TintaTeras

11 Aplikasi Bayar Stnk Online Resmi Terbaru Tahun 2023

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram

TintaTeras – Menggunakan aplikasi bayar STNK online akan menolong kamu untuk menghindari denda keterlambatan perpanjangan STNK. Berikut nasehat aplikasi untuk bayar STNK terpercaya yang wajib kau coba !

Setiap tahun, kamu harus mengeluarkan uang Pajak Kendaraan Bermotor atau umumdisebut dengan perpanjang STNK tahunan.

Selain tahunan, kau juga harus mengganti plat nomor kendaraan setiap 5 tahun.

Membayar STNK penting dikerjakan bagi kamu yang mempunyai kendaraan, karena dikala ini Pemerintah menerapkan aturan baru ialah STNK mati selama dua tahun, maka data kendaraan akan terhapus.

Biaya perpanjangan STNK setiap pemilik kendaraan pasti berlainan-beda. Biaya tersebut dilihat dari PKB yang beraneka ragam.

Biaya Perpanjangan STNK Online

Sementara, untuk ongkos perpanjangan STNK yang kau lakukan setiap lima tahun sekali tertera pada Peraturan Pemerintah nomor 60 Tahun 2016.

Isi dari Peraturan Pemerintah tersebut menjelaskan mengenai berapa biaya pokok yang mesti kamu keluarkan untuk perpanjang STNK, yakni :

  • Jika kamu pertama kali membayarkan STNK 5 tahunan, maka mesti mengeluarkan uang sejumlah Rp200.000,00.
  • Jika kau ingin memperpanjang STNK 5 tahunan, maka kamu akan terkena biaya Rp200.000,00.
  • Jika ingin melaksanakan pengesahan STNK, kamu akan terkena ongkos Rp50.000 per tahunnya.
  • Jika ingin membuat BPKB (Buku Pemilik Kendaraan Bermotor) gres, maka akan terkena ongkos sebesar Rp225.000,00.
  • Jika akan menciptakan BPKB untuk pemilik, maka akan terkena biaya Rp225.000,00.

Selain ongkos pokok tersebut, kamu juga mesti mengeluarkan uang beberapa ongkos perhiasan. Berikut biaya aksesori perpanjang STNK yang harus kau bayarkan :

  • Pembayaran Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ), sesuai dengan jenis kendaraan yang kamu miliki.
  • Biaya cek fisik kendaraan bermotor sebesar Rp10.000,00 sampai Rp20.000,00 per kendaraan.
  • Penggantian plat nomor kendaraan baru sebesar Rp60.000,00 hingga Rp100.000,00.

Bagi beberapa pemilik kendaraan mungkin merasa galau dengan pembayaran perlindungan SWDKLLJ.

Sebenarnya pinjaman ini ialah premi asuransi yang dibayarkan oleh pemilik angkutan kemudian lintas jalan kepada perusahaan yang menyelenggarakan dana kecelakaan kemudian lintas jalan.

Biaya SWDKLLJ yang dimaksud tertera dalam Undang-Undang nomor 34 Tahun 1964 ialah :

  • Sepeda motor di bawah 50cc, kendaraan beroda empat jenazah, ambulans, dan pemadam kebakaran tidak perlu mengeluarkan uang.
  • Sepeda motor dan skuter diatas 50 – 250 cc dikenakan biaya Rp36.000,00
  • Sepeda motor diatas 250 cc dikenakan ongkos Rp85.000,00.
  • Mobil transportasi biasa sampai 1600 cc Rp70.000,00.
  • Mobil barang atau pickup sampai 2400 cc, mobil sedan, jeep, dan kendaraan beroda empat penumpang dikenakan ongkos Rp163.000,00.

Aplikasi Bayar STNK Online

Cukup menggunakan ponsel pintar, kamu dapat membayar serta memperpanjang STNK tepat waktu tanpa harus tiba ke Samsat terdekat alasannya adalah semua pembayaran STNK mampu dilakukan dengan ponsel.

Berikut rekomendasi aplikasi bayar STNK Online resmi di seluruh Indonesia yang wajib kau coba :

1. Aplikasi Samolnas (Samsat Online Nasional)

Aplikasi Bayar STNK Online
Aplikasi Samolnas (Samsat Online Nasional)

Aplikasi yang dipakai untuk membayar pajak STNK online untuk kendaraan bermotor di Indonesia adalah Samsat Online Nasional (Samolnas). Aplikasi ini dibentuk oleh Tim Pembina Samsat Nasional sesuai peraturan perundang-usul Indonesia dengan salah satu fungsinya untuk bayar pajak kendaraan bermotor di Indonesia.

Salah satu fungsi aplikasi Samolnas yakni untuk mengeluarkan uang STNK secara online sebab aplikasi ini ialah aplikasi untuk bayar perpanjangan STNK resmi.

Selain untuk membayar STNK, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk beberapa hal lainnya.

Seperti pembayaran dan legalisasi tahunan online pajak kendaraan bermotor, PNBP pengesahan STNK, dan SWDKLLJ (Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan lalu Lintas Jalan).

Cara memakai aplikasi ini cukup gampang, kamu dapat mengunduh terlebih dahulu lewat play store. Setelah itu siapkan beberapa berkas apalagi dulu, lalu pilih registrasi.

Berkas tersebut mampu berupa berita dan data penting, yaitu nomor polisi kendaraan, nomor polisi yang tertera di STNK, serta 5 digit nomor rangka kendaraan terakhir.

Setelah kau mengisi seluruh nomor tersebut, kau dapat menuju langkah selanjutnya, yaitu menerima isyarat bayar.

Nantinya akan muncul SKPP elektro dan arahan bayar yang berlaku selama 2 jam.

