TintaTeras

Biografi Yataro Iwasaki – Pendiri Mitsubishi

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram

Biografi Yataro Iwasaki. Dikenal selaku  pendiri Mitsubishi, ia lahir tanggal 9 January 1835 dan wafat 7 February 1885. Ia dilahirkan dalam suatu keluarga petani di provinsi Aki, Provinsi Tosa (kini Kochi). Putra dari seorang petani sederhana, Yataro memulai karirnya melakukan pekerjaan pada klan Tosa. Klan diadakan di banyak daerah di Jepang unutk kepentingan bisnis, semoga merangsang anak muda untuk berambisi membangun perekonomian yang baik.

Yataro memulai karirnya bekerja pada klan Tosa, beliau pergi ke Edo (kini Tokyo) dikala berusia sembilan belas tahun bermaksud mencari pendidikan. Cedera serius yang dialami ayahnya dalam sebuah perselisihan dengan kepala desa menciptakan Yataro pulang dari Edo setahun lalu dan sebentar cuti dari studinya. Hakim lokal menolak memproses masalah dari ayahya dan Yataro menuduh hakim korupsi. Ia diantarke penjara selama tujuh bulan. Setelah dibebaskan beliau tidak memiliki pekerjaan untuk sementara waktu sebelum mendapatkan pekerjaan sebagai guru sekolah desa.

Kembali ke Edo, ia disosialisasikan dengan aktivis politik dan belajar di bawah reformis Yoshida Toyo, yang terpengaruh dengan ide-inspirasi perihal membuka dan berbagi perekonomian bangsa melalui industri dan perdagangan luar negeri. Tak lama lalu, melalui Yoshida, beliau menerima pekerjaan selaku juru tulis bagi pemerintah Tosa. Ia kemudian dipromosikan ke posisi teratas di marga Tosa kantor perdagangan di Nagasaki, yang bertanggung jawab untuk perdagangan minyak kamper dan kertas untuk berbelanja kapal, senjata, dan amunisi.

Setelah Restorasi Meiji tahun 1868 yang memaksa pembubaran dari kepentingan bisnis shogun, Iwasaki pergi ke Osaka dan menyewakan hak untuk perdagangan marga TSUKUMO Tosa Trading Company. Perusahaan berganti nama menjadi Mitsubishi pada tahun 1873. Perusahaan mengadopsi nama Mitsubishi pada Maret 1870, dikala Yataro resmi menjadi presiden. Lambang yang ialah gabungan dari keluarga Iwasaki Lambang dan daun pohon ek puncak Yamanouchi keluarga, pemimpin klan Tosa yang menguasai bab Yataro Shikoku di mana dilahirkan.

Mitsubishi kemudian nyaris jatuh ketika Insiden Formosan terjadi. Lima puluh empat nelayan Jepang tewas di pulau Formosa (Cina) tetapi pemerintah Cina tidak bertanggung jawab atas hal itu. Perusahaan Yataro mulanya disalahkan, namun kemudian keadaan membaik dan bahkan Yataro memenangkan hak untuk mengoperasikan kapal-kapal pemerintah diantaranya kapal angkutanuntuk manusia dan material, kemudian perusahaannya mulai meningkat lagi.

Yataro Iwasaki yaitu pribadi yang patuh terhadap pemerintah Jepang yang baru, serta terhadap perusahaan. Mitsubishi menyediakan kapal-kapal yang membawa pasukan Jepang ke Taiwan, dengan kesepakatan beliau mendapat hak untuk mengoperasikan kapal lebih banyak dan subsidi tahunan yang besar dari pemerintah. Dia setuju untuk menenteng surat dan persediaan pemerintah yang lain. Dengan dukungan pemerintah, ia mampu membeli lebih banyak kapal dan mengembangkan jalur pelayaran Mitsubishi. Yang membantu dia mengantar dua Pengiriman gila yang besar melalui rute Shanghai, sehingga menguntungkan Mitsubishi Transportasi Perusahaan yang Yataro didirikan. Kemudian menjadi perusahaan pelayaran yang besar, juga menenteng pasukan untuk menumpas pemberontakan di Kyushu. Yataro mengajarkan anak buahnya untuk “melayani para penumpang sebaik-baiknya” karena mereka adalah sumber pendapatan. Sikap terbaru “pelanggan selalu benar” adalah senjata utama perusahaannya.

Mitsubishi terdiversifikasi dengan cepat, pertama mendapatkan aksesori dan perluasan kapal penumpang dan kargo, lalu menawarkan angkutanuntuk pasukan Jepang ke Taiwan dan Kyushu. Hal ini menjadikan lebih banyak pemberian pemerintah, yang menimbulkan pasokan surat kesepakatan dan hak-hak pengantaran lebih lanjut pada rute Shanghai yang menguntungkan melalui Mitsubishi Transportasi Perusahaan yang Yataro diresmikan. Kemudian ia berinvestasi di pertambangan, perbaikan kapal dan keuangan. Pada tahun 1884 beliau mengambil sewa dari Nagasaki Shipyard dan menamainya Nagasaki Shipyard & Machinery Works, memungkinkan perusahaan untuk melakukan pengerjaan kapal pada skala penuh.

Pada tahun 1885, Yataro kehilangan kontrol atas perusahaan pelayaran di belakang usaha politik yang diterjang Jepang industri transportasi laut. Perusahaan ini bergabung dengan saingan dan menjadi Nippon YUSEN (NYK Line), yang akan kembali ke jajaran perusahaan Mitsubishi di tahun-tahun berikutnya.

Meskipun kehilangan perusahaan pelayaran, Yataro mendirikan usaha lainnya (dalam perbankan, pertambangan, surat kabar dan asuransi bahari) dan yang membentuk dasar bagi organisasi Mitsubishi. Kekayaannya melebihi satu juta yen. Yataro begitu yakin diri dan dengan yakin bahwa ia dapat berpartisipasi dalam banyak bisnis. Mitsubishi Kawase-ten, contohnya, yakni perusahaan financial yang juga terlibat dalam bisnis pergudangan. Itu yaitu pendahulu dari perusahaan yang sekarang bernama Mitsubishi Bank dan Mitsubishi Warehouse & Transportation. Yataro juga membeli tambang watu bara dan tambang tembaga sehabis menyewa suatu galangan kapal Nagasaki dari pemerintah. Dia telah berpartisipasi dalam mendirikan perusahaan asuransi yang kini benama Tokyo Marine and Fire. Dia bahkan memimpin sekolah yang sekarang menjadi Tokyo University of Mercantile Marine.

Iwasaki Yataro yaitu pebisnis yang sungguh visioner. Dia sering menjamu makan malam pejabat pemerintah di perusahaanya. Iwasaki menghabiskan sejumlah besar uang pada peluang ini tapi dia juga menerima banyak keuntungan. Yataro banyak menolong sahabat-temannya yang lalu membantu beliau dengan melakukan banyak kebaikan. Dia sungguh cantik dalam relasi membina hubungan bisnis yang akan membantunya di abad depan.

Namun Yataro, tidak ditakdirkan untuk memimpin organisasi Mitsubishi dalam perkembangan fase baru. Dia meninggal alasannya adalah kanker saat berusia 50 tahun, dan digantikan kepemimpinan bisnis keluarga pertama oleh saudaranya, dan kemudian putranya. TintaTeras.com

Artikel Menarik Lainnya: