TintaTeras

11+ Aplikasi Cek Porsi Haji Online Kemenag Resmi Tahun 2023

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram

TintaTeras – Sekarang kamu bisa melihat porsi keberangkatan Haji serta mencari nomor takaran haji cuma memakai aplikasi Android / iOS. Berikut anjuran aplikasi cek takaran haji online yang dapat kamu coba !

Saat pandemi seperti ini, datangnya aplikasi cek takaran haji menjadi salah satu keuntungan untuk kamu yang akan menjalankan ibadah haji. Karena, kamu tidak perlu lagi untuk datang ke badan yang mengurusi haji untuk mengenali segala informasi.

Namun sebelum cek takaran haji lewat aplikasi, pastikan kamu sudah melaksanakan registrasi haji supaya masuk dalam kuota keberangkatan haji sesuai jadwal yang ditentukan.

Panduan Daftar Haji Online Terbaru

Kalau dahulu mendaftar haji harus tiba eksklusif ke kantor Kementerian Agama, kali ini kamu dapat melaksanakan pendaftaran haji secara online.

Berikut langkah – langkah daftar haji secara online :

1. Buka Tabungan Haji

Memiliki simpanan haji menjadi salah satu syarat penting untuk kau penuhi. Kamu mampu membuka rekening simpanan haji pada bank yang sudah ditunjuk pemerintah, ialah BPS BPIH (Bank Penerima Setoran Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji).

Seperti bank kebanyakan, kau membutuhkan dokumen dan data eksklusif saat akan menciptakan rekening haji. Kamu juga harus mempersiapkan duit sebagai setoran awal untuk pengerjaan tabungan haji.

2. Lengkapi Surat Pernyataan Daftar Haji

Setelah kau memiliki rekening tabungan haji, kamu akan diminta untuk melengkapi surat pernyataan yang lalu akan kamu tanda tangani.

Surat pernyataan tersebut yaitu surat resmi yang diterbitkan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia.

Adanya surat pernyataan ini juga menjadi syarat wajib untuk kandidat jemaah. Karena dengan surat tersebut, memiliki arti kau telah memenuhi patokan pendaftaran haji.

3. Lakukan Pendaftaran Online

Kamu telah mempunyai rekening haji, dan sudah menandatangani surat pernyataan, langkah berikutnya tentu saja kau mampu melakukan pendaftaran. Kamu dan keluarga dapat mendaftarkan diri secara online.

Pendaftaran haji secara online yakni mekanisme registrasi yang gres diresmikan di tahun 2021. Kamu mampu mengaksesnya melalui Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) milik Kementerian Agama.

4. Lakukan Setoran Pada Kementerian Agama

Jika kau telah tamat melaksanakan pendaftaran, kamu dapat melakukan uang setoran awal yang ada di tabungan haji milikmu, terhadap Kementerian Agama. Setoran tersebut menjadi syarat daftar haji yang harus kamu penuhi semoga menerima nomor antrean keberangkatan.

Pihak BPS BPIH akan menunjukkan kamu nomor rekening untuk tujuan setoran. Setelah kau berhasil melakukan setoran, kamu dapat menyimpan bukti setoran sebagai tanda bukti keberangkatan haji nantinya.

5. Datangi Kantor Perwakilan Kementerian Agama

Kamu mampu mengunjungi kantor perwakilan Kementerian Agama sesuai dengan domisilimu. Pihak kantor perwakilan Kementerian Agama nantinya akan memvalidasi seluruh data kau dan anggota keluarganya yang hendak menunaikan ibadah haji.

Kamu dapat menyiapkan dan menjinjing dokumen untuk syarat daftar haji, yakni:

  • Fotokopi rekening tabungan haji 2 lembar.
  • Fotokopi KTP 5 lembar.
  • Fotokopi akte atau buku nikah, atau akte lahir, atau ijazah 2 lembar.
  • Fotokopi Kartu Keluarga 2 lembar.
  • Fotokopi surat kesehatan, yang mencantumkan tinggi badan, berat badan, serta kalangan darah 2 lembar.
  • Foto ukuran 3×4 17 lembar, 4×6 3 lembar dengan latar belakang putih.
  • Lembar validasi dari bank orisinil 4 lembar.
  • Surat pernyataan dari bank bermaterai 1 lembar.
  • Surat kuasa dari bank bermaterai 1 lembar.
  • Map untuk menyimpan berkas 2 buah.
  • Slip setoran awal bank 1 lembar.

Setelah kau melakukan seluruh tahapan tersebut, kau akan melaksanakan validasi keberangkatan haji di Kantor Kementerian Agama. Kamu akan mengisi formulir pendaftaran haji yang berbentukSurat Pendaftaran Pergi Haji (SPPH).

Kamu dapat mengisi SPPH secara teliti, kemudian formulir beserta berkas dokumen keperluan dapat kamu serahkan ke petugas yang berada di kantor.

Saat proses tersebut tamat dan sudah lengkap, kau akan diminta untuk mengambil foto diri serta perekaman sidik jari untuk kelengkapan SPPH.

Pemeriksaan dokumen SPPH membutuhkan waktu yang tidak sebentar, alasannya untuk mencegah terjadinya kesalahan yang mampu merugikan kau. Setelah petugas simpulan memeriksa, kamu akan diminta tanda tangan di atas SPPH.

Kemudian kau akan mendapatkan lembar bukti dan nomor takaran registrasi keberangkatan haji yang telah ditandatangani dan distempel petugas kantor Kementerian Agama.

Selain itu kau juga mendapatkan salinan bukti setoran permulaan, dan petugas akan menyampaikan estimasi keberangkatan mu.

Cara Cek Porsi Haji Online Kemenag

Setelah mendaftar haji secara online, kandidat Jemaah haji mesti menyetorkan sejumlah duit sebanyak Rp 25 juta ke Bank Penerima Setoran (BPS).

Jemaah haji akan diberi nomor porsi haji yang berisikan 10 digit. Nomor takaran haji tersebut tertera pada bukti setoran awal Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji atau BPIH dari Bank.

Untuk mengevaluasi takaran haji online Kemenag, silahkan buka website resmi Kemenag https://haji.kemenag.go.id/v4/v3/ melalui PC, laptop maupun ponsel pintar.

Untuk melaksanakan pengecekan takaran Haji online Kemenag, kau dapat mengikuti tindakan berikut :

  • Kunjungi website resmi Kementerian Agama Republik Indonesia pada alamat https://www.kemenag.go.id/.
  • Pilih menu Layanan di bab atas halaman utama.
  • Pilih sajian Pengajuan Haji di bagian bawah halaman.
  • Klik tombol Lihat Porsi untuk mengevaluasi jumlah porsi Haji yang tersedia untuk setiap embarkasi.
  • Masukkan data yang diminta, mirip nama, nomor identitas, dan tanggal lahir.
  • Pilih embarkasi keberangkatan yang dikehendaki dan pilih tahun keberangkatan.
  • Klik tombol Cari untuk mengenali ketersediaan porsi Haji.

Setelah melakukan pengecekan takaran Haji online, kau dapat mengetahui apakah takaran Haji tersedia di embarkasi yang diharapkan.

Namun, penting untuk diingat bahwa proses registrasi dan seleksi penerimaan Haji dilaksanakan secara terencana dan takaran Haji mampu berganti di saat-waktu.

Rekomendasi Aplikasi Cek Porsi Haji Online

Kamu dapat mengetahui segala berita terkait porsi haji secara lengkap melalui aplikasi. Beberapa aplikasi yang kami rekomendasikan ini tersedia di Playstore maupun Appstore dan mampu kamu unduh secara gratis.

Berikut ini anjuran aplikasi cek takaran haji online resmi dan terpercaya tahun ini :

1. Haji Pintar – List Porsi Haji Update

Aplikasi Cek Porsi Haji Online
Aplikasi Haji Pintar

Kamu mampu mencari aplikasi Haji Pintar dengan icon gambar berupa ka’bah di Playstore untuk cek takaran haji online serta agenda keberangkatan dan nomor haji secara lengkap.

Setelah kau mengunduh, kamu mampu melakukan login menggunakan paspor maupun KTP untuk mendapatkan informasi tentang keberangkatan haji.

Kamu dapat mencari menu perhitungan keberangkatan, kemudian pada bagian kolom pencarian masukkan nomor porsi. Kamu mampu menunggu hingga informasi yang kau cari akan muncul.

Setelah itu, kau akan mengenali gosip data diri untuk keberangkatan haji. Seperti nama, nama ayah, provinsi, kabupaten, dan tahun keberangkatan.

2. Cek Keberangkatan Haji – Cek Porsi Keberangkatan Haji

Aplikasi Cek Porsi Haji Online
Cek Keberangkatan Haji

Aplikasi selanjutnya mampu kau unduh lewat ponsel pintarmu. Kamu dapat login apalagi dahulu, lalu aplikasi akan mengarahkanmu untuk cek porsi haji.

Kamu mampu memasukkan nomor takaran haji untuk mendapatkan segala isu yang kau perlukan.

Selain berita perihal takaran haji, kau juga dapat memeriksa gosip yang lain seperti list kantor Kemenag RI, nomor takaran yang tersimpan, pemberian penggunaan, dan lain sebagainya.

3. Cek Porsi Haji – Cek Porsi Haji Online

Aplikasi Cek Porsi Haji Online
Aplikasi Cek Porsi Haji

Aplikasi cek porsi haji ini dapat kamu peroleh lewat Playstore. Aplikasi ini dikembangkan oleh Albania Studio.

Seperti aplikasi sebelumnya, sehabis mengunduh kamu mampu login dan pendaftaran menggunakan data diri yang valid.

Kamu akan mendapatkan berbagai fitur dalam aplikasi ini, mirip cek porsi haji, cek visa umroh, info seputar haji dan umroh, dan lain sebagainya.

4. Cek Porsi Keberangkatan Haji Indonesia

Aplikasi Cek Porsi Haji Online
Cek Porsi Keberangkatan Haji Indonesia

Aplikasi ini memiliki kegunaan untuk membantu jamaah mengevaluasi berapa jumlah porsi keberangkatan haji. Kamu dapat membaca segala info terkait ibadah haji lewat aplikasi cek takaran keberangkatan Haji Indonesia.

Terdapat sajian cek takaran Haji Indonesia, serta urutan berhaji. Makara kau tidak butuhlagi merasa resah untuk menerima info seputar haji, deh!

Ibadah haji tergolong ke dalam salah satu Rukun Islam, dan mampu kau kerjakan bila bisa. Bagi kamu calon jemaah yang ingin menunaikan ibadah haji dalam waktu erat, kamu mampu mengenali acara keberangkatan menurut nomor porsi haji.

Kementerian Agama memilih jumlah kuota keberangkatan jemaah haji tiap tahunnya. Jika kau telah mendaftar namun kuota telah penuh, ada kemungkinan kau akan didaftarkan untuk keberangkatan pada tahun selanjutnya.

Nomor porsi haji yaitu nomor urut registrasi yang kau peroleh dikala membayar setoran awal di bank untuk pembiayaan naik haji. Nomor ini dapat kamu pakai untuk mengenali kapan estimasi waktu keberangkatan kau nantinya.

Cara Mendapatkan Nomor Porsi Haji Online

Sebelum kamu menerima nomor takaran, pasti kau mesti melakukan registrasi apalagi dahulu. Lalu apa saja syarat untuk daftar haji?

Syarat Daftar Haji :

  • Beragama Islam.
  • Usia sekurang-kurangnya12 tahun saat mendaftar.
  • Memiliki kartu keluarga.
  • Memiliki akte kelahiran atau surat kenal lahir, akte nikah, atau ijazah.
  • Jika usia di atas 17 tahun, sudah memiliki KTP dengan domisili yang cocok dan masih berlaku, atau bukti identitas lainnya yang sah.
  • Memiliki simpanan atas nama jemaah yang terdaftar.
  • Pas foto berwarna 3×4 cm berjumlah 10 lembar, dengan latar belakang warna putih, dengan ketentuan :

    • Warna baju atau kerudung mesti kontras dengan latar belakang.
    • Tidak memakai pakaian dinas.
    • Tidak menggunakan kacamata.
    • Tampak wajah minimal 80 persen, dan
    • Bagi jemaah haji perempuan memakai pakaian muslimah.

Jika kau telah memenuhi ketujuh kriteria di atas, kamu dapat menuju langkah registrasi berikutnya. Langkah selanjutnya yang harus kamu penuhi adalah dengan mengikuti mekanisme daftar haji.

Baca Juga : 10 Aplikasi Cek Sudah Vaksin Atau Belum Secara Online

Setelah rangkaian mekanisme tersebut, kamu dapat mengusut nomor dengan aplikasi cek porsi haji.

Semoga goresan pena kami dapat membantumu ya.

data-payload='”align”:”left”,”id”:”3920″,”slug”:”default”,”valign”:”bottom”,”ignore”:””,”reference”:”auto”,”class”:””,”count”:”17″,”legendonly”:””,”readonly”:””,”score”:”4.8″,”starsonly”:””,”best”:”5″,”gap”:”4″,”greet”:”Nilai Artikel”,”legend”:”4.8\/5 – (17 votes)”,”size”:”20″,”title”:”11+ Aplikasi Cek Porsi Haji Online Kemenag Resmi Tahun 2023″,”width”:”113.2″,”_legend”:”score\/best – (count votes)”,”font_factor”:”1.25″‘>

4.8/5 – (17 votes)

Artikel Menarik Lainnya:

Lapangan Basket Terdekat Dari Lokasi Saya Kini

Lapangan Basket Terdekat Dari Lokasi Saya Kini

March 15, 2024
5 min 6 sec read
Ongkos Transfer Bsi Ke Bca Melalui Atm

Ongkos Transfer Bsi Ke Bca Melalui Atm

July 17, 2023
9 min 27 sec read
Cara Setting Gmail Di Outlook

Cara Setting Gmail Di Outlook

March 30, 2024
1 min 55 sec read
Biografi J.J Thomson – Penemu Elektron

Biografi J.J Thomson – Penemu Elektron

July 28, 2011
3 min 5 sec read