Kamu mampu melaksanakan pembayaran melalui internet banking, mobile banking, ATM, bahkan e-commerce mirip Bukalapak dan Tokopedia.

Jika pembayaran sudah final dikerjakan, kau akan dikirimkan e-TBPKB dan e-pengakuan STNK lewat email yang sudah didaftarkan di aplikasi ini. Kedua dokumen tersebut berlaku sampai 30 hari sejak file diantarke email.

Langkah berikutnya, kamu akan menerima TBPKB/SKPD dan stiker pengukuhan STNK dalam bentuk fisik yang diantarkan oleh pihak Samsat.

Proses pengantaran dokumen tersebut kurang lebih sekitar 7 hari.

2. E-Samsat – Bayar STNK Online

Aplikasi Bayar STNK Online
Aplikasi E-Samsat

Aplikasi e-samsat adalah alternatif pembayaran pajak kendaraan bermotor secara online, pembayaran SWDKLLJ dan pembayaran STNK online. Nantinya kau akan diarahkan untuk melaksanakan pembayaran dengan berbagai sistem.

Metode pembayaran yang bisa kamu gunakan mirip via ATM, mobile banking, dan masih banyak opsi yang lain.

Namun pastikan kau sudah melaksanakan pendaftaran aplikasi terlebih dulu.

Cara memperpanjang STNK online melalui aplikasi e-Samsat adalah dengan mengisi data kendaraan apalagi dahulu, seperti kota plat kendaraan, dan nomor polisi kendaraan (plat).

Kemudian kau akan diarahkan ke laman yang terdiri dari data kendaraan, serta jumlah besaran pajak yang harus dibayar. Jika kamu telat membayar, maka ongkos denda juga tertera pada bab tersebut.

Sebelum melaksanakan pembayaran, kamu mampu menentukan kota selaku tempat pengambilan nota pajak. Jika sudah mengisi form tersebut, kau akan diarahkan pada proses pembayaran.

Setelah kamu simpulan melaksanakan pembayaran, akan muncul tanda bukti yang menawarkan bahwa kau sudah menyelesaikan proses pembayaran.

3. SIGNAL – Perpanjang STNK Online

Aplikasi Bayar STNK Online
Aplikasi SIGNAL

SIGNAL atau Samsat Digital Nasional yaitu aplikasi yang mampu membantu kamu untuk mengelola perpanjangan STNK hingga pembayaran STNK lewat HP secara online.

Sebelum memakai aplikasi ini, kau akan diminta untuk registrasi apalagi dahulu.

Kamu mampu mengetahui apakah STNK telah sah terbayar atau belum melalui aplikasi ini lewat fitur QR code.

Kamu dapat memperlihatkan QR Code, bila terdapat pemeriksaan dikala kelengkapan surat saat berkendara.

QR Code mampu muncul di bab kamera, dan secara otomatis akan tersambung ke database yang memperlihatkan keterangan bahwa STNK sudah sah, dan pajak sudah dibayarkan.

Cara Melihat Nomor Seri STNK

Bagi kau yang mempunyai kendaraan bermotor, tentunya mesti mempunyai STNK selaku bukti kepemilikan kendaraan.

STNK dianggap penting alasannya berisikan identitas pemilik kendaraan, data kendaraan, sampai periode berlaku dan pengesahannya.

Bukti kepemilikan kendaraan bermotor dapat terlihat dari nomor seri STNK. Informasi lengkap yang tertera pada STNK bersifat penting.

Seperti nomor pendaftaran yang berisikan plat nomor kendaraan, nama dan alamat pemilik, merek, tipe, jenis, warna, model kendaraan, serta tahun pembuatan, isi silinder, nomor rangka, nomor mesin, materi bakar, warna TNKB, tahun pendaftaran, nomor BPKB sampai kurun berlaku dan keharusan membayar pajak.

Berikut cara melihat nomor seri STNK :

1. Lihat Di Kop Atas STNK

Kamu mampu menyaksikan STNK yang dimiliki, lazimnya letak nomor seri berada di bagian atas antara kop kepolisian dan goresan pena “Surat Tanda Nomor Kendaraan”.

Pada bab tersebut akan terlihat sederet angka berwarna hitam, dengan efek warna merah muda.

2. Cek Seri STNK Lewat Situs Resmi Samsat

Cara berikutnya, kau dapat melihatnya dengan membuka situs resmi Samsat. Setiap kawasan mempunyai situs Samsat masing-masing, jadi kamu dapat menyesuaikannya menurut plat kendaraan berasal.

Baca Juga : 13 Aplikasi Jual Beli Motor Bekas Murah Dan Terpercaya

Setelah membuka situs resmi Samsat, kamu dapat memasukkan nomor kendaraan yang ada pada plat nomor.

Kemudian nantinya akan timbul STNK kendaraan beserta seluruh berita lengkapnya. Selain untuk membayar STNK, ketiga aplikasi diatas juga dapat kamu gunakan mengeluarkan uang pajak motor online.

data-payload='”align”:”left”,”id”:”4220″,”slug”:”default”,”valign”:”bottom”,”ignore”:””,”reference”:”auto”,”class”:””,”count”:”14″,”legendonly”:””,”readonly”:””,”score”:”4.9″,”starsonly”:””,”best”:”5″,”gap”:”4″,”greet”:”Nilai Artikel”,”legend”:”4.9\/5 – (14 votes)”,”size”:”20″,”title”:”11 Aplikasi Bayar STNK Online Resmi Terbaru Tahun 2023″,”width”:”115.6″,”_legend”:”score\/best – (count votes)”,”font_factor”:”1.25″‘>

4.9/5 – (14 votes)

Artikel Menarik Lainnya: