TintaTeras

Page Setup Berfungsi Untuk Apa? Ini 11 Fungsinya Di Ms Office

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram

TintaTeras – Pada lazimnya , page setup berfungsi untuk mengontrol halaman, batas dan tata letak di Ms Word. Simak tutorial penggunaan page setup di Ms Office modern berikut ini !

Demi menciptakan dokumen yang rapi sesudah mengolah data di Microsoft Office, kamu perlu memanfaatkan sajian page setup. Menu ini bisa dipakai sebelum atau setelah kau mengisi data dalam halaman Ms Office.

Sebelum menggunakan page setup semestinya kamu mempelajari soal pemahaman dan bagaimana cara menggunakannya dengan benar. Sehingga dokumen yang dihasilkan bisa tampak rapi sebelum kamu mencetaknya.

Apa Itu Page Setup?

Page setup merupakan serapan kata dari bahasa inggris yaitu Page yang arti-nya halaman, dan Setup ber-arti menyiapkan atau mengatur. Kaprikornus arti Page Setup yaitu merencanakan (menertibkan) halaman di ms word.

Kamu bisa menyaksikan menu ini dengan klik hidangan Layout di bab toolbars. Kemudian di deretan sajian paling depan yaitu di ujung kiri layar kamu akan mendapatkan sajian page setup.

✅ Nama Menu ⭐ Layout
✅ Nama Submenu ⚡ Page Setup
✅ Fungsi Page Setup  ⭐ Mengatur halaman (paper), pengaturan batas (margin), serta tata letak (layout)
✅ Tersedia Di ⭐ Microsoft Office
✅ Atur Page Setup Klik Disini ⭐⭐⭐⭐⭐

Pada dasarnya page setup berfungsi untuk menentukan tata letak halaman dan kertas, batas halaman atau margin kertas dan layout. Jika melihat menunya ketika masuk ke Ms Word maka kamu akan mendapatkan banyak opsi hidangan lagi.

Sebenarnya page setup tidak hanya dipakai pada software Ms Word saja namun juga Excell, Corel Draw, Power Point sampai aplikasi Adobe Photoshop.

Tapi kau mungkin tidak sadar bahwa menu ini tersedia. Menu ini akan membantu kau untuk menciptakan kerapian dokumen sesuai dengan jenis kertas atau hasil yang diinginkan.

Page Setup Berfungsi Untuk Apa?

Page Setup berfungsi untuk mengontrol halaman (paper), pengaturan batas (margin), ukuran kertas, Breaks, Line Number, hyphenation serta tata letak (layout) di Microsoft Word.

Secara ringkas, berikut fungsi page setup di Ms Word :

  • Mengatur ukuran margin dan juga batas tepi di lembar kerja.
  • Membuat orientasi pada halaman.
  • Mengatur jenis lembar kerja atau Work Sheet di Ms Word.
  • Mengatur Judul Halaman Word.
  • Digunakan untuk menyesuaikan break page setup.
  • Mengganti latar belakang background.
  • Menyesuaikan ukuran kertas ketika akan melaksanakan print out.

Page Setup terdapat pada menu Layout. Dalam sajian Layout ada tiga sajian utama yang tersedia yaitu Page Setup, Paragraph, dan Arrange.

Di antara ketiganya yang paling sering digunakan ialah page setup. Menu page setup sendiri masih dibagi lagi menjadi beberapa yang menawarkan kombinasi fungsinya.

Page Setup Berfungsi Untuk Apa
Submenu Page Setup

Mulai dari memilih apakah goresan pena memiliki orientasi vertikal atau horizontal. Kemudian ada juga fungsi untuk membagi tulisan menjadi bentuk kolom layaknya di koran cetak.

Page setup juga berfungsi sebagai penentu margin atau ukuran goresan pena yang tepat dari batas kanan, kiri atas bawah keras. Sehingga memungkinkan tulisan berada di tengah sesuai dengan kebutuhan.

Ada terlalu banyak fungsi dari page setup dalam Ms Word yang bisa dipelajari menurut dengan sajian-sajian yang telah ditawarkan. Supaya memahami lebih lengkap identifikasi fungsi dari masing-masing sajian di page setup.

Fungsi Page Setup Di Ms Office

Meskipun banyak yang mengenal page setup dalam Ms Word tetapi tidak banyak yang mengetahui fungsinya dalam Ms Office lainnya. Mulai dari Power Point hingga Excell.

Berikut ini tiga fungsi page setup di Ms Office :

Insert New Slide

Penggunaan yang pertama ini ada pada Ms Power Point. Page setup berfungsi untuk menyertakan slide gres sekaligus menertibkan penulisan teks dalam slide tersebut.

Page Setup Berfungsi Untuk Apa
Fungsi Page Setup

Jika memakai Ms Power Point 2010 maka kau bisa mengikuti langkah berikut :

  • Buka Power Point kemudian klik hidangan File.
  • Setelah itu klik menu Page Setup yang tersedia.
  • Kamu akan menyaksikan gosip pengaturan slide seperti ukuran slide, orientasi slide dan berapa jumlah slide yang ingin disertakan.
  • Apabila telah final mengatur tinggal klik Ok.

Sampai di sini kau sudah sukses menyertakan slide gres lengkap dengan pengaturan setiap slide-nya.

Peluncur Kotak Dialog Cepat

Di Ms Word terbaru, page setup berfungsi untuk meluncurkan kotak obrolan dengan segera. Maksud dari fungsi ini adalah untuk memperlihatkan berbagai menu yang lebih rincian lagi tersedia dalam page setup.

Beberapa hidangan yang dimaksudkan ialah pengaturan ukuran kertas dari tinggi sampai panjangnya. Begitu juga hidangan untuk mengatur bentuk kertas baik itu lanskap atau potrait.

Ada terlalu banyak hidangan yang tersedia di page setup sebagai peluncur dialog cepat. Berikut cara membuka menu page setup di Microsoft Word :

  • Buka halaman Ms Word, agar gampang pilih yang sudah ada isi datanya.
  • Kemudian di bagian toolbars kau akan menyaksikan beberapa sajian tinggal klik Layout.
  • Selanjutnya akan muncul menu Page Setup dan di dekatnya terdapat ikon panah ke bawah.
  • Klik panah tersebut untuk menyaksikan kotak obrolan yang berisi pengaturan dalam page setup.

Mengatur Ukuran Dan Jenis Kertas

Selain itu page setup berfungsi untuk menertibkan ulang jenis maupun ukuran kertas sebelum dokumen di cetak (print). Menu ini akan timbul ketika kau sukses membuka kotak obrolan cepat di langkah sebelumnya.

Beberapa menu yang timbul di Ms Word ada tiga yakni Margin, Paper, dan juga Layout. Jika kamu klik satu per satu maka akan timbul hidangan lagi untuk pengaturan data lebih detail.

Bagian – Bagian Page Setup

Apabila kamu sukses mendapatkan menu page setup atau membuka kotak dialog cepat maka akan ada bagian sajian lagi. Submenu inilah yang merupakan bab dari page setup dan bisa memperlihatkan fungsinya secara keseluruhan. 

Berikut bagian – bagian page setup beserta fungsinya :

Margin

Menu ini akan muncul dengan ikon kertas yang memiliki batas di bagian kanan, kiri, atas dan juga bawah. Jika kau klik ikon tersebut maka akan muncul beberapa opsi margin Fungsi dari sajian margin yaitu untuk mengatur bagian jarak goresan pena dengan pinggir kertas.

Baik itu di kanan, kiri, atas dan bawah tulisan. Kamu mampu mengendalikan margin ini sesuai dengan template yang sudah disediakan maupun secara custom.

Orientation

Berada di urutan kedua setelah margin, kamu akan mendapatkan sajian orientation. Fungsi dari sajian ini yaitu untuk mengubah layout dari goresan pena apakah lanskap atau potrait.

Biasanya menu ini dipakai saat kamu ingin menciptakan ajuan dengan banyak gambar lanskap.

Size

Di menu formasi ketiga dari page setup kau akan menemukan hidangan size. Menu ini berfungsi untuk mengatur ukuran kertas dari dokumen.

Ms Word menawarkan beberapa template seperti size untuk tabloid, surat, kertas A3, A4 dan masih banyak lagi. Tujuannya agar goresan pena dicetak sesuai dengan ukuran kertas.

Column

Berfungsi untuk membentuk kolom tulisan, mulai dari satu kolom, dua kolom, tiga kolom bahkan lebih yang mampu di custom sesuai dengan keperluan. Lebar tidaknya kolom juga bisa kau sesuaikan dengan mengatur ukurannya.

Break

Meskipun jarang dipakai namun kau perlu tahu. Break adalah hidangan untuk  memisahkan teks yang terakhir. Misalnya kamu ingin berpindah bab maka perlu menggunakan break.

Line Number

Menu ini berfungsi untuk memberikan nomor pada setiap halaman. Sehingga kau tidak akan gundah untuk mencari data di bab mana dalam dokumen. Jika ingin membuat skripsi atau peran tamat maka halaman sangat penting.

Hyphenation

Terakhir ialah hyphenation yang fungsinya adalah untuk memotong goresan pena saat halaman atau lembar kerja sudah habis. Sehingga goresan pena masih tetap mampu dibaca dengan nyaman meskipun terpotong.

Baca Juga : [Free] 10 Template CV Word Simple Gratis Bisa Di Edit

Page setup berfungsi untuk mengatur banyak hal yang masing-masing menunya sebaiknya dipelajari dengan benar. Sehingga kamu tidak akan kesusahan untuk menertibkan dokumen menjadi lebih rapi lagi.

Tips Menggunakan Page Setup

Hampir setiap mengedit dokumen di Ms Office kamu akan menggunakan menu layout atau submenunya yaitu page setup. Apalagi dokumen tersebut merupakan dokumen yang akan diprint.

Baca Juga : [21 File] Download CV Word Gratis ATS Friendly Desain Menarik

Kamu dapat membuka sub menu page setup dengan mudah di Ms Word dengan shortcut ALT+P+SP yang hendak membuka page setup di bagian atas halaman Ms Word.

Selamat menjajal !

data-payload='”align”:”left”,”id”:”6224″,”slug”:”default”,”valign”:”bottom”,”ignore”:””,”reference”:”auto”,”class”:””,”count”:”0″,”legendonly”:””,”readonly”:””,”score”:”0″,”starsonly”:””,”best”:”5″,”gap”:”4″,”greet”:”Nilai Artikel”,”legend”:”0\/5 – (0 votes)”,”size”:”20″,”title”:”Page Setup Berfungsi Untuk Apa? Ini 11 Fungsinya Di Ms Office”,”width”:”0″,”_legend”:”score\/best – (count votes)”,”font_factor”:”1.25″‘>

Nilai Artikel

Artikel Menarik Lainnya: