TintaTeras

Biografi Ivan Iv Rusia – Ivan The Terrible

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram

Biografi Ivan IV Rusia. Dikenal sebagai Ivan IV (1530–1584) atau Ivan the Terrible (Ivan yang menyeramkan) yakni seorang Pangeran kerajaan Rusia. Ia yakni Tsar pertama Rusia dari 1533 sampai 1547 dan juga penguasa pertama Rusia yang mengambil hak Kaisar. Tentara Ivan membangun tembok sekitar garis keliling kota untuk menghalangi orang kota yang terlepas. Antara 500 hingga 1000 orang dikumpulkan setiap hari oleh serdadu, lalu disiksa dan dibunuh di wajah Ivan dan anak lelakinya.

Anak lelakinya, yang juga berjulukan Ivan, beradu argumen dengan ayahnya.Yang mengakibatkan Ivan yang menghantam anak lelakinya di kepala dengan tongkat runcingnya, kemudian anaknya tewas seketika. Pada tahun 1547 beliau menjadi tsar pertama Rusia. Saat dia masih kecil, ayahnya meninggal sehingga ia dirawat oleh Ibu tirinya. Tidak usang lalu ibunya dibunuh oleh kaum Boyar, golongan darah biru Rusia yang lalu merebut kekuasaan Istana. Setelah ajal Ibunya, Ivan menjadi seorang anak yatim piatu berusia 8 tahun yang terpaksa tinggal ditengah2 musuh2nya. Sedari kecil beliau selalu mendapatkan penyiksaan, penghinaan dan teror daripara pembunuh keluarganya, sebagai anak kecil beliau cuma mampu menerima seluruhnya dengan membisu.

Namun para aristokrat Boyar tidak tahu pepatah China yang memperingatkan ancaman memelihara anak harimau, Bocah kecil yang teraniaya ini diam2 menerima simpati dari para pegawai istana dan para pengawal, terlebih banyak penghuni istana yang juga membenci kelakuan kaum Boyar. Saat Ivan berusia 13 tahun, beliau memanggil seorang tokoh Boyar untuk menemuinya dikamar, disana beliau telah mempersiapkan beberapa pengawal istana yang setia padanya dan tanpa ragu2 segera melakukan pembantaian pertamanya.

Hari itu juga Ivan bertindak cepat, beliau melakukan serangan secara tiba-tiba dan membunuh musuh2nya, Ivan menanam panik dan teror di istana Rusia. Tidak lama lalu Ivan merebut tahta kerajaan miliknya yang pernah hilang. Setelah menjabat selaku Raja, Ivan baru mengerti betapa lemah negaranya dengan perpecahan dari dalam dan serangan negara2 tetangga.

Menurut pemikirannya, Rusia gres bisa menjadi besar lengan berkuasa jikalau perpecahan dalam negrinya dituntaskan terlebih dulu gres lalu menghadapi ancaman dari luar. Sayangnya ia tak memiliki perlindungan yang cukup dari rakyatnya serta menerima bahaya serius dari kaum boyar yang memusuhinya. Ivan yang telah melewati era kecil yg sarat penderitaan dan kesepian tumbuh menjadi seorang pemimpin yang sungguh berani dan pintar.

Pada suatu hari tanpa banyak bicara ia mengemas semua barang2 istana dan menempatkannya kedalam kereta kereta. Ia menetapkan pindah keluar ibu kota dan mengundurkan diri selaku raja ! Rakyat yang melihat Ivan pergi dengan kereta2 meninggalkan ibu kota menjadi heboh. Orang2 menduga bahwa Rusia secepatnya runtuh dan akan jatuh ketangan negara2 lawan..

Pada hari2 ini rakyat Rusia hidup dalam ketakutan dan kecemasan luar biasa. Kepergian Ivan menyadarkan Rakyat Rusia bahwa mereka membutuhkan seorang Raja. Rakyat segera mengutus beberapa wakil untuk memohon agar Ivan kembali memerintah. Ivan menemui para delegasi ini dan berkata bahwa beliau tak lagi kepincutmenjadi raja karena tak tahan akan penghianatan kaum Boyar. Ivan juga berkata bahwa Kaum Boyar bersekutu dengan negara2 lawan, dan beliau tak akan mau kembali ke ibu kota.

Sesuai rencananya, Kalimat kalimat tersebut membuat rakyat tidak suka kaum boyar dan bersimpati terhadap Ivan. Dimana mana kaum boyar mendapat serangan dari rakyat rusia, mereka menjadi kaum yang paling dibenci di negara tersebut. Lalu Rakyat kembali mengirim utusan untuk memohon supaya Ivan mau menjadi pemimpin mereka.

Kali ini Ivan memberi 2 pilihan, Ia mau menjadi raja asal diberi kekuasaan absolute dan santunan penuh dari rakyat… atau Biarlah Rusia tanpa pemimpin. Tanpa berpikir jauh, rakyat mendapatkan syarat Ivan dan mengangkatnya menjadi pemimpin absolute, semua tindakannya tak boleh dipertanyakan. Disaat ancaman seperti ini rakyat memerlukan seorang pemimpin yang besar lengan berkuasa. Ivan kembali ke tahta Raja dengan kekuasaan yang sungguh besar dan membangun Rusia menjadi negara yang kuat. Ivan IV Rusia, juga dikenal selaku Ivan yang Mengerikan juga termasuk dalam salah satu dari 10 pemimpin tekejam di dunia.

Artikel Menarik Lainnya: