TintaTeras

10 Cara Cod Di Shopee Terbaru Dan Terlengkap

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram

TintaTeras – Saat ini Shopee sudah meluncurkan fitur belanja gampang yakni COD (Cash On Delivery). Pernahkah kamu mencobanya? Jika belum silahkan lanjutkan membaca 10 Cara COD Di Shopee Terbaru beserta syarat dan Ketentuan Belanja bayar di tempat ini.

Belanja COD Di Shopee

Belanja merupakan aktivitas yang sangat menyenangkan. Apalagi saat ini sudah tersedia beberpa marketplace untuk belanja online. Jika umumnya kau berbelanja COD secara offline kini kau dapat belanja COD di Shopee.

Fitur COD Shopee ini di rilis sekitar awal tahun 2019. Artinya telah ribuan pengguna Shopee yang mencicipi manfaat fitur ini baik untuk penjual (Seller) maupun pembeli (Buyer) di aplikasi Shopee.

Pengertian Cash On Delivery (COD)

COD (Cash On Delivery) yakni salah satu tata cara pembayaran yang dilaksanakan antara penjual dan pembeli secara tunai dikala pesanan tiba.

Saat ini ada beberapa marketplace yang menawarkan fitur COD untuk pembayarannya seperti Shopee, Lazada, Blibli.com, Zalora.com, Bhineka.com dan Salestockindonesia.

Tetapi tata cara COD di marketplace online bantu-membantu tidak mempertemukan penjual dan pembeli secara pribadi alasannya adalah kekurangan jarak dan jangkauan pemasarannya. Oleh sebab itu, marketplace bekerja sama dengan jasa pengiriman untuk mendapatkan pembayaran secara tunai dari pembeli.

Keuntungan COD Di Shopee

Dengan adanya tata cara COD ini, bermacam-macam keuntungan dapat dicicipi baik untuk penjual maupun pembeli. Khususnya di Shopee, manfaat metode pembayaran COD untuk pembeli ini antara lain :

1. Praktis & Cepat

Alasan pertama mengapa menentukan COD sebagai tata cara pembayaran dikala belanja di Shopee pastinya karena fasilitas dan kecepatannya.

Jika sebelumnya kamu belanja harus membayar lewat Transfer ATM atau lewat merchant Alfmart/Indomaret, sekarang kau cukup menyiapkan uang yang pribadi mampu kau serahkan ke kurir saat pesanan kamu datang.

Tentunya hal ini akan meminimalkan pengeluaran kamu ketika berbelanja produk yang kau harapkan di Shopee.

2. Melihat Kondisi Produk Secara Langsung Sebelum Membayar

Keuntungan COD yang kedua ialah kamu mampu menyaksikan keadaan produk yang kau beli secara langsung. Jika kamu merasa produk yang kamu beli sesuai, maka kamu dapat membayarnya, jikalau tidak kamu mampu menentukan untuk mengembalikan (retur) produk tersebut ke penjual.

Namun, hal ini tidak berlaku untuk produk yang di pengemasan. Kamu tidak diperbolehkan membuka bungkus packing sebelum mengeluarkan uang produk tersebut. Tetapi kamu masih tetap mampu mengembalikannya jikalau produk tersebut tidak sesuai spesifikasi yang ditawarkan pembeli.

3. Pembayaran Tunai

Biasanya untuk pelajar yang belum memiliki KTP dan Rekening Bank sendiri akan susah membeli Online. Tapi dengan metode COD, kini kamu dapat belanja online secara tunai tanpa Transfer lewat Rekening Bank.

Kamu cuma perlu memastikan duit kau cukup dan membayarkan pesanan-mu ketika kurir datang. Selain itu, menentukan COD sebagai metode pembayaran Shopee tidak menambah ongkos layanan untuk jasa pengiriman yang kamu pilih.

Sebenarnya masih banyak laba yang bisa kau peroleh dengan pembayaran COD Shopee ini. Contohnya :

  1. Memudahkan kerjasama antar pedagang dan pembeli karena mampu bertemu secara eksklusif. Ini berlaku jikalau pedagang dan pembeli berada dalam satu lokasi yang berdekatan.
  2. Mengurangi resiko seller yang tidak bertanggung jawab dalam menjual dan mengirimkan produk ke pembeli.
  3. Meningkatkan iman pembeli kepada seller (pedagang ).

Syarat Dan Ketentuan COD Di Shopee

Sebelum kamu belanja COD di Shopee, tentukan kamu telah membaca syarat dan ketentuan belanja COD Shopee ini :

1. Minimal Belanja

Untuk memakai pembayaran COD (Bayar di tempat) ini kau mesti belanja minimal Rp.50.000 rupiah dan optimal Rp.3.00.000 rupiah.

Artinya pembelian dibawah 50 ribu rupiah tidak mampu memakai fitur COD Shopee ini. Triknya, kau mampu membeli beberapa produk dalam satu toko untuk mencapai sekurang-kurangnyapembelian dengan sistem COD Shopee ini.

2. Jasa Pengiriman

Fitur COD Shopee saat ini cuma mendukung 3 Jasa pengantaran adalah :

  • J&T Express.
  • Shopee Express.
  • JNE (Pengiriman dari mancanegara).

Garansi pengantaran produk cuma berlaku untuk J&T Express. Jika kau belanja tentukan kamu menentukan salah satu jasa pengiriman tersebut. Jangan lupa sesuaikan dengan penggun voucher gratis ongkir atau voucher cashback yang kamu gunakan.

3. Biaya Tambahan

Setelah update fitur COD Shopee ini per tanggal 20 Maret 2020. Shopee mengenakan biaya embel-embel berupa ongkos penanganan untuk setiap pembelian produk Shopee yang menggunakan tata cara pembayaran COD.

Baca Juga : Cara Belanja Shopee Gratis Ongkir Menggunakan ShopeePay

Besarnya biaya penanganan ini adalah 2% untuk pembeli biasa dan 8% untuk pembeli dengan tata cara Dropship.

Cara Mengetahui Produk Yang Mendukung COD Di Shopee

Ada tiga cara mengetahui produk apa saja yang mendukung pembayaran di kawasan (COD) ini. Berikut 3 cara tersebut :

#1 Cara Pertama

Buka aplikasi Shopee, kemudian cari produk yang ingin kamu beli menggunakan keyword pada kolom pencarian. Setelah itu klik fitur COD di bab atas pencarian. Otomatis Shopee akan memperlihatkan semua produk yang mendukung COD.

Cara Belanja COD Di Shopee Terbaru
Cari Produk COD

#2 Cara Kedua

Buka aplikasi Shopee. Lalu dibagian sudut kanan atas klik Filter penelusuran. Kemudian di tata cara pembayaran kamu akan menemukan COD (Bayar Di Tempat). Klik Pakai untuk mengaktifkan filter COD. Lalu cari produk yang kau inginkan.

Cara Belanja COD Di Shopee Terbaru
Cari Produk COD

#3 Cara Ketiga

Cari produk yang kamu harapkan melalui fitur pencarian Shopee. Lalu lihat dibagian detail produk bertanda COD (Bayar Di Tempat).

Cara Belanja COD Di Shopee Terbaru
Cari Produk COD

Cara COD Di Shopee

Sebelum belanja COD Shopee, kau mesti memastikan apalagi dahalu produk yang akan kamu beli mendukung fitur COD. Jika sudah, berikutnya lihat cara belanja Shopee COD melalui aplikasi dan situs web berikut.

Cara COD Di Shopee Melalui Aplikasi

Berikut cara belanja Shopee COD melalui aplikasi Shopee :

  • Buka aplikasi Shopee. Lalu cari produk COD Shopee yang ingin kamu beli. Setelah itu klik Tambahkan Ke Kerangjang kalau ingin membeli beberapa produk COD sekaligus atau Beli Sekarang bila ingin berbelanja satu produk.

Cara Belanja COD Di Shopee Terbaru
Cari Produk Shopee

  • Klik Checkout.

Cara Belanja COD Di Shopee Terbaru
Klik Checkout

  • Isi Alamat Pengiriman dan Nomor HP yang masih aktif dan mampu di hubungi.

Cara Belanja COD Di Shopee Terbaru
Isi Alamat Pengiriman

  • Pada Opsi Pengiriman, pilih Jasa Pengiriman J&T Express.

Cara Belanja COD Di Shopee Terbaru
Pilih Jasa Pengiriman COD

  • Pilih Metode Pembayaran COD (Bayar Di Tempat). Klik Konfirmasi.

Cara Belanja COD Di Shopee Terbaru
Pilih Metode Pembayaran COD

  • Klik Gunakan Voucher masukan Voucher Cashback atau Voucher Gratis Ongkir yang kamu miliki.

Cara Belanja COD Di Shopee Terbaru
Gunakan Voucher Gratis Ongkir

  • Lalu Klik Buat Pesanan.
  • Cek status Pengiriman. Pastikan statusnya berkembang menjadi “Dikemas”.

Cara Belanja COD Di Shopee Terbaru
Cek Riwayat Pemesanan

  • Tunggu pesanan kau dikirimkan oleh seller.
  • Selesai.

Cara COD Di Shopee Melalui Website

Berikut langkah – langkah belanja COD di Shopee lewat website Shopee :

  • Buka situs web Shopee.co.id. lalu login menggunakan username & Password Shopee.
  • Setelah sukses login. Cari produk COD Shopee yang kamu harapkan. Lalu Tambahkan Ke Keranjang/Beli Sekarang.
  • Selanjutnya klik Checkout.
  • Pada halaman checkout, isi alamat pengantaran. Kemudian pilih jasa pengantaran, kemudian masukan voucher gratis ongkir yang kamu miliki.
  • Klik Metode Pembayaran. Pilih tata cara pembayaran COD (Bayar Di Tempat). Klik Konfirmasi.
  • Terakhir klik Buat Pesanan.
  • Cek Rriwayat Pemesanan untuk menyaksikan status pesanan kamu. Pastikan statusnya berkembang menjadi “Dikemas”.
  • Tunggu pesanan kau diantarkan oleh seller.
  • Selesai.

Tips Belanja COD Di Shopee

Karena kemudahannya, banyak pembeli Shopee yang menganggap sepele tata cara pembayaran COD ini. Perlu kau pahami bahwa menolak atau mengembalikan pesanan mampu menyebabkan fitur COD di akun Shopee kamu akan diblokir permanen. Untuk menghindari hal tersebut, berikut kiat – kiat dalam berbelanja COD yang harus kamu pahami :

  1. Sebelum membuat pesanan, konfirmasi deskripsi produk sedetail mungkin terhadap seller agar nanti nya ketika produk sudah ditangan-mu sesuai dengan deskripsi.
  2. Pastikan kamu memasukan alamat sejelas mungkin. Tuliskan RT, RW, Nomor Rumah serta ciri – ciri rumah supaya kurir tidak kesulitan mencari lokasi-mu.
  3. Masukan nomor HP yang mampu dihubungi dan masih aktif. Ini membuat lebih mudah kurir menghubungi-mu saat kebingungan mencari alamat-mu.
  4. Jika produk tidak sesuai dan kamu ingin mengembalikannya, konfirmasi kembali terhadap penjual (Seller).
  5. Setelah produk kau terima dan kau merasa puas dengan produknya, selalu tinggalkan ulasan terbaik untuk mendukung seller mendapat akidah dari pengguna Shopee yang lain.

Nah pada akibatnya memilih tata cara pembayaran Transfer Bank, ShopeePay, Shopee PayLater atau bahkan COD ( Cash On Delivery) untuk belanja di Shopee sesuai harapan-mu.

Baca Juga : Cara Belanja Di Shopee Untuk Pemula [Panduan Lengkap]

Selalu baca Peraturan Komunitas Shopee semoga akun-mu tetap kondusif. Dan terlebih lagi jaga komunikasi antara kau dengan penjual semoga tetap berlangsung dengan baik.

Lihat Juga : Cara Belanja Shopee Gratis Ongkir Rp.0 Sepuasnya

Itulah ulasan cara COD Di Shopee Terbaru via aplikasi dan situs web Shopee yang bisa kau coba di akun Shopee-mu. Jika kau punya hambatan saat COD Shopee sebagai pemula, kamu dapat membagikan pengalam COD Shopee-mu lewat kolom komentar yang tersedia. Happy Shopping !

data-payload='”align”:”left”,”id”:”594″,”slug”:”default”,”valign”:”bottom”,”ignore”:””,”reference”:”auto”,”class”:””,”count”:”2″,”legendonly”:””,”readonly”:””,”score”:”5″,”starsonly”:””,”best”:”5″,”gap”:”4″,”greet”:”Nilai Artikel”,”legend”:”5\/5 – (2 votes)”,”size”:”20″,”title”:”10 Cara COD Di Shopee Terbaru Dan Terlengkap”,”width”:”118″,”_legend”:”score\/best – (count votes)”,”font_factor”:”1.25″‘>

5/5 – (2 votes)

Artikel Menarik Lainnya: