TintaTeras

Biografi Mike Lazaridis – Penemu Dan Pencipta Blackberry Smartphone

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram

Biografi Mike Lazaridis. Dunia mengenalnya sebagai penemu dari ponsel pintar Blackberry. Mike Lazaridis. Lahir 14 Maret 1961, di Istambul Turki. Sebenarnya, nama lengkapnya ialah Mihalis Lazaridis. Dia bukan orisinil Kanada. Orangtuanya berdarah Yunani. Pada usia lima tahun, beliau ikut keluarganya pindah ke Kanada. Mereka menetap di Windsor, Ontario. Mike sudah memberikan talenta, kepintaran dan ketekunannya semenjak usia 12 tahun, di tahun 1979, beliau mengungguli hadiah dari Perpustakaan Umum Windsor sebab ia sudah membaca semua buku sains koleksi perpustakaan tersebut. Sejak kecil beliau candu membaca.

Mike mujur alasannya adalah orangtua dan lingkungan sekolahnya sungguh memungkinkan dia menyebarkan talenta dan minatnya pada elektronika. Tahun 1979, beliau mulai kuliah di University of Waterloo, Ontario, Kanada. Di sinilah beliau mulai merintis RIM (Research In Motion Limited). Tahun 1984, semasa masih mahasiswa, Mike ikut kontes tender di perusahaan raksasa otomotif General Motors. Proyeknya ialah merancang metode display pengontrol jaringan komputer. Dia menang dan dapat kado berupa perjanjian kerja senilai 500 ribu dolar AS.

Mike sungguh serius dalam mengembangkan perusahaannya itu. Sebelum berbagi BlackBerry, pada tahun 1999 RIM bekerja sama dengan RAM Mobile Data dan perusahaan ponsel Ericsson yang lebih dahulu populer, membuatkan Mobitex. Ini yaitu perangkat data bergerak yang dirintis oleh Ericsson.Hasilnya? Diluncurkanlah Inter@ctive Pager 950. Agustus tahun 2000 produk ini mulai dipasarkan. Ukurannya kira-kira sebesar sabun mandi. Di pasar dia bersaing dengan SkyTel, produk sejenis – sama-sama pager dua arah – milik Motorola. Produk ini tak sukses di pasar.

Mike ialah seorang visioner dan inovator Yang mampu melihat jauh ke periode depan dan mampu menciptakan sesuatu yang diharapkan oleh orang untuk hidup tenteram dalam kondisi di masa depan yang sangat memerlukan pertukaran berita dan juga data. Hingga kesannya Ia sukses menciptakan sebuah gadget cendekia yang mampu menyanggupi keperluan pertukaran gosip dan data secara realtime baik dengan cara mengirimkan teks, bunyi, dan bahkan Push mail. Namun, terjadi kendala dikala produk itu akan diluncurkan, yakni masalah Brandmark atau nama pasaran produk. Saat itu RIM menghujat jasa Lexico Branding di California. Sebuah perusahaan konsultan merek populer di Amerika tetapi masih saja belum menemukan nama yang pas, gampang diingat dan mempunyai nilai jual tinggi. Setelah lama memikir dan menyaksikan bentuk serta logo pada produk tersebut tercetuslah nama “Blackberry”. “BlackBerry gampang melekat di ingatan, lebih baik daripada nama-nama seperti ProMail atau MegaMail,” kata Placel (Pimpinan Lexico Branding California)

Nama Blackberry diambil sesudah menyaksikan logo gambar yang berupa butiran-butiran serta warna produk tersebut yang hitam legam. Dan dengan mengusung nama merk tersebut BlackBerry kini terjual hampir 100juta unit di 91 negara, bekerja sama dengan 500 operator, dan menguasai 20.8 persen pasar telepon arif. Hanya kalah dengan Nokia Syimbian OS.

Aktivitasnya kian padat dan bakat usahanya kian terasah setelah mendapat kesepakatan senilai 500.000 dollar AS dari General Motors (GM). Tugasnya yaitu membangun display kendali jaringan komputer di raksasa otomotif itu..

Namun, ada fakta unik pada dongeng ini. Bahwa dibalik kesuksesan RIM selaku pencetak Blackberry ternyata Mike Lazaridis yakni seorang Mahasiswa Drop uot. Ia yang semenjak kecil maniak mengutak-atik barang elektronik tetapi tak final kuliah di jurusan Teknik Elektro. Dia di-drop out, cuma dua bulan menjelang wisuda di University of Waterloo, Kanada. Ia lebih menentukan sibuk mengurusi perusahaan yang dia dirikan sambil kuliah.

Tentunya tak berlebihan pula menyandingkan nama Lazaridis dengan pemilik Microsoft, Bill Gates, dan pemilik jaringan sosial Facebook, Mark Zuckerberg. Sebab, tangan cuek mereka bisa melahirkan produk barn dalam waktu relatif singkat dan menjadi ikon pola hidup manusia.

Artikel Menarik Lainnya: