TintaTeras

Whatsapp Tidak Tersedia Untuk Sementara? Ini Solusinya

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram

Pernahkah Anda mendapati pesan bahwa WhatsApp tidak tersedia dalam sementara waktu? Contohnya seperti pesan berikut ini:

WhatsApp tidak tersedia untuk sementara. Silakan coba lagi dalam 5 menit.

Sebagai pengguna WhatsApp, rasanya pasti sungguh mengusik jika WhatsApp tiba-tiba tidak bisa diakses. Apalagi jikalau hal ini terjadi di dikala kita sedang dalam keadaan harus melaksanakan sesuatu yang penting.

Mengirim dokumen terhadap atasan contohnya, atau melayani pelanggan bila Anda seorang penjual online, dan lain sebagainya.

Terlebih lagi, WhatsApp ialah salah satu aplikasi chatting dengan jumlah pengguna terbanyak. Sehingga akan berbagai pihak-pihak yang mengalami kerugian karenanya.

Pesan bahwa WhatsApp tidak tersedia tersebut, lazimnya terjadi ketika seseorang ingin login ke akunnya. Lebih tepatnya, di dikala memasukkan nomor verifikasi. Akibat adanya pesan ini, kita mesti menangguhkan proses loginĀ ke akun WhatsApp kita sendiri.

Apa Penyebab Pesan WhatsApp Tidak Tersedia untuk Sementara?

Ternyata, penyebab dari masalah ini cuma disebabkan karena dua hal saja, ialah persoalan koneksi internet atau WhatsApp memang sedang mengalami gangguan.

Kaprikornus, Anda tidak perlu gundah-gundah lagi saat mendapati hambatan seperti ini. Saya pikir, kemungkinan besar Anda sedang mengalami salah satu dari kedua hal tadi.

Cara Mengatasi WhatsApp Tidak Tersedia

Untuk menanggulangi masalah WhatsApp yang tidak tersedia sementara, ada beberapa penyelesaian yang bisa Anda lakukan. Silakan eksklusif saja simak penyelesaian-solusinya berikut ini.

1. Periksa Apakah WhatsApp Mengalami Gangguan?

WhatsApp sedang gangguan, atau yang dikenal pula dengan istilah down, bahwasanya ialah hal yang tidak terjadi saban hari, bahkan relatif jarang terjadi.

Namun, bukan berarti tidak pernah sama sekali. Misalnya pada bulan Mei 2019 silam, dikala WhatsApp tidak bisa diakses secara sarat selama berjam-jam.

Nah, kembali lagi soal WhatsApp, di sini kita mesti periksa dahulu, apakah WhatsApp sedang mengalami gangguan atau tidak. Caranya begini:

  1. Coba buka browser, untuk mencari kabar terkini mengenai WhatsApp.
  2. Kemudian searching tentang masalah ini. Ketik ā€œWhatsApp Gangguanā€ di mesin telusur, seperti Google misalnya. Lalu Enter.
  3. Setelah itu, ketuk pada kolom Berita.
  4. Anda juga bisa memakai filter waktu pada Google, untuk mendapatkan berita modern. Pilih alat, kemudian ubahĀ Sembarang WaktuĀ menjadiĀ 24 Jam Terakhir.
  5. Kalau ada informasi yang menyatakan bahwa WA sedang mengalami gangguan, kemungkinan masalahnya memang berada di sini.

Selain mengakibatkan WhatsApp menjadi tidak tersedia,Ā downĀ juga memperlihatkan efek pada dilema lain.

Misalnya mirip terus menerus muncul pesan Terjadi Kesalahan ketika Anda ingin memutar video, hingga tidak bisa menampilkan status kontak kita di WhatsApp.

Jika memang benar mengalami gangguan dari pihak WhatsApp itu sendiri, tentu saja tidak ada hal lain yang mampu kita kerjakan. Satu-satunya cara cuma menanti,Ā sampai WhatsApp normal kembali.

2. Periksa Koneksi Internet Anda

Cek Koneksi

Tanpa kita sadari, terkadang koneksi internet yang memiliki masalah juga mampu jadi penyebabnya, lho.

Mungkin susukan internet memang terlihat terhubung, namun bergotong-royong sedang mengalami gangguan. Entah itu cuma lemot, atau memang tidak ada koneksi sama sekali.

Coba cek dulu dengan cara berikut ini:

  1. Buka browser di HP Anda.
  2. Kemudian coba searchingĀ atau buka situs apa saja.
  3. Jika cumaĀ loadingĀ terus-menerus, dan situs web tujuan tidak terbuka juga, berarti masalahnya ada pada jaringan internet Anda.

Jika memang begitu, kemudian bagaimana cara mengatasinya?

Sebenarnya gampang saja. Anda bisa coba gantiĀ providerĀ contohnya. Jika menggunakan data paket dari SIM 1, coba ganti menggunakan SIM 2. Selain itu, Anda juga bisa coba menggunakan jaringan WiFi bila ada.

3. Clear Cache WhatsApp

Masalah internal pada WhatsApp mampu saja terjadi. Mungkin saja Aplikasi WA di HP Anda mengalami error, yang menjadikannya jadi susah untuk diakses.

Nah, untuk yang ini, saya umumnya melaksanakan Clear Cache. Tujuannya untuk meniadakan data-data error di WhatsApp agar normal lagi.

Caranya? Kurang lebih begini:

  1. Buka pengaturan Android.
  2. Lalu masuk ke Aplikasi.
  3. Silakan cari WhatsApp di sana.
  4. Setelah itu masuk ke sajian Penyimpanan.
  5. Lalu tekan tombol Hapus Cache.

Hapus Cache WhatsApp

Setelah itu, tinggal tutup menunya, kemudian tes WhatsAppnya. Kadang, dilema tidak tersedia pada WhatsApp mampu hilang dengan cara ini. Terutama dikala mau login.

Solusi WhatsApp Tidak Terhubung. Yuk, Ketahui!

4. Coba Update WhatsApp

Update WhatsApp

Pernahkah Anda keluar dari akun WA, tetapi dikala coba ingin masuk kembali, ternyata cuma selalu timbul pesan tidak tersedia?

Hal ini bisa juga disebabkan sebab versi WhatsApp sudah terlalu outdate, yang menjadikannya susah sekali diakses.

Bukan tanpa argumentasi, di laman resminya sendiri WhatsApp memang selalu menyarankan biar Anda memakai WA versi terbaru.

  1. Buka Google Playstore.
  2. Cari WhatsApp, lalu ketuk tombol Update.
  3. Tunggu hingga simpulan.

Tidak susah bukan? Setelah WhatsApp diperbaharui, Anda bisa coba tes lagi buka aplikasinya. Dengan menggunakan cara ini, semestinya sih bisa menolong.

5. Pastikan Tanggal HP Benar

Periksa Setting Tanggal HP

Tanggal HP, bila waktunya salah, ini bisa besar lengan berkuasa terhadap koneksi internet yang menjadi tidak berjalan dengan tanpa gangguan. Biasanya sering sekali terjadi waktu kartu SIM HP dilepas.

Anda mampu melakukan tindakan berikut untuk mengaturnya:

  1. Buka Pengaturan di HP android Anda.
  2. Lalu masuk ke Tanggal dan Waktu.
  3. Atur Zona Waktu, kemudian atur menjadi Otomatis.

Kalau sudah, maka tinggal dicoba lagi saja.

Kalau setting otomatisnya ternyata nggak bisa, coba atur saja tanggalnya secara manual. Bisa juga sekalian mengontrol jam dan menitnya.

Akhir Kata

Begitulah cara untuk menanggulangi pesan WhatsApp Tidak Tersedia. Seenggaknya, diharapkan dengan cara ini WA Anda mampu normal kembali. Terutama dikala sedang ingin login + verifikasi nomor.

Tidak banyak hal yang harus dilakukan, jadi cara mengatasinya pun nggak terlalu rumit juga.

Kalau ada error lain seputar WhatsApp, Anda juga boleh tuliskan pada kolom komentar di bawah ini.

Semoga berguna.

Artikel Menarik Lainnya: