TintaTeras

Biografi Ferruccio Lamborghini, Dongeng Pendiri Lamborghini Menciptakan Mobil Ketika Kecewa Dengan Hinaan Ferrrari

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram

Ferruccio Lamborghini dikenal sebagai pendiri Lamborghini, suatu perusahaan produsen kendaraan beroda empat sport sekaligus kendaraan beroda empat glamor di dunia. Mungkin telah pernah mendengar nama Lamborghini. Namun tahukan anda, dalam sejarah Lamborghini jikalau tidak ada Ferrari maka Lamborghini tidak akan diciptakan. 

Biografi Ferruccio Lamborghini

Dan dunia tidak akan pernah menyaksikan mobil supercar pertama di dunia yakni Lamborghini Miura. Semua berawal dari ketidakpuasan Ferruccio Lamborghini kepada Ferrari sehingga beliau kemudian menciptakan sendiri mobil sport Lamborghini. Bagaimana kisahnya?

Biografi Ferruccio Lamborghini

Pria ini lahir pada tanggal 28 April 1916. Dia merupakan sekaligus pendiri dari perusahaan kendaraan beroda empat Itali Lamborghini. dia merupakan anak dari pasangan viticulturists Antonio dan Evelina Lamborghini, di rumah bernomor 22 di Renazzo di Cento, di daerah Emilia-Romagna di Italia Utara.

Tanggal 2 Mei Lamborghini muda kesengsem pada mesin pertanian bukan pola hidup pertanian itu sendiri. Pendiri Lamborghini ini mencar ilmu teknik di Fratelli Taddia erat Bologna. Ia berguru memperbaiki mobil, sepeda motor, dan truk yang rusak dengan memakai sparepart bekas. Ia menjadi terkenal selaku jago dalam improvisasi mekanik dan memperbaiki mesin.

Pada tahun 1940, ia direkrut angakatan Udara Kerajaan Italia, di mana ia menjabat selaku montir di pulau kawasan Rhodes bagian kerajaan Italia sejak 1911, sesudah perang Italia-Turki, dia menjadi Pimpinan satuan pemeliharaan kendaraan. Lamborghini dipenjarakan saat pulau itu jatuh ke tangan Inggris pada akhir perang pada 1945, dan tidak mampu pulang sampai tahun 1946.

Dia menikah, tetapi istrinya meninggal tahun 1947 dikala melahirkan anak pertamanya bernama Antonio. Setelah perang, Lamborghini membuka bengkel di Pieve di kota Cento. Dalam waktu luangnya, Lamborghini memodifikasi suatu Fiat Topolino yang sudah lama dibelinya.

Produsen Peralatan Pertanian

Lamborghini sukses memproduksi traktor revolusioner mirip jajaran Carioca. Traktor Carioca memakai mesin militer dengan mesin diesel 6 silinder. Traktor Carioca merupakan traktor pertama yang diciptakan dan diproduksi oleh Lamborghini.

Ferruccio Lamborghini tidak pernah berpikir akan mengganti bisnisnya dari produsen kendaraan pertanian ke produsen kendaraan beroda empat supercar. Namun sebuah kekecewaanlah yang kemudia mengubah takdirnya menciptakan mobil supercar.

Dalam beberapa tahun, Ferruccio Lamborghini menjadi salah satu produsen peralatan pertanian terbesar di Italia. Sehingga Ferruccio bisa berbelanja puluhan mobil mewah mirip Maserati dan Mercedes-Benz. Dia juga memutuskan untuk membeli beberapa kendaraan beroda empat bikinan Ferrari. Disinilah kisah sukses Lamborghini dimulai. Dan mulai menjelma salah satu produsen kendaraan beroda empat mewah paling sukses di dunia.

Kolektor Mobil Ferrari

Banyak orang mengatakan bahwa, Ferrucio Lamborghini nekat menciptakan mobil karena kesal dengan pendiri Ferrari, Enzo Ferrari. Bukan kesal karena tidak bisa bersaing dengan Ferrari. Justru Ferrucio mulanya yakni kolektor mobil-kendaraan beroda empat Ferrari.

Ketika Ferruccio Lamborghini membeli Ferrari gres, dia menganggapnya selaku mobil lintasan yang dirancang ulang dibandingkan dengan mobil jalan biasa. Suatu dikala di tahun 1958 Ferruccio membeli suatu Ferrari 250 GT.

Sayang menurutnya mesin Ferrari 250 GTO terlalu berisik utamanya di gearboksnya yang menjadi persoalan baginya. Lamborghini menggemari Ferrari namun tidak sepenuhnya puas mutu mesin dari Ferrari. Dia menetapkan menawarkan beberapa saran kepada Enzo Ferrari tergolong perubahan rancangan Ferrari yang mampu membantunya mengembangkan Ferrari mewahnya.

Menciptakan Mobil Karena Kecewa Dengan Ferrari

Ferrari adalah salah satu dari sedikit perusahaan yang menciptakan mobil sport terbaik di tahun 1960. Ferrari juga memiliki nama besar. Karena pujian ini, tanggapan Enzo Ferrari terhadap rekomendasi Lamborghini sama sekali tidak kasatmata namun menghinanya juga dengan berkomentar bahwa

….Masalahnya bukan di kendaraan beroda empat, namun pada pengemudi yang mengendarainya. Lebih baik konsentrasi pada bisnis traktor Anda daripada mengamati mobil aku.

Enzo Ferrari

Disinilah awalnya, Enzo yang merupakan pendiri Ferrari justru menolak rekomendasi dari Ferrucio. Ayah dari Dino Ferrari itu malah menyuruh Ferrucio berlangsung kaki saja jikalau tidak suka dengan mobil buatannya. Kecewa dengan tanggapan arogan tersebut, Ferrucio pun tergerak untuk membuat kendaraan beroda empat. Dalam pikirannya, beliau ingin Enzo tahu beginilah caranya membuat mobil super yang benar.

Balas Dendam Yang Manis’ Dari Pendiri Lamborghini

Komentar Ferrari mendorong Lamborghini untuk menerangkan bahwa ia salah. Lamborghini menetapkan untuk mengejar-ngejar impiannya membuat mobil sport yang tepat. Pada tahun 1964 Lamborghini sukses memproduksi mobil sport pertamanya yakni Lamborghini 350 GT. Mobil buatannya ini kekuatan dan kinerjanya jauh melampaui mobil Ferrari.

Biografi Ferruccio Lamborghini

Mobil barunya menarik banyak penggemar kendaraan beroda empat sport. Setelah sukses dengan Lamborghini 350 GT, Ferruccio kemudian memproduksi mobil sport yang mencakup Jarama, Espada, Miura dan Islero. Mobil ini kemudian menunjukkan persaingan ketat bagi mobil sport Ferrari.

Hampir Bangkrut

Tidak mirip Ferrari yang wajib mengikuti F1, Lamborghini sendiri cuma menjadi suplier mesin di ekspresi dominan 1989 sampai 1993. Lamborghini beberapa kali sempat hampir bangkrut. Akhirnya di tahun 1998 nasib Lamborghini terselamatkan sehabis dibeli oleh Audi (Volkswagen Group).

Setelah dibeli oleh Audi, Lamborghini tetap menjaga nilai-nilai sebuah karya seni. Pembuatan mobil mulai dari pengecatan, pembuatan bodi, perakitan mesin, instalasi kabel, interior dsb masih mengandalkan tangan-tangan cekatan karyawan Lamborghini.

Ada Banteng Dalam Nama Lamborghini

Hampir sebagian besar nama-nama mobil Lamborghini diambil dari nama-nama banteng. Diketahui,Ferrucio Lamborghini memang terlahir dalam naungan zodiak Taurus. Makara, bukan kebetulan bila kendaraan beroda empat dari Lamborghini selalu memakai nama-nama banteng. Contohnya Lamborghini Miura.

Model buatan pertama dari Lamborghini ini mengambil nama dari banteng aduan milik pebisnis kaya Sevilla, Eduardo Miura. Kebetulan Eduardo Miura mempunyai korelasi baik dengan Feruccio. Selama berkunjung ke Sevilla, Ferrucio kerap terkagum- takjub dengan banteng milik Eduardo Miura

Saat ini Ferrucio Lamborghini tidak lagi pemilik merek dan juga telah meninggal dunia, tradisi penggunaan nama-nama dari banteng tersebut tetap dipertahankan. Beberapa nama mobil yang diberikan sepeninggalan Ferrucio Lamborghini Lamborghini Gallardo (baca Gayardo) dan yang paling anyar Lamborghini Aventador.

Gallardo yaitu nama salah satu banteng aduan paling tangguh yang ada di Spanyol medio 2000-an. Ketangguhan banteng ini sungguh terkenal karena dari banteng ini ditemukan satu keluarga yang seluruhnya mempunyai kekuatan yang sangat baik. Hal yang serupa juga terjadi pada Lamborghini Aventador yang disebut-sebut sebagai pengganti dari Lamborghini Murcielago.

Biografi Ferruccio Lamborghini

Nama Aventador merujuk kepada suatu banteng yang menerima Trofeo de la Pena La Madronera di Arena Saragossa, Spanyol,pada 1993. Nama lainnya yang sangat khas dengan banteng yakni Murcielago.Nama Murcielago diambil dari cerita faktual usaha seekor banteng legendaris yang pernah hidup pada 1879.

Banteng berjulukan Murcielago ini masih tetap hidup meski sudah ditusuk 28 kali di ajang matador. Sang matador, Lagartijo, akibatnya menetapkan untuk tidak menghabisi Murcielago alasannya adalah takjub dengan kekuatannya menahan rasa sakit. Cerita yang berbeda ada pada Lamborghini Reventon.

Nama ini diambil dari seekor banteng yang justru berhasil menghabisi nyawa seorang matador asal Meksiko, Felix Guzman. Penyematan nama-nama khas banteng memang sukar ditinggalkan begitu saja. Makara, walaupun ketika ini Lamborghini mengejutkan dunia alasannya tak mau lagi memakai transmisi manual, dukungan nama khas banteng yang dilakukan sang pionir tidak akan pernah ditinggalkan.

Lamborghini Saat Ini

Pada tahun 1971, Ferruccio Lamborghini menentukan pensiun dan berbelanja perkebunan seluas 32 hektar. Ia lalu memutuskan menjajdi pembuat anggur yang makmur di Panicarola, Italia. Disana ia mendirikan suatu museum eksklusif kecil tentang perjalanannya dalam mendirikan Lamborghini.

Dia menanam anggur dan mengemasnya menjadi minuman anggur tradisional. Anggur produksi Lamborghini sudah menerima banyak penghargaan. Ferruccio Lamborghini meninggal pada tanggal 20 Februari 1993 sebab serangan jantung. Ia dimakamkan di kampung halamannya Renazzo, Italia.

Sepeninggal Feruccio, Lamborghini terus berubah menjadi produsen mobil supercar populer di dunia. Mereka terus konsisten dalam mengembangkan dan memproduksi kendaraan beroda empat sport terbaik di dunia berkompetisi dengan Ferrari, Mclaren, Bugati dan merk lainnya.

Artikel Menarik Lainnya: