TintaTeras

Pengertian Testimoni

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram

Apa itu testimoni? Apa arti testimoni? Apa sih penjelasannya?

Pertanyaan tersebut belakangan ini sering diajukan, oleh para pengguna internet, termasuk mereka yang aktif di media sosial.

Dan untuk orang-orang yang sering beli barang secara online (atau seller online), maka perumpamaan ini mungkin tidak ajaib lagi.

Nah, sayangnya, walau banyak muncul di media umum maupun platform marketplace, ungkapan testimoni masih belum diketahui oleh siapa saja.

Karena itu, pada postingan ini aku ingin menjelaskannya secara lengkap, khusus bagi yang belum paham.

Berikut pembahasannya:

Pengertian Testimoni

Arti Testimoni Olshop

Testimoni atau testimonial (dalam bahasa inggris), ialah suatu bentuk kesaksian atau review wacana barang atau jasa penjual dari pembeli.

Istilah ini ditujukan, untuk membagikan pengalaman mereka bertransaksi dengan pedagang , atau pengalaman ketika memakai barang yang mereka beli.

Misalnya:

  1. Saya berbelanja sebuah laptop secara online, dari seorang seller di sebuah marketplace (Online Shop / Olshop).
  2. Semua transaksi berjalan lancar, laptop yang diterima juga dalam kondisi sangat bagus.
  3. Beberapa waktu lalu, aku mengirim sebuah pesan di halaman toko tersebut, bahwa semuanya berjalan baik dan lancar.
  4. Saya juga menunjukkan review ihwal barang dan tokonya

Review inilah yang dimaksud testimoni.

PO Dalam Jual Beli Online – Sudah Tahu Belum Artinya?

Contoh Testimoni di Internet

Pengertian Testimoni

Istilah ini bisa Anda temukan, nyaris di semua platform marketplace, atau media umum. Misalnya Facebook, Instagram, Tokopedia, Bukalapak dan lain-lain.

Bahkan, tidak jarang juga kita dapatkan di Aplikasi chatting, mirip Line atau WhatsApp.

#1. Sebagai Contoh Salah Satu Testimoni di Facebook

contoh testimoni facebook

#2. Atau Testimoni dalam bentuk PM

Apa sih itu testimoni

Dan masih banyak lagi. Di marketplace seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee dan lainnya, Anda bisa menyaksikan testimoni ini di halaman pedagang .

Manfaat testimoni bagi penjual

Contoh Manfaat Testimoni Untuk Penjual

Bagi para pedagang online yang bermakna ada di bidang bisnis, testimoni sangatlah bernilai, sebab memiliki bermacam-macam manfaat. Misalnya mirip berikut:

  • Penjual menerima iktikad: Kepercayaan dari pembeli, adalah hal yang penting. Respon kasatmata, pastinya akan memaksimalkan trust seorang penjual.
  • Menaikkan reputasi: Dalam perkembangan bisnis, ini sangat penting dan berguna. Lewat banyaknya testimoni, otomatis reputasi penjual akan berkembangjuga.
  • Penjual menerima pelanggan tetap: Jika seorang konsumen memperlihatkan respon konkret, bukan tidak mungkin mereka nantinya akan menjadi pelanggan tetap.
  • Sebagai materi penilaian penjual: Kadang tidak selalu respon konkret, testimoni juga mampu menjadi salah satu bentuk kekecewaan terhadap penjual. Tapi ini bisa menjadi bahan evaluasi pedagang , untuk menjadi lebih baik
  • Media marketing gratis: Tidak jarang untuk pembeli yang menawarkan testimoni faktual, juga merekomendasikan toko kita kepada kerabat-kerabatnya.
  • Bahan iklan: Testimoni bisa dipakai oleh penjual, selaku iklan yang ditujukan untuk para calon pembeli lain. Bahkan, mampu dikatakan cara ini sangat efektif.

Cara Membuat Testimoni

Testimoni Jual Beli Online Pengertian Dan Maksudnya

Tidak ada hal spesial yang harus dilaksanakan, dikala membuat testimoni.

Namun jikalau Anda masih resah dan belum sudah biasa, ada beberapa kiat yang mampu dilaksanakan, adalah:

  1. Ceritakan pengalaman ketika membeli: Misalnya, proses waktu sedang bertanya perihal barang, proses kirim dan sejenisnya.
  2. Ceritakan Kondisi barang: Apakah manis? Bagaimana dengan pengemasan pengirimannya? Bagaimana dengan kecepatan pengantaran (input resi)?
  3. Kecepatan respon penjual: Bagi beberapa orang, respon pedagang ketika di-PM sangatlah penting. Ini tidak jarang, ditulis oleh para pembeli pada kolom testimoni.
  4. Ceritakan pengalaman proses return: Bagi Anda yang mengalami sedikit persoalan, kemudian mengubah barangnya ke yang baru, proses return juga bisa ditulis. Saya sendiri pernah mengalaminya.
  5. Mengikuti cara tulis pembeli lain: Jika galau, bisa juga dengan cara mengikuti gaya testimoni dari pengguna lain.  Simpel bukan?

Dan masih banyak lagi. Tulis saja review secara jujur pada intinya.

Arti TC PC PM VC Di WhatsApp – Unik Banget Loh

Perlukah Membuat Testimoni?

Apakah Perlu Membuat Testimoni

Bagi para penjual, testimoni adalah hal yang penting, alasannya adalah mampu mendatangkan beragam faedah. Lalu bagaimana dengan pembeli?

Kalau menurut saya pribadi, testimoni bagi para pembeli juga merupakan hal yang penting. Contoh manfaatnya seperti 3 hal berikut ini:

  • Menaikkan reputasi pembeli: Di beberapa marketplace mirip Tokopedia, pembeli akan menerima reputasi dari penjual, saat simpulan bertransaksi. Ini akan mempermudah transaksi selanjutnya, dikala Anda ingin berbelanja barang.
  • Membuat penjual kenal dengan Anda: Untuk sebagian penjual, khususnya yang masih gres, testimoni dari Anda akan menciptakan penjual mengetahui Anda dengan lebih mudah.
  • Membangun korelasi dengan penjual lain: Jika Anda seorang pedagang online juga, maka Anda akan lebih mudah mempromosikan toko Anda dengan korelasi, lewat testimoni. Ini bermanfaat, untuk toko yang masih baru.

Dan masih banyak lagi

Penutup

Demikian postingan wacana pemahaman testimoni, dan arti testimoni. Istilah ini sangatlah penting dikenali, alasannya begitu seringnya muncul di internet, utamanya saat sedang melihat daerah perdagangan online.

Nah, dan agar disini, Anda mampu terbantu dan lebih memahami tentang istilah dan cara penggunaannya.

Jika ada pertanyaan lain sehubungan dengan topik yang dibahas disini, silakan kirimkan saja, di kotak komentar yang tersedia dibawah.

Semoga berguna.

Artikel Menarik Lainnya: