TintaTeras

13 Cara Mengganti Nomor Hp Shopee Yang Lupa Atau Tidak Aktif

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram

TintaTeras – Mengganti nomor HP Shopee memang mampu dijalankan dengan gampang. Tapi ada beberapa tahapan dan syarat yang kamu mesti kerjakan. Penasaran? Berikut aku akan mengulas cara mengubah Nomor HP Shopee melalui aplikasi dalam kondisi Login dan Logout Aplikasi.

Apakah kamu masih ingat apa saja syarat mendaftar akun gres di aplikasi Shopee? Yap, salah satunya nomor HP. Nomor HP di aplikasi Shopee bergotong-royong bisa kau ubah. Tapi bagaimana jika nomor HP tersebut sudah hilang, tidak aktif lagi atau bahkan kamu lupa nomor HP Shopee tersebut?

Pasti pusing kan? Tapi hening. Kali ini kita akan membicarakan masalah tersebut hingga tuntas. Sebelum mengetahui cara mengubah nomor HP di akun Shopee yang lupa atau telah tidak aktif, kamu perlu mengenali fungsi nomor HP di akun Shopee.

Fungsi Nomor HP Di Akun Shopee

Jadi buat kamu yang sering berpikir untuk apa sih bahu-membahu kau mengaitkan nomor HP-mu ke aplikasi Shopee. Berikut 3 fungsi utama nomor HP di aplikasi Shopee :

Mengamankan Akun Shopee

Fungsi utama kamu wajib mengaitkan nomor HP kau di aplikasi Shopee yaitu untuk keamanan akun kamu.

Jadi, setiap kamu atau orang lain yang menjajal masuk ke akun Shopee-mu ingin mengubah password atau PIN Shopee/ShopeePay akan di minta memasukan kode OTP. Nah kode OTP ini akan diantarkan ke nomor HP yang terdaftar di aplikasi Shopee kau.

Kode OTP Shopee ini yakni 4 digit angka yang mampu kau cek di bab SMS HP kamu. Jika OTP yang kau masukan salah maka langkah-langkah penggantian Password/PIN akan ditolak oleh Shopee.

Komunikasi Dengan Penjual Dan Pembeli

Fungsi nomor HP Shopee yang kedua yaitu untuk membuat lebih mudah komunikasi antara seller dan buyer. Misalnya, kamu sebagai buyer yang ingin membeli barang di aplikasi Shopee.

Sebelum perintah checkout belanjaan kamu, kau wajib memasukan alamat dan nomor HP kamu. Sebenarnya nomor HP ini mampu kau ubah, tetapi bila kau lupa menggantinya maka otomatis nomor HP otomatis menyesuaikan dengan nomor HP kamu yang terdaftar di aplikasi Shopee.

Cara Melihat Nomor Telepon Di Shopee

Setelah kau tahu fungsi utama nomor HP di Shopee, niscaya kau sudah menyadari bahwa nomor HP di akun Shopee itu sangatlah penting. Nah sekarang, coba kau cek nomor HP yang terdaftar di akun Shopee-mu.

Berikut cara melihat nomor telepon di Shopee :

  • Buka aplikasi Shopee. Tap halaman Saya di pojok kanan bawah.

Cara Mangganti Nomor HP Shopee Yang Lupa, Hilang Atau Tidak Aktif 
Tap Halaman Saya

  • Klik Icon gerigi atau Pengaturan di sudut kanan atas.

Cara Mangganti Nomor HP Shopee Yang Lupa, Hilang Atau Tidak Aktif 
Klik Pengaturan

  • Pilih Profil Saya. Di bagian ini kamu akan melihat data akun Shopee-mu tergolong nomor Telepon yang terdaftar di akun Shopee-mu. 

Cara Mangganti Nomor HP Shopee Yang Lupa, Hilang Atau Tidak Aktif 
Pilih Profil Saya

Sayangnya, kamu hanya mampu menyaksikan 2 digit angka terakhir nomor HP-mu.

Sayangnya, kamu hanya dapat melihat 2 digit angka terakhir nomor HP-mu.
Nomor HP di Akun Shopee

Jika Nomor HP akun Shopee hilang atau lupa. Coba kamu ingat nomor HP yang pernah kamu gunakan sebelumnya berdasarkan dua digit angka terakhir di profil Shopee tersebut.

Cara Melihat No HP Di Shopee

Jika kau ingin melihat nomor HP akun Shopee kau secara keseluruhan, maka kau harus melaksanakan cara yang sedikit lebih rumit. 

Berikut cara melihat No HP di Shopee terbaru :

  • Buka aplikasi Shopee yang kau telah login ke dalamnya.
  • Di halaman utama, klik isi saldo shopeepay di kiri atas. 
  • Klik isi saldo biar Nomor Telepon terlihat.
  • pilih Alfamart / Alfamidi / Dan+ Dan > Konfirmasi.
  • Akan keluar nomor hp yang kita daftarkan di Shopee.

Kamu mampu mencarinya di daftar kontak/catatan atau kamu mungkin pernah menyimpannya di email kamu.

Jangan senang dahulu, jika kau telah percaya mengingatnya, kamu juga harus memutuskan nomor Handphone tersebut masih dapat digunakan (Masih aktif). Jika jawabannya masih, maka skip langkah dibawah ini.

Cara Mengganti Nomor HP Shopee Saat Login

Untuk mengganti nomor Telepon di akun Shopee, kamu membutuhkan password akun Shopee. Selain itu, kalau kau sudah memasukan Rekening Bank di aplikasi Shopee kamu, maka kau diwajibkan menginput Nomor Rekening saat kau mengganti nomor HP di aplikasi Shopee.

Berikut cara mengganti nomor HP di akun Shopee dalam keadaan login aplikasi Shopee :

Cara Mangganti Nomor HP Shopee Yang Lupa, Hilang Atau Tidak Aktif 
Cara Mangganti Nomor HP Shopee

  • Buka Aplikasi Shopee > Tap Halaman Saya > Pilih Pengaturan Akun > Profil Saya (Cara Melihat nomor HP di Shopee).
  • Selanjutnya tap pada bagian Nomor Handphone > Pilih Ubah.
  • Masukan Password Shopee kau kemudian Klik Lanjut.
  • Masukan nomor HP Shopee yang gres. Pastikan nomor HP dalam keadaan aktif. Lalu klik Lanjut.
  • Selanjutnya kamu diminta untuk melakukan verifikasi nomor telepon. Masukan Kode OTP yang diantarke nomor HP kamu yang baru. Lalu klik Verifikasi.
  • Selesai.

Setelah nomor Telepon Shopee kau sukses di ubah, kau akan otomatis Logout dari aplikasi Shopee. Selanjutnya kamu tinggal Login kembali ke akun Shopee-mu menggunakan nomor HP yang baru kau daftarkan.

Selain itu, kau mampu melihat SMS keterangandari Shopee ke nomor HP yang gres saja kamu daftarkan terkain penggantian nomor HP Shopee kau mirip ini :

Cara Mangganti Nomor HP Shopee Yang Lupa, Hilang Atau Tidak Aktif 
Penggantian Nomor HP Shopee Berhasil

Kamu hanya bisa menggunakan nomor HP gres yang tidak terkait dengan aplikasi Shopee karena 1 nomor HP cuma bisa digunakan untuk 1 akun Shopee.

Cara Mengganti Nomor HP Shopee Saat Logout

Lalu bagaimana jika nomor HP Shopee kamu sudah hilang atau nonaktif dan akun kamu dalam kondisi Logout dari aplikasi Shopee? Nah makin bingung kan, tapi jangan ketakutan dulu.

Kamu masih tetap mampu mengganti nomor HP Shopee kau. Tetapi kau membutuhkan dokumen pendukung ialah KTP/SIM/Kartu Keluarga untuk memulihkan nomor HP Shopee kamu. Berikut caranya :

  • Buka aplikasi Shopee. Tap halaman Saya, kemudian pilih Login.

Cara Mangganti Nomor HP Shopee Yang Lupa, Hilang Atau Tidak Aktif 
Klik Login

  • Tap “Lupa?” di kanan password.

Cara Mangganti Nomor HP Shopee Yang Lupa, Hilang Atau Tidak Aktif 
Tap “Lupa” Password

  • Di bagian ganti password ini, klik “Ganti Nomor Handphone?”

Cara Mangganti Nomor HP Shopee Yang Lupa, Hilang Atau Tidak Aktif 
Klik Ganti Nomor Handphone

  • Kamu akan di arahkan ke halaman pengisian data Shopee mirip Nama, Username Shopee, Nomor Handphone Lama dan Nomor Handphone Baru. Isi semua data dengan benar lalu Tap Lanjut (Panah Orange). Unggah Foto Identitas seperti KTP/SIM/Kartu Keluarga beserta foto Selfie dengan KTP/SIM/Kartu Keluarga. Lalu klik Kirim.

Cara Mangganti Nomor HP Shopee Yang Lupa, Hilang Atau Tidak Aktif 
Isi Data & Unggah Foto

  • Selesai. Tunggu data kau diproses oleh pihak Shopee kurang lebih 1 x 24 jam kerja.

Cek email yang kamu daftarkan di Shopee secara terjadwal. Jika sukses di verifikasi, kamu akan mendapatkan email dari Shopee yang merekomendasikan kau untuk menanti nomor HP kau di ubah kurang lebih 3 x 24 jam kerja (kecuali hari sabtu & minggu). Email yang akan kamu terima kurang lebih seperti ini :

Cara Mangganti Nomor HP Shopee Yang Lupa, Hilang Atau Tidak Aktif 
Email Balasan Shopee

Jika nomor HP kau sudah berhasil diubah, kau akan menerima email Shopee seperti ini :

Cara Mangganti Nomor HP Shopee Yang Lupa, Hilang Atau Tidak Aktif 
Email Penggantian Nomor Shopee Berhasil

Dan selamat, kau sudah berhasil mengganti nomor HP Shopee kau.

Selama kala peninjauan/verifikasi data dijalankan oleh Shopee. Jangan pernah membuka akun Shopee kau, kalau kamu tidak mau aku kamu di nonaktifkan/diblokir.

Cara Ganti No HP Shopee Yang Tidak Aktif

Setelah melakukan dua cara utama diatas nomor Shopee kamu belum terganti, maka kamu harus menjajal cara  mengganti nomor Telepon Shopee yang sudah tidak aktif melalui Pusat Bantuan Shopee.

Kamu bisa memanfaatkan fitur Pusat Bantuan Shopee. Caranya masuk ke aplikasi Shopee > Tap halaman Saya > Pilih Pusat Bantuan.

Dibagian Pusat Bantuan kamu mampu menentukan 3 alternatif ialah dengan Chat Costumer Service Shopee, Kirim Keluhan Via Email dan Menggunakan Panggilan Telepon.

Kesimpulan

Jika nomor telepon Shopee kamu telah berhasil di ubah, selanjutnya apa? Yang paling penting kau harus memutuskan nomor telepon kamu tetap update. Jika di saat – waktu kau ingin mengubah nomor HP, kamu harus update juga nomor HP akun Shopee kau.

Baca Juga : Cara Mengatasi PIN ShopeePay : Lupa PIN, Diblokir & Dinonaktifkan [99% Berhasil]

Lalu bagaimana bila tidak bisa ganti nomor HP Shopee?

Jika duduk perkara ini muncul, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan, ialah :

  • Pastikan nomor HP yang kamu gunakan benar. Jika tidak maka isyarat OTP tidak akan masuk ke nomor HP yang kau daftarkan.
  • Pastikan kau memakai nomor HP yang serupa sekali belum pernah di daftarkan ke akun Shopee lain alasannya adalah nomor telepon Shopee tersebut sudah dipakai.

Baca Juga : 9 Cara Mengatasi Aplikasi Shopee Lemot [99% Berhasil]

Nah sekian dulu ulasan cara mengubah Nomor HP Shopee Yang Lupa, Hilang atau Tidak Aktif. Semoga cara ini dapat membantu kamu mengganti nomor telepon Shopee-mu. Jika kau punya kendala lain, jangan lupa untuk bertanya dikolom komentar.

Selamat menjajal .

data-payload='”align”:”left”,”id”:”380″,”slug”:”default”,”valign”:”bottom”,”ignore”:””,”reference”:”auto”,”class”:””,”count”:”20″,”legendonly”:””,”readonly”:””,”score”:”4.2″,”starsonly”:””,”best”:”5″,”gap”:”4″,”greet”:”Nilai Artikel”,”legend”:”4.2\/5 – (20 votes)”,”size”:”20″,”title”:”13 Cara Mengganti Nomor HP Shopee Yang Lupa Atau Tidak Aktif”,”width”:”98.8″,”_legend”:”score\/best – (count votes)”,”font_factor”:”1.25″‘>

4.2/5 – (20 votes)

Artikel Menarik Lainnya: