TintaTeras

Biografi Harold Lasswell – Pencetus Teori Komunikasi

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram

Biografi Harold Dwight Lasswell. Beliau lahir pada tanggal 13 Februari 1902. Dia adalah seorang ilmuwan politik ternama Amerika Serikat dan dan seorang penggerak teori komunikasi.

Biografi Harold Lasswell

Dia juga yaitu anggota dari Chicago school of sociology dan yaitu seorang profesor Chicago school of sociology di Yale University.

Selain itu dia juga yakni Presiden Asosiasi Ilmu Politik Amerika (APSA) dan Akademi Seni dan Sains Dunia (WAAS).

Menurut sebuah biografi yang ditulis oleh Gabriel Almond pada ketika maut Lasswell yang diterbitkan oleh Akademi Ilmu Pengetahuan Nasional pada tahun 1987, Lasswell termasuk dalam peringkat inovator-inovator kreatif dalam ilmu-ilmu sosial di kala kedua puluh.”

Pada saat itu, Almond memastikan bahwa “beberapa orang akan memastikan bahwa dia adalah ilmuwan politik yang paling asli dan paling produktif di masanya.”

Bidang observasi di mana Lasswell melakukan pekerjaan yakni pentingnya kepribadian, struktur sosial, dan budaya dalam penjelasan fenomena politik.

Di kala depan Ia akan tercatat memakai aneka macam pendekatan metodologis yang lalu menjadi tolok ukur di berbagai tradisi intelektual termasuk teknik wawancara, analisis isi, para-eksperimental teknik, dan pengukuran statistik.

Lasswell berguru di Universitas Chicago pada tahun 1920, dan sungguh dipengaruhi oleh pragmatisme mengajar di sana, utamanya alasannya adalah dikemukakan oleh John Dewey dan George Herbert Mead.

Dia lebih berpengaruh pada Freudian filsafat yang memberitahukan banyak analisis tentang propaganda dan komunikasi secara biasa .

Selama Perang Dunia II, Lasswell menjabat selaku Kepala Divisi Eksperimental untuk Studi Komunikasi Waktu Perang di Perpustakaan Kongres.

Ia menganalisis film propaganda Nazi untuk mengidentifikasi prosedur persuasi digunakan untuk mengamankan kesepakatan dan dukungan dari rakyat Jerman untuk Hitler dan kekejaman masa perang.

Selalu melihat ke depan, di selesai hidupnya, Lasswell bereksperimen dengan pertanyaan tentang astropolitics, konsekuensi politik dari kolonisasi planet lain, dan “Koloni Manusia Mesin.”Harold Lasswell populer alasannya adalah komentarnya pada teori komunikasi:

Who (says) What (to) Whom (in) What Channel (with) What Effect

Siapa (kata) Apa (untuk) Siapa (dalam) Apa Channel (dengan) Apa Efek

Peran Lasswell adalah penting dalam perkembangan pasca-Perang Dunia II. Demikian pula, definisinya perihal propaganda juga dilihat sebagai suatu pertumbuhan penting untuk memahami tujuan propaganda.

Studi Laswell pada propraganda, adalah menciptakan terobosan pada subjek untuk memperluas persepsi terkini wacana cara dan tujuan untuk mampu dicapai lewat propaganda untuk tidak hanya mencakup pergeseran pertimbangan tetapi juga berganti dalam langkah-langkah.

Bukunya aim to indoctrinate dipandang selaku ciri khas propaganda. Dia mengilhami definisi yang diberikan oleh Institute untuk Propaganda Analysis.

Propaganda yaitu lisan dari pendapat atau tindakan yang dikerjakan dengan sengaja oleh individu atau kelompok dengan maksud untuk mempengaruhi pendapat atau langkah-langkah orang lain atau golongan untuk tujuan-tujuan yang sudah ditentukan melalui manipulasi psikologis

Artikel Menarik Lainnya: