TintaTeras

Daftar Ukuran Layar Hp Android Serta Jenis Dan Resolusinya

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram

Kita semua telah tahu tentu saja. Ada bermacam-macam jenis ukuran layar dan resolusi Android, yang seiring perkembangan zaman senantiasa berganti popularitasnya. Maksudnya bagaimana?

Misalnya pada tahun 2014, di mana HP dengan layar 4-5 inci sangat terkenal. Kemudian pada tahun-tahun berikutnya, demam isu ukuran layar berkembangke angka 5.5-6.5 inci.

Berkaitan dengan hal tersebut, rasanya cukup menarik untuk mengetahui ukuran layar Android. Terlebih lagi buat Anda yang hendak membeli HP.

Karena selain ukuran, terdapat juga hal lain yang tak kalah penting, seperti resolusi dan jenis panel LCD yang dipakai. Hal ini tentu akan besar lengan berkuasa ke sisi kenyamanan dalam penggunaannya.

Nah, untuk Anda yang ingin mengetahui lebih lanjut tentang ukuran layar HP, termasuk detail lain dari layarnya, berikut akan dibahas.

Jenis Ukuran Layar HP Android

Ukuran Layar HP

Ukuran layar HP Android, rata-rata yang bisa ditemui yakni sekitar 3 sampai 7 inch.

  • Jenis ukuran layar paling kecil sekitar 3 inch. HP-HP ukuran ini kebanyakan dirilis pada tahun 2012 ke bawah, di mana pada tahun-tahun tersebut, Android sudah mulai populer. Misalnya pada Samsung Galaxy Pocket S5300 dengan ukuran layar 2.8″.
  • Kemudian pada rentang selanjutnya, ada ukuran 3 sampai 4 inci. Misalnya HP Lenovo A369i (4 inch) yang dirilis pada tahun 2013 silam.
  • Dilanjut dengan HP dengan ukuran layar yang lebih besar dari sebelumnya, yaitu 4 sampai 5 inch. Misalnya pada ASUS Zenfone 5 A501CG, yang dirilis tahun 2015.
  • Lalu dilanjut lagi dengan ukuran layar yang dianggap paling ideal oleh pada umumnya orang, 5 hingga 6 inci. Contohnya, pada ASUS Zenfone Max Pro M1 (5.99″).
  • Dan yang terakhir, HP dengan rentang 6 sampai 7 inci, yang sering disebut sebagai phable. Contohnya Xiaomi Redmi Note 7, Poco X3 dan lainnya.

Ukuran 7 inch ini mampu aku bilang ialah size optimal dari suatu smartphone.

Alasan kenapa ukuran maksimal dari sebuah HP itu cuma 7 inch, yakni karena di atas ukuran tersebut telah lebih terkenal disebut sebagai tablet. Kecuali kalau pabriknya mendesain layar dengan rasio yang berlainan.

Untuk HP 7 inch sendiri umumnya didapatkan pada HP-HP kelas flagship. Seperti Note 10 atau 20. Itupun masih mendekati (6.7 sampai 6.8 inch).

Jenis-jenis Ukuran Resolusi HP

Resolusi layar HP

Ada ukuran layar, ada juga resolusi. Ini mampu dibilang cukup penting untuk diketahui.

Pertama, apa itu resolusi? Singkatnya resolusi yakni jumlah pixels yang terdapat pada layar. Semakin besar resolusi, maka kian tajam juga gambar yang dihasilkan layar.

Resolusi ini ada lumayan banyak ukurannya. Ada 1280×720, 1920×1080, dan lain-lain. Selain itu, terdapat juga penyebutan mirip HD, Full HD, dan lain-lain.

Baca juga: Cara Mengecek Resolusi + Ukuran Layar Android.

Ukuran Resolusi Penyebutan Contoh Perangkat
240X320 QVGA (Quarter VGA) Samsung Galaxy Y S5360
320X480 HVGA (Half VGA) Samsung Galaxy Ace S6802
480X854 FWVGA (Full Wide VGA) Lenovo A516
640X960 qHD (Quarter HD) Lenovo A850
720X1280 HD (High Definition) Huawei Ascend G7
1920X1080 Full HD OnePlus 3
1920X2160 Full HD+ ASUS Zenfone Max Pro M11
2560X1440 2K / QHD (Quad HD) Samsung Galaxy S7
3840X2160 4K / UHD (Ultra HD) Sony Xperia XZ Premium
7680 x 4320 piksel 8K / UHD (Ultra HD)

Selain daftar di atas, bekerjsama masih ada lagi beberapa macam resolusi yang belum aku tuliskan di sini. Alasannya, mengingat resolusi-resolusi tersebut cuma digunakan di segelintir ponsel pintar saja (kurang lazim).

Anda mampu eksklusif menyaksikan contohnya dengan cara searching perangkatnya. Nah, meski ada banyak jenisnya, ukuran resolusi yang paling biasa didapatkan cuma 4 jenis saat ini, adalah HD, Full HD (termasuk Full HD+), 2K, dan 4K.

Kita akan diskusikan lebih mendalam mengenai keempat resolusi tersebut di bawah:

1. Resolusi HD

Singkatan dari High Definition. Merupakan resolusi layar yang banyak didapatkan di HP mainstream, dengan harga 1 jutaan ke bawah.

Layar HD mampu menampilkan gambar yang terang, dan merupakan kriteria resolusi yang paling banyak ditemukan dikala ini.

2. Resolusi Full HD

Merupakan pengembangan dari layar HD. Resolusi layar ini banyak didapatkan di HP-HP dengan rentang harga 1 juta sampai 3 juta rupiah.

Bahkan, semakin usang ternyata kian banyak juga HP murah (di bawah 1 juta) yang telah mengusung ukuran resolusi layar ini.

3. Resolusi 2K

Memiliki minimal ukuran resolusi layar sebesar 2560X1440. Kebanyakan ditemukan di HP-HP kelas premium atau flagship, dengan harga 4 juta ke atas.

HP dengan resolusi ini biasanya mempunyai mutu kamera yang mumpuni, dikarenakan layarnya sudah mendukung untuk menampilkan foto dengan ketajaman yang tinggi.

4. Resolusi 4K

Merupakan jenis resolusi tertinggi yang ‘dikala ini’ paling kerap dijumpai di HP-HP kelas flagship.

Soal ketajaman layar, tentu sudah tidak perlu disangsikan lagi. Karena jenis panel yang digunakan pun senantiasa berkualitas tinggi.

Anda juga mampu menonton film beresolusi 4K dengan layar ini.

Tipe Panel Layar Android

AMOLED LCD TFT IPS

Layar HP Android juga mempunyai tipe panel LCD yang dipakai. Selain resolusi, panel ini juga akan besar lengan berkuasa terhadap penampilan warna dan kecerahan layar.

Umumnya ada 4 tipe panel yang bisa kita jumpai dikala ini, di antaranya:

1. Layar LCD

LCD yaitu akronim dari Liquid Crystal Display. Layar ini sungguh populer dipakai di HP-HP mainstream, dikarenakan ongkos produksinya yang relatif murah.

Backlight yang menyinari seluruh layar, menciptakan panel LCD mampu dikatakan telah sungguh terang untuk dilihat. Namun LCD masih sedikit kurang baik dalam sisi akurasi warna.

2. Layar TFT LCD

TFT merupakan singkatan dari Thin Film Transistor. TFT yakni pengembangan lain dari tipe panel LCD biasa.

Dari segi kecerahan (kontras), TFT sudah lebih baik dari tipe panel LCD biasa. Harga produksinya juga lebih murah. Namun masih tidak lebih terperinci dari segi akurasi warna.

3. Layar IPS LCD

Adalah singkatan dari In-Plane Switching. Merupakan pengembangan dari TFT LCD. IPS memiliki kontras warna yang elok, serta akurasi warna yang elok.

Jenis layar ini banyak digunakan di smartphone kelas mainstream sampai mid-level (menengah), dengan resolusi HD hingga full HD.

4. Layar OLED

Singkatan dari Organic Light Emitting Diode. Tipe layar ini bisa dibilang yang paling hemat baterai, alasannya adalah kondisinya ‘selalu tidak menyala’ kecuali ketika dilewati arus daya.

OLED punya dua tipe, ialah AMOLED dan SUPER AMOLED. Keduanya merupakan pengembangan dari panel OLED, dan memiliki kualitas layar yang sungguh anggun.

Baik itu dari segi warna, akurasi, maupun kontras.

Baca juga: Layar HP Berbayang (Burn-in) – Sudah Tahu Penyebabnya?

Contoh Video Beda LCD dengan AMOLED

Anda mungkin ingin tau, seberapa signifikan kah perbedaan antara layar LCD dengan AMOLED?

Namun, rasanya akan susah kalau hal tersebut diceritakan dengan kata-kata. Oleh hasilnya, sebagai citra, mungkin Anda mampu coba menyaksikan video berikut ini. Videonya berbahasa Indonesia dari channel Andro VZ.

Nah, di sana terlihat perbedaan jenis warna yang dihasilkan, bukan?

Apa Itu PPI Density Pada Smartphone?

Pixel Density

Setelah mengatakan soal ukuran layar, resolusi, serta ragam jenisnya, yang akan saya diskusikan berikutnya di sini ialah pixel density atau lebih tepatnya PPI.

PPI ini mengacu terhadap seberapa banyak pixel dalam satuan inci pada layar. Semakin tinggi dan kian padat nilai PPI, maka akan semakin jernih pula kualitas gambar yang dihasilkan.

Ada 4 jenis patokan PPI pada ponsel pintar yang umum dijumpai saat ini:

Resolusi PPI Contoh Perangkat
Resolusi layar HD 290 sampai 300+ PPI Asus Zenfone 5 (2015)
Resolusi layar Full HD 300+ sampai 400 PPI+ Lenovo Vibe K5+
Resolusi layar 2K 500 PPI+ Samsung S7 Edge
Resolusi Layar 4K 700 PPI+ Sony Xperia XZ2 Premium

Kepadatan PPI kembali lagi ke pabrikan smartphone masing-masing. Karena mampu saja ada pengaturan yang berlainan pada layar di beberapa tipe HP.

Baca juga: Cara Setting Layar HP Android Supaya Tidak Cepat Capek

Akhir Kata

Penjelasan ukuran layar HP Android, resolusi, serta jenis panelnya memang penting untuk dimengerti.

Untuk yang ingin beli ponsel pintar gres utamanya, jadi kita bisa menerima citra, HP apa yang kira-kira cocok dengan kebutuhan?

Penjelasan di sini telah aku coba buat selengkap mungkin, dan sebisa mungkin juga saya buat semoga mudah dipahami. Karena artikel ini saya tujukan untuk yang masih awam. Jadi, kurang lebihnya mohon maaf, ya.

Oh ya, bila Anda punya pertanyaan seputar tema kita kali ini, atau punya berita untuk menyertakan, silakan kirimkan komentar terbaik Anda, lewat kolom yang sudah tersedia di bawah ini.

Semoga berita ini berguna.

Artikel Menarik Lainnya:

Perdagangan Motor Bekas Terdekat Yang Murah

Perdagangan Motor Bekas Terdekat Yang Murah

March 12, 2024
5 min 38 sec read
Biografi Andre Marie Amphere

Biografi Andre Marie Amphere

March 7, 2009
1 min 19 sec read
9 Nasehat Masker Untuk Menetralisir Bekas Bisul

9 Nasehat Masker Untuk Menetralisir Bekas Bisul

March 21, 2024
5 min 58 sec read
Cara Ngembaliin Mood Cewe

Cara Ngembaliin Mood Cewe

September 5, 2024
2 min 10 sec read
Cara Push Up

Cara Push Up

July 5, 2024
3 min 6 sec read
Biografi Smash – Boyband Indonesia

Biografi Smash – Boyband Indonesia

October 1, 2011
3 min 47 sec read
Cara Menentukan Melon Yang Manis

Cara Menentukan Melon Yang Manis

September 12, 2024
2 min 25 sec read