur Instalasi Rusak

Jika rumah kamu memakai kabel serabut selaku jalur instalasi akan rentan oleh gigitan tikus.

Sudah Bayar Listrik Tapi Masih Belum Menyala
Instalasi Listrik

Listrik akan mati jika terjadi kerusakan pada jalur instalasi. Maka kau mesti cek pada kabel yang digigit tadi lalu sambungkanlah.

4. Putusnya Fuse Box Listrik

Penyebab sudah bayar listrik namun belum menyala selanjutnya ialah putusnya fuse box. Pada instalasi listrik versi lama, kau akan menemui fuse box atau sering disebut dengan sekering.

Jika listrik rumah overload akan menimbulkan fuse box rusak sehingga listrik padam. Segera hubungi petugas PLN untuk mengubah kabel fuse box bila hal ini terjadi.

5. Meteran Listrik Tidak Tersambung Ke MCB

Jika kwh terputus dengan MCB listrik dirumah kamu akan mati dengan MCB yang menyala. Bisa juga alasannya sambungan tersebut terbakar.

Sudah Bayar Listrik Tapi Masih Belum Menyala
MCB Listrik

Hal itu disebabkan karena pemasangan instalasi tidak baik. Segera hubungi petugas PLN kalau hal itu terjadi.

6. Kabel Twist Terputus

Kabel twist merupakan kabel penghubung dari rumah ke tiang listrik. Jika pemasangan tidak benar dan berpengaruh maka listrik tidak akan menyala meskipun kau telah membayarnya.

Jika hal ini terjadi kamu harus segera menelepon petugas PLN semoga secepatnya mendapatkan dukungan.

Manfaat Listrik Bagi Rumah Tangga

Dalam kehidupan insan, banyak sekali faedah listrik yang menunjang aktivitas sehari – hari dalam beraktivitas, seperti berikut :

1. Untuk Memasak

Saat ini banyak alat rumah tangga yang beralih dari cara tradisional menjadi cara modern, alat tersebut seperti blender, rice cooker, kulkas, dan masih banyak lagi.

Alat ini sungguh memudahkan bagi kita untuk menyelesaikan pekerjaan rumah sebab menggunakan daya listrik.

2. Alat Penerangan

Manfaat listrik yang kedua yaitu selaku alat penerangan dengan mengganti energi listrik menjadi cahaya.

Alat penerangan sangat membantu kita dalam beraktivitas pada malam hari baik untuk berguru, bepergian, ataupun kegiatan yang lainnya. Bayangkan kalau tidak ada listrik, niscaya dunia akan gelap gulita.

3. Sebagai Pendukung Industri

Dunia industri pada ketika ini sudah memakai robot untuk membantu pekerjaan manusia. Hal ini bermaksud semoga mempercepat dan memudahkan aktivitas buatan yang berjalan.

Banyak contoh robot yang digunakan untuk menolong acara industri mirip dalam packing dan perakitan barang. Itu semua sungguh membutuhkan listrik untuk sumber daya robot tersebut.

4. Tenaga Kendaraan

Pada kala ini banyak yang sedang mencari sumber energi terbarukan agar tidak bergantung dengan energi fosil.

Salah satu caranya adalah dengan mengganti energi listrik dengan energi gerak untuk kendaraan listrik.

Selain itu, kendaraan dengan energi listrik juga tidak menghasilkan gas yang berbahaya. Kendaraan listrik akan menciptakan air untuk proses gas yang dibuangnya.

5. Pengisi Daya

Saat ini banyak kegiatan insan yang bergantung dengan listrik. Manusia sering memakai ponsel, laptop, maupun tablet saban hari untuk mendukung aktivitasnya.

Semua alat itu membutuhkan energi listrik untuk mengisi daya supaya dapat digunakan lagi.

Baca Juga : 8 Cara Beli Token Listrik Di BRImo [Cetak Struk Pembelian]

Nah, itu tadi sedikit ulasan wacana penyebab dan penyelesaian menangani persoalan sudah bayar listrik tapi belum menyala juga.

Jika hal ini terjadi jangan ragu untuk segera menelepon petugas PLN untuk menanyakan penyebab niscaya kenapa listrik belum juga menyala.

data-payload='”align”:”left”,”id”:”4560″,”slug”:”default”,”valign”:”bottom”,”ignore”:””,”reference”:”auto”,”class”:””,”count”:”14″,”legendonly”:””,”readonly”:””,”score”:”4.9″,”starsonly”:””,”best”:”5″,”gap”:”4″,”greet”:”Nilai Artikel”,”legend”:”4.9\/5 – (14 votes)”,”size”:”20″,”title”:”11 Penyebab Sudah Bayar Listrik Tapi Belum Menyala”,”width”:”115.6″,”_legend”:”score\/best – (count votes)”,”font_factor”:”1.25″‘>

4.9/5 – (14 votes)

Artikel Menarik Lainnya: