TintaTeras

Biografi Elvis Presley

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram

TintaTeras.com. Elvis Aron Presley lahir 8 Januari 1935 di Tupelo, Mississippi yaitu seorang penyanyi rock ‘n’ roll legendaris Amerika Serikat. Elvis juga diketahui dengan “The King” dan “The King of Rock ‘n’ Roll”.

Selain penyanyi, The King yakni seorang produser musik dan bintang film. Berkat lagu-lagunya yang menggabungkan irama rock ‘n’ roll dengan lagu-lagu ballad, dunia rock ‘n’ roll memperoleh fondasi komersial yang berikutnya mampu dikembangkan musisi rock ‘n’ roll penerusnya.

Pada abad kejayaannya, konser-konser Elvis dihadiri penggemarnya (kebanyakan remaja) dalam jumlah yang sangat besar.

Gaya, sifat, serta cara berpakaiannya menjadi simbol bagi musik rock ‘n’ roll dan banyak ditiru penggemarnya. Bahkan 4000 cukup umur Inggris menahbiskan Elvis sebagai raja trendsetter tata rambut sepanjang zaman.

Biografi Elvis Presley

Awal perkenalan Elvis dengan dunia rekaman di mulai ketika ekspresi dominan panas 1953. Elvis mengeluarkan uang US$3,98 untuk merekam dua buah lagu di perusahaan Sun Studios sebagai hadiah ulang tahun bagi ibunya.

Pendiri Sun, Sam Phillips, kepincut pada suaranya dan memanggilnya pada Juni 1954 untuk mengisi posisi penyanyi ballad yang sedang kosong.

Tahun 1956 ialah permulaan karir Elvis selaku penyanyi profesional. Tanggal 27 Januari Elvis merilis single pertamanya Heartbreak Hotel, dibawah label RCA Victor Records. Tanggal 23 Maret, RCA merilis album pertama Elvis , bertajuk: ELVIS PRESLEY.

Pada tahun yang sama, 16 November, film pertama Elvis, LOVE ME TENDER, diluncurkan. Film ini menuai banyak kritik, tetapi mendapat angka penjualan yang sangat baik. Secara keseluruhan Elvis tampil dalam 31 judul film.

Hasil penjualan album perdana Elvis meledak menjelang akhir 1950-an dengan hit-hitnya, antara lain All Shook Up, (Let me be your) Teddy Bear dan I Need Your Love Tonight.

Meskipun demikian, banyak kritikus tidak terkesan. Selain itu, performa Elvis di panggung banyak menuai kritik, alasannya adalah dianggap sebagai pornografi.

Bulan Desember 1957, Elvis dipanggil untuk ikut peran militer dengan Angkatan Bersenjata AS. Ia resmi masuk Angkatan Bersenjata pada 24 Maret 1958, kemudian diperintahkan di Jerman, dan dilepastugaskan dengan hormat dua tahun kemudian.

Sekembalinya dari wajib militer, karir musiknya sempat meredup balasan “diusik” profesi yang lain selaku aktor dan hilangnya peranan dia dalam memilih jenis lagu yang ia mainkan. Selain itu, terjadi kebangkitan musik Britania/Inggris (British Invasion; The Beatles, The Rolling Stones, dan lain-lain).

Elvis melaksanakan comeback, yang sukses lewat penampilan televisi pada 3 Desember 1968 berjudul ’68 Comeback Special. Karir musiknya kembali bersinar sehabis beliau menerima kesempatan dalam program tersebut untuk bermain dalam jalur yang paling beliau sukai, rock ‘n’ roll.

Pada tahun berikutnya, Elvis mengawali penampilan live yang laku di berbagai daerah, diawali dari Las Vegas dan berlanjut negara-negara bab yang lain di Amerika Serikat. Antara tahun 1969 dan 1977, The King of Rock ‘n’ Roll tampil dalam 1.000 program yang tiketnya terjual habis.

Akibat kecanduan obat-obat dokter mirip obat tidur, kesehatan dan penampilannya mengalami penurunan sekitar pertengahan 1970-an. The King tampil untuk terakhir kalinya dalam suatu konser di Market Square Arena di Indianapolis, Indiana tanggal 26 Juni 1977.

Pada 16 Agustus 1977, Elvis didapatkan meninggal dunia di rumahnya di Graceland, Memphis akhir serangan jantung. Saat itu beliau berusia 42 tahun. penyebab kematiannya hampir sama dengan Michael jackson yang meninggal akhir serangan jantung.

Artikel Menarik Lainnya: