TintaTeras

Ini Beliau Perbedaan Man, Lan, Wan, Pan Dan Misalnya

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram

Berbicara soal teknologi jaringan, ada beberapa hal fundamental yang setidaknya perlu Anda pahami. Salah satunya ialah perbedaan jenis jaringan.

Untuk jenisnya sendiri, bahwasanya tidak terlalu banyak. Tapi khusus di sini, aku ingin membicarakan 4 jenis di antaranya, yaitu MAN, LAN, WAN, dan PAN.

Sebetulnya, sementara waktu kemudian, saya pernah membagikan klarifikasi singkat tentang hal ini, tepatnya pada artikel “Apa Itu Jaringan Nirkabel”.

Nah, tetapi ternyata aku malah jadi kepikiran lagi untuk menciptakan model lebih lengkapnya. Oleh sebab itulah saya menulis artikel ini.

Perbedaan MAN, LAN, WAN, PAN

Untuk pembahasan awal, kita akan mulai dari pemahaman jenis-jenis jaringan tersebut, lalu dilanjut ke kesimpulan terutama.

Dengan begitu, dibutuhkan penjelasannya akan lebih mudah dikenali dan dimengerti.

Langsung saja, silakan disimak pembahasannya:

1. Pengertian LAN

Apa Itu LAN

Mungkin ungkapan LAN yaitu jenis jaringan yang paling sering kita dengar.

LAN adalah kependekan dari Local Area Network. LAN dikenali memiliki jangkauan area yang relatif pendek. Misalnya, hanya sebatas untuk keperluan rumahan saja.

Meski begitu, untuk jarak optimal yang bisa didapat melalui LAN ini bantu-membantu cukup jauh, lho. Kurang lebih bisa mencapai sampai 1KM. Tapi pasti tergantung pemasangnya juga, ya.

Karena itulah kita lebih sering menyaksikan instalasi jaringan ini di ruangan, rumah, atau kelas sekolah.

Sedangkan untuk teknologi yang diusung LAN yaitu Ethernet IEEE 802.3 (menggunakan perangkat switch). Tapi saat ini kita lebih lazim melihat instalasi LAN dalam jenis jaringan 802.11b atau biasa diketahui selaku WiFi.

Kegunaan LAN lazimnya digunakan untuk membagi resource tertentu. Misalnya, sharing data, sharing printer, dan lain-lain.

Kalau tertarik membuat LAN, Anda mampu coba baca Cara Menghubungkan 2 Laptop Menggunakan Kabel LAN.

2. Pengertian PAN

Apa Itu PAN

PAN ialah singkatan dari Personal Area Network. Jaringan ini dikenal dengan jangkauannya yang cuma bisa dipakai untuk jarak yang sungguh pendek. Misalnya dalam ruangan kecil.

Contoh paling umum untuk menggambarkan PAN sendiri yaitu Bluetooth. Bluetooth memiliki fungsi untuk melakukan komunikasi nirkabel dengan jarak optimal beberapa meter saja.

Untuk teladan yang lain, headset Bluetooth juga mampu diartikan menggunakan jaringan jenis PAN. Selain itu, PAN juga mencakup keyboard USB wireless, printer, dan lain-lain.

3. Pengertian MAN

Apa Itu MAN

MAN ialah singkatan dari Metropolitan Area Network. Jaringan ini memiliki jangkauan yang lumayan luas, dengan jangkauan maksimal bisa mencapai sampai 50 KM.

Untuk jaringan jenis, ini kita mampu menemukannya di lokasi-lokasi yang terkenal besar. Misalnya kampus, sekolah, gedung, sentra perbelanjaan, dan lain-lain.

MAN mampu juga digunakan untuk menghubungkan lokasi tertentu. Misalnya jaringan pada gedung fakultas A terkoneksi pada jaringan gedung fakultas B.

Kalau kita bicara soal speed data transfer, sebab areanya luas dan penggunanya pun banyak, MAN ini populer sangat cepat. Namun, umumnya instalasi jaringan cuma mampu dilakukan oleh pihak provider saja.

4. Pengertian WAN

Apa Itu WAN

WAN ialah akronim dari Wide Area Network. Jaringan ini dikenal dengan jangkauannya yang terluas. Bisa tembus sampai 1.000 KM, atau bahkan lebih dari itu.

Sebenarnya ada banyak definisi dari WAN, tapi kurang lebihnya begitu. Untuk contoh penggunaan jenis jaringan WAN adalah koneksi yang Anda gunakan untuk membuka situs ini. Ya, internet.

Sama mirip MAN, pemasangan WAN biasanya hanya mampu dijalankan oleh provider. Itu pun biasanya membutuhkan satu komputer selaku servernya.

Kesimpulan

Perbedaan di antara keempat jaringan tersebut, mampu dengan gampang kita identifikasi dengan menyaksikan jarak maksimal jangkauannya.

Di mana PAN yakni jaringan dengan jangkauan paling pendek (cuma beberapa meter saja), disusul dengan LAN, MAN, lalu WAN dengan jangkauan yang bisa menghubungkan jaringan hingga jarak 1.000 KM.

Berikut akan kami rangkum kesimpulan perbedaannya:

  • LAN: Singkatan dari Local Area Network. Jarak jangkauan dari LAN mampu mencapai 1 KM. Biasanya digunakan di daerah seperti rumah atau ruangan. Fungsi yang paling umum adalah dipakai untuk menyebarkan resource data.
  • PAN: Singkatan dari Private Area Network. Jaringan ini mempunyai jarak jangkauan paling pendek, cuma sekitar beberapa meter saja. Untuk teladan PAN adalah Bluetooth, perangkat USB wireless, dan lain-lain.
  • MAN: Singkatan dari Metropolitan Area Network. Jarak maksimal yang mampu dijangkau jaringan ini mencapai 50 KM, dan biasanya dipakai di kawasan-tempat besar untuk menghubungkan lokasi-lokasi tertentu.
  • WAN: Singkatan dari Wide Area Network. Jaringan ini memiliki jangkauan paling luas, yang mampu meraih hingga 1.000 KM. Contoh jaringan PAN yang mampu kita pahami yaitu internet.

Baca juga: Cara Mengatasi Tanda Seru Pada Koneksi LAN.

Tambahan: Pengertian CAN

Umumnya, 4 jenis jaringan tersebut yakni yang paling banyak dikenali. Namun, ada satu jenis jaringan lagi yang ingin saya tambahkan di sini, adalah CAN.

CAN ialah akronim dari Cluster Area Network. CAN adalah jenis jaringan yang memiliki jangkauan yang luas, meski tidak seluas MAN, sehingga diberi perumpamaan tersendiri.

Akan namun, penggunaannya masih seperti layaknya MAN, di mana CAN mampu kita temui di lokasi-lokasi mirip perumahan atau sekolah.

Akhir Kata

Demikian sedikit berita ihwal penjelasan perbedaan antara LAN, WAN, PAN, MAN, dan CAN sebagai aksesori.

Informasi ini aku tujukan untuk Anda yang mungkin sedang mencarinya, karena ini ialah hal fundamental dan nggak sedikit orang yang ingin mengetahuinya.

Artikel ini aku diskusikan semudah mungkin untuk dimengerti. Tapi jikalau masih ada yang belum/kurang diketahui, jangan ragu untuk menanyakannya melalui kolom komentar di bawah.

Semoga berfaedah.

Artikel Menarik Lainnya:

Cara Memaksimalkan Tekanan Darah Rendah

Cara Memaksimalkan Tekanan Darah Rendah

August 12, 2024
2 min 17 sec read
Biografi Mike Tyson – Petinju Kelas Berat

Biografi Mike Tyson – Petinju Kelas Berat

September 9, 2011
6 min 27 sec read
Masker Spirulina: Kandungan, Faedah, Dan Cara Pakai

Masker Spirulina: Kandungan, Faedah, Dan Cara Pakai

March 12, 2024
5 min 25 sec read
Metode Mandi Wajib Perempuan

Metode Mandi Wajib Perempuan

August 17, 2024
2 min 26 sec read
Aplikasi Dana Error : Penyebab & Cara Mengatasi

Aplikasi Dana Error : Penyebab & Cara Mengatasi

May 23, 2024
3 min 31 sec read